Tempat wisata bandungan

Jelajahi Wisata Bandungan: 15 Destinasi Wisata yang Menarik

Sahabat Bob, tahukah kamu kalau Semarang, Jawa Tengah memiliki sebuah surga tersembunyi yang siap membuatmu terpesona berkat segala keindahan alamnya? Kalau belum tahu, yuk, kita kenalan dengan Bandungan dan tempat wisatanya!

Kecamatan kecil di Semarang ini jelas layak untuk dieksplorasi. Tidak hanya karena wilayahnya dikelilingi pemandangan perbukitan yang mengagumkan, tapi juga karena udara segarnya sungguh mendukung untuk jalan-jalan.

Ada banyak destinasi turis yang bisa kamu jelajahi di Bandungan, mulai dari wisata alam, tempat hangout modern, hingga tempat relaksasi. Ditambah kehangatan dan keramahan penduduk lokal, perjalananmu di tempat wisata Bandungan dijamin lebih istimewa.

Mari kita bahas tempatnya satu per satu!

Sekilas Mengenai Bandungan

Tempat wisata bandungan

Foto: Catatan Bunda

Bandungan adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini terletak di daerah perbukitan, menawarkan suasana pegunungan yang asri dan menyegarkan.

Kecamatan ini memiliki asal-usul yang unik, Sahabat Bob. Namanya diambil dari kata “bendungan” dan menceritakan legenda cinta suami istri Kyai Sanggem dan Nyai Sanggem. 

Pada zaman dahulu kala, pasangan ini melakukan meditasi untuk tujuan memiliki anak. Mereka akhirnya menerima petunjuk ilahi yang memandu mereka untuk menemukan sumur di lereng Gunung Ungaran. Kyai dan Nyai Sanggem menyanggupi syarat tersebut dan berhasil mendapatkan keturunan.

Namun, kisah mereka tidak berhenti di sana. Setelah memiliki anak, Kyai dan Nyai Sanggem kembali mendapatkan wangsit untuk menutup sumur yang mereka temukan demi mencegah bencana alam di desa, yakni surutnya air sampai titik terakhir. Tidak rela warga desa sengsara atas namanya, Kyai Sanggem kemudian menutup sumur tersebut dengan sebuah gong.

Bandungan merupakan saksi bisu kisah cinta dan pengorbanan dua sejoli Kyai Sanggem dan Nyai Sanggem. Makam dari kedua pasangan tersebut dapat ditemukan di belakang kantor kecamatan Bandungan.

15 Rekomendasi Tempat Wisata Bandungan

1. Candi Gedong Songo

Candi Gedong Songo

Foto: Steven Davis via Google Maps

  • Alamat: Jalan Ke Candi Gedong Songo, Candi, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp10.000–15.000

Candi Gedong Songo merupakan kompleks candi Hindu yang terletak di lereng Gunung Ungaran. Menurut riset sejarah, candi-candi ini diperkirakan dibangun pada abad ke-8 hingga ke-9 Masehi.

Kompleks ini terdiri dari sembilan candi yang tersebar di atas bukit-bukit dengan pemandangan alam yang menakjubkan. Kompleks candi ini juga memiliki nilai spiritual bagi umat Hindu karena diyakini sebagai tempat peribadatan dan meditasi pada masa lampau. 

Baca Juga: 15 Oleh-Oleh Khas Semarang yang Paling Terkenal

2. Ayanaz Gedongsongo

Ayanaz Gedongsongo

Foto: Chandra Gunawan via Google Maps

  • Alamat: Candi Gedong Songo, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp25.000

Tempat wisata alam Bandungan selanjutnya adalah Ayanaz Gedongsongo. Diresmikan pada tanggal 11 Juni 2018, Ayanaz Gedong Songo adalah salah satu destinasi wisata Semarang yang terletak di kompleks Gedong Songo, Bandungan.

Tempat ini menawarkan pengalaman modern berfoto-foto dengan tetap mempertahankan keindahan alam aslinya. Banyak latar belakang yang bisa dipakai, seperti balon udara, rumah bola kaca, atau hamparan rumput hijau dengan panorama langit biru!

3. Watu Gunung

Watu Gunung

Foto: Luqman Nur Hakim via Google Maps

  • Alamat: Lerep Satu, Lerep, Kec. Ungaran Bar., Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50519 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp10.000–30.000

Watu Genung adalah surga alam yang tersembunyi di Bandungan. Keindahan tempat ini terletak pada keajaiban panoramanya, terutama bebatuan kali yang membentuk formasi unik, serta kolam renangnya.

Kamu bisa menikmati pemandangan yang memukau dari atas tebing sambil menghirup udara segar pegunungan. Selain itu, Watu Gunung juga menyediakan area piknik yang luas, menjadikannya tempat sempurna untuk bersantai di tengah suasana alam yang tenang.

4. Taman Bunga Celosia

Taman Bunga Celosia

Foto: Dinar Setya Pratama via Google Maps

  • Alamat: Q8FW+WC Banyukuning, Semarang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp20.000

Siap-siap terpukau dengan keindahan bunga warna-warni di Taman Bunga Celosia! Seperti namanya, wisata alam ini menawarkan pemandangan kekayaan jenis-jenis flora Bandungan.

Taman ini sangat cocok untuk santai dengan berjalan-jalan atau sekadar menikmati momen indah. Selain itu, taman ini juga sering digunakan untuk acara khusus dan pameran bunga yang menambah keseruan wisatamu!

5. Sunrise Hill Gedong Songo

Sunrise Hill Gedong Songo

Foto: Panji Pratikno via Google Maps

  • Alamat: Tlogosari, Candi, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp30.000, belum termasuk aktivitas terpisah

Tempat wisata Bandungan lain yang layak dikunjungi adalah Sunrise Hill Gedong Songo. Fasilitas di tempat ini lengkap, meliputi area bermain, kampung tematik, dan kolam renang. 

Selain itu, terdapat juga banyak spot foto yang Instagrammable di Sunrise Hill Gedong Songo, seperti kampung salju, kampung Jepang, dan kampung Halloween. 

Baca Juga: 17 Tempat Ngopi Di Semarang Yang Paling Cocok Untuk Berbuka Bareng Teman

6. Florawisata Banyukuning

Florawisata Banyukuning

Foto: Kompas Travel

  • Alamat: Dusun Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang (Gmaps)
  • Jam buka: 10.00–18.00
  • Tiket masuk: Rp5.000–15.000

Florawisata Banyukuning di Bandungan, Jawa Tengah, adalah destinasi wisata menakjubkan dengan taman bunga yang indah. Taman ini dikenal karena koleksi bunga yang beragam dan warna-warninya yang cerah;  cocok untuk foto-foto dan sering menjadi tempat pameran bunga.

Jangan lupa untuk mengajak anak atau keponakan ke sini karena Florawisata Banyukuning sering mengadakan acara edukasi, mulai dari festival sampai lokakarya tanaman yang diselenggarakan di area kebun!

7. Bumi Perkemahan Mawar

Bumi Perkemahan Mawar

Foto: Mawar Camp via Google Maps

  • Alamat: Jl. Goa Jepang No.KM.5, Kluwihan, Sidomukti, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Rp10.000–500.000 (tergantung fasilitas dan pemandu)

Bumi Perkemahan Mawar terkenal karena pemandangan alamnya yang indah dan udaranya yang dingin. Namun, bagi para pendaki gunung, kawasan ini tersohor oleh jalur daki yang menantang. Areanya pun bisa dipakai untuk berkemah, menawarkan pengalaman menginap di tengah-tengah pohon pinus tinggi nan rindang.

8. Wisata Perantunan

Wisata Perantunan

Foto: Dita Aryani via Google Maps

  • Alamat: Jl. Lingkungan, Gintungan, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

Wisata Perantunan berfungsi sebagai gerbang masuk untuk mendaki Gunung Ungaran. Kamu bisa menikmati udara segar dan panorama hutan lebat yang memberikan naungan tenteram bagi para pencinta alam.

Ketika cuaca sedang cerah, kamu bisa melihat Gunung Merbabu di ujung selatan, yang mana merupakan salah satu gunung tercantik di Pulau Jawa. Kamu bisa mulai mendaki dari subuh untuk menyaksikan keindahan matahari terbit Kabupaten Semarang.

Baca juga: Dihiasi Patung Semut Raksasa, Begini Sejarah Gedung Marabunta Semarang

9. Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti

Foto: Heri Hall via Google Maps

  • Alamat: R94F+589, Umbul Sidomukti, Manggung, Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50661 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00
  • Tiket masuk: Rp5.000–10.000

Berikutnya ada Umbul Sidomukti. Tempat wisata alam Bandungan ini merupakan destinasi kolam air panas alami yang berpadu dengan pemandangan pegunungan hijau.

Selain kolam air panas, tersedia juga fasilitas seperti kolam renang dan area piknik untuk menikmati momen bersama keluarga atau teman-teman.

Tak hanya itu, Umbul Sidomukti juga menyediakan fasilitas berkemah, memungkinkan pengunjung untuk merasakan malam di alam terbuka yang damai. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Semarang yang Nyaman dan Seru

10. Legok Madu

Legok Madu

Foto: Slamet Santoso via Google Maps

  • Alamat: Q8PW+38C, Ngipik, Kaliwinong, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00
  • Tiket masuk: Rp10.000

Legok Madu menawarkan wisata alam yang mirip dengan Taman Bunga Celosia. Hanya saja, varian bunga di sini diklaim lebih beragam dan warna-warni.

Kamu bisa menjelajahi dan berfoto di berbagai spot menarik. Salah satu spot foto favorit adalah patung angsa dan burung merak yang dihiasi beragam bunga sebagai ekornya.

11. Setiya Aji Flower Farm

Setiya Aji Flower Farm

Foto: FAT Bli via Google Maps

  • Alamat: Q9CJ+333, Jl. Kendalisodo, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–18.00
  • Tiket masuk: Rp7.500

Masih membahas taman bunga, tidak afdal rasanya kalau pergi ke Bandungan tanpa mengunjungi Setiya Aji Flower Farm. Tempat wisata ini menjadi destinasi liburan favorit keluarga karena pemandangannya yang indah dan aksesnya yang mudah dijangkau.

Sebagai pengunjung, kamu bisa menikmati keindahan bunga-bunga di sini, bahkan bisa membelinnya sebagai kenang-kenangan. Menarik, bukan?

12. Kampung Krisan Clapar

Kampung Krisan Clapar

Foto: Qurrota Ayunin Diananda via Google Maps

  • Alamat: Q9PG+8QP, Jl. Kendalisodo, Candi, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–17.00
  • Tiket masuk: Rp10.000

Kampung Krisan Clapar, atau juga dikenal sebagai Chrysanthemum Village Travel Clapar, merupakan destinasi yang menawan yang terletak di Bandungan. Desa ini mendapatkan namanya dari jumlah bunga krisan warna-warni yang tumbuh di banyak sudut.

Jelajahi desa ini dengan berjalan santai atau menaiki sepeda agar kamu bisa mengapresiasi suasana tenang di kampung yang jauh dari hiruk pikuk kota-kota besar. 

13. Vanaprastha Gedong Songo Park

Vanaprastha Gedong Songo Park

Foto: saras s via Google Map

  • Alamat: Jl. Ke Candi Gedong Songo No.16, Krajan, Banyukuning, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00
  • Tiket masuk: Rp5.000–10.000

Daya tarik utama Vanaprastha Gedong Songo Park adalah pohon-pohon pinusnya yang menjulang tinggi. Jajaran pohon pinusnya yang berdempetan sampai-sampai disebut sebagai hutan lokasi film Twilight, lho.

Selain pohon pinus, tempat wisata ini juga tersohor dengan tiga rumah kayu yang konon berumur lebih dari satu abad.

14. Susan Spa and Resort

Susan Spa and Resort

Foto: Susan Spa and Resort via Google Maps

  • Alamat: Jalan Gintungan Utara Piyoto, Deso, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam, mengikuti jam resor
  • Tiket masuk: Tergantung paket spa, mulai Rp100.000

Siapa sih, yang tidak mau dimanjakan saat liburan? Nah, kalau Sahabat Bob mencari tempat untuk relaksasi jiwa dan raga, datang saja ke Susan Spa and Resort. Tempat ini dibangun dengan dekorasi cantik sehingga sering dijadikan sebagai lokasi upacara pernikahan.

Susan Spa and Resort menawarkan pelayanan yang ramah dan kualitas pijat hotel kelas atas. Selesai spa, kamu bisa jalan-jalan di sekitar resor dan menikmati pemandangan sunyi dan tenang.

15. Alun-Alun Bandungan

Alun-Alun Bandungan

Foto: Daniel Denny via Google Maps

  • Alamat: Jl. Tirtomoyo No.82, Jetis, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614 (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • Tiket masuk: Gratis

Jangan lupa untuk mampir ke Alun-Alun Bandungan sebelum pulang ke rumah! Pasalnya, di sinilah pusat keramaian Kecamatan Bandungan.

Alun-Alun Bandungan dipenuhi oleh area hijau dan kursi untuk bersantai. Area yang dulunya merupakan pasar tersebut masih ramai dikunjungi warga, terutama di akhir pekan.

Kamu bisa menemukan beragam oleh-oleh khas Bandungan dan Semarang di sini. Atau, kalau lapar, kamu bisa melipir ke gerobak makanan di pinggir alun-alun yang menjual masakan serta jajanan lokal.

bobobox

Sedang mencari akomodasi di Semarang? Pilih Bobobox Kota Lama saja! Tidak hanya unggul dari sisi lokasi, Bobobox juga menyediakan tempat beristirahat dengan fasilitas yang nyaman dan staf yang ramah.

Segera reservasi lewat aplikasi dan rasakan menginap di pod futuristik selama liburan!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Catatan Bunda

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles