Sumber: jendela360.com

27 Pilihan Tempat Wisata di Jakarta Barat yang Seru dan Menarik

Mari istirahat sejenak dari hiruk pikuk rutinitas yang bikin penat dengan berwisata ke Jakarta Barat. Mulai dari wisata edukasi, wisata religi, hingga wisata kuliner bisa kamu lakukan di sini.

Yuk, maksimalkan waktu liburanmu dengan mengunjungi tempat-tempat wisata di Jakarta Barat berikut ini!

27 Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta Barat

Berikut 27 tempat wisata di Jakarta Barat yang sayang jika kamu lewatkan.

1. Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta

Sumber: tripadvisor.com

Dulunya, Kota Tua adalah pusat perdagangan di era abad ke-16. Sesuai namanya, kamu bisa merasakan suasana seperti di masa lampau di sini berkat banyaknya gedung-gedung peninggalan Belanda.

2. Museum Bank Indonesia

Museum Bank Indonesia

Sumber: bi.go.id

Museum Bank Indonesia memiliki bangunan yang tampak modern dan mewah. Tempat ini memamerkan koleksi tumpukan emas batangan di tengah ruangan yang menarik perhatian.

Di museum ini juga terdapat ruang immersive cinema untuk memutar video edukasi mengenai Bank Indonesia. Koleksi lainnya meliputi uang kertas, uang logam, brankas, dan benda bersejarah lainnya.

3. Museum Sejarah Jakarta

Museum Sejarah Jakarta

Sumber: jakarta-tourism.go.id

Foto: jakarta-tourism.go.id

Museum Sejarah Jakarta juga dikenal sebagai Museum Fatahillah. Museum ini dibangun pada tahun 1707 dan awalnya berfungsi sebagai balai kota. Gedung ini memiliki ruang kantor, ruang penjara bawah tanah, dan ruang pengadilan.

Baca Juga: Yuk Cari Tahu Berbagai Museum yang Ada di Kota Tua

4. Museum Wayang

Sumber: museumjakarta.com

Total koleksi Museum Wayang mencapai lebih dari 4.000 wayang. Ada koleksi wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, dan wayang beber. 

Museum Wayang juga memamerkan koleksi boneka asal mancanegara, seperti boneka Thailand, Rusia, Inggris, dan negara lainnya.

5. Museum Seni Rupa dan Keramik

Museum Seni Rupa dan Keramik

Sumber: indoindians.com

Setelah puas melihat-lihat koleksi ragam karya dari keramik, lukisan, dan seni rupa lainnya, kamu juga bisa mengikuti kelas untuk mempelajari teknik pembuatan keramik di sini.

6. Museum Mandiri

Museum Mandiri

Sumber: sovialida.com

Museum Mandiri terletak persis di sebelah Museum Bank Indonesia. Gedung ini dulunya milik perusahaan swasta Belanda yakni Factorij Batavia. Arsitektur gedungnya masih dipertahankan sebagaimana bentuk aslinya yang identik dengan zaman kolonial Belanda.

7. Museum BNI

Museum BNI

Sumber: bni.co.id

Di Museum BNI, kamu bisa melihat langsung mesin pencetak uang yang digunakan untuk mencetak Oeang Republik Indonesia atau ORI. ORI adalah alat pembayaran resmi pertama Indonesia yang dirilis pada tanggal 30 Oktober 1946.

8. Toko Merah

Toko Merah

Sumber: oaseindonesianews.com

Tempat wisata Jakarta Barat yang satu ini adalah gedung peninggalan Belanda. Toko Merah dulunya merupakan kediaman seorang Gubernur Jenderal VOC.

9. Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium

Sumber: Jakarta Aquarium

Jakarta Aquarium adalah tempat wisata edukasi di Jakarta Barat yang berfokus pada hewan-hewan yang hidup di air. Tempat wisata ini terletak di Mall Neo Soho.

10. Pancoran ChinaTown

Pancoran ChinaTown

Sumber: goodnewsfromindonesia.id

Tempat wisata yang satu ini cocok dikunjungi saat liburan Imlek. Kamu bisa mencicipi banyak kuliner legendaris dan mengunjungi Vihara Dharma Bhakti.

11. Skyrink

Skyrink

Sumber: tatabejana.com

Bagi kamu yang hobi bermain ice skating atau baru ingin mencoba olahraga ini, kamu bisa mengunjungi Skyrink di Mall Taman Anggrek.

Baca Juga: Lezat dan Unik! 10 Camilan Khas Betawi yang Wajib Dicoba Saat Berlibur di Jakarta

12. Bentara Budaya

Bentara Budaya

Sumber: Lita Febriani via tribunnews.com

Foto: Lita Febriani via tribunnews.com

Di Bentara Budaya Jakarta, kamu dapat menyaksikan pertunjukan pementasan tari, teater, musik, dan pemutaran film. Kamu juga bisa melihat koleksi ratusan lukisan karya seniman Indonesia serta ragam karya keramik dan gerabah.

13. Petak Enam

Petak Enam

Sumber: sawitku.id

Petak Enam dulunya adalah pusat perbelanjaan. Kini, tempat ini menjadi pusat wisata kuliner di Glodok dengan nuansa yang lebih fresh dan kekinian, tapi tanpa menghilangkan unsur budaya Tionghoa pada arsitekturnya.

14. Bakmi Ayam Acang

Bakmi Ayam Acang

Sumber: Ivan Ciptadi via pergikuliner.com

Kamu harus coba bakmi legendaris yang satu ini. Pasalnya, Bakmi Ayam Acang sudah ada sejak tahun 1969, lho. Jangan khawatir, kedai mi ini tidak menggunakan bahan-bahan nonhalal pada hidangannya.

15. Museum MACAN

Museum MACAN

Sumber: okezone.com

MACAN adalah akronim dari Modern and Contemporary Art in Nusantara. Artinya, museum ini memamerkan kesenian modern dan kontemporer.

Instalasi karya seni di Museum MACAN akan terus berganti setiap beberapa bulan sekali. Dengan begitu, kamu tak akan bosan mengunjungi museum ini berkali-kali.

Bobobox Maximum Comfort Banner

16. Museum Tekstil

Museum Tekstil

Sumber: Nuri Yatul Hikmah via tribuntangerang.com

Sesuai namanya, Museum Tekstil memiliki koleksi ribuan kain dari seluruh Indonesia. Koleksi yang dipamerkan meliputi kain tenun, kain batik, kain dari bahan unik seperti kulit kayu, dan banyak lainnya.

17. Gereja Sion

Gereja Sion

Sumber: @areeholic via Instagram

Gereja Sion sering juga disebut Gereja Portugis. Gereja yang berusia lebih dari tiga abad ini merupakan salah satu gereja tertua di Indonesia.

18. Taman Cattleya

Taman Cattleya

Sumber: Emye via backpackerjakarta.com

Di Taman Cattleya, kamu bisa menikmati suasana sejuk dikelilingi pepohonan hijau di tengah Kota Jakarta.

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba

19. Hutan Kota Srengseng

Hutan Kota Srengseng

Sumber: Suci Wulandari Putri via Kompas

Hutan Kota Srengseng juga tempat wisata di Jakarta Barat yang bernuansa alam. Di sini tersedia jogging track, area bermain anak, bahkan danau yang menambah kesejukkannya.

20. Pasar Bunga Rawa Belong

Pasar Bunga Rawa Belong

Sumber: Charlie Reinhard via rri.co.id

Penggemar bunga wajib mengunjungi Pasar Bunga Rawa Belong. Kamu bisa berbelanja bunga segar dengan harga terbaik sampai puas.

21. Kwetiau Sapi 78

Kwetiau Sapi 78

Sumber: tripadvisor.com

Warung makan legendaris ini sudah berdiri sejak tahun 1973. Selain kwetiau sapi, warung makan ini juga menjual beragam hidangan bihun, mi, bakso, dan udon.

22. Jembatan Kota Intan

Jembatan Kota Intan

Sumber: merdeka.com

Jembatan Kota Intan adalah jembatan tertua di Indonesia yang dibangun tahun 1628. Jembatan bersejarah ini terletak di kawasan Kota Tua.

23. Gedung Arsip Nasional

Gedung Arsip Nasional

Sumber: jakarta-tourism.picsidev.com

Gedung Arsip Nasional pernah menjadi tempat penyimpanan arsip pada zaman kolonial Belanda.

24. Masjid Raya KH. Hasyim Asy’ari 

Masjid Raya KH. Hasyim Asy'ari

Sumber: info1.id

Masjid ini juga dikenal sebagai Masjid Raya Daan Mogot. Bentuk bangunan masjid ini unik dengan mengadopsi budaya Betawi.

25. Gedung Candra Naya

Gedung Candra Naya

Sumber: Jakarta Tourism via Google Maps

Jika kamu sedang berwisata ke Jakarta dalam rangka merayakan Imlek, kurang afdal rasanya kalau tak berkunjung ke cagar budaya satu ini. Gedung Candra Naya erat sekali hubungannya dengan sejarah Tionghoa di Indonesia dan juga perjuangan kemerdekaan Indonesia.

26. Klenteng Kim Tek Ie

Klenteng Kim Tek Ie

Sumber: salsawisata.com

Kelenteng tertua di Jakarta ini dikenal juga dengan nama Vihara Dharma Bhakti. Klenteng yang sudah berdiri sejak tahun 1650 ini selalu padat saat perayaan Imlek.

27. Palm Bay Water Park

Palm Bay Water Park

Sumber: salsawisata.com

Cuaca jakarta yang superpanas sangat mendukung untuk berwisata ke Palm Bay Water Park.

Baca Juga: Mari Menatap Masa Lalu Jakarta di 4 Kampung Betawi Ini

Istirahat Nyaman dengan Harga Terjangkau di Bobobox Kota Tua Jakarta!

Bobobox Kota Tua

Hotel kapsul Bobobox adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Agar pod tetap bersih, kamu bisa menyantap makanan di area komunal. Jangan khawatir, karena ada microwave yang bisa kamu pakai untuk menghangatkan makanan yang telah kamu beli.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles