Tempat Melukat di Denpasar Bali - Pura Campuhan Windhu Segara

7 Pilihan Tempat Melukat di Denpasar, Bisa Wisata Spiritual di Bali

Denpasar terkenal sebagai pintu gerbang pariwisata di Pulau Bali, dengan pesona unik gabungan tradisi dan modernitas. Selain kaya budaya dan sejarah, ibu kota satu ini memiliki pemandangan yang memanjakan mata untuk melengkapi daya pikatnya.

Hal tersebut menjadikan Denpasar sebagai destinasi yang tepat untuk healing, atau dalam istilah spiritual lebih dikenal sebagai melukat.

Jika kamu sedang ingin membersihkan pikiran dan diri dari segala hal negatif, yuk intip informasi seputar tempat melukat terbaik di Denpasar!

Sekilas tentang Melukat

Lebih dari istilah healing yang kita kenal, melukat adalah ritual pembersihan atau penyucian diri dengan air suci sebagai bagian dari wisata spiritual. Kata melukat sendiri berasal dari kata “sulukat”—“su berarti baik dan “lukat berarti penyucian.

Ritual ini dilakukan oleh umat Hindu di Bali sebagai upaya membersihkan jiwa dari hal-hal negatif, seperti kecemasan dan mimpi buruk. Seiring perkembangan zaman dan semakin terbukanya Bali terhadap wisatawan, melukat pun menangkap perhatian para pengunjung.

Karena bersifat menyegarkan dan menenangkan, melukat menjadi bagian dari wisata spiritual Bali. Pengunjung akan dibawa membilas diri dengan air suci, sembahyang, dan merenung di tengah alam sebagai bagian dari proses melukat.

Baca Juga: Cara ke Bali Naik Kereta dengan Hemat dan Mudah

7 Rekomendasi Tempat Melukat di Denpasar

Berikut ini pilihan tempat melukat yang terkenal di Denpasar Bali.

1. Pura Campuhan Windhu Segara

Pura Campuhan Windhu Segara

Sumber: denpasarkota.go.id

Lokasi: Padang Galak, Kesiman Petilan, Kec. Denpasar Timur, Kota Denpasar, Bali

Pura ini sudah terkenal sebagai destinasi melukat, terutama oleh warga setempat. Warga yang mengunjungi Pura Campuhan Windhu Segara umumnya berharap untuk meraih kesucian lahir dan batin.

Untuk melukat di pura ini, ada beberapa sarana yang perlu disiapkan, antara lain untuk membawa pejati, canang sari, dan klungah nyuh gading atau kelapa muda berwarna kuning. 

Kamu akan diajak mengikuti proses melukat, kemudian mandi di campuhan, yaitu area tempat air sungai dan air laut bertemu.

Bobocabin Bobobox

2. Pura Dalem Mengening Lan Penghayatan Bhatara Semeru

tempat melukat di denpasar - Pura Dalem Mengening Lan Penghayatan Bhatara Semeru

Sumber: Budiadnyana via denpasarnow.com

Lokasi: Desa Renon, Denpasar, Bali

Terletak sekitar 500 meter dari Pasar Renon, Pura Dalam Mengening Lan Penghayatan Bhatara Semeru adalah tempat melukat di Denpasar berikutnya.

Pura ini memiliki mata air yang jernih dan tidak pernah kering, tempat proses melukat dilakukan hingga kini. Airnya pun dipercaya dapat membersihkan tempat usaha dari bala.

Ida Bhawati Satya Dharma, pengempon pura, berkata bahwa melukat di pura ini dapat menetralisasi hal yang tidak baik dalam diri kita.

3. Pura Pucak Watu Geni

Pura Pucak Watu Geni

Sumber: balitribune.co.id

Lokasi: Jl. Nuansa Indah, Pemecutan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80118

Tempat melukat selanjutnya terbilang cukup unik, karena di sinilah terdapat sebuah guci atau gentong batu berisikan air abadi yang tidak pernah habis!

Pura Pucak Watu Geni terbilang cukup mudah dicapai karena letaknya berada di tengah kota, tepatnya di antara perumahan warga. Warga sekitar biasanya juga melakukan prosesi melukat di pura ini, terutama saat momen upacara Banyupinaruh.

Baca Juga: Cara Memakai Selendang Bali untuk Perempuan

4. Pura Dalem Pengembak Merta Sari

Pura Dalem Pengembak Merta Sari

Sumber: Budiadnyana via denpasarnow.com

Lokasi: Jl. Pengembak, Sanur Kauh, Denpasar Selatan, Kota Denpasar, Bali

Warga sekitar sering mengunjungi pura yang satu ini untuk melukat. Tak hanya dengan tujuan untuk menjauhkan diri dari sakit atau kesialan, beberapa orang bahkan melakukan proses melukat agar diberi keturunan dan kelancaran bisnis.

Bermula dari berendam di campuhan, pengunjung kemudian akan melanjutkan proses melukat dengan bungkak nyuh gading untuk melebur segala penyakit pada diri manusia.

5. Pura Taman Beji

Pura Taman Beji

Sumber: orientdesign via Tripadvisor

Lokasi: Jl. Raya Puspa Resti No.25, Abiansemal, Kec. Abiansemal, Kabupaten Badung, Bali 80352

Pura Taman Beji memancarkan aura spesial, terutama berkat keindahan air terjun dan sawah hijau yang terletak tidak jauh dari lokasi. Belum juga melakukan prosesi melukat, pengunjung sudah merasa jauh lebih tenang.

Kabarnya, terdapat dua air terjun dengan fungsi berbeda. Air terjun pertama berada di bawah dan memiliki fungsi untuk melebur mala, rasa dengki, serta amarah.

Di air terjun pertama ini, kamu akan disarankan membayangkan seseorang yang kamu benci di bawah air terjun. Lalu, kamu disarankan berteriak sekeras mungkin untuk mengeluarkan segala perasaan negatif dalam diri.

Sementara, air terjun kedua berfungsi sebagai air terjun kebahagiaan. Berkebalikan dengan air terjun sebelumnya, kamu akan diharuskan untuk membayangkan semua hal yang membuatmu bahagia. Kabarnya, kebahagiaan yang kamu bayangkan akan segera terwujud!

6. Pura Melanting Jambe Pule Padang Galak

tempat melukat di denpasar - Pura Melanting Jambe Pule Padang Galak

Sumber: Budiadnyana via denpasarnow.com

Lokasi: Jl. Padang Galak, Kesiman, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali

Pura satu ini terletak tepat di tepi Sungai Ayung. Kamu akan disambut pemandangan pepohonan tinggi dan hijau yang memberikan kesan magis. Warga sekitar percaya bahwa pura tersebut dijaga oleh sesosok naga.

Selain untuk membersihkan diri dari hal negatif, banyak pengunjung pergi ke Pura Melanting Jambe Pule Padang Galak untuk memohon kelancaran bisnis.

7. Pura Luhur Catur Kanda Pat Sari

Pura Luhur Catur Kanda Pat Sari

Sumber: denpasarkota.go.id

Lokasi: Jl. Antasura, Peguyangan Kaja, Kec. Denpasar Utara, Kota Denpasar, Bali 80239

Pura Luhur Catur Kanda Pat Sari memiliki mitos yang berkembang dari tahun ke tahun, seperti rumor bahwa pura ini adalah tempat yang tepat untuk membuat keinginan dan mimpi menjadi nyata.

Selain itu, banyak pengunjung datang melukat untuk menghilangkan penyakit dan meningkatkan kesehatan.

Prosesi melukat berlangsung di empat sumur di Tetamanan Catur, tepatnya di bagian selatan, barat, utara, dan timur pura. Masyarakat percaya bahwa sumur-sumur tersebut merupakan media pengobatan yang cukup ampuh.

Baca Juga: Pesona Pantai Blue Point, Surga Tersembunyi di Uluwatu

Klik Pause, Hilangkan Beban Pikiran di Bobocabin!

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Wisata spiritual jadi lebih lengkap dengan menginap di Bobocabin Bali, akomodasi modern yang menawarkan pemandangan hijau pegunungan dan udara segar yang refreshing!

Tak hanya itu, kamu tetap akan ditemani teknologi futuristik Internet of Things untuk membuat pengalaman menginapmu lebih praktis. Kabin-kabinnya sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Tersedia pula fasilitas campfire, BBQ, dan Wi-Fi untuk membuat pengalaman menginapmu lebih seru.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut.

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles