track 11 sukawana

Track 11 Sukawana: Jalur Hiking yang Wajib Dicoba Si Petualang!

Dengan bentang alamnya yang luas, Bandung Raya bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin menghilangkan penat dengan santai ataupun penuh tantangan. Pilihannya sudah tentu sangat beragam dan bisa kamu sesuaikan dengan kemampuan serta kenyamanan.

Salah satu yang cocok untuk jiwa-jiwa petualang adalah Track 11 Sukawana. Selain menyuguhkan tantangan yang menguji nyali, kawasan satu ini juga bisa menjadi alternatif untuk melihat keindahan Tangkuban Perahu.

Yuk, simak lebih lanjut bagaimana cara kamu bisa sampai di sana hingga kegiatan apa saja yang bisa kamu lakukan di jalur hiking satu ini!

Apa Itu Track 11 Sukawana?

pintu masuk track 11 sukawana

Photo: @trek11_sukawana via Instagram

Track 11 Sukawana merupakan jalur hiking yang berlokasi di Desa Karyawangi, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dari pusat Kota Bandung, kamu perlu menempuh jarak sekitar 20-an km selama kurang lebih satu jam dengan menggunakan mobil ataupun motor.

Jalur tersebut berada di lokasi berbukit yang ditanami teh milik sehingga tidak heran jika pemandangannya begitu indah dengan udara sejuk yang menyegarkan. Kamu pun bisa mendaki sambil mencari ketenangan dan menikmati keindahan alam yang terpampang sejauh mata memandang.

Para pengunjung biasanya mendaki melewati Track 11 Sukawana dengan tujuan untuk mencapai kawasan Upas Hill. Dari atas sana, kamu berkesempatan menyaksikan keindahan Gunung Tangkuban Perahu yang menjulang hingga ketinggian 2.084 mdpl.

Kamu bisa memulai pendakian dari gerbang track setelah memarkirkan kendaraan di tempat yang tersedia. Jalurnya yang akan kamu lalui merupakan lintasan bersepeda yang sangat berbatu dan licin di beberapa titik. Namun, jalurnya cukup landai sehingga masih terbilang ramah untuk pendaki pemula.

Sebelum memulai petualangan, jangan lupa siapkan dulu uang untuk membayar tiket masuk ke Track 11 Sukawana ini. Harganya hanya sebesar Rp10.000 per orang dan Rp20.000 untuk kamu yang datang dengan sepeda. Selain itu, ada juga harga per hiking group sebesar Rp300.000.

Selama berada di sana, kamu bisa menikmati fasilitas berupa:

  • Area parkir
  • Warung kecil
  • Musala
  • Listrik
  • Toilet
  • Area camping dan campervan (Rp 15.000 dan Rp 50.000)
  • Jalur hiking dan bersepeda

Baca juga: 24 Jam di Sukawana Lembang Ngapain Aja?

Cara ke Track 11 Sukawana

track 11 sukawana

Photo: @trek11_sukawana via Instagram

Dari Pusat Kota Bandung

Kalau dari pusat kota Bandung, Track 11 Sukawana terbilang mudah diakses. Kamu bisa mengambil jalur ke arah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang berada di Jalan Dr. Setiabudi.

Selanjutnya, kamu bisa memilih untuk berkendara melalui Lembang dengan melewati area Farmhouse Susu Lembang, Jalan Kolonel Masturi, hingga Lembang Park & Zoo. Setelah itu, kamu akan melewati perkampungan dan pabrik teh PTPN VIII di Jalan Sukawana hingga sampai di gerbang Track 11 Sukawana.

Dari Jalan Sersan Bajuri

Alternatif lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan melewati Jalan Sersan Bajuri. Setelah melewati kawasan UPI dan Terminal Ledeng, kamu perlu berbelok ke kiri menuju Jalan Sersan Bajuri yang kemudian tembus ke Jalan Sukawana.

Dengan kondisi jalan yang berbatu, perjalanan kamu melewati Jalan Sukawana sepanjang kurang lebih 3,2 km mungkin akan terasa panjang dan melelahkan. Oleh karena itu, pastikan tubuh dan kendaraan kamu dalam keadaan prima.  

Jika masih kebingungan harus mulai dari mana, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa terlebih dulu melihat peta yang tersedia di papan informasi. Alternatif lainnya, pergilah ke sana bersama dengan orang yang sudah pernah melewati Track 11 Sukawana agar tidak tersesat.

Secara garis besar, pendakian akan diawali dengan melewati jalur yang menanjak hingga mencapai area perkebunan teh. Selanjutnya, kamu hanya perlu mengikuti jalur kebun teh hingga menjumpai papan penunjuk berikutnya.

Dari kebun teh, kamu akan melalui jalan hutan yang di kanan kirinya diliputi oleh pohon-pohon tinggi menjulang. Di sepanjang jalur ini, terdapat juga pita merah yang dipasang sebagai penunjuk atau patokan untuk mendaki ke atas.

Penanda lain bahwa kamu mengambil jalur yang benar adalah keberadaan warung kecil di atas sana. Setelah itu, kamu perlu berbelok ke kanan dan melewati jalur kecil seperti loorng yang kedua sisinya diapit oleh tebing pendek.

Tak lama, kamu pun akan sampai di puncak Upas Hill yang menyajikan pemandangan bibir kawah Tangkuban Perahu dari ketinggian.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tempat Hiking di Bandung untuk Pemula

Rekomendasi Kegiatan di Track 11 Sukawana

track 11 sukawana

Photo: @trek11_sukawana via Instagram

Hiking dan Trekking

Salah satu kegiatan yang tidak boleh kamu lewatkan saat berada di Track 11 Sukawana adalah hiking atau trekking. Jika tidak banyak istirahat, kamu bisa merampungkan kegiatan ini dalam waktu kurang lebih 2-3 jam, tergantung kecepatan masing-masing orang.

Trail Riding

Selain hiking, kamu juga bisa mencoba trail riding dengan menggunakan sepeda gunung. Track 11 Sukawana ini memang lebih dulu terkenal sebagai lintasan bersepeda yang menantang nyali. Karena itu, lintasan di lereng Selatan Tangkuban Perahu ini wajib banget dicoba oleh para petualang.

Lintasannya yang masih berupa tanah dan berbatu memang membuat tempat satu ini cocok banget untuk kegiatan downhill. Di samping itu, kamu juga masih harus mengeluarkan usaha lebih untuk loading atau membawa sepeda ke titik start. Mengingat aksesnya yang belum beraspal, kamu disarankan untuk menggunakan mobil 4×4 untuk proses loading.

Untuk saat ini, Track 11 memiliki sekitar empat SS (special stage). Secara keseluruhan, lintasannya masih terbilang aman untuk pemula karena tidak ada drop yang mengerikan. Namun, kamu tentu tetap harus berhati-hati dan pastikan untuk datang bersama orang yang sudah ahli jika masih pemula.

Camping

Kemudian, Track 11 Sukawana juga menyediakan area untuk camping dan campervan. Keduanya bisa menjadi alternatif bagi yang ingin tinggal lebih lama di Sukawana, terlebih jika tubuh sudah terlalu lelah untuk kembali ke rumah.

Hanya saja, lahannya cukup terbatas sehingga ada kemungkinan kamu tidak kebagian tempat. Eits, jangan sedih dulu! Masih ada pilihan glamping di sekitar area track yang tentunya lebih nyaman dan praktis.

bobocabin sukawana

Photo: Bobobox Internal Asset

Salah satunya adalah Bobocabin Sukawana Bandung yang berjarak ratusan meter saja dari Track 11.  Kamu cukup berjalan kaki sekitar enam menit atau menjalankan kendaraanmu selama empat menit sata untuk sampai di Bobocabin. Berdiri di tengah hijaunya perkebunan teh Sukawana, Bobocabin menawarkan tempat singgah untuk melepas penat dan lelahmu.

Baca juga: Inilah 18 Perlengkapan Hiking yang Wajib Dimiliki oleh Hiker Pemula

Kegiatan Lain di Track 11 Sukawana

track 11 sukawana

Photo: @trek11_sukawana via Instagram

Dengan bentang alamnya yang indah, berfoto menjadi kegiatan lainnya yang jarang terlewatkan oleh para pengunjung. Selain mengambil foto di sepanjang track, kamu juga bisa berpose di dekat pohon di puncak Upas Hill.

Di samping itu, kamu juga bisa beristirahat sambil menikmati makanan yang tersedia di warung kecil di area Track 11 Sukawana. Menunya memang tidak beragam, namun rasanya akan sangat nikmat setelah energi terkuras akibat berjalan cukup jauh.

Beberapa yang menjadi rekomendasi wajib adalah teh dan kopi asli khas Tangkuban Perahu. Rasanya yang nikmat bisa menjadi teman terbaik untuk menghalau hawa dingin sambil mengagumi keindahan alam.

Jika tidak ingin berjalan sampai puncak, kamu bisa mencoba kegiatan tea walk yang dibanderol dengan harga Rp5.000 saja. Di samping itu, pengunjung juga bisa mencoba kegiatan lain, seperti:

  • Dirtbike
  • Offroad
  • Trail running
  • Piknik bersama teman atau keluarga

Tips Beraktivitas di Track 11 Sukawana

camping di track 11 sukawana

Photo: @trek11_sukawana via Instagram

Waktu terbaik untuk hiking atau trekking biasanya mulai dari pagi buta dengan tujuan untuk melihat matahari terbit. Namun, kamu juga bisa datang di siang hari atau menjelang sore untuk menyaksikan matahari terbenam.

Karena lokasinya yang sejuk, sebaiknya jangan lupa untuk membawa baju hangat, apalagi jika kamu datang di musim hujan. Selain itu, gunakanlah sepatu yang nyaman agar kaki tetap aman selama mendaki.

Meski tersedia warung di area Track 11, sebaiknya tetap bawa bekal dari rumah untuk mengisi perutmu setelah lelah berjalan ataupun bersepeda. Warung tersebut biasanya buka di akhir pekan saja dan menunya juga terbatas, termasuk teh, kopi, dan mi instan.

Apapun pilihanmu, tetaplah jaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan selama berkunjung. Dengan begitu, keasrian dan kebersihan tempat wisata ini bisa terus terjaga. Kamu bisa menyimpan sampah yang kamu bawa lalu membuangnya saat sampai kembali di bawah.

Selain warung, Track 11 Sukawana juga menyediakan stopkontak dalam jumlah sangat terbatas. Karena itu, tidak ada salahnya jika kamu membawa power bank untuk mengisi daya ponsel. 

Di samping itu, pengunjung juga disarankan untuk datang dengan menggunakan mobil tipe MPV atau SUV atau motor trail karena kondisi jalannya yang masih jelek.  

Nah, itulah beberapa informasi yang perlu kamu tahu sebelum berkunjung ke Track 11 Sukawana. Jika masih ingin menikmati keindahan Sukawana, namun camping terlalu merepotkan untukmu, glamping di Bobocabin bisa menjadi pilihan terbaik.

Fasilitasnya cukup memadai, meliputi:

  • Tempat parkir
  • Area komunal
  • Wifi
  • AC
  • Ranjang king
  • Hairdryer
  • Teko Listrik
  • Api unggun
  • Kamar mandi privat
  • Sarapan berbayar
  • Bob’s Mart

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk melakukan pemesanan dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis: Aidah

Foto utama oleh: @trek11_sukawana via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles