Rekomendasi Spot Paralayang Jogja

3 Rekomendasi Spot Paralayang Jogja yang Paling Seru dan Indah

Siapa sih, yang tidak mengenal Jogja? Kota ini merupakan salah satu destinasi liburan yang populer berkat kekayaan budaya dan sejarahnya. Jogja menawarkan pengalaman unik yang seolah membawa kamu ke masa lalu.

Selain beragam budaya dan sejarahnya yang unik dan menarik, rupanya kamu juga bisa menemukan kegiatan seru lain yang memacu adrenalin sekaligus menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, yaitu paralayang!

Yuk, pelajari lebih lanjut seputar paralayang, berbagai rekomendasi tempat paralayang di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan, dan sejumlah tip penting agar paralayang berjalan lancar!

Apa Itu Paralayang?

Apa Itu Paralayang

Foto: Anggara Wikan Prasetya via travel.kompas.com

Jika kamu gemar mencoba berbagai kegiatan seru untuk memacu adrenalin, maka paralayang harus masuk ke dalam bucket list! Paralayang adalah sejenis olahraga ekstrem yang akan membawamu terbang bebas menggunakan parasut.

Kegiatan ini umumnya dilakukan di dataran tinggi seperti lereng bukit atau gunung, di mana kamu kemudian akan lepas landas dengan kaki dan memanfaatkan angin untuk mengangkat parasut.

Ada dua jenis angin yang digunakan, yaitu angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan oleh perubahan temperatur (thermal lift).

Untuk melakukan kegiatan paralayang, kamu perlu menyiapkan berbagai peralatan demi keselamatan, seperti parasut utama, parasut cadangan, harness, dan helm. Agar terlindung dari angin kencang, kamu juga dapat menggunakan flight suit, sarung tangan, serta sepatu bot.

Olahraga ini dapat dilakukan sebagai bentuk rekreasi, tapi ada beberapa kompetisi paralayang yang bisa diikuti oleh para expert di bidangnya.

Baca Juga: 20 Pilihan Oleh-Oleh Khas Jogja yang Tahan Lama

3 Rekomendasi Tempat Paralayang di Jogja

Tertarik untuk mencoba kegiatan seru yang satu ini? Berikut tiga rekomendasi tempat paralayang di Jogja yang tak boleh kamu lewatkan:

1. Watugupit Parangtritis

Watugupit Parangtritis

Foto: Bukit Paralayang, Watugupit via Gmaps

Lokasi: Jl.Watugupi Jl. Paralayang, Area Hutan, Giricahyo, Kec. Purwosari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55872 (Gmaps)

Spot paralayang yang satu ini memang sudah terkenal di kalangan pencinta paralayang! Watugupit Parangtritis terletak tidak jauh dari Pantai Parangtritis Bantul dan dapat kamu kunjungi mulai dari jam 09.00–19.00 WIB.

Dari pusat kota Jogja, kamu perlu menempuh jarak 31 km dengan waktu sekitar 1 jam perjalanan untuk mencapai lokasi ini.

Jika kamu beruntung, kamu dapat menyaksikan langit keemasan saat matahari terbenam. Selain itu, kamu juga dapat menikmati pemandangan pesona laut kebiruan, perbukitan hijau Bantul yang asri, serta pantai Parangtritis yang eksotis.

Pengunjung cukup membayar tiket senilai Rp10.000 untuk memasuki area wisata. Bagi kamu yang tertarik untuk paralayang, kamu perlu membayar biaya sekitar Rp300.000.

2. Embung Batara Sriten

Embung Batara Sriten

Foto: Muhammad Fathur Rohim via Gmaps

Lokasi: Sriten, Pilangrejo, Kec. Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55852 (Gmaps)

Siapa yang sangka bahwa sebuah telaga bisa menjadi spot yang sempurna untuk paralayang? Embung Batara Sriten contohnya.

Embung Batara Sriten adalah sebuah telaga buatan yang terletak di Perbukitan Baturagung Utara. Cekungan ini memiliki fungsi untuk mengatur aliran air hujan.

Jika memulai perjalanan dari pusat Kota Jogja, kamu dapat mencapai area telaga dengan menempuh 1,5 jam perjalanan. Kamu akan disambut dengan pemandangan indah perairan yang menawan dan dapat memberikan kesegaran tersendiri.

Kegiatan paralayang akan dilakukan pada ketinggian hingga 950 meter di atas permukaan laut. Selain menikmati pemandangan perairan, kamu juga dapat mengagumi kecantikan Rawa Jombor, Klaten, dan Waduk Gajah Mungkur saat terbang di udara.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Giri Sembung Kulon Progo

Parahlayang di Giri Sembung Kulon Progo

Foto: Dian Eka Puspitasari via Gmaps

Lokasi: Ngaran, Banjarasri, Kec. Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55672

Berlokasi di Puncak Giri Sembung, spot paralayang yang satu ini merupakan salah satu spot paralayang terbaru di Jogja dan baru mulai beroperasi sejak tahun 2021. Dari spot ini, para pegiat paralayang dapat menyaksikan pemandangan menawan perbukitan dan persawahan.

Pastikan untuk berkunjung saat cuaca cerah jika kamu ingin melihat Gunung Merbabu, Gunung Merapi, dan Candi Borobudur dengan jelas dari ketinggian!

Baca Juga: 5 Pantai Snorkeling Gunung Kidul dengan Pemandangan Paling Indah

5 Tip Paralayang Seru dan Aman di Jogja

Tip Paralayang Seru dan Aman di Jogja

Foto: Juliette G. via Unsplash

Makin semangat untuk mencoba paralayang, bukan? Jangan lupa mempersiapkan diri dengan baik agar kegiatanmu berjalan lancar. Berikut tip paralayang seru dan aman di Jogja yang wajib kamu ikuti:

1. Jangan Takut Ketinggian, ya!

Paralayang adalah kegiatan yang akan membawamu ke ketinggian, jadi pastikan bahwa kamu tidak memiliki fobia ketinggian sebelum mencobanya. Jangan sampai nanti sibuk ketakutan alih-alih menikmati serunya terbang di udara dan mengagumi keindahan alam yang terhampar.

2. Gunakan Tabir Surya

Terbang di bawah sinar matahari yang terik dapat membuat kulit terpapar sinar UV. Pastikan kegiatan paralayang tetap aman dan nyaman dengan mengoleskan tabir surya secukupnya. Dengan begitu, kulitmu akan tetap terlindung dari ancaman sunburn.

3. Pakai Pakaian yang Tepat

Saat paralayang, kamu akan terekspos embusan angin kencang yang bisa membuat kedinginan. Untuk menghindarinya, sebaiknya kamu mengenakan pakaian lengan panjang.

Selain itu, jangan lupa untuk memakai alas kaki tertutup dengan ukuran pas agar tidak lepas saat kamu berada di udara.

4. Pilih Paralayang Tandem Bagi Pemula

Demi keamanan, pemula disarankan untuk memulai dari paralayang tandem. Kamu akan didampingi oleh pemandu selama durasi kegiatan, jadi kamu tidak perlu memikirkan mekanisme penerbangan dan dapat menikmati pemandangan dengan tenang.

Kamu juga dapat memanfaatkan momen ini untuk bertanya dan meminta tip untuk paralayang berikutnya. Jika pengetahuan seputar paralayang bertambah, siapa tahu kamu bisa paralayang tanpa bantuan pemandu di kemudian hari!

5. Pastikan Semua Alat Pengaman Terpasang dengan Baik

Hal terpenting yang harus kamu ingat sebelum lepas landas adalah memastikan bahwa semua pengaman telah terpasang sesuai instruksi.

Jangan malu untuk bertanya jika kamu belum yakin. Pemandu bisa memberi petunjuk dan memeriksa kembali seluruh peralatan untuk memastikan keamanan.

Baca Juga: Catat! 8 Destinasi Wisata di Jogja untuk Para Pencinta Seni

Bobopod, Solusi Liburan Seru dengan Bujet Bersahabat

Liburan di Lombok Bersama Bobocabin

Daripada habis untuk akomodasi, lebih baik alokasikan bujetmu untuk berbagai kegiatan seru di Jogja, mulai dari paralayang, snorkeling, hingga belajar membuat batik.

Nah, carilah akomodasi yang nyaman, aman, tapi tetap ramah di kantong, seperti Bobopod Malioboro. Dengan sistem kode QR, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Kualitas tidur pun pasti terjamin dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobopod.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Juliette G. via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles