Tempat Wisata Seru

12 Rekomendasi Tempat Wisata Seru di Kediri, Yuk Cari Tahu!

Bagi khalayak umum, Kediri dikenal sebagai pusat perdagangan untuk gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Namun, kota yang dikenal sebagai Kota Tahu ini juga kaya akan sejarah, budaya, dan keindahan alam. 

Dari bukit-bukit memesona hingga air terjun menakjubkan, Kediri menyajikan pengalaman liburan yang tidak terlupakan. Jadi, untuk para petualang dan pecinta alam, siap-siap terpukau dan menikmati keseruan tempat wisata Kediri berikut ini!

Sekilas Mengenai Kediri

Sekilas Mengenai Kediri

Foto: Max via Unsplash

Kediri terletak di bagian timur Pulau Jawa, tepatnya di Provinsi Jawa Timur. Kota ini memiliki sejarah yang kaya, terutama sebagai pusat kebudayaan dan perdagangan pada masa Kerajaan Kediri di abad 11 Masehi. Berbagai peninggalan sejarah, seperti candi-candi dan artefak-artefak kuno, menjadi saksi bisu akan kejayaan masa lalu kota ini.

Di masa modern, industri perdagangan Kediri semakin kuat. Seperti tadi disebutkan, kota ini dikenal sebagai pusat produksi gula dan rokok terbesar di tanah air. Di sinilah pabrik rokok keretek Gudang Garam dibangun dan berkembang hingga kini. Karena perkembangannya, Kediri dinobatkan sebagai Most Recommended City for Investment pada 2010.

Keunikan lain dari Kediri terletak pada keberagaman budaya dan tradisi yang masih sangat dijaga oleh masyarakatnya. Berbagai festival budaya, upacara adat, dan kesenian tradisional menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari penduduk Kediri.

Selain itu, keindahan alam Kediri juga menjadi daya tarik utama, dengan hamparan sawah hijau, perbukitan yang memesona, dan keberadaan air terjun yang menakjubkan.

Perpaduan hal-hal ini menjadikan Kediri destinasi yang menarik bagi para wisatawan yang ingin merasakan keindahan alam dan kekayaan budaya Indonesia.

12 Rekomendasi Tempat Wisata Kediri

Setelah mengetahui potensi Kota Kediri, mungkin kamu jadi tertarik berkunjung ke kota ini sesegera mungkin. Agar kamu tidak bingung menentukan destinasi, Bob sudah rangkum rekomendasi tempat wisata Kediri yang patut dikunjungi:

1. Bukit Gandrung Kediri

Bukit Gandrung Kediri

Foto: Ist Amar via Google Maps

  • Alamat: Medowo, Kec. Kandangan, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64294 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp10.000

Bukit Gandrung Kediri adalah salah satu destinasi wisata populer di Kediri. Tempat ini terkenal karena pemandangan alamnya yang memukau dan udaranya yang segar.

Dari atas bukit, kamu bisa menikmati panorama Kota Kediri saat matahari terbit atau tenggelam. Berkat keindahan alamnya, bukit ini juga sering digunakan sebagai lokasi untuk berfoto.

Baca juga: Habis Liburan, Jangan Lupa Membeli 25 Oleh-Oleh Khas Jawa Timur Ini

2. Monumen Shu (Monumen of Daidan)

Monumen Shu (Monumen of Daidan)

Foto: Dimas Pradhana via Google Maps

  • Alamat: 52Q3+7X5, Jl. KH Wachid Hasyim, Mojoroto, Kec. Mojoroto, Kota Kediri, Jawa Timur 64114 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

Tempat wisata Kediri selanjutnya benar-benar ikonis, yakni Monumen Shu. Monumen ini menggambarkan seorang prajurit Pembela Tanah Air (PETA) yang berdiri gagah. Patung ini menyimbolkan semangat para prajurit Indonesia yang dulunya dilatih bangsa Jepang untuk melawan sekutu, yang justru membelot dan memerangi pasukan Jepang sendiri.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Taman Kebun Binatang Gudang Garam

Taman Kebun Binatang Gudang Garam

Foto: Direktori Pariwisata

  • Alamat: 52XF+GF8, Dandangan, Kec. Kota, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64129 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp5.000

Dikelola oleh PT Gudang Garam, taman kebun binatang ini merupakan rumah bagi sejumlah flora dan fauna khas Indonesia. Kamu tidak hanya bisa melihat binatang yang hidup dengan damai dan sehat di sini, tapi juga berinteraksi langsung.

Kebin binatang ini terletak di tengah Kota Kediri sehingga akses jalannya pun mudah ditempuh. Cocok untuk liburan bersama keluarga!

4. Taman Tirtoyoso

Taman Tirtoyoso

Foto: Rizky Amelia Bavana via nativeindonesia.com

  • Alamat: Jalan Jenderal Ahmad Yani No.123, Banjaran, Kec. Kota, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64129 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp20.000

Taman Tirtoyoso adalah salah satu tempat wisata Kediri yang populer. Taman ini memiliki fasilitas yang mumpuni, termasuk wahana air untuk dewasa dan anak-anak serta air terjun buatan yang tidak kalah cantik dari yang asli.

Taman Tirtoyoso juga dipercantik oleh pepohonan hijau dan kebun teh yang terpapar luas, sehingga sering dimanfaatkan para pengunjung untuk berpiknik atau bersepeda.

5. Gunung Maskumambang

Gunung Maskumambang

Foto: Koko Trisilo via Google Maps

  • Alamat: 5XVG+FQ4, Pojok, Kec. Mojoroto, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64115 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–16.00
  • Tiket masuk: Gratis

Selanjutnya ada Gunung Maskumambang. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 1.100 ,dpl ini merupakan salah satu destinasi pendakian populer di Jawa Timur.

Gunung ini memiliki jalur pendakian yang menarik dan menantang serta menawarkan pemandangan yang memukau dari puncaknya. Selain itu, gunung ini juga memiliki nilai sejarah dan keagamaan karena adanya tempat ibadah umat Hindu yang sering dikunjungi oleh para peziarah. 

6. Kampoeng Anggrek

Kampoeng Anggrek

Foto: Kampoeng Anggrek Kediri via Google Maps

  • Alamat: Ringinsari, Sempu, Kec. Ngancar, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64291 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–15.00
  • Tiket masuk: Rp10.000

Para pencinta tanaman, mari merapat! Sudah jelas dari namanya, Kampoeng Anggrek dikenal karena kebun anggreknya yang indah.

Kamu bisa menikmati suasana kebun yang subur sambil belajar tentang tanaman anggrek serta bunga-bunga lainnya. Kampung ini juga menawarkan kegiatan lain, seperti berbelanja tanaman hias dan produk-produk pertanian lokal.

Baca juga: Serasa di Luar Negeri, Inilah 12 Taman Bunga Terindah di Indonesia

7. Candi Surowono

Candi Surowono

Foto: Muhamad Pak Abdurrahim Munir via Google Maps

  • Alamat: Surowono, Canggu, Kec. Badas, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64217 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–20.00
  • Tiket masuk: Rp5.000

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Jawa Timur tanpa singgah ke candi yang tersebar di seluruh provinsi. Kalau di Kediri, kamu bisa berkunjung ke Candi Surowono yang merupakan kompleks candi Hindu di Desa Surowono, Kecamatan Tugu.

Terdapat sembilan candi yang memiliki arsitektur khas dan merupakan salah satu warisan bersejarah dari masa Hindu-Buddha abad ke-14. Destinasi wisata Kediri ini cocok bagi para pencinta sejarah Indonesia!

8. Kediri Water Park

Kediri Water Park

Foto: BeAD Outbound Kediri

  • Alamat: 5WGM+XRV, Jalan Raya Jalan Argowilis, Pagung, Kec. Semen, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64161 (Gmaps)
  • Jam buka: 09.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp50.000 hari biasa, Rp70.000 akhir pekan

Sedang mencari tempat wisata yang seru untuk liburan bersama keluarga atau teman-teman? Kunjungi Kediri Water Park!

Kamu bisa menjajal kolam renang, seluncuran air, dan berbagai wahana seru lainnya. Kerennya lagi, salah satu seluncuran di taman air ini menyabet gelar seluncuran air terpanjang se-Asia, lho!

9. Air Terjun Dolo

Air Terjun Dolo

Foto: sepasangcarrier com via Google Maps

  • Alamat: 4RHP+R4W, Dusun Besuki, Desa Jugo, Kecamatan Mojo, Hutan, Blimbing, Kediri, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64162 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp7.500

Tahukah kamu kalau gemuruh Air Terjun Dolo bisa terdengar dari jauh? Ini karena ketinggiannya yang mencapai 125 meter, Sahabat Bob!

Ya, kekayaan alam Kediri ini merupakan salah satu destinasi alam yang menawarkan keindahan Kediri yang tersembunyi. Lokasinya jauh dari pusat kota, tepatnya sekitar 30 kilometer, sehingga menciptakan suasana sejuk, menenangkan, dan jauh dari polusi.

Baca juga: Sedang Butuh Healing? Kunjungi 7 Wisata Air Terjun di Padusan Berikut ini!

10. Gunung Kelud

Gunung Kelud

Foto: Grandis Zendy Syahrulli via Google Maps

  • Alamat: Jl. Raden Ajeng Kartini No.69, Ringinrejo, Doko, Kec. Ngasem, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64182 (Gmaps)
  • Jam buka: 06.00–17:30
  • Tiket masuk: Rp8.000 hari biasa, Rp10.000 akhir pekan

Gunung Kelud adalah simbol kekuatan alam Kediri yang populer di kalangan pencinta alam. Dengan pemandangan yang megah dan nuansa alam yang indah, gunung berapi ini memberikan pengalaman mendaki yang mudah serta panorama yang tidak terlupakan.

Tidak cuma mendaki gunung, kamu juga akan dimanjakan oleh pemandangan cantik sepanjang jalan, seperti danau dan lahan pertanian di sekeliling area.

11. Bukit Ongakan Kediri

Bukit Ongakan Kediri

Foto: Arif Usman via Google Maps

  • Alamat: 48P4+6R9, Hutan, Besowo, Kec. Kepung, Kabupaten Kediri, Jawa Timur 64293 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp5.000

Bukit Ongakan berada di Kecamatan Kepung yang terkenal dengan suasanan hening dan sejuknya. Bukit ini diselimuti pepohonan tinggi dan semak-semak gemuk, membuatnya terlihat seperti tempurung kura-kura dari atas dan menjadi asal-usul penamaannya.

Selain menikmati pemandangan indah, kamu juga bisa bersepeda di jalur pendakian. Seru, nih!

Baca juga: Hobi Wisata Alam? Berikut 5 Gunung di Jawa Timur Dengan Pemandangan Mengagumkan!

12. Kolam Renang dan Wisata Pagora Kediri

Kolam Renang dan Wisata Pagora Kediri

Foto: Arifin Arifin via Google Maps

  • Alamat: Jl. Ahmad Yani No.10, Tepus, Banjaran, Kec. Kota, Kota Kediri, Jawa Timur 64124 (Gmaps)
  • Jam buka: 06.00–16.00
  • Tiket masuk: Rp6.000

Kolam Renang dan Wisata Pagora terkenal sebagai salah satu wisata air yang populer di Kediri. Fasilitasnya lengkap, seperti kolam renang, area memancing, perahu bebek, dan masih banyak lagi.

Setelah seharian berenang, kamu bisa menikmati makanan khas kediri yang disediakan di kantin. Jika ingin berhemat, kamu juga bisa membawa bekal sendiri dan menyantapnya di area piknik!

Nginap di Bobobox Pasti Seru

Setelah puas keliling kota, enaknya rehat sejenak untuk istirahat—di mana lagi kalau bukan di Bobopods!

Bobobox menyediakan hotel kapsul yang siap menjadi rumah bagi para petualang dari seluruh pelosok Indonesia. Setiap pod dirancang dengan fasilitas berteknologi tinggi, menciptakan waktu beristirahat yang nyaman, tenteram, dan efisien.

Yuk, rasakan sensasi tinggal di pod futuristik dengan pesan lewat aplikasinya!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Irfan Afandi via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles