snorkeling Jawa Timur

10 Rekomendasi Spot Snorkeling Terbaik di Jawa Timur

Snorkeling adalah kegiatan menyelam dan menikmati pemandangan bawah laut. Beruntungnya, untuk kamu yang tinggal di daerah Jawa Timur, kamu tidak perlu pergi jauh-jauh untuk menikmati kegiatan ini.

Pasalnya, tidak hanya terkenal dengan pegunungan dan taman rekreasi, Jawa Timur rupanya juga memiliki rekomendasi spot snorkeling, lho! 

Dalam ulasan ini, Bob akan kasih tahu kamu tempat-tempat snorkeling yang indah dan wajib dikunjungi. Pokoknya, cocok untuk kamu pencinta petualangan dan alam!

10 Rekomendasi Spot Snorkeling di Jawa Timur

Jawa Timur memang terkenal dengan wisata alamnya, seperti pegunungan dan bukit, serta taman rekreasi yang seru. Namun, tidak banyak yang tahu kalau ternyata ada juga spot snorkeling yang indah dan tidak kalah dengan luar negeri.

Berikut adalah beberapa rekomendasi spot snorkeling di Jawa Timur yang indah—dan yang terpenting, murah!

1. Pantai Tiga Warna

Pantai Tiga Warna

Sumber: Tugujatim.id

Pantai Tiga Warna terletak di Kecamatan Sitiarjo, tepatnya di Desa Sendang Biru, Malang. Pantai ini telah lama menjadi destinasi favorit para pencinta snorkeling berkat keindahan biota lautnya yang memikat. 

Keistimewaan Pantai Tiga Warna gradasi tiga warna airnya yang memukau, yaitu merah muda, hijau, dan biru.

Perlu diingat bahwa untuk mengunjungi tempat ini, sebaiknya kamu melakukan reservasi terlebih dahulu, ya!

Baca Juga: Mengenal Perbedaan Snorkeling dan Diving

2. Pantai Wedi Ireng

Pantai Wedi Ireng

Sumber: Banyuwangi Bagus

Pantai Wedi Ireng terletak di Desa Pancer, Kecamatan Pesanggrahan, Banyuwangi. Keindahan pantai yang satu ini masih belum banyak diketahui oleh banyak orang, sehingga seringkali terasa sepi dan tenang.

Meskipun perjalanannya agak jauh, sekitar 65 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, pemandangan indah sesampainya di pantai akan membuat rasa lelah dan penat hilang seketika.

Kamu perlu menyewa perahu nelayan untuk mencapai pantai ini, dan perjalanan dengan perahu tersebut akan memakan waktu sekitar 30 menit. Harga sewa alat snorkeling di sini juga sangat terjangkau, hanya sekitar Rp25.000.

Bobocabin Bobobox

3. Pantai Siwil

Pantai Siwil

Sumber: Pemkab Pacitan

Berlokasi di Pacitan, Pantai Siwil terkenal dengan sebutan Seribu Pantai. Karena pantai ini terletak di daerah Desa Ngadimulyo, Kecamatan Ngadirejo, kamu perlu menempuh jarak sekitar 36 kilometer.

Pantai ini adalah salah satu lokasi dengan wisata snorkeling terbaik di Jawa Timur. Pemandangannya indah, dan sembari snorkeling, kamu akan melihat aneka ragam biota laut seperti terumbu karang dan ikan moorish idol.

4. Gili Labak

Gili Labak

Sumber: Petisi.co

Destinasi wisata snorkeling ini sedang viral akhir-akhir ini. Berlokasi di kawasan tenggara Pulau Madura atau Puteran, Gili Labak adalah pantai dengan pemandangan yang indah. Tempat ini sering dikunjungi banyak wisatawan, baik lokal dan mancanegara.

Tidak hanya indah, Gili Labak juga memiliki pantai dengan pasir putih yang bersih dan halus. Beragam biota laut di sini pun tidak kalah, sehingga tak heran kalau banyak yang memilih snorkeling di pantai ini.

Untuk mencapainya, kamu perlu naik perahu nelayan lewat Pelabuhan Kalianget atau lewat feri dari Tanjung Perak, Surabaya.

5. Gili Ketapang

Gili Ketapang

Sumber: Darmawisata Indonesia

Jika kamu sedang mencari destinasi wisata snorkeling di Jawa Timur, kamu wajib mengunjungi Gili Ketapang. Pantai ini berada di Pulau kecil yang terletak di Selat Madura dan termasuk dalam wilayah Kabupaten Probolinggo. 

Dari Pelabuhan Probolinggo, kamu dapat mencapai pulau ini dalam waktu singkat, sekitar 20–25 menit perjalanan dengan biaya tiket hanya sebesar Rp10.000 rupiah.

Kalau kamu tipe orang yang tidak ingin ribet membuat rencana perjalanan sendiri, kamu bisa mengambil paket wisata tur Gili Ketapang. Paket ini menawarkan pengalaman lengkap, termasuk snorkeling, penyewaan kamera bawah laut, dan pemandu wisata.

6. Gili Noko

Gili Noko

Sumber: Detik Travel

Kabupaten Gresik, Jawa Timur, ternyata menyimpan destinasi wisata snorkeling yang tak kalah eksotis. Namanya adalah Gili Noko, sebuah pulau kecil di dekat Pulau Bawean. Untuk mencapainya, kamu hanya perlu melakukan perjalanan singkat dari Pelabuhan Gresik. 

Gili Noko akan membuatmu terpesona dengan panorama alamnya yang menakjubkan. Kamu bisa menemukan terumbu karang dan beragam biota laut yang cantik. Untuk menikmati keindahan ini dengan maksimal, pastikan kamu bisa berenang dan menyelam, ya! 

7. Pantai Bangsring

Pantai Bangsring

Sumber: MerahPutih

Berlokasi sekitar 20 kilometer dari pusat kota Banyuwangi, kamu bisa mengunjungi Pantai Bangsring. Pantai ini menawarkan keindahan biota laut yang tidak kalah dengan tempat snorkeling lainnya. Kamu bisa melihat berbagai terumbu karang dan ikan yang indah.

8. Pantai Pulau Kapulogo

Pantai Pulau Kapulogo

Sumber: Trenggalek

Jika kamu ingin snorkeling dan menikmati keindahan pantai yang sepi, Pantai Pulau Kapulogo cocok untuk jiwa introver seperti kamu!

Berlokasi di Desa Craken, Kecamatan Munjungan, Pantai Pulau Kapulogo berjarak 2 jam dengan perjalanan darat yang lumayan ekstrem. Selain itu, kamu juga bisa menyewa perahu yang berangkat dari Pantai Ngadipuro dengan biaya Rp100.000.

Pantai ini memiliki susunan batu karang, pulau kecil, dan pemandangan bawah laut yang indah. Sebagai catatan, kamu perlu membawa peralatan snorkeling sendiri karena kondisi pantai masih alami dan masih dalam pengembangan pemerintah setempat.

9. Pantai Bolu Bolu

Pantai Bolu Bolu

Sumber: Genpi Jatim

Rekomendasi tempat snorkeling di Jawa Timur lainnya adalah Pantai Bolu Bolu. Berlokasi di Desa Purwodadi, Tirtoyudo, pantai ini memiliki keindahan biota laut yang tidak kalah dengan tempat snorkeling lainnya.

Perjalanan ke tempat ini cukup panjang. Kamu bisa berangkat dari Pantai Lenggoksono dengan menyewa perahu nelayan. Sesampainya di pantai, kamu wajib membayar tiket masuk sekitar Rp5.000.

Kalau kamu tidak membawa peralatan snorkeling sendiri, jangan khawatir. Pantai ini menyediakan peralatan snorkeling dan bisa disewa cukup dengan harga Rp25.000 saja.

10. Pulau Tabuhan

Pulau Tabuhan

Sumber: Kompas.com

Destinasi snorkeling di Jawa Timur yang tidak boleh kamu lewatkan juga adalah Pulau Tabuhan, yang berdekatan dengan Pantai Brangsing dan terletak di tengah Selat Bali. 

Kamu dapat mencapai pulau ini dengan melakukan perjalanan dari Brangsing, Watudodol, atau Kampe. Biaya sewa peralatan snorkelingnya sangat terjangkau, hanya sekitar Rp30.000. 

Untuk menyewa perahu menuju pulau seluas 6 hektare ini, kamu perlu merogoh kocek sekitar Rp500.000, dengan kapasitas perahu hingga 10 orang. 

Baca Juga: 7 Tempat Terindah untuk Snorkeling di Bali, dari Pemuteran sampai Nusa Penida

5 Tip Snorkeling di Jawa Timur

Sebelum snorkeling, ada beberapa hal penting yang wajib kamu ketahui. Berikut adalah 5 tip sebelum snorkeling:

1. Jika Bisa, Beli Peralatan yang Sesuai

Snorkeling memerlukan sejumlah peralatan, seperti kacamata khusus, sirip renang, dan snorkel. Meskipun beberapa pantai menyediakan jasa sewa alat snorkeling, alangkah lebih baik untuk memiliki perlatan yang sesuai dengan dirimu.

Hal ini bisa meningkatkan rasa nyaman saat snorkeling nantinya, serta untuk menjaga kebersihan dengan tidak menggunakan peralatan yang telah dipakai orang lain.

2. Belajar Berenang dan Menyelam

Kamu wajib menguasai kemampuan berenang dan menyelam dasar sebelum snorkeling. Selain itu, kamu juga bisa berlatih menggunakan peralatan snorkeling agar terbiasa. Pasalnya, terkadang pemula akan kesulitan bernapas dengan alat snorkel.

Dengan banyak berlatih, nantinya kamu akan lebih leluasa menjelajah di air dan bisa memaksimalkan pengalaman snorkeling ini.

3. Memilih Lokasi Sesuai Preferensi

Jawa Timur memiliki banyak sekali opsi pantai snorkeling, jadi kamu bisa memilih lokasi yang kamu inginkan. Namun, kondisi setiap tempat tidaklah sama. Jika kamu masih pemula, ada baiknya mencari tempat snorkeling dengan jasa instruktur dan kondisi laut yang tenang.

4. Tetap Tenang Ketika Berenang

Kunci keberhasilan snorkeling adalah tetap tenang dan rileks. Kamu bisa berenang dengan gerakan pelan dan mengambil napas secara teratur. Jangan takut dan nikmati saja pengalamannya.

Berenang dan menyelam memerlukan energi, terutama jika kamu bergerak terlalu cepat dan tidak terbiasa dengan peralatan selam. Terkadang, gerakan kaki bisa melebihi gerakan tangan, dan hal ini bisa menyebabkan kamu cepat lelah.

Penting juga untuk melakukan pemanasan sebelum snorkeling. Hal ini mencegah kram atau cedera lain yang tidak diinginkan saat menyelam.

5. Jangan Merusak Biota Laut

Tujuan snorkeling adalah untuk melihat keindahan pemandangan laut, seperti terumbu karang dan ikan-ikan. Sebagai wisatawan, kita harus turut menjaga keindahan alam tersebut agar dapat dinikmati oleh orang lain.

Beberapa cara yang bisa dilakukan antara lain: 

  • tidak memberi makan ikan
  • tidak sembarangan menyentuh karang
  • jangan terlalu banyak menggunakan sunscreen dengan kandungan kimia tinggi

Itulah beberapa rekomendasi tempat snorkeling terbaik di Jawa Timur dan tip yang perlu diperhatikan. Semoga ulasan ini bisa membantu ketika kamu berburu spot terbaik di Surabaya, Malang, Banyuwangi dan sekitarnya, ya!

Baca Juga: 7 Daftar Alat Snorkeling yang Wajib Disiapkan Pemula

Liburan Makin Asyik bersama Bobocabin!

Liburan Makin Asyik bersama Bobocabin!

Jalan-jalan ke Jawa Timur dan bermain snorkeling memang sangat mengasyikkan. Tentu keseruan ini juga perlu dibarengi dengan akomodasi yang berkualitas.

Kalau kamu sedang mencari akomodasi berkualitas di Jawa Timur yang nyaman dan punya pemandangan ciamik, Bobocabin Coban Rondo Malang bisa menjadi pilihan yang tepat.

Yuk, pesan Bobocabin via aplikasi dan rasakan sendiri keseruannya!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: NEOM via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles