Cantik dan Nyaman, 12 Taman Kota di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Ngabuburit

14 Taman Kota di Jakarta Pusat, Utara, Timur, dan Selatan yang Cocok untuk Ngabuburit

Untuk mendukung kenyamanan warga dan sebagai salah satu tempat bersosialisasi, Pemprov dan Pemkot telah membuat ruang terbuka hijau dan menambah jumlah taman di Jakarta Pusat dengan berbagai fasilitas beragam.

Taman kota di Jakarta bahkan punya fasilitas seperti outdoor gym, jogging track, amfiteater, jalur refleksi, danau buatan, ruang serbaguna, hingga bikepark dan skatepark.

Nah, kalau kamu bosan ngabuburit ke mal atau tempat yang itu-itu saja, kamu bisa pergi ke taman-taman kota di Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Timur, dan Jakarta Selatan ini sebagai alternatif!

14 Taman Kota di Jakarta Pusat yang Cocok untuk Ngabuburit

1. Taman Kalijodo

Lokasi: Jl Kepanduan II, Penjaringan, Jakarta Utara

Jika kamu ingin menunggu waktu berbuka puasa sambil bermain skateboard, kamu bisa coba kunjungi Taman Kalijodo yang berada di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara.

Taman ini dikenal memiliki banyak sekali fasilitas. Salah satunya adalah area skatepark, yang ternyata merupakan salah satu area skateboard terbesar di Asia Tenggara! 

2. Taman Tabebuya

Lokasi: Jl. Mohammad Kafi No.1, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Ingin melihat pohon sakura yang cantik di Jepang? Tak perlu jauh-jauh! Walau berbeda dengan bunga sakura, pohon tabebuya ini memiliki keindahan yang bisa menyaingi bunga sakura.

Pohon asli Jepang ini bisa kamu temukan di Taman Tabebuya di Jakarta Selatan. Cocok untuk tempat duduk-duduk sambil menunggu waktu berbuka puasa. 

3. Taman Cattleya

Lokasi: Jl. Slipi, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat (Setelah lampu merah Tomang)

Meskipun bukan berada di Jakarta Pusat, taman yang berlokasi di Jakarta Barat ini kerap ramai dikunjungi orang-orang untuk bersantai dan menunggu waktu berbuka puasa.

Tempatnya yang asri dan lokasinya yang strategis membuat banyak masyarakat ramai mengunjungi taman kota yang satu ini.

4. Taman Spathodea

Taman Spathodea

Sumber: Backpacker Jakarta

Lokasi: Jalan Kebagusan Raya, Jagakarsa, Jakarta Selatan

Jagakarsa juga punya taman cantik yang asri. Kamu bisa coba kunjungi Taman Spathodea, yang sering dijadikan wahana berolahraga.

Taman ini berlokasi tidak jauh dari Taman Tabebuya.

5. Taman Suropati

Lokasi: Jl. Pangeran Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat

Selepas melakukan ibadah salat asar di Masjid Sunda Kelapa, kamu bisa coba kunjungi Taman Suropati yang terletak tidak jauh dari masjid tersebut.

Karena terdapat fasilitas Wi-Fi di taman kota satu ini, banyak anak muda yang berkunjung sambil menunggu waktu berbuka puasa.Bobobox Maximum Comfort Banner

6. Taman Menteng

Lokasi: Jl Moh.Yamin dan Jl HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat

Bicara soal kelengkapan fasilitas, Taman Menteng di Jakarta Pusat merupakan salah satu taman kota Jakarta yang punya beragam fasilitas lengkap.

Kamu bisa mengunjungi taman ini secara gratis dan menikmati berbagai fasilitas penunjangnya. Ada jogging track, Wi-Fi, area bermain anak, lapangan basket, lapangan voli, dan lapangan futsal.

Baca Juga: 7 Taman Kota di Indonesia yang Terkenal Asri dan Bisa Kamu Kunjungi!

7. Taman Situ Lembang

Lokasi: Jl Lembang, Menteng, Jakarta Pusat

Sedang menunggu waktu berbuka puasa di Menteng, Jakarta Pusat? Jangan lupa mampir ke Taman Situ Lembang untuk menghirup udara segar dan bersantai sejenak.

Di sini, kamu bisa bersantai di salah satu spot favoritnya, yaitu danau buatan di bagian tengah taman.

8. Taman Ayodya

Taman Ayodya

Sumber: Get Lost ID

Lokasi: Jl Mahakam II, daerah Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Taman kota di Jakarta Pusat yang satu ini merupakan salah satu taman kota favorit. Selain tempatnya yang asri, terdapat pula kolam, air mancur, dan fasilitas panggung teater terbuka.

9. Taman Langsat

Lokasi: Jalan Langsat Kebayoran Baru Jakarta Selatan

Masih punya sisa energi untuk olahraga ringan sambil menunggu waktu buka puasa?

Kamu bisa coba mengunjungi Taman Langsat. Taman ini ramai dikunjungi warga sekitar untuk berolahraga di tempat yang nyaman dan jauh dari kebisingan.

10. Taman Prasasti

Lokasi: Jalan Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat

Berikutnya, jika kamu sedang berada di kawasan Tanah Abang, kamu bisa coba menyambangi Taman Prasasti.

Dulu, tepatnya pada masa kolonial Belanda, taman kota satu ini adalah kawasan pemakaman orang asing yang pernah tinggal di Batavia (sebutan Jakarta pada saat itu).

Kini, tempat ini menjadi tempat yang tenang untuk bersantai sambil kilas balik sejarah yang terjadi di zaman Belanda.

11. Taman Honda

Taman Honda

Sumber: Backpacker Jakarta

Lokasi: Jl Tebet Timur Raya, di kawasan Jakarta Selatan

Selanjutnya, kamu bisa coba mengunjungi Taman Honda. Hijau dan asrinya kawasan ini membuat banyak pengunjung betah berlama-lama.

Suasananya yang damai akan membuat rasa lelah setelah seharian beraktivitas dan berpuasa hilang seketika.

12. Taman Waduk Pluit

Lokasi: Jl. Pluit Tim. Raya No.12, Penjaringan, Kota Jakarta Utara

Taman kota di Jakarta Pusat yang terakhir adalah Taman Waduk Pluit. Taman ini ramai dikunjungi warga sekitar untuk bersantai sambil menikmati udara sejuk sore hari. 

Tempat ini sangat cocok dikunjungi untuk ngabuburit bersama teman dan keluarga.

Jadi, taman kota Jakarta mana yang akan kamu kunjungi untuk menunggu waktu azan magrib?

Baca Juga: 7 Desain Taman Kota Cantik di Indonesia, Berasa di Luar Negeri!

13. Taman Waduk Ria Rio

Lokasi: Jalan Pulo Mas Utara Blok E No.1, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur

Di Taman Waduk Ria Rio di Pulomas, kamu bisa merasakan ketenangan yang luar biasa. Taman ini tidak hanya memiliki area hijau yang luas, tapi juga memberikan kesempatan untuk bersantai di tepi danau.

Saat senja memerah, suasana menjadi semakin menakjubkan. Menyaksikan matahari terbenam di tepi waduk menjadi salah satu kegiatan menenangkan yang tak terlupakan.

14. Tebet Eco Park

Lokasi: Jl. Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Bar, Jakarta Selatan

Taman publik di Jakarta yang baru diresmikan pada bulan April 2022 memiliki jembatan yang menjadi ikon dengan desain angka delapan yang unik. Jembatan yang berwarna oranye dipilih dengan inspirasi dari warna yang menjadi identitas klub sepakbola Persija Jakarta.

Di sana, terdapat beragam fasilitas yang dapat membuat pengunjung betah, seperti Tebet Eco Park Plaza, area bermain untuk anak-anak, zona untuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), serta ruang terbuka hijau yang ideal untuk piknik!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobopod Kota Tua, Jakarta!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox Kota Tua, Jakarta

Saat kamu hectic atau di bawah banyak tekanan, kamu perlu beristirahat dari segala kejenuhan. 

Tentunya ada berbagai cara sederhana yang bisa kamu lakukan: jalan-jalan santai, memanjakan diri dengan perawatan tubuh, atau pergi berlibur ke tempat-tempat baru.

Jika kesibukanmu tidak memungkinkan untuk berlibur, sekadar staycation untuk ganti suasana pun tetap bisa jadi alternatif buat kamu.

Nah, sebaiknya kamu memilih hotel yang sudah terpercaya dan memiliki reputasi baik.

Salah satu hotel aman yang bisa kamu pilih adalah Bobopod Kota Tua, Jakarta. Hotel kapsul satu ini telah menerapkan aturan-aturan bagi seluruh pengunjung berada di area Bobopod.

Aturan ini meliputi pengecekan suhu tubuh, kewajiban menggunakan masker, rajin cuci tangan, jaga jarak dengan tim Bob dan tamu, serta penggunaan hand sanitizer sebelum memasuki area pod.

Untuk keperluan kesehatan, Bobobox juga menyediakan obat-obatan standar agar tubuh kamu tetap sehat dan fit.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, yuk unduh aplikasi Bobobox di Play Store dan App Store!

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: LimaKaki

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles