pasar klewer solo

4 Tips Belanja di Pasar Klewer Solo, Surganya Belanja Murah!

Solo nggak cuma terkenal dengan makanannya yang lezat, lho. Kota ini juga dikenal sebagai surga belanja murah.

Salah satu spot yang wajib kamu kunjungi ketika liburan ke Solo adalah Pasar Klewer, pasar tekstil terbesar di Kota Batik. Lokasinya yang strategis di pusat kota bikin banyak pengunjung mampir ke sini buat beli buah tangan sebelum pulang ke kota asal mereka.

Di sini, kamu bisa nemuin barang-barang dengan harga yang super terjangkau. Enggak heran kalau Pasar Klewer selalu dipadati pengunjung.

Yuk, cari tahu apa aja yang dijual di sini, beserta tips belanja di pasar Klewer Solo!

Baca Juga: Tips Berfoto dan Berburu Barang Antik di Pasar Triwindu Solo

Fakta Menarik Pasar Klewer

tips belanja di pasar klewer solo

Photo: visitjawatengah.jatengprov.go.id

Awalnya, Pasar Klewer adalah tempat belanja kain batik dari berbagai pengrajin asal Yogyakarta, Surabaya, Semarang, dan kota besar lainnya. Pasar ini terdiri dari dua lantai dan bisa menampung lebih dari 1.400 pedagang dengan total kios mencapai 2.000.

Jadi, wajar kalau banyak wisatawan sering mampir ke sini saat liburan di Solo, karena memang banyak pilihan barang yang ditawarkan!

Pasar Klewer Solo mulai berkembang pada tahun 1942 hingga 1945, dan mengalami kemajuan pesat pada tahun 1968. Pasar ini kemudian menjadi pasar tekstil terbesar di Kota Solo. Namun, pada tahun 2014, pasar ini mengalami kebakaran besar yang meluluhlantakkan hampir seluruh sudut pasar.

Para pedagang pun direlokasi sementara ke Alun-alun Lor saat perbaikan dilakukan. Renovasi Pasar Klewer selesai pada tahun 2017 dan kembali dibuka pada tanggal 21 April 2017. Sampai sekarang, pasar ini masih ramai dikunjungi para pelancong, bahkan tetap lestari jadi salah satu ikon Kota Solo!

Apa Saja yang Dijual di Pasar Klewer?

pakaian batik - tips belanja di Pasar Klewer Solo

Photo by John Bastian

Aneka Jenis Pakaian

Di Pasar Klewer, kamu bisa menemukan berbagai jenis pakaian untuk dewasa dan anak-anak. Mulai dari baju batik, baju tidur, sampai baju santai ada semua di sini! Pakaian tradisional khas Jawa Tengah juga tersedia. Ada juga blok khusus yang menjual pakaian sekolah anak-anak.

Saat menjelang tahun ajaran baru, tempat ini ramai banget sama anak-anak dan calon mahasiswa yang berburu seragam.

Kain Batik dari Berbagai Daerah

Kamu juga bisa menemukan berbagai kain batik dari berbagai daerah di Indonesia, seperti batik Solo, Yogyakarta, Semarang, dan masih banyak lagi. Bahan kain batiknya pun bervariasi, mulai dari katun, sutra, satin, dan lainnya. Yang menarik perhatian adalah motif batik tulis, batik cap, dan batik keraton khas Solo.

Aksesoris Pengrajin Daerah

Jangan lewatkan juga beragam keunikan aksesoris dari berbagai pengrajin daerah. Di sini, kamu bisa menemukan kerajinan, pernak-pernik, serta peralatan dapur. Pasar Klewer juga menjual kerajinan khas masyarakat Solo yang berkualitas tinggi, seperti cermin kayu ukir, kaca ukir, dan berbagai cinderamata berbahan dasar kaca.

Menarik, kan? Tunggu apa lagi? Mulai rencanakan kunjunganmu ke Pasar Klewer di Solo dan nikmati serunya berburu barang unik di sana!

Baca Juga: 14 Tempat Wisata di Solo yang Instagramable dan Cocok Buat Berfoto

4 Tips Belanja di Pasar Klewer Solo

baju batik - tips belanja di Pasar Klewer Solo

Photo by Iniizah on Unsplash

Ingin punya skill nawar yang jitu saat belanja di Pasar Klewer? Coba deh ikuti tips-tips di bawah ini!

Tawar Setengah Harga

Jangan sungkan buat nawar harga dari pedagang. Mulailah dengan menawar setengah harga, terus negosiasi dengan ramah. Kalau ditolak, naikkan harganya pelan-pelan. Pastikan kamu dapat harga yang sesuai dengan budget kamu, ya!

Pakai Bahasa Jawa Halus

Ini dia tips belanja di Pasar Klewer Solo yang wajib kamu coba. Orang Solo biasanya pakai bahasa Jawa buat percakapan sehari-hari. Sebagai wisatawan, nggak ada salahnya kamu juga belajar bahasa Jawa sebelum belanja di Pasar Klewer.

Nggak perlu yang rumit, cukup yang dasar aja, misalnya “berapa” dalam bahasa Jawa artinya “pinten”, “iya” artinya “nggih”, dan “tidak” yang artinya “mboten”. Kalau kamu sudah menguasai kosakata dasar ini dan menggunakannya ketika bertransaksi, warga lokal akan merasa lebih dihargai, lho!

Sedikit “Jual Mahal”

Meski kesannya sombong, trik ini sering berhasil di banyak tempat. Tunjukkan seolah-olah kamu nggak tertarik dengan harga yang ditawarkan. Coba menjauh dan tinggalkan barang yang mau dibeli. Biasanya, pedagang akan memanggil lagi dan kasih harga yang kamu mau.

Kenalan dengan Warga Lokal

Enggak ada salahnya berkenalan dengan warga asli Solo. Mereka bisa kasih tahu tempat-tempat seru yang bisa dikunjungi. Selain itu, mereka juga bisa bantu kamu nawar di Pasar Klewer. Dapat teman baru dan bisa lebih hemat, asyik juga kan?

Yuk, kunjungi Pasar Klewer di Solo! Jangan lupa terapkan tips belanja hemat dari Bob, ya!

Lokasi dan Jam Buka

Pasar Klewer, yang beralamat di Jl. Dr. Rajiman No.50, Gajahan, Kec. Ps. Kliwon, Kota Solo, ini buka setiap hari mulai pukul 07.00 sampai 18.00 WIB. Pasar tradisional ini berada di sebelah Keraton Surakarta, jadi kamu bisa sekalian jalan-jalan ke sana juga!

Baca Juga: 21 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Solo yang Paling Hits

Cara ke Sini

Teman Bus Batik Solo Trans

Photo by Raihan Firdaus on Unsplash

Naik KRL Jogja-Solo

Untuk menuju Pasar Klewer naik KRL Jogja-Solo mudah banget! Kamu cukup naik KRL Solo-Jogja dari stasiun terdekat, lalu turun di Stasiun Solo Balapan. Dari situ, kamu bisa lanjut naik bus Batik Solo Trans (BST), becak, atau ojek daring.

Dari Pusat Kota Solo

Kalau kamu mulai perjalanan dari Kota Solo, kamu bisa lewat Jalan Gajah Suranto. Jaraknya cuma sekitar 500 meter aja, lho. Ambil arah timur di Jalan Gajah Suranto menuju Jalan Untung Suropati, belok kiri ke Jalan Supit Urang, lalu lanjut ke Jalan DR. Radjiman/Jalan Dr. Rajiman. Gampang kan?

Dari Pusat Kota Yogyakarta

Kalau kamu berangkat dari pusat Kota Yogyakarta, kamu bisa lewat Jalan Raya Solo. Perjalanan ini memakan sekitar 1 jam 46 menit dengan jarak 64 km. Mulai dari Jalan Mataram, lanjut ke Jalan Abu Bakar Ali, Jalan Kusbini, Jalan Langensari, dan Jalan Munggur sampai ke Jalan Laksda Adisucipto/Jalan Raya Solo – Yogyakarta di Depok.

Ikuti terus Jalan Raya Solo – Yogyakarta, Jalan Yogya-Solo, dan Jalan Raya Solo – Yogyakarta ke Jalan Keleng – Karanganyar/Jalan Pakis – Daleman/Jalan Pakis Raya/Jalan Wonosari – Pakis di Kepanjen. Teruskan ke Jalan Tj. Anom sampai Jalan DR. Radjiman/Jalan Dr. Rajiman di Surakarta. Voila, sampai deh di Pasar Klewer!

Mau Liburan Hemat ke Solo? Menginap di Bobopod Aja!

Bobopod Slamet Riyadi Solo

Photo: Bobobox Internal Asset

Hanya berjarak 750 meter dari Pasar Klewer, Bobopod Slamet Riyadi, Solo adalah penginapan yang cocok banget untuk kamu yang ingin memaksimalkan pengalaman belanja di pasar yang jadi ikon Kota Solo ini!

Bobopod Solo menghadirkan pengalaman tidur yang nyaman di hotel kapsul pertama di Indonesia yang dilengkapi teknologi canggih.

Bobopod Slamet Riyadi Solo

Photo: Bobobox Internal Asset

Terletak di lokasi yang strategis, kamu akan mudah berkeliling ke berbagai tempat wisata, kuliner, dan spot keren lainnya. Jadi, ini tempat yang pas banget buat kamu yang mau merasakan serunya budaya, sejarah, dan keindahan alam Solo.

Bobopod Slamet Riyadi Solo

Photo: Bobobox Internal Asset

Selain dekat dengan Pasar Klewer, Bobopod Solo juga dekat dengan Kampung Wisata Batik Kauman, Istana Mangkunegaran, Istana Hadiningrat Surakarta, Masjid Agung Keraton Surakarta, Museum Radya Pustaka, Ngarsopuro Night Market, dan masih banyak lagi spot seru lainnya!

Yuk, rasakan serunya menjelajah Pasar Klewer dan wisata budaya di Kota Solo lainnya dengan menginap di Bobopod! Pesan pod-mu di sini ya!

Baca Juga: 20 Wisata di Solo yang Lagi Hits, Keren dan Unik!

 

Penulis: Ratna Asih

Foto utama oleh Unggul Budi via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles