taman wisata kera sibaganding

Taman Wisata Kera Sibaganding: Fasilitas, Harga Tiket, Lokasi

Kalau lagi berlibur ke Sumatera Utara, tentu enggak lengkap rasanya tanpa mengunjungi Danau Toba! Namun, di balik pesona danau tersebut, ternyata ada lo harta karun wisata alam tersembunyi yang tak kalah menarik, yaitu Taman Wisata Kera Sibaganding. Nah, apa aja sih daya tarik dari tempat ini?

Di Taman Wisata Kera Sibaganding, kamu bisa bertemu dengan ribuan kera yang hidup bebas di habitat aslinya. Pengalaman unik ini memungkinkan Sahabat Bob untuk mengamati tingkah laku mereka secara langsung, bahkan berinteraksi dengan mereka dengan aman.

Lalu, wisata Kera Sibaganding di Danau Toba juga bukan hanya menawarkan pengalaman yang menghibur dan edukatif, tetapi bisa memberikan kesempatan untuk berkontribusi pada upaya pelestarian satwa liar. Dengan begitu, tempat ini berperan aktif dalam program konservasi dan pendidikan untuk melestarikan populasi kera ekor panjang dan menjaga habitat alaminya.

Selain itu, apalagi ya yang membuat Taman Wisata Kera Sibaganding begitu istimewa? Yuk, cari tahu informasinya pada uraian di bawah ini!

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Taman Wisata Kera Sibaganding

Taman Wisata Kera Sibaganding menawarkan berbagai aktivitas menarik bagi pengunjung. Beragam pilihan wisata pun tersedia, mulai dari tur taman berpemandu yang mengajak menyusuri habitat monyet dan memberi mereka makan. 

Di sana, pengunjung dapat mengabadikan momen bersama monyet-monyet lucu ini dan menyaksikan tingkah menggemaskan mereka saat melakukan trik dan bermain game. Bahkan, pengalaman di Taman Wisata Kera Sibaganding pun semakin lengkap dengan pertunjukan budaya dan acara menarik lainnya yang diadakan sepanjang tahun.

Dengan beragam aktivitas tersebut, Taman Wisata Kera Sibaganding memang bisa menjadi destinasi yang mengasyikan untuk keluarga, khususnya anak-anak!

Fasilitas Menarik di Taman Wisata Kera Sibaganding

Bukan hanya bisa interaksi dengan kera dan menikmati keindahan alam, Wisata Kera Sibaganding juga menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang kenyamanan pengunjung, seperti:

  • Tempat parkir yang luas
  • Toilet
  • Mushola
  • Warung makan
  • Toko souvenir
  • Gazebo untuk bersantai
  • Area bermain anak

Baca juga: Jelajahi Danau Toba dari Medan: Panduan Lengkap Menuju Surga Tersembunyi Sumatera Utara

Tips Berwisata ke Taman Kera Sibaganding

Bagi Sahabat Bob yang ingin berwisata ke Taman Kera Sibaganding, berikut beberapa tips yang dapat membantumu mempersiapkan diri!

Persiapan Sebelum Berkunjung

  • Waktu Terbaik

Kamu bisa kunjungi taman pada pagi atau sore hari saat cuaca tidak terlalu panas. Pasalnya, kera-kera biasanya lebih aktif pada waktu tersebut.

  • Pakai Pakaian yang Comfy

Tak lupa, gunakan pakaian yang nyaman dan sopan, serta alas kaki yang kuat untuk berjalan di tanah yang tidak rata.

  • Bawa Makanan

Bawalah makanan ringan seperti pisang, kacang tanah, atau ubi untuk diberikan kepada kera. Namun bila Sahabat Bob tak sempat membawanya, bisa juga kok membeli makanan kera di lokasi.

  • Persiapan Barang Bawaan

Bawalah topi, kacamata hitam, dan tabir surya untuk melindungi diri dari sinar matahari. Lalu untuk untuk mengabadikan momen-momen menarik selama berwisata, kamu juga perlu membawa kamera atau smartphone.

5 Tips Saat Berada di Taman

  • Jaga Kebersihan

Perlu diingat, demi kenyamanan bersama, Sahabat Bob perlu ikuti semua peraturan dan rambu-rambu yang ada di taman wisata. Hal yang perlu dihimbau pula, jangan memberi makan kera dengan makanan manusia selain pisang atau kacang tanah, ya.

  • Jaga Jarak dengan Kera

Kemudian, dimohon untuk jaga jarak aman dengan kera, yakni minimal 5 meter. Hindari menyentuh atau menggoda kera karena mereka dapat menggigit atau mencakar jika merasa terancam.

  • Hati-hati Barang Bawaan 

Kera di taman wisata terbiasa mengambil barang bawaan pengunjung. Jadi, simpan barang berharga kamu dengan aman, seperti di tas yang tertutup rapat atau di loker yang disediakan.

  • Patuhi Aturan

Tips yang tak kalah penting lainnya, jangan sampai kamu membuang sampah sembarangan di taman wisata. Jagalah kelestarian alam dengan tidak merusak tanaman atau pohon.

  • Bergabung dengan Tur

Selain berkunjung dan melihat lingkungan sendiri, Sahabat Bob dapat mengikuti tur yang disediakan oleh pengelola taman untuk mendapatkan informasi lebih lengkap tentang kera dan taman.

Harga Tiket Masuk

Taman Wisata Kera Sibaganding menawarkan petualangan seru bertemu kera-kera liar dengan harga tiket masuk yang sangat bersahabat, yaitu Rp35.000 per orang. Untuk mendapatkan tiket masuknya, kamu bisa melakukan pembelian secara langsung di loket atau gerbang masuk. 

Lokasi dan Jam Buka

Taman Wisata Kera Sibaganding terletak diSibaganding, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun Regency, Sumatera Utara. Gampang banget kok mencarinya, tinggal ikuti petunjuk di Google Maps dan bersiaplah untuk bertemu dengan para penghuni hutan yang menggemaskan ini! ️

Taman Wisata Kera Sibaganding buka setiap hari, lo! Jadi, kamu bisa bebas menentukan kapan waktu terbaik untuk berkunjung. Adapun taman buka dari pukul 08.00 pagi hingga 17.00 sore, jadi kamu punya waktu seharian untuk berpetualang bersama kera-kera di sana!

Cara Datang ke Taman Kera Sibaganding

Bagi kamu yang membawa kendaraan pribadi, perjalanan dari Parapat menuju Danau Toba akan menjadi awal petualanganmu. Di sana, Taman Kera Sibaganding menantimu sekitar 4 kilometer sebelum Danau Toba. Perjalananmu akan ditemani pemandangan alam yang indah dan menyegarkan.

Namun bagi Sahabat Bob yang lebih memilih pakai angkutan umum, kamu bisa naik angkot dari Parapat menuju Sibaganding dengan ongkos sekitar Rp10.000. Perjalananmu mungkin akan sedikit lebih lama, tapi kamu bisa menikmati interaksi dengan penduduk lokal dan merasakan atmosfer pedesaan yang autentik.

Baca Juga: Simak 12 Fakta Danau Toba yang Belum Banyak Diketahui

Menginap di Bobocabin Kaldera untuk Dapatkan Pengalaman Lebih Mengasyikan

Bobocabin Signature Kaldera Toba

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah melakukan perjalanan ke Taman Kera Sibaganding dan melakukan rekreasi yang mengasyikan, pastikan kamu punya waktu untuk beristirahat secara berkualitas.

Sudah pernah coba menginap di Bobocabin Kaldera? Dengan lokasi yang terjangkau dari taman, kamu bisa mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan fasilitas akomodasi terbaik!

Bobocabin Signature Kaldera Toba

Photo: Bobobox Internal Asset

Ada banyak fasilitas modern yang bisa kamu nikmati di sini, mulai dari kabin ber-AC, kasur besar, kamar mandi dengan air panas, area berkumpul, dan masih banyak lagi.

Semua ini akan kamu nikmati sambil dimanjakan oleh pemandangan Danau Toba yang menakjubkan. Jadi, tidak hanya waktu istirahat jadi berkualitas, momen liburan kamu pun jadi lebih unforgettable!

Tunggu apa lagi? Download aplikasi Bobobox dan booking cabin pilihanmu sebelum kehabisan!

 

Penulis: Samala Mahadi

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles