Tempat Wisata Anak di Cirebon

27 Pilihan Tempat Wisata Anak di Cirebon yang Paling Hits

Terletak di pantai utara Pulau Jawa, Cirebon menawarkan berbagai destinasi wisata yang cocok untuk keluarga, terutama bagi anak-anak. Dari taman bermain air hingga kawasan bersejarah, kota ini menawarkan banyak pilihan agar liburanmu bersama keluarga tak terlupakan.

Apalagi, berkat pembukaan Tol Cipali, kini akses ke Cirebon semakin mudah dan cepat sehingga kota ini kian populer sebagai destinasi liburan. 

27 Rekomendasi Tempat Wisata Anak di Cirebon 

Jika kamu berencana mengajak si kecil berlibur, berikut adalah 30 pilihan tempat wisata anak di Cirebon yang paling hits.

1. Bukit Gronggong

Terletak di jalur utama antara Cirebon dan Kuningan, Bukit Gronggong ini menawarkan panorama alam yang memukau. Kunjungi pada sore hari menjelang malam untuk menikmati keindahan lampu-lampu Kota Cirebon dari atas bukit.

2. Taman Sari Goa Sunyaragi

Lebih dikenal dengan nama Goa Sunyaragi, tempat ini dulunya adalah tempat pertapaan dan pelatihan tentara kesultanan Cirebon.

Meski terkenal dengan berbagai mitos, tempat wisata anak di Cirebon ini juga memiliki nilai seni yang tinggi dan cocok untuk tempat foto-foto.

3. Situ Cicerem

Situ Cicerem

Sumber: putri dianita via Gmaps

Situ Cicerem adalah danau buatan yang memiliki asal-usul dari mata air kecil. Tempat wisata anak di Cirebon ini dihuni oleh berbagai jenis ikan warna-warni yang indah dipandang. Namun, kamu dilarang memancing ikan di sini, ya. 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata Backpacker di Cirebon Yang Ngehits!

4. Telaga Remis

Telaga Remis Tempat Wisata Anak di Cirebon

Sumber: Disway Jateng

Terletak di kaki Gunung Ciremai, Telaga Remis menawarkan pemandangan alam yang memesona. Konon, tempat ini pernah menjadi tempat bertapa Raja Siliwangi. 

Selain menikmati pemandangan, kamu juga dapat menjelajahi hutan seluas 3 hektare yang ditumbuhi ratusan jenis tumbuhan.

5. Danau Setu Patok

Danau ini terkenal dengan keindahan panoramanya yang membuatnya selalu ramai dikunjungi, terutama saat hari libur. Terletak di Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon, tempat wisata anak di Cirebon ini berjarak sekitar 20 menit dari pusat kota Cirebon.

6. Pantai Kejawanan

Pantai Kejawanan

Sumber: Wahyu Adityo Prodjo via KOMPAS.com

Salah satu pantai di Kota Cirebon yang menawarkan pemandangan matahari terbit yang memukau. Kamu juga bisa berkeliling pantai dengan perahu motor milik nelayan dengan tarif yang terjangkau.

7. Wanawisata Ciwaringin

Terletak di perbatasan Cirebon dan Majalengka, tempat ini menawarkan hutan hijau yang asri, danau untuk memancing, serta pemandangan Gunung Kapur yang indah.

8. Desa Wisata Cikahalang

Selain menawarkan pemandangan alam khas pegunungan, tempat ini juga terkenal sebagai tempat makan ikan bakar. Kamu bahkan dapat menangkap sendiri ikan yang ingin disantap.

9. Wisata Kera Plangon

Wisata Kera Plangon

Sumber: Panji Prayitno via Liputan6

Mirip dengan Hutan Monyet Sangeh di Bali, tempat ini terdiri dari bukit-bukit yang dikelilingi hutan dan dihuni oleh kera-kera liar. Meskipun begitu, kamu perlu berhati-hati saat berinteraksi dengan para kera karena mereka cukup agresif.

10. Pantai Plered

Pantai ini terkenal dengan pasir putihnya yang halus dan pemandangan matahari tenggelam yang memukau. Terdapat banyak warung makan di sepanjang pantai yang menawarkan seafood segar.

11. Keraton Kasepuhan

Sebagai keraton tertua di Cirebon, Keraton Kasepuhan menawarkan keindahan arsitektur dan berbagai koleksi peninggalan sejarah. Si kecil bisa belajar banyak tentang sejarah dan budaya Cirebon di tempat wisata anak ini.

12. Trupark Museum

Trupark Museum

Pras via Gmaps

Cirebon dikenal sebagai salah satu pusat batik di Indonesia. Kamu dan anak bisa melihat berbagai koleksi batik Cirebon dan belajar tentang proses pembuatannya.

13. Tempat Wisata Bunder

Taman ini menawarkan tempat bagi anak-anak berenang. Di sana kamu juga bisa menemukan para pedagang dari berbagai daerah yang mencari penghasilan di lokasi wisata. Lokasinya yang strategis membuatnya mudah diakses dari pusat kota.

14. Pantai Astana Penggung

Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang indah dengan hamparan pasir hitam. Terdapat pula beberapa spot foto yang menarik untuk diabadikan.

15. Agrowisata Kaligong

Bagi si kecil yang ingin merasakan sensasi berkebun dan berpetualang di alam, tempat ini bisa menjadi pilihan. Terdapat berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sini, seperti memetik buah, memancing, dan berkeliling dengan sepeda.

Bobobox Maximum Comfort Banner

16. Pantai Jati Malang

Pantai ini menawarkan keindahan alam dengan hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Kamu bisa berenang, bermain voli pantai, atau sekadar bersantai di sini.

17. Kampung Batik Trusmi

Sebagai pusat batik di Cirebon, kamu bisa menemukan berbagai motif batik khas Cirebon di sini. Selain berbelanja, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan batik.

Baca Juga: Mengenal Sejarah Batik Mojokerto dan Makna di Balik Motif-Motif Indahnya

18. Pantai Karang Song

Pantai ini dikenal dengan keindahan alamnya dan berbagai aktivitas menarik, seperti bermain banana boat, jet ski, dan parasailing.

19. Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Cirebon Waterland Ade Irma Suryani

Sumber: IG @cirebonwaterland.id via Tribun News Wiki

Dikenal juga dengan nama Cirebon Waterland, tempat ini telah menjadi primadona sejak dibuka kembali pada tahun 2014. Kamu dan keluarga dapat menjajal kolam renang waterboom, taman bermain anak dengan berbagai wahana menarik, hingga cottage di pinggir pantai. 

20. Pantai Pasar Putih Losari

Jangan keliru dengan Pantai Losari yang ada di Makassar, ya, karena ini pantai yang berbeda. Pantai ini menawarkan pemandangan matahari tenggelam yang memukau dengan hamparan pasir yang luas.

21. Keraton Kanoman

Keraton Kanoman

Sumber: nusantaranews

Keraton ini adalah salah satu dari beberapa keraton di Cirebon. Si kecil bisa melihat-lihat keindahan arsitektur tradisional dan koleksi benda-benda bersejarah di sini.

22. Taman Pelangi

Taman rekreasi keluarga ini telah dilengkapi berbagai fasilitas permainan untuk anak-anak dan area piknik yang asri. Si kecil bisa menaiki ayunan kapal bajak laut, boom boom car, kereta mini, helikopter mini, bianglala, dan masih banyak lagi.

23. Museum Wayang Cirebon

Tempat ini menampilkan koleksi wayang khas Cirebon dan memberikan edukasi tentang sejarah dan budaya wayang di Indonesia.

24. Pantai Citemu

Pantai Citemu sebagai Tempat Wisata Anak di Cirebon

Sumber: libur.co

Untuk menikmati pesona keagungan samudra, Pantai Citemu menjadi destinasi yang tepat. Pantai ini tak hanya menawarkan panorama laut yang memukau dan fasilitas tempat istirahat yang nyaman.

25. Waterpark Kyai Masni

Waterpark Kyai Masni

Sumber: rayga hideki via Gmaps

Waterpark Kyai Masni menawarkan kombinasi unik antara fasilitas hiburan air modern dan keindahan alam. Tempat ini menjadi favorit untuk rekreasi keluarga karena memiliki berbagai wahana yang cocok untuk segala usia.

26. Agrowisata Mangga Cirebon

Bagi si kecil yang ingin merasakan sensasi memetik mangga langsung dari pohonnya, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat.

27. Kampung Wisata Linggarjati

Kampung wisata ini menawarkan pengalaman menginap di rumah tradisional. Si kecil bisa belajar tentang sejarah Perjanjian Linggarjati di sini.

Baca Juga: Rekomendasi Rest Area Semarang-Jakarta Terbaik untuk Beristirahat

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox!

Menginap Seru di Bobobox bersama Keluarga

Waktu luangmu yang berharga dapat diisi dengan wisata ke tempat-tempat baru yang belum pernah kamu singgahi. Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan. Hotel kapsul ini menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat. Lokasinya yang strategis pun akan memudahkanmu pergi ke berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis: Intifanny Amandara Putri

Foto header: orami.co.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles