Foto: Artūras Kokorevas via Pexels

Paralayang Puncak: Menguji Adrenalin di Puncak yang Menakjubkan

Puncak sudah lama menjadi destinasi liburan populer di kawasan Jabodetabek. Pemandangan perkebunan teh yang hijau serta lembah pegunungan yang cantik menjadi salah satu daya tariknya.

Terlebih lagi, karena letaknya tidak jauh dari banyak kota besar, banyak pengunjung yang dapat mengakses Puncak dengan mudah.

Uniknya, kamu tak hanya dapat menikmati pemandangan indah Puncak dari darat saja. Kamu juga dapat memacu adrenalin dan menikmati pemandangan hijau Puncak dari langit lewat kegiatan paralayang!

Menarik, bukan? Yuk, kenali apa itu paralayang dan enam rekomendasi tempat paralayang terbaik di Puncak agar liburanmu lebih seru!

Apa Itu Paralayang?

Apa Itu Parahlayang di Puncak

Foto: Artūras Kokorevas via Pexels

Paralayang atau juga dikenal sebagai paragliding adalah jenis olahraga terbang bebas menggunakan parasut yang dilakukan dari ketinggian.

Olahraga ini umumnya dilakukan sebagai bentuk rekreasi, tapi terdapat beberapa kompetisi paralayang yang bisa diikuti oleh para expert di bidangnya.

Untuk melakukan paralayang, kamu perlu lepas landas dari area lereng perbukitan atau pegunungan dengan memanfaatkan embusan angin kuat. Tujuannya agar parasut dapat terangkat dan melayang di udara.

Untuk melakukan olahraga ini, ada beberapa peralatan yang tak boleh kamu lewatkan, seperti parasut utama, parasut cadangan, harness, dan helm.

Selama terbang, akan lebih baik jika kamu menggunakan flight suit, sarung tangan, serta sepatu bot untuk melindungi diri dari embusan angin kencang.

Bobocabin Bobobox

Baca Juga: Paket Outbound Bogor Serta Destinasi Terfavoritnya

6 Rekomendasi Tempat Paralayang di Puncak

Ini dia enam rekomendasi tempat paralayang di Puncak yang patut kamu coba:

1. Fly Indonesia Paragliding

Fly Indonesia Paragliding

Foto: traveloka.com

Lokasi: Jl Raya Puncak, KM 87, Bukit Paralayang, Puncak, Tugu Sel., Cisarua, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia

Spot paralayang ini menawarkan sensasi melayang bebas pada ketinggian hingga 1.300 m di atas permukaan laut! Dari atas, kamu dapat melihat pemandangan hijau kawasan Puncak, panorama Gunung Mas yang indah, pepohonan rimbun, serta pemukiman warga.

Untuk dapat mencoba kegiatan paralayang di sini, kamu wajib memiliki berat badan mulai dari 20 kg–85 kg. Jangan khawatir, kamu akan didampingi oleh pemandu selama penerbangan. 

Bagi pengunjung yang ingin melakukan penerbangan solo, kamu wajib memiliki lisensi terbang paralayang resmi.

2. Flypuncak Air

Flypuncak Air

Foto: traveloka.com

Lokasi: Jl. Venue Paralayang, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Dengan akses yang mudah, kamu dapat mengunjungi spot ini menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Lokasinya pun cukup strategis, sehingga kamu dapat menikmati pemandangan perkebunan teh Gunung Mas dari ketinggian.

3. Paralayang Puncak Cisarua Bogor

Paralayang Puncak Cisarua Bogor

Foto: Juliette G. via Unsplash

Lokasi: Jl. Venue Paralayang, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Spot paralayang ini menawarkan dua jenis paket yang bisa kamu coba, yaitu Paket Lengkap dan Paket Tambahan. Paket dijual dengan harga mulai dari Rp450.000 per orang untuk waktu penerbangan 10 menit dan berat badan maksimal 90 kg.

Kamu juga dapat mengabadikan momen selama penerbangan dengan menyewa kamera dengan biaya tambahan Rp200.000 per orang.

4. Paralayang Puncak Official Bogor

Paralayang Puncak Official Bogor

Foto: Miriam Espacio via Pexels

Lokasi: Jl. Raya Puncak Gadog, bukit gantole, gunung mas, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Untuk layanan paralayang ini, hanya ada satu jenis paket yang dapat kamu pilih. Paket Paralayang Tandem dibanderol dengan harga Rp450.000 untuk WNI dan Rp550.000 untuk WNA. Tersedia pula layanan transportasi dari lokasi pendaratan ke lokasi lepas landas.

Untuk dapat merekam pengalaman penerbanganmu, kamu juga dapat menyewa kamera GoPro dengan tambahan biaya sebesar Rp100.000.

5. Paralayang Tandem Funfly

Paralayang Tandem Funfly

Foto: Cristian Loayza via Pexels

Lokasi: Jl. Venue Paralayang Puncak, Bogor, Jawa Barat 16750, Indonesia

Beroperasi pukul 08.00–17.00 WIB, Paralayang Tandem Funfly adalah layanan paralayang lainnya yang dapat kamu coba. Pastikan untuk datang pada pagi atau sore hari pada hari yang cerah untuk dapat melihat puncak Gunung Mas dengan jelas!

6. Paralayang Puncak Bogor

Paralayang Puncak Bogor

Foto: Engin Akyurt via Pexels

Lokasi: Wisata Paralayang Puncak Cisarua, Jl. Venue Paralayang, Tugu Sel., Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16750

Paralayang Puncak Bogor adalah rekomendasi spot paralayang terakhir di Puncak. Layanan populer ini beroperasi setiap hari dan memulai kegiatan paralayang mulai dari pukul 08.00–17.00 WIB.

Jika ingin memastikan bahwa kamu masih bisa mendapatkan slot, kamu perlu melakukan reservasi terlebih dahulu, ya.

Baca Juga: Pelancong Wajib Coba, Inilah 6 Makanan Khas Bogor yang Legendaris

5 Tips Paralayang Seru dan Aman di Puncak

Sebelum mencoba spot-spot paralayang di atas, kamu perlu mempersiapkan diri dengan baik. Berikut lim tip yang wajib kamu ikuti untuk memastikan paralayang berjalan aman:

1. Tidak Fobia Ketinggian

Paralayang memang terdengar seru, tapi jangan sampai gegabah. Pastikan bahwa kamu tidak takut ketinggian sebelum mencoba paralayang. Dengan begitu, kamu bisa menikmati sensasi terbang di atas awan alih-alih meringkuk ketakutan selama kegiatan berlangsung.

2. Pakai Tabir Surya

Paralayang umumnya dilakukan saat matahari masih bersinar terik. Agar kulit terlindung dari paparan sinar UV, pastikan untuk mengoleskan tabir surya secukupnya.

3. Kenakan Pakaian yang Sesuai

Embusan angin kencang tentunya akan menimbulkan sensasi dingin pada tubuh. Oleh karena itu, pastikan untuk setidaknya mengenakan pakaian lengan panjang.

Selain itu, jangan lupa untuk memakai alas kaki tertutup dengan ukuran pas agar tidak lepas saat kamu berada di udara.

4. Pilih Paralayang Tandem

Agar paralayang berjalan lancar, pemula disarankan untuk mencoba paralayang tandem terlebih dahulu. Kamu tidak perlu pusing soal mekanisme penerbangan parasut, karena kamu akan ditemani pemandu yang akan mengoperasikan parasut selama di udara.

Kamu dapat memanfaatkan momen ini untuk bertanya dan meminta tip untuk paralayang berikutnya. Dengan demikian, pengetahuan seputar paralayang dapat berkembang dan kamu mungkin bisa paralayang sendiri di kemudian hari!

5. Pastikan Pengaman Telah Terpasang dengan Baik

Sebelum lepas landas, pastikan bahwa semua pengaman telah terpasang sesuai instruksi. Jika belum yakin, kamu bisa meminta petunjuk dari pemandu untuk memeriksa kembali seluruh peralatan yang ada.

Baca Juga: Wajib Tahu! 20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bogor yang Tahan Lama

Yuk, Healing di Tengah Sejuknya Puncak Bogor! 

Healing di Tengah Sejuknya Puncak Bogor

Ingin istirahat tanpa gangguan setelah menjajal paralayang? Nikmati sensasi menginap modern di tengah alam hijau bersama Bobocabin Gunung Mas!

Berbekal konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah tempat yang tempat untuk menikmati keasrian alam dengan cita rasa modern.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad. Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati demi kenyamanan maksimal. Terdapat pula fasilitas campire & BBQ untuk menunjang liburanmu.

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Artūras Kokorevas via Pexels

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles