Pantai Teluk Penyu Cilacap

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu Cilacap, Ini Rute dan HTM-nya

Pantai Teluk Penyu merupakan tempat wisata andalan yang ada di Cilacap, Jawa Tengah.

Ciri khas pantai ini adalah pemandangannya yang menghadap langsung ke Pulau Nusa Kambangan, lokasi Lembaga Pemasyarakatan dengan keamanan tingkat tinggi. Kamu juga akan menjumpai pemandangan kapal tanker dan kapal nelayan yang sedang berlabuh.

Selain dikenal dengan pemandangannya, Pantai Teluk Penyu Cilacap juga memiliki daya tarik lain yang akan menggodamu untuk berlibur ke pantai ini, lho.

Untuk informasi lebih lengkap terkait daya tarik Pantai Teluk Penyu, harga tiket masuk, serta fasilitas yang disediakan, Bob sudah merangkum segala hal yang perlu kamu ketahui tentang Pantai Teluk Penyu Cilacap. Yuk, simak!

Lokasi Pantai Teluk Penyu Cilacap

Lokasi Pantai Teluk Penyu Cilacap sangatlah strategis, yaitu hanya berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat Kota Cilacap. Waktu tempuh yang diperlukan pun sangat singkat, hanya sekitar 6 menit perjalanan dari pusat kota.

Pantai Teluk Penyu juga terletak dalam satu kawasan dengan Benteng Pendem yang merupakan tempat wisata populer di Cilacap. Pantai ini juga menjadi jalan utama untuk mencapai Pulau Nusa Kambangan.

Lokasi yang mudah diakses ini menjadikan kawasan Pantai Teluk Penyu salah satu destinasi wisata paling populer di Cilacap. Kamu bisa mencapai tempat ini menggunakan transportasi umum maupun kendaraan pribadi dengan mudah.

Baca Juga: Liburan Belum Lengkap Kalau Belum Beli 25 Oleh-Oleh Khas Jawa Tengah Ini

Daya Tarik Pantai Teluk Penyu

Berikut beberapa daya tarik Pantai Teluk Penyu Cilacap:

1. Benteng Pendem

Benteng Pendem

Foto: Visit Jawa Tengah

Benteng Pendem dibangun di masa pemerintahan Belanda pada abad ke-17, tepatnya tahun 1682. Benteng ini menghadap langsung ke Samudra Hindia dan berperan sebagai benteng pertahanan di pesisir selatan Jawa.

Awalnya, Benteng Pendem digunakan sebagai pusat perdagangan dan pertahanan. Benteng ini juga berfungsi sebagai tempat persinggahan kapal dagang Belanda yang berlayar di sekitar Samudra Hindia.

Saat ini, Benteng Pendem telah berubah fungsi menjadi objek wisata sejarah. Ketika berkunjung ke Pantai Teluk Penyu, kamu juga dapat menjelajahi bangunan bersejarah ini, melihat koleksi arca dan benda-benda bersejarah, serta menikmati pemandangan laut yang indah.

Bobocabin Bobobox

2. Panorama Pulau Nusa Kambangan

Panorama Pulau Nusa Kambangan

Foto: Abdul Aziz Rasjid via Merdeka.com

Kamu juga bisa menikmati panorama Pulau Nusa Kambangan dari Pantai Teluk Penyu. Pulau ini terkenal sebagai lokasi Lembaga Pemasyarakatan (LP) berkeamanan tinggi dan hanya dihuni oleh narapidana serta petugas LP Nusakambangan. 

Jika cuaca sedang bagus, kamu bisa menyewa kapal milik nelayan setempat dan pergi ke Pantai Pasir Putih yang ada di Pulau Nusa Kambangan. Tidak memerlukan waktu yang lama, hanya sekitar 15–20 menit saja untuk sampai di Pulau Nusa Kambangan.

3. Memancing

Memancing di Teluk Penyu Cilacap

Foto: peloporwiratama.co.id

Bagi kamu yang gemar memancing, kamu bisa memancing dari pantai, tepatnya di jembatan pemecah ombak. Bahkan, jika cuaca sedang bagus dan ombak tak terlalu besar, kamu juga bisa memancing langsung di tengah laut dengan menyewa kapal nelayan.

4. Permainan Olahraga Air

Permainan Olahraga Air

Foto: Oleksandr Brovko via Unsplash

Kamu juga bisa seru-seruan menikmati permainan olahraga air di Pantai Teluk Penyu, lho. Tersedia banana boat, donut boat, dan bahkan kamu bisa menyewa jet ski agar puas menjelajahi laut di sekitar Pantai Teluk Penyu Cilacap.

Baca Juga: Belum Sah Jadi Penggemar Kopi Kalau Belum ke Sini! Ini Dia 8 Lokasi Coffee Tasting Jawa Tengah

Harga Tiket Pantai Teluk Penyu

Harga Tiket Pantai Teluk Penyu

Foto: kmstour.com

Biaya tiket masuk di Pantai Teluk Penyu cukup terjangkau dan tidak akan menguras kantong. Selain biaya tiket masuk, pengunjung juga akan dikenakan biaya sewa parkir jika membawa kendaraan.

Untuk tiket masuknya, per orang dikenakan biaya Rp5.000. Kemudian, untuk biaya parkirnya adalah sebagai berikut:

  • Sepeda motor: Rp3.000 (tidak menginap), Rp15.000 (menginap)
  • Mobil: Rp5.000

Sangat ramah di kantong, bukan? Yuk, segera ajak keluarga berlibur di Pantai Teluk Penyu Cilacap!

Baca Juga: 

Jam Buka Pantai Teluk Penyu

Pantai Teluk Penyu Cilacap buka setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu dapat mengunjungi pantai ini kapan saja kamu mau. Namun, karena pencahayaan malam hari terbilang minim, pemandangan di pantai mungkin jadi kurang terlihat setelah matahari terbenam.

Walau begitu, ada banyak warung makan di sekitar Pantai Teluk Penyu yang buka hingga malam hari. Jika kamu berniat untuk berkunjung pada malam hari, kamu bisa menikmati hidangan laut yang segar dan lezat di warung-warung ini.

Fasilitas Pantai Teluk Penyu

Tempat wisata Pantai Teluk Penyu menyediakan fasilitas yang memadai untuk para pengunjungnya. Adapun fasilitas di Pantai Teluk Penyu Cilacap adalah sebagai berikut:

  • tempat parkir kendaraan 
  • kamar mandi dan toilet
  • musala
  • gazebo
  • permainan olahraga air
  • perahu wisata
  • lapangan voli
  • kios oleh-oleh

Baca Juga: 15 Jajanan Tradisional Jawa yang Lezat tapi Langka

Nikmati Sensasi Glamping Modern bersama Bobocabin!

Nikmati Sensasi Glamping Modern bersama Bobocabin

Jika kamu ingin mencoba sensasi liburan tenang dengan sentuhan modern, maka kamu tak boleh melewatkan sensasi glamping di Bobocabin!

Tersedia di berbagai penjuru Indonesia, Bobocabin menawarkan panorama hijau pegunungan hingga hutan yang memanjakan mata. Kenyamanan pun pasti terjamin dengan sentuhan futuristik teknologi Internet of Things seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu juga dapat menikmati fasilitas campfire dan BBQ untuk waktu yang lebih berkualitas bersama pasangan, keluarga, atau teman-temanmu. 

Unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: infocilacap.net

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles