Pantai Wediombo

Daya Tarik Pantai Wediombo, Ini Dia Rute dan HTM-nya

Pantai Wediombo yang berarti ‘pasir yang luas’ ini menawarkan pesona yang tidak nanggung-nanggung. Ombaknya besar, laut birunya tampak jernih, bukit karangnya berderet hijau, dan hamparan pasirnya pun luas.

Pantai Wediombo sendiri merupakan zona konservasi perairan yang terletak di Gunung Kidul, Yogyakarta. Berjarak sekitar 70 kilometer dari pusat kota, destinasi ini dapat dicapai melalui perjalanan darat selama kurang lebih 2,5 jam.

Walau harus menempun perjalanan cukup lama, pemandangan tebing-tebing tinggi dan pasir putih yang luas akan membuat usahamu sepadan. 

Untuk informasi lebih lengkap terkait harga tiket serta daya tarik Pantai wediombo, Bob sudah merangkum segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Wediombo. Yuk, simak!

Lokasi Pantai Wediombo Jogja

Pantai yang sangat menawan ini terletak di wilayah geografis Daerah Istimewa Yogyakarta, lebih tepatnya di daerah Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. 

Persisnya, Pantai Wediombo berada di titik paling ujung dari Kota Jogja, dengan jarak sekitar 70 kilometer. Untuk mencapainya, kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat yang perjalanannya memerlukan waktu sekitar 2,5 jam. 

Ada beberapa rute yang dapat diambil untuk mencapai kawasan pantai di Gunung Kidul, seperti rute melalui daerah Wonosari. Dari Wonosari, lanjutkan perjalanan ke Desa Mulo, lalu ambil arah jalan ke kiri menuju Desa Jepitu.

Terakhir, arahkan kendaraan ke kanan untuk mencapai lokasi pantai. Akan terdapat petunjuk arah di sepanjang jalan yang akan memudahkan kamu sampai ke tujuan. 

Jalur ini dianggap sebagai rute paling efektif dan efisien untuk mencapai area wisata Wediombo di Gunung Kidul. Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau layanan tour guide agar perjalananmu lebih nyaman dan menyenangkan. 

Meskipun perjalanan bisa melelahkan, keindahan dan daya tarik pantai akan menjadi imbalan yang memuaskan.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Baca Juga: 8 Pantai Terdekat di Yogyakarta dengan Pemandangan yang Menakjubkan!

Daya Tarik dan Fakta Pantai Wediombo

Berikut ini daya tarik dan fakta Panati Wediambo, Yogyakarta.

1. Berendam di Laguna

Berendam di Laguna

Sumber: alodiatour.com

Pantai Wediombo merupakan bekas kawah Gunung Api Purba Batur. Batuan vulkanik yang tampak, membuat pembatas sehingga terbentuklah laguna. Kamu bisa berenang maupun sekadar berendam menikmati suasana dan angin sepoi-sepoi.

2. Berselancar

Berselancar di Pantai Wediamo

Sumber: Thomas Ashlock via Unsplash

Kamu bisa berselancar di Pantai Wediombo. Pantai ini juga menyediakan penyewaan papan selancar dan pemandu untuk membimbing kamu berselancar di pantai ini.

Bahkan, Pantai Wediombo pernah menjadi lokasi penyelenggaraan Jogja Surfing Competition pada tahun 2014!

3. Menikmati Matahari Terbenam

Menikmati Matahari Terbenam

Sumber: Atmakhati via travelingyuk.com

Di Pantai Wediombo, kamu juga bisa menikmati panorama matahari terbenam yang sangat indah. Kamu bisa mengajak orang terkasih untuk menyaksikan keindahannya. Sungguh romantis!

4. Berkemah

Berkemah

Sumber: Andrea Piacquadio via Pexels

Pantai Wediombo juga memiliki area berkemah. Kamu cukup mengeluarkan biaya sebesar Rp35.000 saja untuk menikmati fasilitas kemah di area bibir pantai.

Harga Tiket Pantai Wediombo

Harga Tiket Pantai Wediombo

Sumber: alodiatour.com

Biaya tiket masuk di Pantai Wediombo cukup terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Selain biaya tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya lain-lain jika menggunakan fasilitas yang tersedia.

Untuk tiket masuknya, per orang dikenakan biaya Rp5.000. Kemudian, untuk biaya parkirnya adalah sebagai berikut:

  • Sepeda motor: Rp5.000 (tidak menginap), Rp15.000 (jika menginap)
  • Mobil: Rp10.000 (tidak menginap), Rp25.000 (jika menginap)

Sementara itu, biaya yang perlu kamu keluarkan jika ingin menginap di area camping adalah Rp35.000. Untuk menyewa papan selancar beserta pemandu, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp100.000.

Jam Buka Pantai Wediombo

Kamu dapat mengunjungi Pantai Wediombo kapan saja karena kawasan ini buka setiap hari dari Senin–Minggu.

Selain itu, karena ada area camping di wilayah pantai ini, maka jam operasional pantai yang ditetapkan oleh pihak pengelola adalah 24 jam. Pengunjung diperbolehkan untuk berlalu-lalang atau keluar masuk kawasan pantai kapan pun.

Fasilitas Pantai Wediombo

Tempat wisata Pantai Wediombo juga menyediakan fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya. Adapun fasilitas di Pantai Wediombo adalah sebagai berikut:

  • tempat parkir untuk kendaraan roda dua dan roda empat
  • toilet dan kamar mandi
  • musala
  • warung-warung makan dengan berbagai macam pilihan

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Butuh Gunungkidul, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Hotel Murah Meriah di Yogyakarta? Bobobox Malioboro Jawabannya!

bobobox malioboro

Berlibur di Yogyakarta akan lebih seru kalau kamu bisa melakukan beragam kegiatan dan menjelajahi kota dengan maksimal. Agar bujet tidak jebol, kamu bisa menginap di Bobobox Malioboro yang terjangkau, aman, dan nyaman!

Dengan sistem kode QR yang canggih, kamu bisa check-in dan check-out lebih cepat. Lokasinya juga strategis dan dekat berbagai lokasi wisata serta kuliner, jadi kamu tidak perlu habis banyak untuk transportasi.

Yuk, pesan pod yang kamu mau dan rasakan pengalaman baru menginap di hotel kapsul!

 

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: Visiting Jogja

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles