spot sunrise dieng

6 Spot Sunrise Terbaik di Dieng yang Wajib Kamu Tahu

Dieng adalah daerah favorit bagi wisatawan yang sedang berburu tempat untuk melihat matahari terbit. Pasalnya, kawasan ini punya topografi tinggi sehingga menawarkan pengalaman maksimal ketika menyaksikan sunrise.

Bagi yang sedang mencari spot sunrise terbaik di Dieng, langsung saja simak pembahasan lengkap Bob di bawah ini!

6 Spot Sunrise di Dieng

1. Gunung Prau

gunung prau

Sumber: phinemo.com

  • Alamat: Rejosari, Pranten, Kec. Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam
  • HTM: Rp30.000

Rekomendasi spot sunrise Dieng pertama adalah Gunung Prau, yang berada di ketinggian 2.565 mdpl. Puncak gunung ini berupa padang rumput luas yang memanjang dari barat ke timur. Di sinilah kamu bisa menikmati matahari terbit setelah berkemah semalam.

Selain mendapatkan pengalaman melihat sunrise, kamu juga berkesempatan menyaksikan hamparan padang bunga krisan yang cantik, bukit Teletubbies, dan Sumbing serta Sindoro yang menawan.

Bobocabin Bobobox

2. Bukit Sikunir

Bukit Sikunir

Sumber: visitjawatengah.jatengprov.go.id

  • Alamat: Dieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp15.000 (di luar parkir sebesar Rp5.000)

Banyak yang bilang bahwa Bukit Sikunir adalah spot sunrise Dieng terbaik. Pasalnya, bukit ini berada di ketinggian 2.263 mdpl dan punya pemandangan alam yang tak terlupakan.

Dari sini, kamu akan melihat pemandangan deretan gunung berapi di sekitarnya, seperti Gunung Sindoro, Gunung Merapi, Gunung Merbabu, dan Gunung Ungaran.

Untuk bisa sampai ke spot sunrise ini, kamu perlu mendaki sekitar 45 menit. Selama perjalanan, pastikan untuk membawa senter sebagai penerang jalan, jaket, dan kondisi fisik yang prima.

3. Gunung Pakuwaja

Gunung Pakuwaja

Sumber: superlive.id

  • Alamat: Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Gunung Pakuwaja adalah spot sunrise Dieng lainnya yang wajib kamu ketahui. Gunung ini berada di ketinggian 2.410 mdpl dan terletak di sebelah selatan Bukit Sikunir.

Supaya bisa menyaksikan sunrise, kamu harus mendaki ke puncaknya terlebih dahulu. Barulah setelah itu kamu bisa melihat lanskap dataran tinggi Dieng dengan lebih leluasa.

Daya tarik lain yang ditawarkan spot ini adalah keberadaan batu besar runcing menjulang yang bentuknya seperti menhir. Menurut mitos yang beredar, batu tersebut adalah pasaknya Pulau Jawa, yang membuat pulau ini tetap berdiri kokoh. 

4. Gardu Pandang Dieng

Gardu Pandang Dieng

Sumber: Gardu Pandang Dieng

  • Alamat: Sidorejo, Tieng, Kec. Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah 56354 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp10.000

Tak semua orang mau mendaki gunung untuk menyaksikan matahari terbit. Jika kamu salah satunya, coba saja datang ke Gardu Pandang Dieng.

Spot sunrise Dieng ini terletak di ketinggian 1.789 mdpl. Meski begitu, kamu tak akan merasa lelah menempuhnya karena gardu tersebut berada di dekat lokasi parkirnya.

Ketika berada di Gardu Pandang Dieng, Bob sarankan untuk memesan sejumlah sajian kuliner khas Dieng yang dijajakan tak jauh dari gardu pandang. Salah satu yang wajib dicoba adalah purwaceng, minuman khas Dieng yang kerap disajikan hangat-hangat.

Baca Juga: 6 Pilihan Tempat Wisata Malam Ambarawa yang Menarik

5. Bukit Skoter

Bukit Skoter

Sumber: Anggara Wikan Prasetya via Kompas.com

  • Alamat: Jl. Masjid Nurul Huda No.31, Krajan, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Gmaps)
  • Jam operasional: Senin–Sabtu (05.30–18.30), Minggu (24 jam)
  • HTM: Rp5.000

Bukit Skoter adalah objek wisata baru yang ada di dataran tinggi Dieng dengan ketinggian sekitar 2.150 mdpl.

Nama “Skoter” diambil dari nama bangunan menara tower yang dulunya digunakan untuk memantau aktivitas Gunung Dieng. Oleh masyarakat Dieng, Bukit Skoter kerap dijadikan spot menikmati sunrise atau sunset.

Kerennya, selain menyaksikan matahari terbit atau tenggelam, kamu juga akan disuguhi latar belakang alam yang begitu memesona, seperti panorama lanskap alam Dieng, Gunung Sindoro, serta deretan gunung dan perbukitan Dieng lainnya.

6. Gunung Pangonan

Gunung Pangonan

Sumber: dolanbanjar.wordpress.com

  • Alamat: Karangsari, Dieng Kulon, Kec. Batur, Kab. Banjarnegara, Jawa Tengah 53456 (Gmaps)
  • Jam operasional: 24 jam
  • HTM: Rp15.000

Pilihan spot sunrise Dieng terakhir dari Bob adalah Gunung Pangonan. Dengan ketinggian 2.300 mdpl, gunung ini kerap menjadi destinasi muda-mudi yang ingin bersantai sambil menikmati momen matahari terbit.

Kebanyakan pengunjung tidak datang untuk mendaki hingga puncak, tapi mengunjungi sabana luas yang berada di badan gunung. Area sabana masih satu komplek dengan sejumlah destinasi wisata populer di Dieng, seperti Candi Arjuna, Kawah Sikadang, dan Telaga Warna.

Keunikan sabana ini sendiri ada pada hamparan rumputnya yang akan tampak berbeda saat musim berganti. Pada musim kemarau, rumput sabana akan berubah kuning kecokelatan. Sementara itu, pada musim hujan, warna cokelat itu akan berubah menjadi hijau segar.

4 Tips Menikmati Sunrise di Dieng

1. Cari Tahu Informasi Cuaca

Cari Tahu Informasi Cuaca

Sumber: Pixabay via pexels.com

Cari tahu informasi cuaca sebelum berangkat ke spot melihat sunrise. Jika sudah masuk musim hujan, ada baiknya tidak memaksakan untuk datang. Kabut bisa tebal dan langit bisa mendung sehingga panorama yang ditunggu-tunggu pun tidak maksimal.

2. Perkirakan Waktu Keberangkatan

Momen puncak sunrise tidaklah lama; semua bisa berubah dalam hitungan menit saja. Oleh karena itu, kamu perlu memerhatikan waktu keberangkatan agar kesempatan menyaksikan sunrise tercapai sesuai harapan. Jika trek mendaki cukup terjal, sebaiknya berangkat awal.

3. Tentukan Titik Terbaik

Tentukan Titik Terbaik

Sumber: Gareth Davies via pexels.com

Sebenarnya, menikmati matahari terbit tak harus dilakukan di puncak tertinggi gunung. Ada beberapa spot lain yang bisa jadi tempat terbaik untuk mendapatkan momen sunrise.

Setiap spot punya titik terbaiknya masing-masing, jadi sangat disarankan untuk mencari banyak informasi soal ini dari internet atau pendaki lainnya.

4. Kenakan Pakaian Tebal dan Hangat

Suhu udara di dataran tinggi bisa saja membuatmu kedinginan. Jadi, pastikan untuk mempersenjatai diri dengan pakaian tebal dan hangat. 

Bobocabin Akan Hadir di Dieng!

Serunya Vibe Luxurious Camping Dieng bersama Bobocabin

Siapa di sini yang sudah menunggu kehadiran Bobocabin di kota tempat tinggalnya? Kalau kamu tinggal di Dieng, cabang terbaru Bobocabin akan hadir dalam waktu dekat di sini, tepatnya di Jalan Deles, Kec. Bawang, Kabupaten Batang.

Supaya tak ketinggalan informasi seputar Bobocabin Dieng Wonosobo, yuk pantau tanggal launching-nya via aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: Pixabay via pexels.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles