tips liburan hemat bersama keluarga

Ketahui 9 Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga, Pasti Menyenangkan!

Liburan memang suatu kegiatan menyenangkan yang ampuh bikin hati jadi happy. Kapan terakhir kali kamu membahagiakan keluarga dengan membawa mereka pergi berlibur? Kalau memang tak ingat, yuk simpan tips liburan hemat bersama keluarga ini untuk agendamu berikutnya! 

Tips Liburan Hemat Bersama Keluarga

Mau ajak keluarga liburan tapi takut dompet jebol?

Banyak orang menghindari liburan bersama keluarga karena dianggap sebagai suatu penghamburan, mengingat tak sedikit uang yang harus dikeluarkan untuk liburan.

Jika ini merupakan salah satu ketakutan kamu, maka kamu tak perlu khawatir. Berikut ini 9 tips liburan hemat bersama keluarga yang bisa kamu coba terapkan.

1. Rencanakan dengan Matang

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan saat merencanakan pergi berlibur bersama keluarga adalah dengan menyusun perencanaan yang matang.

Sebaiknya pesan akomodasi, transportasi, dan paket liburan jauh-jauh hari agar kamu bisa mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Biasanya, semakin mepet waktu kamu booking, harganya pun semakin naik.

Kamu juga bisa mengunjungi pameran pariwisata dan travel fair untuk mendapatkan harga tiket dan paket wisata yang lebih terjangkau lagi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Ramah Anak di Jakarta, Cocok untuk Liburan Keluarga

2. Tentukan Anggaran dan Komitmen untuk Memenuhinya

Pastikan untuk selalu menyiapkan anggaran liburan yang telah disepakati dengan keluarga. Kemudian, buatlah komitmen untuk mematuhi anggaran yang sudah ditentukan.

Tanpa anggaran yang pasti, pengeluaran liburan bisa-bisa bengkak tanpa kamu sadari. Jika sudah begitu, liburan bukannya jadi happy, tapi malah bikin sensi!

3. Pilih Transportasi dan Akomodasi yang Terjangkau

Salah satu anggaran liburan yang menguras cukup banyak biaya adalah transportasi (pesawat, kereta, kapal, bus, dll) dan akomodasi (tempat penginapan selama berlibur).

Oleh karena itu, tips liburan hemat bersama keluarga selanjutnya adalah untuk memilih transportasi dan akomodasi yang terjangkau.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengutamakan kenyamanan, lokasi, dan juga keamanan akomodasi dan transportasi yang akan kamu pilih, ya! 

4. Berlibur Saat Off Season

Berlibur Saat Off Season

Sumber: Okezone Travel

Faktanya, pergi berlibur pada saat high season atau momen tanggal merah dan hari libur hanya akan bikin kantong kamu lebih banyak terkuras.

Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang sama-sama ingin pergi berlibur. Semakin banyak demand, maka harga-harga tiket, akomodasi, dan atraksi wisata pun juga cenderung ikut naik.

Oleh karena itu, untuk menyiasatinya, kamu bisa menerapkan tips liburan hemat bersama keluarga dengan pergi berlibur pada masa off season.

5. Minimalisasi Tagihan Telepon

Tips liburan bersama keluarga yang satu ini bisa kamu coba terapkan jika kamu berniat pergi liburan ke luar negeri.

Salah satu tagihan yang cukup menguras kantong saat kamu pergi liburan ke luar negeri adalah biaya telepon.

Cobalah untuk hindari atau mengurangi kebiasaan menelpon saat berada di luar negeri, agar tagihan telepon internasional kamu tidak membengkak. 

6. Minta Saran Penduduk Lokal

Minta Saran Penduduk Lokal

Sumber: Phinemo.com

Untuk menghemat bujet liburan, kamu juga bisa coba meminta saran penduduk lokal. Ini bisa berupa rekomendasi tempat wisata dan kuliner yang jauh lebih nikmat dengan harga terjangkau.

Kamu juga bisa menanyakan akomodasi dan tempat wisata mana yang harga dan kualitasnya sepadan. Dengan begitu, kamu pun akan terhindar dari harga mahal yang biasanya disebabkan oleh tourist trap.

7. Carilah Tempat Wisata yang Tepat

Dari sekian banyak pilihan tempat wisata yang tersedia, usahakanlah untuk bijak memilih tempat wisata yang tepat sesuai kebutuhan.

Beberapa tempat wisata bahkan bisa kamu kunjungi dengan gratis sehingga akan sangat menghemat pengeluaran kamu.

8. Atur Jumlah Peserta dan Waktu Dengan Baik

Tips liburan bersama keluarga berikutnya berkaitan dengan jumlah anggota keluarga yang akan pergi berlibur.

Jumlah peserta liburan merupakan poin penting yang harus kamu siapkan. Tentu saja ini menjadi bahan pertimbangan saat memilih akomodasi dan transportasi.

Jangan lupa juga untuk membagi waktu dengan tepat, agar kamu bisa menikmati liburan keluarga dengan lebih efisien dan efektif.

Baca juga: Buat Waktu Bersama Keluargamu Lebih Seru Dengan Tips Rencanakan Liburan Keluarga Berikut Ini!

9. Manfaatkan Kartu Kredit

Manfaatkan Kartu Kredit

Sumber: Cermati.com

Tips liburan hemat bersama keluarga yang terakhir adalah dengan memanfaatkan keuntungan kartu kredit.

Kartu kredit kini menjadi sebuah produk yang umum digunakan karena beragam benefit yang dimilikinya. Salah satu keuntungan ini adalah kartu kredit khusus bagi para pencinta liburan.

Faktanya, kartu kredit bisa memberikanmu manfaat berupa potongan harga yang cukup besar. Bahkan, kamu juga mendapat sejumlah hadiah gratis berupa akomodasi, pilihan makanan dan minuman, serta tiket transportasi seperti pesawat.

Kamu bisa menggunakan kartu kredit kamu dengan bijaksana dan mengumpulkan poin dari setiap transaksi yang kamu lakukan.

Nantinya, poin ini bisa kamu tukarkan dengan diskon harga tiket pesawat, akomodasi, dan sebagainya.

Baca Juga: Buat Family Time Lebih Seru dengan Tips Merencanakan Liburan Keluarga 

Mencari Pengalaman Seru Menginap di Sekitar Malioboro?

Selain menyenangkan, liburan keluarga bisa jadi cukup melelahkan. Jangan paksakan diri; jika sudah lelah, kamu perlu segera beristirahat agar tubuh tetap segar dan bugar.

Dalam hal ini, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi yang baik. Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobobox

Bagi kamu yang memilih Yogyakarta sebagai destinasi pilihan wisata keluarga, kamu bisa cobain pengalaman menginap di Bobobox Malioboro yang ramah keluarga!

Hotel kapsul yang satu ini telah menerapkan aturan-aturan yang wajib diikuti oleh semua orang yang berada di area Bobobox.

Aturan tersebut meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker untuk semua pihak, rajin mencuci tangan, jaga jarak, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod. 

bobobox office

Sumber: @Bobobox via Instagram

Kamu juga diharuskan menggunakan siku jika ingin menekan tombol lift atau membuka pintu. Selain itu, bawalah alat makan dan alat salat pribadi.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar yang bisa kamu gunakan agar tubuh tetap sehat dan fit

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store. Dijamin aman dan nyaman!

Bobobox Maximum Comfort Banner

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles