Snorkeling di Seminyak

Ingin Snorkeling di Seminyak? Eits, Belum Tentu Pantainya Cocok, Lho!

Selain deretan pantai yang indah, Bali juga dianugerahi dengan keindahan bawah laut yang memukau. Karenanya, tak heran jika snorkeling menjadi salah satu kegiatan favorit pengunjung saat bertandang ke Bali.

Lantas, apakah semua kawasan sekitar pantai di Bali, termasuk Seminyak, cocok untuk snorkeling? Yuk, ketahui lebih lanjut tentang snorkeling Seminyak berikut ini!

Sekilas Mengenai Seminyak

Sekilas Mengenai Seminyak

Foto: Afif Ramdhasuma via Unsplash

Seminyak adalah salah satu kelurahan di Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali. Sebelum menjadi kawasan wisata terkenal seperti sekarang ini, Seminyak dulunya merupakan daerah terpencil yang terpisah oleh area sawah dari kawasan wisat Kuta dan Legian.

Pembangunan jalan raya yang pesat berhasil menyatukan Seminyak dengan Kuta dan Legian. Akibatnya, kawasan ini pun bertransformasi menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Bali, terutama bagi para wisatawan pencinta kuliner dan hiburan malam.

Seminyak sendiri memang memiliki banyak restoran dan beach club dengan pemandangan pantai pasir putih. Kawasan ini juga dilengkapi fasilitas spa, bar, kafe, toko, butik, serta aneka pilihan hotel dan vila.

Meski sama-sama populer, Seminyak bisa dibilang lebih tenang dan bahkan lebih mewah dibandingkan Kuta dan Legian. Kamu bisa menjumpai segudang restoran mewah, resor mewah, dan vila pribadi.

Pada siang hari, kawasan pantai di Seminyak tidak seramai pantai-pantai di Kuta. Namun, menjelang matahari terbenam, para pencinta kehidupan malam akan mulai berdatangan dan membuat suasana Seminyak semakin meriah.

Baca Juga: Ungkap Cara ke Bali dari Surabaya: Pilihan Transportasi dan Rute Terbaik

Lokasi dan Rute Menuju Seminyak

Lokasi dan Rute Menuju Seminyak

Foto: Ern Gan via Unsplash

1. Lokasi

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, Seminyak adalah kelurahan yang termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Kuta, Kabupaten Badung, Provinsi Bali.

Karena masih ada di Kecamatan Kuta, lokasi Seminyak pun tidak jauh dari Pantai Kuta dan Legian. Selain itu, kawasan ini juga hanya berjarak 10 km atau 30 menitan saja dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

Bobocabin Bobobox

2. Rute

Karena lokasinya cukup dekat dengan bandara, cara tercepat dan paling nyaman untuk mencapai Seminyak adalah dengan menggunakan pesawat.

Dari bandara, kamu tinggal melanjutkan perjalanan melewati Jalan Bypass Ngurah Rai lalu Jalan Sunset Road hingga akhirnya sampai di kawasan Seminyak.

Untuk melewati rute tersebut, kamu bisa naik taksi bandara, transportasi online, layanan transportasi bandara, dan jasa antar jemput bandara dengan mobil. Kamu pun bisa minta dijemput kenalan atau saudara dari bandara menuju Seminyak.

Kamu juga bisa menempuh jalur darat naik bus atau kereta jika datang dari Jawa. Setelah menempuh perjalanan dari Pelabuhan Ketapang di Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk di Jembrana, kamu perlu menempuh tiga jam lebih perjalanan untuk sampai di Seminyak.

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Yeh Leh Bali, Ini Dia Rute, Daya Tarik, dan Fasilitasnya!

Bisakah Snorkeling di Seminyak?

Bisakah Snorkeling di Seminyak

Foto: kilarov zaneit via Unsplash

Sebagai pulau kecil yang dikelilingi lautan, Bali menyuguhkan banyak pantai memukau serta spot menarik untuk snorkeling. Sayangnya, tidak semua kawasan sekitar pantai Bali cocok.

Kawasan Seminyak yang ada di selatan Bali adalah salah satunya. Lantas, apa alasan yang membuat snorkeling Seminyak tidak bisa menjadi opsi kegiatan kamu selama di Bali?

Pantai-pantai di selatan Bali, termasuk di kawasan Seminyak, memiliki hamparan pasir putih indah yang cocok untuk berjemur, melihat sunset, hingga menikmati hiburan malam. 

Sayangnya, air di sepanjang pantai-pantai di Seminyak memiliki ombak besar dan kuat serta angin kencang yang lebih cocok untuk surfing. Oleh karena itu, snorkeling Seminyak bukanlah opsi yang bisa kamu jajal saat berada di kawasan tersebut.

Meski begitu, kawasan ini memiliki banyak daya tarik yang tak kalah menyenangkan. Kamu bisa berkunjung ke tiga pantai yang ada di sana, yaitu Pantai Petitenget, Seminyak, dan Double Six. 

Para pengunjung biasanya datang untuk surfing, berjemur sambil menikmati live music, menunggu sunset, dan menikmati beach party pada malam hari. Selain itu, kamu juga bisa bersantai di deretan kafe yang tersedia di sekitar pantai.

Jika kamu ingin tetap snorkeling, kamu bisa pergi menjelajahi indahnya bawah laut Bali di bagian timur, tenggara, dan barat pulau. Airnya terbilang tenang dan kamu bisa melihat terumbu-terumbu karang cantik di air dangkal dekat bibir pantai.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Lokasi Wisata Paralayang Bali yang Paling Seru

5 Spot Snorkeling Lain di Sekitar Seminyak

Spot Snorkeling Lain di Sekitar Seminyak

Foto: R. Clausen via Google Maps

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, kondisi air di pantai-pantai Seminyak tidak memungkinkan untuk snorkeling. Namun, tidak jauh dari Seminyak, kamu masih bisa menjelajahi keindahan bawah laut Bali.

1. Pantai Tanjung Benoa

Snorkeling di kawasan selatan Bali sangatlah terbatas terutama karena kondisi ombak dan pesisirnya. Satu-satunya tempat terdekat dari Seminyak yang bisa kamu kunjungi untuk snorkeling adalah Nusa Dua, tepatnya di Tanjung Benoa.

Berlokasi di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, spot snorkeling ini bisa kamu capai dalam waktu 30 menitan saja.

Walau begitu, terumbu karang dan kehidupan bawah laut di Tanjung Benoa bisa dibilang kurang hidup dan berwarna. Karenanya, spot snorkeling ini lebih direkomendasikan untuk pemula atau anak-anak sebagai bentuk perkenalan.

2. Pulau Serangan

Berlokasi sekitar 12 km atau 26 menit perjalanan dari Seminyak, Pulau Serangan juga bisa menjadi pilihan snorkeling di kawasan selatan Bali.

Bukan cuma menyuguhkan taman safari bawah laut yang indah, tempat ini juga menawarkan kesempatan untuk menanam terumbu karang. Di samping itu, kamu juga akan menjumpai konservasi penyu hijau yang sudah beroperasi sejak 1990-an.

3. Pantai Melasti

Pantai Melasti adalah spot snorkeling lainnya yang berlokasi tidak begitu jauh dari Seminyak, yaitu sekitar 27 km atau satu jam perjalanan.

Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar serta perairan yang dangkal serta jernih, sehingga cocok untuk berenang dan snorkeling. 

Kamu bisa membawa peralatan snorkeling sendiri untuk menghemat biaya atau menyewanya di sekitar pantai.

Baca juga: Itinerary Nusa Penida, Panduan Menjelajahi Pulau Eksotis di Tenggara Bali

4. Nusa Penida

Pilihan yang lebih baik untuk menikmati keindahan bawah laut tidak jauh dari Seminyak adalah kepulauan Nusa.

Kepulauan ini terdiri dari Nusa Lembongan, Ceningan, dan Penida, yang menyuguhkan banyak pantai memukau serta spot snorkeling terbaik untuk para pencinta kehidupan laut.

Nusa Lembongan memang favorit, tapi Nusa Penida lebih direkomendasikan untuk kamu yang ingin melihat indahnya alam bawah laut Bali. Selain memiliki terumbu karang warna-warni, Nusa Penida juga menawarkan kesempatan snorkeling bersama ikan pari manta.

Berikut ini adalah beberapa spot snorkeling terbaik yang bisa kamu kunjungi di Nusa Penida:

  • Crystal Bay
  • Gamat Bay
  • Wall Point
  • Buddha Temple
  • Manta Bay

Dari Seminyak, kamu perlu menempuh perjalanan sekitar satu jam 40 menit untuk sampai di Pelabuhan Toyapakeh di Nusa Penida. Karena jaraknya cukup dekat, kamu sebenarnya tidak perlu menginap. Namun, perhatikan jadwal pulang-pergi kapal agar tidak tertinggal, ya.

5. Blue Lagoon

Selanjutnya ada Blue Lagoon di Desa Padangbai, Kecamatan Manggis, Kabupaten Karangasem. Dari Seminyak, kamu perlu menempuh jarak sekitar 57 km atau perjalanan selama 1 jam 30 menitan.

Blue Lagoon sendiri terkenal sebagai spot snorkeling yang terbilang mudah sehingga sangat cocok untuk pemula dan liburan keluarga.

Airnya terbilang sangat tenang, dan di bawahnya kamu bisa melihat aneka biota laut cantik, termasuk ikan sapi, Moorish idol, Murray, psychedelic, penyu, dan bahkan hiu karang.

Jika tertarik mencoba, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi hari sebab kondisi laut kurang kondusif pada sore hari.

Baca Juga: 7 Pilihan Spot Snorkeling di Bali dengan Pesona Laut yang Mengagumkan

Menginap di Tengah Alam Bersama Bobocabin

Menyatu dengan Alam bersama Bobocabin

Lengkapi liburanmu di Bali dengan mengunjungi kawasan Kintamani dan Ubud yang terkenal menyejukkan dan memukau. Urusan akomodasi, serahkan saja pada Bobocabin!

Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani tidurmu di antara kesejukan serta tenangnya alam, lengkap dengan balutan teknologi canggih.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga speaker Bluetooth. Yuk, unduh aplikasi Bobobox di Play Store atau App Store untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Miltiadis Fragkidis via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles