Telaga dieng

Cocok untuk Healing: 7 Pilihan Wisata Telaga Dieng untuk Bersantai

Merasa suntuk hidup dengan ingar bingar kota dan segala kepenatannya? Yuk, kabur sejenak untuk bersantai di tengah-tengah keindahan alam!

Salah satu destinasi alam yang menawarkan kedamaian dan keindahan luar biasa adalah telaga di Dieng. Terletak di kawasan Dataran Tinggi Dieng, telaga-telaga ini menawarkan pemandangan yang memukau dengan keberadaan danau berwarna hijau toska yang dikelilingi gunung-gugusan batu. 

Nah, sebelum terjun ke TKP, intip dulu panorama danau-danau di Dieng yang memesona berikut ini!

7 Telaga di Dieng dan Sekitarnya

1. Telaga Warna

Telaga dieng

Sumber: David Habibie via Homecare24

  • Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 06.30–17.00
  • HTM: Rp22.000

Telaga Warna merupakan salah satu primadona telaga Dieng. Telaga ini terkenal karena fenomena alamnya yang unik, yaitu air danau yang dapat berubah-ubah warnanya, mulai dari hijau ke biru, ke ungu, atau merah bergantung pada kondisi alam dan sinar matahari. 

Fenomena ini disebabkan oleh kandungan belerang, endapan mineral, dan mikroorganisme yang larut dalam air, menciptakan pemandangan yang sangat menakjubkan. Pemandangan cantik ini bisa kamu saksikan pada siang hari menjelang sore.

Bobocabin Bobobox

2. Telaga Mardada

Telaga Mardada

Sumber: ksmtour.com

  • Alamat: Pauan, Karangtengah, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–17.00
  • HTM: Rp5.000

Keistimewaan Telaga Mardada terletak pada suasana tenang dan damainya. Kamu dapat menikmati keindahan alam yang indah sambil merasakan sejuknya udara Dataran Tinggi Dieng. 

Di sekitar Telaga Mardada, terdapat area persawahan yang menambah pesona keindahan lanskap, menawarkan pengalaman healing maksimal. Kamu pun bisa menghela napas sejenak dari kesibukan kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Indahnya Wisata ke Danau Linow

3. Telaga Menjer

Telaga Menjer

Sumber: satriarexyg28 via d’Traveler

  • Alamat: Kec. Garung, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 08.00–18.00
  • HTM: Rp5.000

Telaga di Dieng selanjutnya adalah Telaga Menjer yang terletak di dekat kawasan Candi Arjuna. 

Danau di Dieng ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Air jernihnya kadang berubah warna sesuai dengan pencahayaan; pada siang hari, warna air di danau terlihat hijau, tapi seiring berjalannya waktu, permukaan telaga berubah menjadi biru tua.

Tidak hanya itu, Telaga Menjer juga tersohor dengan panorama alam sekitarnya yang menakjubkan. Danau dikelilingi bukit-bukit kecil yang membuat pemandangan di sekitar terlihat lebih asri.

4. Telaga Dringo

Telaga Dringo

Sumber: Wiwid Walaz via Gmaps

  • Alamat: Sidomulyo, Pekasiran, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Telaga Dringo terkenal karena keindahan alam di sekitarnya yang menakjubkan. Salah satu daya tarik utama telaga Dieng ini adalah kejernihan air birunya yang juga dingin, sehingga menghasilkan kabut ketika cuaca sedang di bawah rata-rata.

Untuk mendapatkan pemandangan ini, kamu disarankan untuk tidak datang saat musim kemarau karena airnya sedang kering.

5. Telaga Pengilon

Telaga Pengilon

Sumber: Atourin

  • Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Tidak jauh dari Telaga Warna, terdapat Telaga Pengilon yang populer dengan air hijau toskanya. Sama seperti danau di Dieng lainnya, air di Telaga Pengilon juga bisa berubah warna tergantung dengan tingkat kandungan belerangnya.

Danau ini dikelilingi oleh pegunungan hijau dan hamparan kebun teh yang subur. Tak hanya itu, Telaga Pengilon juga dilengkapi dengan jajaran warung makanan yang menyediakan kuliner khas Dieng.

Baca juga: Potret Panorama 7 Danau Terindah di Dunia, Termasuk Laut Mati di Jordan

6. Telaga Balekambang

Telaga Balekambang

Sumber: Indonesia Kaya

  • Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Gmaps)
  • Jam buka: 07.00–19.00
  • HTM: Rp5.000

Telaga Dieng berikutnya bernama Balekambang. Danau ini dikelilingi oleh reruntuhan Candi Arjuna yang bisa kamu saksikan dari tengah-tengah danau.

Kamu dapat menikmati keindahan alam sekitar Telaga Balekambang sambil merasakan atmosfer yang tenang dan damai. Pasalnya, danau ini berlokasi jauh dari pusat kota, sehingga terhindar dari suara bising kendaraan atau polusinya.

Daya tarik lain dari telaga ini adalah pemandangan matahari terbenamnya. Banyak para pelancong datang pada sore hari untuk menyaksikan keajaiban ini secara langsung.

7. Telaga Cebong

Telaga Cebong

Sumber: Ainun Wastu Alif via Gmaps

  • Alamat: Sawah & Hutan, Sembungan, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam buka: 24 jam
  • HTM: Rp5.000

Dalam Bahasa Jawa, kata “cebong” berarti ‘katak’. Nama telaga ini pun muncul karena penduduk setempat menganggap ada banyak kodok di daerah danau. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa nama Cebong berasal dari bentuk danau yang dari atas menyerupai kodok. 

Apa pun artinya, yang jelas Telaga Cebong sudah bebas dari serangan kodok dan bisa kamu kunjungi kapan saja! Telaganya dikelilingi oleh gunung dan kebun teh hijau, menambah kecantikan danau kecil legendaris ini.

bobocabin

Coming soon: Bobocabin Dieng, Wonosobo! Healing di Dieng akan jadi lebih tidak terlupakan dengan menginap di tengah-tengah bukit hijau, lengkap dengan fasilitas memadai dan teknologi canggihnya.

Stay tuned di aplikasi Bobobox untuk tanggal launching-nya, ya, Sahabat Bob!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: David Habibie via Homecare24

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles