Sumber: Warsoyo via Google Maps

7 Tempat Wisata Wajib Masuk To-Do List Dekat Bobobox Kota Lama, Semarang

Wisata Kota Lama Semarang merupakan salah satu wisata ikonis yang selalu ramai pengunjung, terutama di akhir pekan dan saat menjelang malam. Kemegahan arsitektur lama khas era kolonial yang masih kokoh berdiri memang menjadi magnet tersendiri bagi para pelancong.

Jika kamu yang hendak berlibur ke Semarang, wisata Kota Lama tentu tidak boleh kamu lewatkan. Sebagai wisata populer, kawasan ini menyediakan beragam hotel di tengah hiruk pikuk wisata tempo doeloe.

Salah satunya adalah Bobobox Pods Kota Lama. Dari Bobobox, kamu bisa memaksimalkan waktu yang kamu punya untuk menjelajahi tempat-tempat wisata di dekatnya. Berikut ini adalah tujuh di antaranya.

Wisata Kota Lama

Lokasi: Jalan Letjen Suprapto No.31, Tj. Mas, Kecamatan Semarang Utara
HTM: Gratis
Jam buka: 24 jam

Sumber: @kosim__m via Instagram

Kota Lama identik dengan deretan bangunan peninggalan Belanda yang memiliki arsitektur khas Eropa. Sudah berdiri sejak tahun 1700-an, kawasan Kota Lama sempat menjadi pusat perdagangan dan pemerintahan pada sekitar abad ke 19-20.

Karena itu, Kota Lama pun menjadi kawasan cagar budaya yang sarat akan nilai sejarah. Kehadiran bangunan-bangunan tua itu menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mencicipi suasana tempo doeloe sekaligus berfoto di setiap sudutnya yang unik dan Instagrammable.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi wisata Kota Lama, ada banyak bangunan menarik yang bisa kamu jumpai, seperti:

  • Gereja Blenduk
  • Pabrik Rokok Praoe Lajar
  • Taman Srigunting
  • Gedung Asuransi Jiwasraya
  • Gedung Bank Mandiri Mpu Tantular
  • Rumah Akar
  • Gedung Oudetrap
  • Semarang Contemporary Art Gallery
  • Gedung Spiegel
  • Gedung Marba

Bangunan-bangunan bersejarah itu dapat kamu telusuri dengan bersepda atau berjalan kaki di area pedestrian yang memang sudah tertata rapi. Khusus di malam akhir pekan, kamu bisa menikmati suasana car free night yang berlangsung di sepanjang Jalan Letjen Suprapto.


Baca Juga: Warna-Warni Wahana dan Spot Foto Di Ecopark Dusun Semilir, Semarang!


Simpang Lima

Lokasi: Kelurahan Lamper Lor, Kecamatan Semarang Selatan
HTM: Gratis
Jam buka: 24 jam

Sumber: @740aerialvideography via Instagram

Berjarak 4 km saja dari Bobobox dan wisata Kota Lama, Simpang Lima menjadi salah satu tujuan favorit untuk wisata malam Semarang. Tempat satu ini memiliki ruang terbuka yang kerap menjadi menjadi tempat berkumpul komunitas-komunitas lokal.

Simpang Lima juga terkenal sebagai sentra perdagangan sekaligus kuliner Semarang. Karena itu, jangan heran jika kamu mendapati aneka toko oleh-oleh khas Semarang serta banyak kedai yang menawarkan kuliner lokal hingga internasional. Ada tahu petis, lumpia, tahu gimbal, soto bokoran, nasi pecel, spikoe, lapis legit, hingga corndog dan takoyaki.

Selain menyuguhkan ragam kuliner, Simpang Lima juga menawarkan kegiatan menarik lainnya yang wajib kamu coba. Kamu bisa berfoto di spot-spot Instagrammable atau berfoto dengan cosplayer; menyewa inline skate, sepatu roda dan hoverboard; menaiki delman, sepeda dan mobil hias; dan bermain catur tiga langkah.

Jika sudah puas bermain di kawasan Simpang Lima, kamu bisa beranjak ke area mal yang ada di sekitarnya, seperti Ciputra Mall dan Plaza Simpang Lima. Karena tidak begitu jauh, kamu bisa mencapainya hanya dengan berjalan kaki.

Masjid Agung Jawa Tengah

Lokasi: Jalan Gajah Raya, Sambirejo, Kecamatan Gayamsari
HTM: Gratis
Jam buka: 24 jam

Sumber: @adi_mrizal via Instagram

Resmi dibuka pada November 2006 lalu, Masjid Agung Jawa Tengah bisa menjadi pilihan wisata religi saat berkunjung ke Semarang.

Masjid yang berlokasi sekitar 5 km dari wisata Kota Lama dan Bobobox ini berdiri di lahan seluas 1.000 meter persegi dan bisa menampung antara 6.000-10.000 jemaah. Karena luasnya tersebut, sebaiknya kamu bertanya dulu ke pusat informasi agar tidak tersesat saat menjelajahi masjid tersebut.

Memasuki area masjid, kamu akan disuguhi dengan arsitektur megah yang merupakan perpaduan antara Jawa, Timur Tengah dan Yunani. Salah satu yang cukup unik adalah keberadaan enam payung raksasa yang bisa dibuka tutup otomatis seperti di Masjid Nabawi, Madinah.

Selain menyediakan tempat untuk beribadah, kompleks Masjid Agung Jawa Tengah juga terdiri dari beberapa fasilitas lain. Fasilitas tersebut meliputi area wudu, lapangan dengan menara kecil, tempat parkir, hotel, convention hall, office hall, perpustakaan, kafe, toko, dan menara yang bisa dinaiki untuk melihat pemandangan Semarang dari ketinggian.


Baca Juga: Semarang Zoo: Salah Satu Destinasi Wisata Edukasi Terbaik di Semarang!


Lawang Sewu

Lokasi: Jl. Pemuda No.160, Sekayu, Kecamatan Semarang Tengah
HTM: Rp20.000
Jam buka: 08.00-17.00 dan 08.00-22.00 untuk akhir pekan

Sumber: heritage.kai.id

Berjarak 3,5 km dari Bobobox dan wisata Kota Lama, Lawang Sewu termasuk bangunan peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dan megah dengan arsitektur khas Eropanya. Dibangun mulai tahun 1904, Lawang Sewu mulanya merupakan kantor pusat perusahaan kereta api swasta, Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij.

Setelah mengalami sejarah panjang, tempat ini kini beralih fungsi menjadi museum dengan aneka koleksi terkait perkeretaapian Indonesia dari masa ke masa. Ada koleksi Alkmaar, mesin Edmonson, mesin hitung, mesin tik, surat berharga, replika lokomotif uap, dan lainnya.

Selain menjadi tempat wisata sejarah, Lawang Sewu juga menarik perhatian pengunjung karena kemegahan dan keindahan bangunannya yang Instgrammable abis. Karena itu, pengelola pu membuka sewa untuk kegiatan pameran, pemotretan, shooting, ruang pertemuan, pesta pernikahan, festival, workshop, pesta seni hingga bazar. Bukan cuma itu, tidak sedikit juga pengunjung tertarik datang karena rumor keangkeran Lawang Sewu yang membuat mereka ingin membuktikan kebenarannya.

Pecinan Semarang

Lokasi: Kauman, Kecamatan Semarang Tengah
HTM: Gratis
Jam buka: 24 jam

Sumber: @heru.sukamoto via Instagram

Berlokasi sekitar 3,5 km dari Bobobox dan wisata Kota Lama, Pecinan atau Chinatown Semarang merupakan kawasan wisata perpaduan antara budaya, religi dan kuliner.

Dengan mayoritas penduduk China, Pecinan Semarang identik dengan rumah-rumah beratap pelana serta keberadaan sembilan klenteng yang usianya telah mencapai ratusan tahun.

Beberapa di antaranya adalah Klenteng Tay Kak Sie di Gang Lombok, Klenteng Siu Hok Bio di Jalan Wotogandul Timur yang merupakan kelenteng tertua di Semarang serta Klenteng See Hoo Kiong yang identik dengan keberadaan empat patung keranya.

Sementara itu, ikon kuliner kawasan Pecinan Semarang ini adalah Pasar Semawis yang hanya buka pada hari Jumat, Sabtu dan Minggu mulai pukul 18.00-23.00.

Pasar tersebut terletak di Gang Warung dan menyediakan aneka kuliner tradisional hingga kekinian lewat tenda-tenda semi permanen di sepanjang jalan gang tersebut.

Selain Pasar Semawis, kamu juga bisa mencicipi jajanan khas Semarang, yaitu Lumpia Gang Lombok di samping Klenteng Tay Kak Sie yang sudah eksis hingga empat generasi.


Baca Juga: Yuk, Wisata Sambil Belajar Sejarah Kota Semarang di 7 Spot Berikut Ini!


Taman Pandanaran

Lokasi: Jalan Pandanaran, Mugassari, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang
HTM: Gratis
Jam buka: 24 jam

Sumber: ekosugeng widodo via Google Maps

Taman Pandanaran berlokasi sekitar 5 km dari Bobobox dan wisata Kota Lama. Kawasan ini berupa taman cantik di lahan seluas 6.000 meter persegi. Meski terbilang keci, Taman Pandanaran yang kerap menjadi lokasi untuk bersantai, berfoto dan berolahraga, seperti jogging dan senam aerobik.

Kondisinya yang asri dan tertata rapi memang menjadi nilai plus bagi wisatawan untuk sekadar bersantai sambil menikmati suasana Kota Semarang. Terlebih, taman ini sudah dilengkapi dengan tempat duduk, toilet dan keran minum steril.

Selain itu, Taman Pandanaran juga memiliki daya tarik lain, yaitu patung Warak Ngedhog yang memiliki kepala naga, leher unta dan badan kambing. Patung besar ini terinspirasi dari hewan mitos yang melambangkan kerukunan atau persatuan tiga etnis Semarang, yaitu Jawa, Tionghoa dan Arab.

Pantai Baruna

Lokasi: Bandarharjo, Kota Semarang
HTM: Rp 5.000
Jam buka: 05.00-22.00

Sumber: @adhywisaksono via Instagram

Jika sudah puas dengan suasana kota di sekitar wisata Kota Lama, kamu bisa coba healing ke Pantai Baruna.

Pantai yang belum dikelola secara resmi oleh pemerintah maupun swasta ini terkenal dengan keberadaan hamparan ilalang yang membuat kamu seolah berada di tengah sabana. Pemandangannya yang indah nan eksotis pun kerap menjadi spot favorit untuk berfoto.

Selain itu, Baruna rupanya pernah menjadi saksi bisu pertempuran lima hari antara pasukan Indonesia dan Jepang. Oleh karena itu, dibangunlah Tugu Ketenangan Jiwa oleh tentara Jepang sebagai pengingat peristiwa tersebut sekaligus bentuk penyesalan mereka atas penjajahan pada bangsa Indonesia.

Keberadaan monumen ini juga merupakan bentuk harapan agar para arwah tentara Jepang bisa kembali pulang sebab tugu tersebut dibangun di titik koordinat yang lurus dengan negara Jepang.


Hotel Strategis, Ya Bobobox!

Berencana liburan di sekitar wisata Kota Lama Semarang? Jangan ragu untuk menjatuhkan pilihan pada Bobobox sebagai akomodasi andalan kamu. Letaknya sangat strategis dan masih satu kawasan dengan tempat wisata Kota Lama, yaitu di Jalan Letjen Suprapto No. 7.

Berjarak sekitar lima menit dari Stasiun Tawang, Bobobox cocok banget buat kamu yang menggunakan moda transportasi kereta.

Sesampainya di stasiun, kamu hanya tinggal berjalan kaki lalu langsung rebahan deh di kasur pod Bobobox yang luas dan super comfy.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh dulu aplikasi Bobobox di sini.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles