Tips Perjalanan Jauh dengan Kereta

8 Tips Perjalanan Jauh Dengan Kereta Agar Tetap Nyaman Sepanjang Jalan

Mudik dengan kereta api menjadi salah satu pilihan yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia.

Selain lebih terjangkau dari segi harga tiket, perjalanan menggunakan kereta api juga memberikan pengalaman yang berbeda dan menyenangkan. 

Namun, perjalanan yang lama dan melelahkan dapat membuat kamu merasa tidak nyaman dan mudah bosan.

8 Tips Perjalanan Jauh dengan Kereta

Perjalanan jauh dengan kereta api juga memerlukan persiapan yang matang agar kamu tetap nyaman dan aman sepanjang jalan.

Oleh karena itu, Bob akan memberikan beberapa tips agar mudikmu dengan kereta api tetap nyaman dan menyenangkan. Yuk, simak!

1. Datang Lebih Awal ke Stasiun

Sebaiknya, kamu tiba lebih awal di stasiun untuk mengurangi risiko ketinggalan kereta.

Jika kamu tiba lebih awal, kamu pun punya waktu untuk memastikan bahwa persiapanmu sebelum berangkat telah lengkap, seperti tas-tas yang akan dibawa.

Kalau kamu datang terlambat, kamu pun menjadi terburu-buru. Saat terburu-buru, biasanya ada saja hal yang terlupakan atau tertinggal.

2. Bantal Leher dan Selimut Tak Boleh Ketinggalan

Bantal Leher dan Selimut Tak Boleh Ketinggalan

Sumber: Image by Freepik

Ketika melakukan perjalanan jauh, kenyamanan istirahat sangatlah penting. Oleh karena itu, sebaiknya kamu untuk membawa bantal leher dan selimut sendiri.

Hampir semua kereta menyediakan bantal dan selimut. Namun, membawa perlengkapan tidur dari rumah memiliki keuntungan tersendiri, terutama jika kamu memiliki alergi terhadap bahan tertentu.

Bobocabin Bobobox

Dengan membawa bantal leher dan selimut sendiri, kamu dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kondisi pribadimu.

Selain itu, kamu tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan untuk menyewa bantal di dalam gerbong, terutama jika kamu menggunakan kereta kelas ekonomi.

Baca Juga: 9 Aplikasi Travel Terbaik, Cari Jalan dan Booking Hotel Tak Perlu Repot!

3. Pakai Pakaian Hangat yang Nyaman

Tips perjalanan jauh dengan kereta selanjutnya adalah memakai baju yang hangat dan nyaman.

Kereta jarak jauh umumnya memakan waktu cukup lama. Suhu dalam gerbong pun cenderung dingin. Karena itu, pakailah pakaian yang hangat dan nyaman selama perjalanan.

Baju hangat seperti jaket, sweter, atau syal dapat membantu menjaga tubuh tetap hangat. 

Selain itu, pilihlah pakaian yang longgar agar kamu dapat leluasa bergerak selama perjalanan jauh dengan kereta api.

4. Bawa Bekal untuk Sahur dan Buka

Bawa Bekal untuk Sahur dan Buka

Sumber: Quang Anh Ha Nguyen via Pexels

Jika jadwal kereta yang kamu pilih melewati waktu sahur atau berbuka, lebih baik siapkan bekal makanan dan minuman sendiri daripada membelinya di kereta api.

Sebab, saat waktu sahur dan berbuka pasti banyak penumpang lain yang juga hendak membeli santapan. Hal ini tentu dapat menimbulkan antrean.

Daripada terlambat sahur atau berbuka, atau bahkan kehabisan makanan yang kamu inginkan, lebih baik kamu membawa makanan dan minuman dari rumah.

Atau, kamu juga bisa membelinya di stasiun sebelum berangkat. 

Baca Juga: Suka Jalan-Jalan Naik Kereta Api? Simak Jalur Kereta Api Paling Ekstrem di Indonesia Berikut!

5. Simpan Barang Berharga dan Obat-Obatan dalam Tas Terpisah 

Saat bepergian jauh dengan kereta api, sangat disarankan untuk memisahkan barang berharga dan obat-obatan dalam tas yang mudah diambil.

Dengan memisahkan barang berharga seperti paspor, tiket, uang, dan perhiasan dari tas utama, kamu juga dapat mengurangi risiko kehilangan atau pencurian.

Selain itu, simpan obat-obatan yang mungkin kamu butuhkan selama perjalanan dalam tas terpisah, sehingga mudah dijangkau saat dibutuhkan.

Dengan begitu, kamu dapat merasa lebih aman dan tenang selama perjalanan jauh dengan kereta api.

6. Pilih Tempat Duduk Dekat Jendela

Tempat duduk dekat jendela saat bepergian jauh dengan kereta api memiliki beberapa keuntungan.

Pertama, kamu dapat menikmati pemandangan saat kereta melewati kota, desa, pegunungan, atau sungai.

Pemandangan luar jendela dapat memberikan pengalaman yang menarik dan membuat perjalanan lebih menyenangkan. 

Selain itu, tempat duduk dekat jendela juga memberikan privasi tambahan dan mengurangi gangguan dari penumpang yang lewat di lorong.

Kamu dapat duduk dengan lebih tenang dan nyaman, dan memiliki ruang pribadi untuk bersantai atau melakukan aktivitas pribadi.

Terakhir, kamu juga bisa mengambil foto-foto ciamik sebagai kenang-kenangan mudik selama perjalanan jauh dengan kereta.

7. Siapkan Hiburan Terbaik

Tips Perjalanan Jauh dengan Kereta

Sumber: rawpixel.com via freepik

Tips perjalanan jauh dengan kereta api yang ini tak kalah penting: Jangan sampai kamu diliputi rasa bosan selama perjalanan.

Untuk mengatasinya, pasang aplikasi streaming musik dan film sebelum berangka. Jangan lupa untuk menyiapkan kuotanya juga, ya.

Selain itu, bawalah charger atau powerbank agar kamu tidak kehabisan baterai selama perjalanan.

8. Tandai Barang Bawaan

Penting untuk menandai barang bawaan saat bepergian jauh dengan kereta api. Ini akan memudahkan saat mengidentifikasi dan membedakan barangmu dari barang penumpang lainnya.

Dengan begitu, kamu mengurangi risiko barang hilang atau tertukar barang, baik itu saat di stasiun atau di dalam kereta.

Selain itu, dengan menandai barang bawaan, petugas kereta api juga dapat dengan mudah mengidentifikasi dan menghubungi kamu jika ada kejadian atau kesalahan penanganan barang. 

Dengan langkah sederhana ini, kamu dapat merasa lebih tenang karena barang bawaanmu akan lebih aman selama perjalanan jauh dengan kereta api.

Healing Dikelilingi Alam Hijau di Bobocabin 

Healing Dikelilingi Alam Hijau di Bobocabin

Berencana healing dengan liburan singkat di momen lebaran, tapi bingung harus menginap di mana? Bobocabin jawabannya! 

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tempat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Tentunya, kabin-kabin yang tersedia sudah lengkap dengan fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu jadi bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi privasi dan kenyamanan maksimal.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dan mengabadikan momen campfire dan barbeque dengan internet kencang?

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles