snorkeling malang

9Tempat Snorkeling Malang yang Paling Indah dan Menakjubkan

Malang terkenal sebagai kota yang memiliki keindahan alam yang luar biasa. Tak heran jika berbagai destinasi wisata gunung, air terjun, dan pantai yang tersedia di wilayah ini.

Daya tarik alam yang menakjubkan ini sering kali menarik para pelancong baik dari dalam maupun luar negeri, khususnya mereka yang tertarik dengan keindahan bawah lautnya. 

Jika kamu memang sedang mencari tempat snorkeling Malang yang paling indah menakjubkan, Bob sudah punya rekomendasinya. Intip selengkapnya di bawah ini!

9 Rekomendasi Tempat Snorkeling di Malang

1. Pantai Bolu-Bolu

Pantai Bolu-Bolu

Sumber: IG @flix_ss via garispantai.com

Pantai Bolu-bolu berlokasi di Kecamatan Tirtoyudo, Kabupaten Malang. Selain kerap jadi tempat untuk kegiatan air dan renang, banyak pengunjung datang ke sini untuk snorkeling. Dasar laut pantai ini cukup populer sebagai spot snorkeling yang memiliki beragam jenis karang dan ikan warna-warni yang menarik perhatian.

Selain snorkeling menikmati keindahan bawah laut pantai Bolu-bolu, kamu juga bisa menyewa perahu menuju Kletakan. Kletakan adalah lokasi snorkeling dan scuba diving lainnya yang wajib kamu kunjungi. Akan Bob jelaskan lebih lengkap di bawah, ya!

Baca Juga: 15 Pilihan Tempat Wisata Anak di Malang yang Nyaman dan Seru

2. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Sumber: brobali.com

Di tempat snorkeling Malang ini, kamu dapat mengagumi keindahan perairan laut dengan gradasi tiga warna. Makin kamu mendekati area tengah lautnya, warnanya makin intens dan mempesona. Kualitas air laut yang jernih akan membuatmu dapat melihat keindahan biotanya.

Namun, berbeda dengan sebagian pantai lain yang dapat dikunjungi kapan saja, Pantai Tiga Warna yang terletak di Kecamatan Sitiarjo, Malang, menerapkan sistem reservasi.

Biasanya, satu kelompok (maksimal 10 orang) harus membayar sekitar Rp300.000. Biaya ini akan digunakan untuk membayar sewa lahan, tenda, serta tiket masuk.

Pembatasan ini sendiri diberlakukan karena pantai tersebut masih berada dalam wilayah hutan lindung sehingga kebersihannya harus selalu dijaga.

Bobocabin Bobobox

3. Teluk Kletekan

Teluk Kletekan

Sumber: topwisata.info

Seperti disebut di sebelumnya, Teluk Kletekan adalah tempat snorkeling Malang yang tak boleh kamu lewatkan.

Di tempat ini, kamu bisa menikmati kecantikan dunia bawah laut yang memesona. Selain seru dan menantang, aktivitas ini tentunya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan, terutama saat kamu sedang berlibur.

4. Sumber Sirah

Sumber Sirah

Sumber: IG @sumbersirah via kompas.com

Snorkeling memang kerap dikaitkan dengan kegiatan menyelam di perairan laut. Namun, di Sumber Sirah, snorkeling dapat dilakukan di dalam kolam air tawar yang jernih luar biasa.

Di lokasi snorkeling Malang ini, kamu dapat mengagumi keindahan pemandangan bawah air yang unik dan jarang ditemui di tempat lain.

Tidak akan ada terumbu karang, tetapi kamu akan menemukan tanaman Hydrilla yang tumbuh subur dengan bebas. Selain itu, ikan-ikan air tawar yang berukuran kecil sering kali bergerak dengan bebas di sekitarmu.

Kalau berniat untuk mengunjungi tempat ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi dan datang pada pagi atau sore hari. Suasananya akan lebih sepi dan terik matahari tidak terlalu menyengat.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata di Malang yang Seperti di Luar Negeri

5. Pantai Teluk Asmara

Pantai Teluk Asmara

Sumber: traveloka.com

Salah satu tujuan snorkeling Malang favorit adalah Pantai Teluk Asmara, yang berlokasi di Malang Selatan. Pantai ini terkenal sebagai “Raja Ampatnya Kabupaten Malang” karena menawarkan pengalaman snorkeling yang mengesankan.

Air laut di pantai ini berwarna biru toska jernih. Pantainya datar dan memanjang ke arah laut, menciptakan suasana yang nyaman untuk beragam aktivitas air, termasuk berenang.

Kamu bisa berenang di pantai ini karena ombaknya relatif tenang dan airnya cukup dangkal. Ketika air surut, kamu bahkan dapat berjalan kaki ke tengah pantai melalui area karang yang ditumbuhi rumput laut.

Sementara itu, ketika air laut pasang, kamu dapat menikmati keindahan bawah lautnya dengan snorkeling. Ikan-ikan kecil yang berenang di antara terumbu karang dan rumput laut dapat dilihat dengan sangat jelas!

6. Sumber Jenon

Sumber Jenon

Sumber: travelmalang.id

Lokasi snorkeling Malang selanjutnya adalah Sumber Jenon. Tempat ini terletak di Gunungronggo, Tajinan, Malang, Jawa Timur.

Meskipun tidak ada terumbu karang atau tumbuhan ganggang seperti yang ada di Sumber Sirah, kamu bisa melihat tonggak kayu raksasa yang berada di dalam air. Konon, tonggak kayu raksasa tersebut telah berusia ratusan tahun.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Bogor yang Paling Populer. Jadi Favorit Banyak Wisatawan!

7. Pantai Lenggoksono

7. Pantai Lenggoksono

Sumber: akamaized.net

Pantai yang berada di Dusun Lenggoksono, Desa Purwodadi, Tirtoyudo, Malang, dikenal karena keindahannya yang terbaik dan luar biasa. Airnya sangat bersih dan pasirnya terjaga kebersihannya.

Selain menikmati kecantikan bawah laut, pengunjung juga dapat menghabiskan waktu dengan bermain air, menjelajahi kawasan pantai, melakukan sesi foto dan melakukan snorkeling. Fasilitas seperti warung makan, toilet, dan mushola mudah diakses di area ini.

8. Banyu Anjlok

8. Banyu Anjlok

Sumber: nahwatour.com

Banyu Anjlok, destinasi snorkeling menakjubkan di Malang, Jawa Timur, menawarkan keindahan bawah laut spektakuler. Terletak di Desa Sumberbening, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, tempat ini memukau dengan air jernih, susunan batu yang indah, terumbu karang warna-warni, dan kehidupan laut beragam.

Banyu Anjlok tidak hanya menawarkan pengalaman liburan dan snorkeling yang memukau, tetapi juga memprioritaskan pelestarian ekosistem laut.

9. Pantai Goa Cina

9. Pantai Goa Cina

Sumber: bigtravelindomalang.com

Pantai Rowo Indah, yang lebih dikenal sebagai Pantai Goa Cina di Malang, terletak di Desa Sitiarjo, Kecamatan Sumbermanjing Wetan. Pantai ini memamerkan keberagaman vegetasi hutan pantai, termasuk pohon ketapang, pohon cemara laut, dan spesies lainnya.

Sesuai dengan namanya, pantai ini menyimpan sebuah goa yang pada masa lalu dianggap sebagai tempat pertapa oleh biksu Cina.

7 Tip Snorkeling di Malang

Sebelum melakukan snorkeling di Malang, ada beberapa tips yang mesti kamu perhatikan.

Inilah beberapa di antaranya:

  1. Disarankan untuk tidak snorkeling sendirian, agar menghindari kemungkinan situasi yang tidak diinginkan atau masalah yang mungkin muncul.
  2. Periksa kondisi peralatan snorkeling sebelum memulai kegiatan ini demi menjaga keselamatanmu.
  3. Pastikan masker snorkelingmu terpasang dengan benar agar air tidak masuk.
  4. Lakukan latihan pernapasan yang baik dengan snorkel agar kamu merasa nyaman saat berada di bawah air.
  5. Ciptakan lingkungan yang sesuai dan nyaman bagi diri kamu saat berada di dalam air.
  6. Selalu perhatikan kondisi sekitar, termasuk arus laut atau perubahan cuaca yang tiba-tiba.
  7. Jika air masuk ke masker, tarik napas lewat mulut dan embuskan lewat hidung untuk mengeluarkan air. Jika air masuk ke snorkel, embuskan napas lewat mulut untuk membersihkan snorkel.

Mencari Penginapan di Tengah Alam Malang? Yuk, ke Bobocabin Coban Rondo!

Bobocabin Coban Rondo

Bobocabin Coban Rondo Malang memiliki konsep elevated camping. Di sini, kamu akan menginap di tengah sejuk dan hijaunya alam Malang. Fasilitas-fasilitas yang diberikan pun lengkap, termasuk Wi-Fi, Smart Window, moodlamp, pengeras suara Bluetooth, dan campire & BBQ.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

 

Penulis artikel: Emier Abdul Fiqih

Foto header: Miltiadis Fragkidis via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles