tempat wisata sumba untuk keluarga

Aman dan Nyaman, Inilah 7 Tempat Wisata Sumba untuk Keluarga dan Anak

Dalam memilih destinasi wisata untuk keluarga, ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan: keselamatan, hiburan, dan edukasi bagi semua anggota keluarga.

Selain hiburan, beberapa tempat wisata untuk keluarga juga menghadirkan komponen edukasi. Anak-anak dapat belajar sambil bermain, mengeksplorasi alam, mengenal hewan-hewan, atau terlibat dalam kegiatan kreatif yang merangsang imajinasi.

Dalam artikel ini, Bob akan memperkenalkan beberapa tempat wisata Sumba untuk keluarga yang wajib dikunjungi. Yuk, simak!

7 Tempat Wisata Sumba untuk Keluarga dan Anak

1. Tanjung Mareha

tempat wisata sumba untuk keluarga

Sumber: Native Indonesia

Terletak di Kabupaten Sumba Timur, Tanjung Mareha menawarkan pemandangan alam menakjubkan dengan garis pantai panjang dan formasi bebatuan karang yang unik.

Ada sebuah mata air yang dikenal sebagai Watu Malando di sini, yang dianggap sebagai sumber air suci oleh masyarakat sekitar.

Pengunjung yang datang ke Tanjung Mareha dapat menikmati keindahan air lautnya yang jernih dan berwarna toska.

Di tempat wisata Sumba untuk keluarga ini, kamu bisa berenang, berjemur, atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan alam sekitar. Kamu pun bisa snorkeling dan diving untuk menjelajahi keindahan bawah laut Tanjung Mareha.

2. Taman Kincir Angin Maubokul

Taman Kincir Angin Maubokul

Sumber: Trip Sumba

Tempat wisata Sumba untuk keluarga berikutnya memadukan keajaiban alam dan karya seni manusia, menghasilkan karya indah yang memukau mata setiap pengunjung.

Taman Kincir Angin terletak di Moubokul, Kabupaten Sumba Timur, Sumba, Nusa Tenggara Timur. Objek wisata ini awalnya adalah pembangkit listrik tenaga angin milik Sumba Timur yang memasok listrik untuk warga desa Kemanggih, Sumba Timur.

Pembangunannya sendiri diinisiasi oleh Ricky Elson, orang Indonesia yang memiliki keahlian dalam pengembangan mobil listrik.

Di sini, kamu dapat menikmati panorama indah kincir angin dengan membawa tikar dan bekal makanan, memberik

Baca Juga: Cocok Untuk Liburan, Inilah 10 Tempat Wisata Sumba yang Menarik

3. Bukit Wairinding

Bukit Wairinding

Sumber: Indonesia Kaya

Bukit Wairinding adalah salah satu destinasi wisata yang menarik berikutnya. Kamu dapat menikmati pemandangan luas sawah yang mengelilingi bukit.

Keindahan alam sekitar bukit ini ditumbuhi vegetasi hijau yang lebat. Saat petang datang, kamu bisa menyaksikan panorama matahari terbenam berlatar belakang bukit yang indah.

Selain menikmati pemandangan alam, kamu juga bisa trekking atau hiking di sekitar bukit. 

Kalau kamu ingin mengunjungi tempat wisata Sumba untuk keluarga ini, tersedia beberapa pilihan akomodasi di sekitarnnya, seperti homestay atau vila.

Bobocabin Bobobox

4. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Sumber: Suara.com

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti adalah sebuah area perlindungan flora dan fauna di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Tempat wisata Sumba untuk keluarga ini mewakili berbagai jenis hutan yang ada di Pulau Sumba, termasuk hutan elfin yang amat langka dan memiliki tingkat keanekaragaman tinggi.

Taman ini memiliki luas 880 kilometer persegi dan berada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Wilayahnya terbagi menjadi 60 persen padang rumput dan 40 persen hutan hujan dataran rendah dan dataran tinggi.

Di sini, kamu dan keluarga dapat menikmati keindahan alam yang tenang sambil didampingi suara berbagai jenis burung yang hidup di kawasan taman nasional.

5. Danau Weekuri

Danau Weekuri

Sumber: pegipegi.com

Danau Weekuri merupakan salah satu tujuan wisata Sumba yang ideal kalau kamu mencari keindahan alam yang masih asli.

Dengan keindahan danau yang menakjubkan dan kekayaan budaya yang unik, kamu akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan.

Terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya, Danau Weekuri adalah danau alami yang terbentuk dari lubang karst dan berisi air laut bersih serta jernih.

Di dalam tempat wisata Sumba untuk keluarga tersebut, terdapat berbagai ikan dan terumbu karang yang dapat dilihat pengunjung. Selain itu, kamu juga dapat menikmati keindahan alam sekitar danau dengan trekking atau hiking di sekitarnya.

Kamu pun dapat melakukan berbagai aktivitas di sekitarnya, seperti snorkeling, menyewa perahu dan kayak, atau bersantai di tepi pantai danau.

Baca Juga: Salah Satunya Ada di Sumba, Inilah 6 Daftar Patung Yesus di Indonesia yang Jadi Destinasi Wisata Religi

6. Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu

Sumber: rimbakita.com

Pantai Nihiwatu merupakan salah satu tempat wisata di Pulau Sumba yang menawarkan pemandangan laut memukau.

Tempat wisata Sumba untuk keluarga ini terkenal dengan ombaknya yang besar dan pemandangannya yang indah. Bahkan, pantai ini telah diakui sebagai salah satu pantai terbaik di dunia.

Kamu bisa melakukan berbagai aktivitas menarik di sini, seperti selancar, snorkeling, menyelam, dan berenang.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam sekitar pantai yang terdiri dari bukit-bukit hijau dan karang yang indah.

7. Kampung Adat Ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro

Sumber: Indonesia Kaya

Berlokasi dekat Pantai Ratenggaro, desa ini merupakan desa adat yang masih teguh memegang dan melestarikan adat tradisi warisan leluhur.

Di tempat wisata untuk keluarga ini, kamu dan keluarga dapat menyaksikan kekayaan budaya Sumba dan menikmati eksotisnya Pantai Ratenggaro.

Kampung adat ini memiliki beberapa peninggalan zaman Megalitikum, termasuk kuburan batu tua yang tersebar di sekitar perkampungan.

Kampung Adat Ratenggaro sangat cocok sebagai destinasi wisata keluarga, karena kamu dan keluarga dapat langsung mengenal adat dan budaya Sumba secara dekat.

Baca Juga: Inilah 7 Tempat Wisata di Sumba Timur Wajib Dikunjungi, Serasa Warga Lokal!

Lengkapi Libur di Sumba dengan Menginap di Bobocabin Sumba!

Jelajahi Keindahan Sumba Sambil Menginap di Bobocabin!

Setelah menjelajahi berbagai tempat wisata di Sumba, pasti kamu ingin istirahat dengan nyaman untuk recharge energi.

Kalau kamu bosan dengan kamar hotel yang biasa-biasa saja, jangan khawatir. Bobocabin Umarato Sumba akan memberikan pengalaman menginap di tengah suasana alam yang indah!

Perpaduan konsep alami kabin dan fasilitas teknologi modernnya akan membuat pengalaman menginapmu lebih menyenangkan.

Kamu akan mendapatkan kabin yang luas, kasur yang nyaman, akses Wi-Fi, dan jendela kaca untuk melihat pemandangan alam sekitar secara langsung.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles