snorkeling di nusa penida

7 Spot Terbaik untuk Snorkeling di Nusa Penida

Nusa Penida adalah pulau yang terletak di sebelah tenggara Pulau Bali. Hanya dipisahkan oleh Selat Badung, Nusa Penida merupakan destinasi wisata yang tengah naik daun berkat keindahan pantai dan lautnya yang biru.

Karena keadaannya yang masih cenderung sepi, banyak wisatawan yang menyeberang ke pulau satu ini untuk menghindari kerumunan orang di Bali—terutama bagi para pencinta dunia laut yang hobi snorkeling!

Lalu, sebenarnya apa sih yang membuat Nusa Penida mulai populer di kalangan penggemar snorkeling? Yuk, intip sekilas info mengenai pulau ini, daya tariknya, lengkap dengan tujuh spot terbaik untuk snorkeling di Nusa Penida!

Sekilas Mengenai Nusa Penida

Sekilas Mengenai Nusa Penida

Sumber: Dario Fernandez Ruz via Pexels

Nusa Penida menawarkan keindahan alam eksotik yang dapat memanjakan mata. Mulai dari pantai yang eksotis bertebing yang dilengkapi hamparan pasir putih dan laut biru, gua menangkan yang menjadi situs wisata spiritual, hingga air terjun asri yang menyegarkan.

Tak hanya di atas permukaan laut, namun Nusa Penida juga memiliki pemandangan bawah laut yang menakjubkan. Wilayah perairan Nusa Penida dipenuhi sekitar 1.419 hektar area terumbu karang, menjadikannya rumah yang nyaman bagi banyak makhluk laut lainnya.

Kekayaan laut inilah yang menyebabkan Nusa Penida menjadi populer di kalangan penggemar snorkeling. Yuk, kenali daya tarik selengkapnya pada bagian selanjutnya!

Baca Juga: Cara ke Nusa Penida dari Bali: Panduan Perjalanan ke Surga Tersembunyi

Daya Tarik Snorkeling di Nusa Penida

Daya Tarik Snorkeling di Nusa Penida

Sumber: Elaine Bernadine Castro via Pexels

Untuk dapat berinteraksi langsung dengan kekayaan bawah lautnya, Nusa Penida menawarkan lebih dari 20 lokasi penyelaman yang dapat kamu jelajahi. Namun bagi kamu yang belum memiliki lisensi menyelam, maka kamu bisa snorkeling di berbagai titik alternatif lainnya. 

Ada sekitar 296 spesies terumbu karang dan 576 spesies hewan laut di perairan dangkal Nusa Penida. Dengan snorkeling, kamu dapat melihat hewan-hewan laut besar dengan lebih dekat. Kamu juga dapat menyaksikan cara hewan-hewan tersebut berinteraksi dengan lingkungannya.

Menarik, bukan? Setiap spot snorkeling juga merupakan habitat bagi hewan yang berbeda-beda. Jadi, kamu akan mendapatkan pemandangan dan pengalaman baru di setiap titik.

Bobocabin Bobobox

7 Rekomendasi Pantai untuk Snorkeling di Nusa Penida

Setelah mengetahui apa yang membuat snorkeling menarik di Nusa Penida, kini saatnya memutuskan spot snorkeling mana yang akan kamu kunjungi. 

Maksimalkan pengalaman snorkelingmu di tujuh rekomendasi pantai terbaik untuk snorkeling di Nusa Penida berikut, lengkap dengan informasi jenis flora dan fauna yang menantimu:

1. Manta Point

Manta Point

Sumber: Wang John via Unsplash

Manta Point merupakan salah satu titik snorkeling paling terkenal di Nusa Penida. Bagaimana tidak? Di teluk yang satu ini, penyelam dapat melihat pari manta secara langsung di habitatnya!

Ukuran ikan pari yang dapat kamu lihat pun beragam, mulai dari ukuran yang cukup kecil hingga yang sebesar lima meter. Kamu bisa berenang bersama ikan pari, atau membiarkannya “terbang” di atasmu di kedalaman 2–8 meter.

Ikan pari yang berkeliaran di area ini ternyata cukup jinak, jadi jangan khawatir. Mereka tidak suka menarik perhatian penyelam dan justru asyik melakukan kegiatannya sendiri.

Baca Juga: 7 Pantai Ikonik di Nusa Penida, Serasa di Surga

2. Crystal Bay

Crystal Bay

Sumber: Olga ga via Unsplash

Tak hanya dikenal sebagai pantai dengan pemandangan batu karang dan matahari terbenam yang menakjubkan, Crystal Bay juga merupakan surga bagi para penggemar snorkeling dan scuba diving.

Kamu dapat menyewa peralatan snorkeling di pantai, kemudian terjun langsung untuk menjelajahi terumbu karang berbagai warna dan berinteraksi langsung dengan hewan-hewan laut. Namun, kamu tidak boleh melewatkan daya tarik utama dari titik snorkeling ini, yaitu penyu!

3. Budha Point

Budha Point

Sumber: New Bali via medium.com

Snorkeling tidak melulu harus tentang berinteraksi langsung dengan biota laut, tapi juga soal menjelajahi dunia bawah laut. Di Budha Point, kamu dapat melihat sekumpulan patung-patung Budha dan candi yang berbentuk stupa di kedalaman tujuh meter!

Saat ini, kumpulan patung dan candi ini telah berumur puluhan tahun dan telah ditumbuhi anemon laut. Kerennya, patung-patung ini tidak hancur tergerus air laut, menjadikannya pemandangan unik yang tak bisa kamu dapatkan di daratan.

4. SD Point

SD Point

Sumber: nusapenida.org

Titik snorkeling di Nusa Penida selanjutnya adalah SD Point. Spot ini dikenal sebagai sekolah dasar (SD) penyelaman, karena SD Point merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi pemula snorkeling maupun diving berkat arusnya yang tidak terlalu kencang.

Karena air lautnya masih jernih, kamu dapat melihat dengan jelas pemandangan cantik terumbu karang lengkap dengan berbagai macam ikan di sekitarnya. Jenis ikan yang dapat kamu temukan meliputi mola-mola, ikan buntal, napoleon wrasse, damselfish, scorpion fish, serta parrotfish.

5. Gamat Bay

Gamat Bay

Sumber: indonesia-tourism.com

Salah satu hidden gem bagi para penggemar snorkeling, Gamat Bay merupakan teluk terpencil yang belum banyak dijamah orang. Kamu dapat melakukan kegiatan snorkeling dengan nyaman tanpa harus berebut dengan pengunjung lain di sini.

Karena lokasinya terpencil, pastikan untuk membawa peralatan snorkeling pribadi atau menyewanya dari tempat lain. Kemudian, kamu dapat menjelajahi gundukan koral yang merupakan surga bagi ikan-ikan kecil hingga puas.

Baca Juga: Itinerary Nusa Penida, Panduan Menjelajahi Pulau Eksotis di Tenggara Bali

6. Wall Point

Wall Point

Sumber: novanusapenida.com

Terumbu karang dan berbagai jenis ikan berwarna-warni menantimu di sini. Panorama bawah laut Wall Point yang indah menjadikannya salah satu destinasi snorkeling populer di Nusa Penida. Bahkan, titik ini juga kerap menjadi salah satu tujuan paket tur Nusa Penida, lho!

Selain snorkeling, kamu juga dapat menikmati quality time dengan piknik santai di pantai pasir putihnya yang spektakuler, atau trekking sambil menikmati pemandangan pantai yang indah.

7. Mangrove Point

Mangrove Point

Sumber: adiprayogo liemena via Pexels

Terletak di antara banyaknya pohon mangrove, Mangrove Point merupakan titik snorkeling unik yang menawarkan keanekaragaman hayati nan memanjakan mata.

Kamu dapat melihat ikan buntal, scorpion fish, angel fish, clown fish, box fish, dan lainnya di sini. Bahkan kabarnya, hiu paus dan ikan pari manta telah beberapa kali terlihat di area Mangrove Point!

Istirahat Lebih Berkualitas di Bobocabin!

bobobox

Setelah seharian beraktivitas, tentunya kamu ingin beristirahat untuk dapat bugar kembali. Bobocabin Bali adalah solusi akomodasi modern yang nyaman untuk melepas lelah.

Lengkap dengan sentuhan futuristik teknologi Internet of Things, tiap kabin sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin yang bikin makin betah, seperti Smart Window dan B-Pad yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat suasana lebih nyaman.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles