Sumber: @dwiastini via Instagram

Pesona Pura Segara Ulun Danu Batur, Pura yang Sering Kamu Lihat di Iklan Wisata Bali

Berlokasi di Danau Batur, Pura Segara Ulun Danu Batur termasuk salah satu destinasi wisata Bali yang tidak boleh kamu lewatkan.

Meski terkenal sebagai wisata religi, tempat wisata satu ini menyuguhkan keindahan yang terbukti telah banyak menimbulkan decak kagum di kalangan para pengunjung.

Saking ikonisnya, Pura Segara Ulun Danu Batur pun kerap terlihat di iklan-iklan wisata Bali. Lalu, apa sih sebenarnya pesona dari pura Bali satu ini? Simak bareng Bob, yuk!

Sejarah Pura Segara Ulun Danu Batur

Sumber: @dwicreative via Instagram

Pembangunan Pura Segara Ulun Danu Batur diperkirakan telah dimulai sejak zaman Empu Kutura, yaitu sekitar abad ke-10 hingga ke-11.

Selain Pura Segara Ulun Danu Batur, ada banyak desa penduduk di sekitar sana. Hanya saja, semuanya berubah sejak tahun 1917.

Karena lokasinya di sisi barat lereng Gunung Batur, kawasan sekitar pura cukup rentan terhadap Hausarbeit schreiben lassen Preise bencana letusan gunung berapi.

Pada tahun 1917, letusan Gunung Batur menimbulkan kerusakan pada sebagian besar bangunan yang ada di kaki gunung tersebut.

Setelah dilanda bencana, penduduk sekitar berusaha membangun kembali bangunan-bangunan tersebut agar seperti semula.

Namun, bencana rupanya tidak berhenti sampai di situ saja. Setelah peristiwa 1917, kawasan pura kembali dilanda bencana letusan Gung Batur.

Tepatnya pada 21 April 1926, letusan gunung tersebut menyebabkan kerusakan pada semua bangunan hingga tak berbentuk lagi dan menelan korban hingga 1.500 jiwa.

Namun, di tengah letusan-letusan tersebut, Pura Segara Ulun Danu Batur justru tidak mengalami kerusakan dan bangunannya pun tetap utuh dan masih kokoh berdiri.

Sementara itu, penduduk desa di sekitar pura harus direlokasi karena kawasan tersebut tidak bisa ditempat selama masa erupsi.


Baca Juga: Ternyata, Ini 7 Kebiasaan Orang Bali yang Bikin Bali Jadi Surga Dunia!


Lokasi Pura Segara Ulun Danu Batur

Sumber: @ariefnoviant via Instagram

Pulau Segara Ulun Danu Batur beralamat di Jalan Pendakian Gunung Batur, Batur Tengah, Kecamatan Kintamani, Kabupaten Bangli, Bali.

Berada di ketingggian 900 mdpl, Pura Segara berlokasi tidak jauh dari pura bersejarah lainnya, yaitu Pura Jati.

Selain itu ada juga pura lain dengan nama serupa, yakni Pura Ulun Danu Batur, yang menyuguhkan pemandangan berbeda karena lokasinya yang jauh dari Danau Batur. Jangan sampai salah lokasi, ya!

Pura Segara sendiri merupakan salah satu pura Bali dengan pemandangan terbaik dan tidak terlalu ramai.

Lokasinya yang mengapung di tepi danau mungkin akan mengingatkan kamu pada danau Bali lainnya, Pura Ulun Danu Beratan Bedugul yang juga kerap menghiasi iklan wisata Bali.

Bedanya, Pura Segara Ulun Danu Batur memiliki jembatan yang bisa kamu sebrangi untuk mencapai pura dan menjelajahinya.

Bobocabin Bobobox

Pura Segara Ulun Danu Batur sebagai Tempat Beribadah

Sumber: @verlichtend via Instagram

Seperti yang kamu tahu, pura merupakan tempat suci bagi pemeluk agama Hindu untuk mendekatkan diri dengan Sang Hyang Widhi Wasa. Begitu pun dengan Pura Segara Ulun Danu Batur.

Dalam bahasa Indonesia, Pura Segara Ulun Danu Batur memiliki arti ‘pura air di Danau Batur’. Penamaan pura sendiri berkaitan dengan kepercayaan umat Hindu terhadap sosok dewi penjaga.

Kata “Ulun Danu” memiliki arti ‘Dewi Danau’. Dalam kepercayaan tersebut, Dewi Danau merupakan pemberi anugerah alam dalam bentuk air.

Oleh karena itu, pura sengaja dibangun di tepi danau sebagai bentuk penghormatan kepada Dewi Danu.

Hingga saat ini, Pura Segara masih digunakan sebagai tempat ibadah umum. Namun, di waktu-waktu tertentu, penduduk akan menyelenggarakan upacara adat sebagai bentuk puji syukur sekaligus untuk memuja sang dewi.

Puji syukur ini dilantunkan karena sang dewi telah memberikan sumber air untuk kebutuhan setiap orang, seperti mengairi sawah dan sekitarnya.


Baca Juga: Itinerary Nusa Penida, Panduan Menjelajahi Pulau Eksotis di Tenggara Bali


Pesona Pura Segara Ulun Danu Batur

pemandangan alam pura segara ulun danu batur

Sumber: @jane.who via Instagram

Pemandangan Alam yang Memukau

Sesuai namanya, salah satu daya tarik utama Pulau Segara adalah keindahan Danau Batur sebagai latar belakangnya. Lokasinya yang berada di ketinggian membuat suasana di sekitar danau sejuk.

Ditambah dengan airnya yang tenang dengan gelombang kecil, Danau Batur pun menjadi lokasi yang tepat untuk melarikan diri dari kepenatan.

Sambil menyaksikan keindahan danau, kamu juga bisa menikmati pemandangan perbukitan eksotis di kejauhan. Selain itu, ada juga Gunung Batur yang menjulang tinggi dan megah.

Pemandangannya tampak semakin cantik saat langitnya cerah dengan kabut tipis meliputi puncak gunung tersebut. Perpaduan ketiganya tentu akan menyempurnakan keindahan Pura Segara.

Selain menjadi lokasi wisata religi, tempat ini juga juga menjadi tujuan wisata pelepas stres sekaligus berburu foto untuk diunggah di media sosial.

Arsitektur Bangunan Pura

candi pura segara ulun danu batur

Sumber: Shaoping Sun via Google Maps

Selain keindahan alam di sekitarnya, pesona lain Pura Segara terletak pada arsitektur bangunannya.

Seperti yang Bob sebutkan sebelumnya, Pura Segara Ulun Danu Batur merupakan pura apung yang terletak tidak jauh dari tepian danau.

Untuk mencapai area pura, kamu bisa menaiki jembatan yang menghubungkannya dengan tepi danau.

Namun, sebelum memasuki area puranya, kamu akan terlebih dulu disambut dengan bangunan tinggi menjulang yang tampak seperti gerbang.

Bangunan tersebut adalah Candi Bentar, yang kehadirannya seolah menjadi ucapan selamat datang bagi pengunjung. Di sekitar danau, terdapat patung-patung yang seolah menyambut kedatanganmu.

Memasuki area pura, kamu akan menjumpai sejumlah bangunan candi dengan ukuran, bentuk, dan ornamen berbeda yang berdiri di sekitar pura utama.

Selain itu, jumlah tingkatan dan merunya (atap bangunan pura yang bersusun dan semakin ke atas semakin kecil) juga beragam.

Keindahan dan keunikan pura ini tentunya juga layak kamu abadikan di dalam kamera kamu.

Tiket Masuk Pura Segara Ulun Danu Batur

tiket masuk pura segara ulun danu batur

Sumber: @karin4desig via Instagram

Untuk memasuki area Pura Segara Ulun Danu Batur sebenarnya tidak ada tiket khusus. Namun, kamu dianjurkan untuk memberikan donasi sukarela, mulai dari Rp10.000 hingga Rp50.000 per orang.

Donasi tersebut belum termasuk tiket parkir yang biasanya sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Peraturan Berkunjung ke Area Pura

Sebagai informasi, di sekitar pura tidak selalu ada orang yang berjaga untuk menerima donasi. Karena itu, jika kamu beruntung, kamu bisa masuk tanpa biaya alias gratis.

Sebelum memasuki area pura, pengunjung umumnya wajib mengenakan kain kamen atau sarung Bali untuk menutupi bagian kaki, baik untuk perempuan maupun laki-laki.

Penyewaan kain sudah tersedia di sekitar pura dengan harga Rp10.000 per orang. Untuk perempuan, biasanya ada tambahan syal untuk menutupi area bahu.

Di samping aturan mengenakan kain sarung, perempuan yang tengah datang bulan juga dilarang masuk dengan alasan kesucian.

Selain penyewaan sarung, Pura Segara juga sudah memiliki fasilitas yang cukup memadai.

Tidak jauh dari lokasi, kamu bisa mendapati banya warung makan dan restoran yang bisa kamu kunjungi sambil menikmati keindahan Danau dan Gunung Batur.

Fasilitas lainnya meliputi area parkir, toilet, dan penginapan.

Cara terbaik untuk mencapai kawasan Pura Segara Ulun Danu Batur adalah dengana menyewa motor atau mobil.

Jarak tempuhnya tergantung dari titik awal keberangkatan. Kamu kemungkinan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam jika datang dari Ubud, Sanur, Canggu, dan Kuta.


Baca Juga: Perbedaan Bali Zoo dan Bali Safari, Mana yang Harus Kamu Kunjungi?


Ingin Menikmati Keindahan Alam Kintamani?

Setelah seharian berwisata di Pura Segara Ulun Danu Batur dan wisata Kintamani lainnya, Bobocabin Kintamani menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah kamu.

Mengusung konsep futuristik, Bobocabin siap menemani kamu merasakan kesejukan serta tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Liburan di tengah alam pun terasa mudah, aman dan menyenangkan dengan kehadiran fasilitas seperti Smart Window, B-Pad, moodlamp, hingga Bluetooth speaker.

Jangan khawatir soal masalah internet sebab Bobocabin sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlancar semua kegiatan daring kamu.

Agar keseruan semain lengkap, Bobocabin juga dilengkapi dengan fasilitas campire & barbeque.

Bobocabin Bobobox

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles