Pantai Ungapan Malang

Daya Tarik Pantai Ungapan, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Malang menyimpan beragam keindahan alam. Tak ayal banyak turis yang memenuhi kota ini setiap tahunnya. Nah, kalau kamu sedang ada di Malang tapi tidak tahu mesti ke mana, coba singgah ke Pantai Ungapan saja!

Destinasi ini menjanjikan liburan seru untuk semua umur, pas banget untuk dieksplor bersama teman dan keluarga. Dari garis pantai yang terhampar indah hingga ombak yang gemuruh, setiap detik di sana akan memberimu kedamaian dan keindahan alam yang memukau.

Penasaran dengan keindahan Pantai Ungapan Malang? Yuk, langsung kita ulik selengkapnya di bawah ini!

Lokasi Pantai Ungapan Malang

Lokasi Pantai Ungapan Malang

Foto: Genta Mandiri via Gmaps

Pantai Ungapan terletak di pesisir selatan, tepatnya di sebelah Samudra Hindia. Secara administratif, pantai ini berada di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 64 kilometer atau 3 jam naik mobil dari Kota Malang.

Pantai Ungapan berdekatan dengan Pantai Bajulmati. Jika dilihat di peta, Pantai Ungapan sebenarnya terletak pada garis yang sama dengan Pantai Bajulmati. Namun, karena Bajulmati terlalu panjang, pantai tersebut akhirnya dibagi menjadi dua, yakni Ungapan dan Jelangkung.

Perlu diketahui, nama “Ungapan” sendiri berasal dari bahasa Jawa yang mengandung makna ‘muara sungai’ atau tempat pertemuan antara sungai dan laut. Tidak heran, pantai ini memiliki sebuah muara yang kerap dimanfaatkan wisatawan untuk berenang.

Baca juga: 6 Spot Snorkeling Malang yang Paling Indah

Daya Tarik Pantai Ungapan

1. Berenang di Muara

Sebelumnya, Bob sudah membahas soal turis yang memanfaatkan area muara di Ungapan sebagai kolam renang. Yup, karena airnya jernih dan sejuk, banyak orang yang berenang di sini dari pagi hingga sore.

Muara yang dibuka untuk umum bernama Sungai Panguluran yang berada di sisi timur. Selain airnya yang jernih dan menyegarkan, alirannya pun tenang dan dangkal, jadi kamu bisa bermain air sepuasnya tanpa khawatir hanyut.

2. Menjelajah Muara

Menjelajah Muara di Pantai Ungapan Malang

Foto: Defri Werdiono via Kompas

Selain berenang, kamu juga bisa menjelajahi area sekitar muara sungai yang memiliki panjang lebih dari 6 kilometer dan lebar 100 meter.

Supaya tidak terlalu lelah, kamu bisa menggunakan opsi berupa jetski yang disewakan pihak pengelola. Para nelayan juga menyewakan perahu sehingga kamu bisa menikmati pengalaman bersama teman tanpa lelah berkeliling.

Saat menyusuri sungai, kamu bisa melihat hewan-hewan kecil seperti ikan, burung, dan kepiting di sekitar muara. Selain bisa menjadi nilai plus di poin edukasi terutama bagi anak-anak, liburan pun menjadi seru, menyenangkan, dan bermakna.

3. Berkemah

Pantai Ungapan Malang dikenal sebagai area camping yang nyaman dengan lapangan rumput luas. Tempat ideal untuk mendirikan tenda adalah sepanjang sisir sungai.

Pengunjung biasanya datang bersama keluarga, teman, atau kerabat untuk menikmati indahnya lanskap di sekitar pantai, serta melakukan aktivitas menarik seperti memanggang ikan dan jagung di api unggun, berburu kayu bakar, dan menikmati langit malam berbintang.

Selain itu, saat pagi tiba, kamu akan disambut hangatnya mentari yang memberikan semangat untuk melanjutkan liburan di kemudian hari!

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Menikmati Senja

Daya tarik Pantai Ungapan lainnya adalah pemandangan matahari terbenam atau sunset yang amat indah. Ketika matahari mulai turun di ufuk barat, siap-siap untuk menyaksikan sinar jingga yang menghiasi langit Malang.

Momen ini cocok dimanfaatkan sebagai latar belakang foto, baik saat matahari terbenam atau ketika langit mulai menggelap dan dipenuhi bintang-bintang.

5. Kuliner

Penduduk di Pantai Ungapan tidak sebanyak di Pantai Bajulmati, jadi penjual makanan dan minumannya pun relatif lebih sedikit. Meskipun begitu, kamu tetap bisa memilih beragam kuliner lezat, seperti nasi campur, bakso, dan juga kelapa muda.

Setelah memesan, kamu bisa bersantap di warung-warung tersebut sambil menikmati pemandangan pantai.  

Harga Tiket Pantai Ungapan

Harga Tiket Pantai Ungapan

Foto: travelspromo.com

Tidak usah khawatir akan boros bujet liburan. Pasalnya, harga tiket masuk (HTM) Pantai Ungapan cukup murah. Belum lagi fasilitasnya yang bisa kamu nikmati secara gratis.

Berikut adalah HTM Pantai Ungapan:

  • Tiket masuk pantai: Rp10.000
  • Tiket parkir motor: Rp10.000
  • Tiket parkir mobil: Rp15.000

Namun, perlu diingat bahwa harga sewaktu-waktu bisa berubah, terutama ketika sedang liburan hari raya atau libur nasional.

Baca juga: Kangen Main di Pantai? Ini Dia 7 Pantai Tercantik di Malang yang Wajib Kamu Kunjungi!

Jam Buka Pantai Ungapan

Karena kawasannya yang sering dipakai sebagai camping ground, Pantai Ungapan bisa kamu jelajahi selama 24 jam. Namun begitu, Bob sarankan untuk datang lebih pagi ketika suasana pantai lebih sepi dan belum dipenuhi turis. 

Sementara itu, jam buka untuk kedai di sekitaran pantai terbatas. Kalau ragu apakah ada yang buka 24 jam atau tidak, alangkah baiknya kalau kamu jaga-jaga membawa bekal makanan, terutama kalau akan berkemah.

Fasilitas Pantai Ungapan

Melansir beberapa sumber, fasilitas Pantai Ungapan sudah cukup lengkap. Destinasi wisata ini sudah menyediakan toilet, musala, dan shower yang bisa dipakai dengan gratis. Sementara itu, untuk tenda dan tikar, kamu perlu merogoh kocek sebesar Rp30.000–50.000.

Bobopod Alun-Alun Malang Indonesia

Abis panas-panas main di pantai Malang, enaknya beristirahat di tempat yang nyaman dan sejuk, seperti Bobopod Alun-Alun Malang. Setiap podnya telah dilengkapi kasur empuk dan pendingin ruangan yang siap memanjakanmu selama masa inap.

Tunggu apalagi? Yuk, reservasi lewat aplikasi dan rasakan pengalaman tidur di pod futuristik!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: jelajahpantai.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles