Wajib Baca, Ini 14 Tips Solo Traveling ke Jogja Buat Kamu

Wajib Baca, Ini 14 Tips Solo Traveling ke Jogja Buat Kamu

Yogyakarta atau yang lebih akrab disebut Jogja memang sudah lama dikenal sebagai destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata budaya, alam, sampai kuliner, semuanya ada di sini.

Nah, buat kamu yang mau coba solo traveling ke Jogja, Bob punya beberapa tips nih. Yuk, simak!

Tips Solo Traveling ke Jogja

1. Rencanakan Itinerary dengan Baik

Meski spontanitas adalah bagian krusial dari solo traveling, memiliki itinerary tetaplah penting. Kamu bisa mulai dengan membuat daftar tempat wisata yang mau dikunjungi, lalu atur jadwal kunjunganmu.

2. Pilih Penginapan yang Strategis

Pilih penginapan yang dekat dengan pusat kota atau destinasi wisatamu. Ini bakal membantumu menghemat waktu dan biaya transportasi. 

Kamu bisa coba mencari penginapan di daerah Malioboro atau Prawirotaman, sebab area ini kerap mejadi pilihan banyak backpacker.

3. Gunakan Transportasi Umum atau Sewa Sepeda

Bagi solo traveler, menggunakan transportasi umum seperti bus Trans Jogja atau becak bisa menjadi pilihan yang hemat.

Atau, kalau mau lebih sehat dan ramah lingkungan, kamu bisa menyewa sepeda untuk berkeliling kota.

4. Cicipi Kuliner Lokal

Tak lengkap rasanya mengunjungi Jogja tanpa mencicipi kuliner lokal. Apalagi, Jogja memiliki beragam kuliner khas yang bikin nagih, seperti gudeg, bakpia, soto, sate klathak, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menemukan berbagai kuliner lezat di sepanjang Jalan Malioboro atau di berbagai angkringan yang tersebar di sepenjuru Jogja.Bobobox Maximum Comfort Banner

5. Patuhi Adat dan Budaya Setempat

Meski Jogja dikenal santai, tetap ada adat dan budaya yang harus kamu hormati.

Misalnya, saat masuk ke Keraton atau tempat-tempat wisata budaya lainnya, pastikan kamu mengenakan pakaian yang sopan dan mematuhi peraturan yang ada.

6. Jangan Lupa Oleh-oleh

Jangan Lupa Oleh-oleh

Sumber: Kompas.com

Liburan ke Jogja tentu tak afdal tanpa membawa pulang oleh-oleh. Kamu bisa membeli bakpia, kaus khas Jogja, atau kerajinan batik sebagai buah tangan untuk diberikan pada keluarga dan teman-teman.

Baca Juga: 7 Toko Oleh-Oleh Khas Jogja yang Patut Kamu Kunjungi Saat Menginap di Bobobox Malioboro

7. Persiapkan Keamanan

Sebelum berangkat, pastikan kamu sudah membawa perlengkapan keamanan seperti dompet antimaling dan gembok tas, serta telah memastikan keamanan barang berharga. 

Jangan lupa juga untuk memberi tahukan rencanamu kepada keluarga atau teman, termasuk lokasi penginapan dan nomor kontak yang bisa dihubungi.

8. Manfaatkan Aplikasi Wisata

Banyak aplikasi wisata yang bisa membantumu selama solo traveling, mulai dari aplikasi peta, transportasi, penginapan, sampai aplikasi untuk mencari rekomendasi kuliner dan tempat wisata. 

Pastikan kamu sudah mengunduh dan mempelajari cara menggunakan aplikasi tersebut sebelum berangkat.

9. Cobalah Aktivitas Baru

Solo traveling adalah momen yang tepat untuk mencoba hal-hal baru

Beranikan diri untuk mengikuti lokakarya batik, kelas memasak masakan tradisional Jogja, atau belajar memainkan alat musik tradisional seperti gamelan.

Pengalaman autentik ini pasti akan menambah kenangan indahmu di Jogja.

10. Siapkan Bujet yang Cukup

Meski Jogja terkenal dengan harga yang terjangkau, tetap saja kamu perlu menyiapkan bujet yang cukup. 

Kamu bisa mulai dengan memperkirakan biaya penginapan, transportasi, makanan, dan juga biaya masuk tempat wisata. Jangan lupa sisihkan juga uang untuk belanja oleh-oleh atau kebutuhan mendadak lainnya.

11. Jaga Kesehatan

Sebelum berangkat, pastikan kamu dalam kondisi sehat. Jangan lupa membawa obat-obatan pribadi atau vitamin yang mungkin kamu butuhkan. 

Jaga juga pola makan dan istirahatmu selama liburan, supaya kamu tetap fit dan bisa menjalani berbagai agenda liburan dengan maksimal.

12. Jangan Ragu Bertanya

Meski solo traveling, kamu nggak perlu takut jika dihadapkan dengan hal yang nggak kamu tahu.

Jangan ragu untuk bertanya pada orang lokal atau turis lain. Orang Jogja dikenal sangat ramah dan pasti akan membantumu dengan senang hati!

13. Catat Pengalamanmu

Catat Pengalamanmu

Sumber: bp-guide.id

Salah satu hal seru dari solo traveling adalah kamu bisa lebih leluasa mengekspresikan diri dan mengamati lingkungan sekitar. 

Cobalah untuk mencatat pengalamanmu selama di Jogja, bisa dalam bentuk diary, blog, atau vlog. Ini akan menjadi kenangan yang berharga dari liburanmu.

14. Nikmati Setiap Detiknya

Yang terpenting dari solo traveling adalah menikmati setiap momennya. Jangan terlalu fokus pada destinasi, melainkan nikmati juga prosesnya. 

Mungkin kamu akan merasa canggung atau takut di awal solo traveling. Tapi percaya deh, setelah dimulai, kamu akan menikmati setiap detiknya. 

Jadi, buka hatimu, nikmati setiap pengalaman, dan buat liburanmu di Jogja berkesan.

 

Nah, itu dia tips-tips solo traveling ke Jogja dari Bob. Semoga tips ini bisa membantumu dalam merencanakan itinerary

Ingat, solo traveling bukan berarti kamu sendirian. Di setiap perjalanan, kamu pasti akan bertemu dengan orang-orang baru yang akan menambah warna di perjalananmu. Selamat berlibur!

Baca Juga: Nuansa Bali di Tengah Yogyakarta | Ini Dia South Shore, Cafe Hit Baru Jogja ala Beach Club Bali

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan selama liburan.

Kamu bisa lakukan kegiatan jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu kunjungi.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles