Pantai Sepanjang

Daya Tarik Pantai Sepanjag, Ini Dia Rute dan Daya Tariknya!

Pantai Sepanjang merupakan salah satu pantai di Kabupaten Gunung Kidul yang sangat cocok untuk wisata keluarga atau liburan seru bersama teman. Sesuai namanya, pantai ini termasuk salah satu pantai dengan garis pantai terpanjang di antara pantai-pantai Gunung Kidul.

Namun, apa hanya sampai di situ saja daya tariknya? Tentu tidak. Yuk, simak lebih lanjut informasi seputar Pantai Sepanjang di bawah ini!

Lokasi Pantai Sepanjang Jogja

Lokasi Pantai Sepanjang Jogja

Sumber: senthir dyan via Google Maps

Pantai Sepanjang berlokasi di Jalan Sepanjang, Dusun Ngalos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DIY. Lokasi ini berdekatan dengan deretan pantai Gunung Kidul lainnya, termasuk Pantai Kukup, Drini, Watu Kodok, dan Sanglen.

Dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya adalah sekitar 60an km atau 1 jam 45 menit perjalanan. Kamu bisa mengambil rute Jalan Kusumanegara – Gedongkuning – Wonosari – Nasional III – Playen – Panggang Wonosari – Pantai Selatan Jawa – Paliyan Saptosari – Pantai Sepanjang.

Kamu juga bisa berangkat dari Alun-Alun Wonosari, dengan rute sebagai berikut:

  1. Ambil rute menuju Jalan Baron – Karangrejek – Mulo – Kemiri – Kemadang.
  2. Selanjutnya, kamu akan menjumpai tempat pemungutan retribusi (TPR) lalu pertigaan. Jika belok kiri, kamu akan menuju Pantai Kukup. Namun, jika lurus, kamu melanjutkan perjalanan ke Pantai Sepanjang.
  3. Selanjutnya, akan ada pertigaan lagi dan beloklah ke kanan menuju pantai.

Sebelum mencapai kawasan pantai, kamu akan menjumpai petunjuk arah menuju tempat wisata tersebut. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan kebingungan dan tersesat.

Selain itu, akses menuju pantai juga cukup mudah dan bisa dilalui motor, mobil, hingga bus. Namun, kamu tetap perlu berhati-hati karena ada beberapa titik yang berkelok dan tidak terlalu lebar.

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Butuh Gunung Kidul, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Daya Tarik Pantai Sepanjang

Sudah terkenal di kalangan wisatawan, berikut ini adalah daya tarik Pantai Sepanjang yang kerap membuat pengunjung jatuh cinta.

1. Bebas Melakukan Beragam Aktivitas

Bebas Melakukan Beragam Aktivitas

Sumber: Apace 47 via Google Maps

Karena garis pantainya panjang, pengunjung tentu lebih leluasa untuk beraktivitas. Kamu bisa berjemur, menyusuri area sepanjang pantai, bermain pasir, bermain layangan, atau mencari ikan kecil di pinggiran pantai.

Selain itu, kamu juga bisa menjadikan tempat ini lokasi gathering bersama rekan kantor. Panjangnya area pantai sudah pasti cocok banget untuk acara-acara fun games.

Jika sudah lelah, kamu bisa berteduh di bawah barisan pohon palem dan pandan atau deretan gubuk beratap daun kering yang tersedia di sana.

2. Laut yang Biru

Salah satu hal yang paling ditunggu-tunggu saat berlibur ke pantai adalah menyaksikan hamparan laut yang terpampang di depan mata.

Di Pantai Sepanjang, kamu akan berhadapan langsung dengan Samudra Hindia. Pantai ini akan memanjakanmu dengan birunya laut dan gulungan ombak besar, terutama saat sore tiba.

Birunya laut Pantai Sepanjang menandakan bahwa kondisinya masih asri dan belum banyak tercemar. Namun, karena ombaknya besar, kamu harus sangat berhati-hati saat beraktivitas di dekat air. Selalu dengarkan dan patuhi imbauan petugas pantai, ya!

Baca Juga: Sebenarnya, Apa Perbedaan Antara Glamping dengan Camping?

3. Biota Laut Saat Surut

Pantai Sepanjang memiliki hamparan batu karang landai yang berada di antara pasir pantai dan perairan lepas. Saat air surut, pemandangan hamparan batu karang yang tersembunyi di bawah air akan muncul ke permukaan.

Kamu bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk melihat biota-biota laut yang tertinggal: rumput laut, bintang laut, ikan-ikan kecil, kepiting, kerang, bulu babi, dan ubur-ubur di sela-sela karang.

Selain itu, kamu juga bisa puas bermain air hingga mandi di air laut dangkal saat air sedang surut. Namun, tetaplah berhati-hati, terutama dengan bulu babi dan ubur-ubur.

Sebagai informasi, bulu babi dan ubur-ubur terkenal bisa menimbulkan gatal dan perih pada kulit. Gunakan alas kaki yang tepat untuk menghindari kontak dengan kedua hewan tersebut.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Mengingatkan pada Pantai Kuta

Berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya, suasana di Pantai Sepanjang akan mengingatkanmu pada Pantai Kuta Bali.

Garis pantainya yang panjang memang akan membawamu bernostalgia tentang Kuta di masa lampau. Karena itu, jangan heran jika banyak wisatawan yang menjuluki pantai panjang Jogja ini sebagai Pantai Kuta Tempo Doeloe.

5. Menyediakan Spot Foto

Sebagai tempat wisata yang cukup populer, Pantai Sepanjang Jogja juga dihiasi sejumlah spot foto kekinian: bangku kayu, ayunan, lengkungan bunga, dan tulisan Pantai Sepanjang. Berlatarkan birunya laut dan hamparan pasir putih, hasil foto kamu dijamin sangat memuaskan.

Baca Juga: 5 Pantai Snorkeling Gunung Kidul dengan Pemandangan Paling Indah

6. Cocok untuk Voli Pantai

Cocok untuk Voli Pantai

Sumber: Kirana Azzahra via Google Maps

Karena garis pantainya panjang, tidak heran jika Pantai Sepanjang menjadi lokasi favorit untuk aktivitas olahraga, terutama voli pantai. Konturnya yang landai dengan pasir yang lembut akan membuat kaki nyaman bergerak ke sana kemari.

Bahkan, terdapat patung pemain voli yang menandakan bahwa Pantai Sepanjang adalah tempat favorit bagi para pemain voli. Tidak heran jika Pantai Sepanjang menjadi lokasi langganan untuk turnamen voli.

Jika kamu datang saat turnamen berlangsung, bersiaplah dengan keramaian yang akan menyambutmu!

Baca Juga: Daya Tarik Pantai Bantol, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

7. Pantai Bersih

Daya tarik lain dari Pantai Sepanjang adalah kondisinya yang bersih. Tanpa sampah yang berserakan di mana-mana, kamu tentu akan nyaman dan tidak risi selama berlibur di sini.

8. Suguhan Kuliner Laut yang Lezat

Di sepanjang pantai, kamu akan menjumpai banyak warung atau kedai makanan yang menjual aneka olahan seafood lezat. Kamu bisa membelinya untuk disantap di gubuk atau sambil duduk di pantai terbuka.

Selain itu, jangan lewatkan kesempatan untuk mencoba dan membawa pulang oleh-oleh khas Gunung Kidul, yaitu peyek udang yang terkenal gurih dan renyah.

9. Ada Penjual Suvenir

Pantai Sepanjang juga dipenuhi banyak lapak suvenir, yang bisa menjadi pilihan kalau kamu ingin membawa pulang buah tangan. Salah satu suvenir yang menarik adalah kerajinan berbahan kerang.

Penduduk setempat telah menyulap cangkang-cangkang kerang menjadi aneka hiasan, seperti orang-orangan, kereta kencana, jepitan, kerang lukis, dan hiasan menarik lainnya.

Selain itu, ada juga penjual sandal hingga baju. Selain bisa menjadi pilihan oleh-oleh, sandal dan baju juga bisa menjadi penyelamat saat kamu kelupaan membawa sandal dan baju ganti.

Baca Juga: 12 Oleh-Oleh Khas Gunung Kidul untuk Orang Tercinta di Rumah!

Harga Tiket Pantai Sepanjang

Harga Tiket Pantai Sepanjang

Sumber: Clara Hetty Primasari via Google Maps

 

Harga tiket Pantai Sepanjang cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 saja per orangnya.

Dengan membayar retribusi tersebut, kamu tak hanya bisa bermain di Pantai Sepanjang, tapi juga pantai-pantai lain di dekatnya. Ada Pantai Baron, Kukup, Watu Kodok, Nglolang, Jumpino, Pok Tunggal, Krakal dan lainnya. 

Sementara itu, parkir kendaraan dikenai biaya sebesar Rp3.000 untuk motor, Rp5.000 untuk mobil, dan Rp20.000 untuk bus.

Jam Buka Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang Jogja buka setiap hari selama 24 jam. Kamu tentu bebas datang kapan pun kamu mau. Meski populer, pantai satu ini biasanya akan ramai di akhir pekan atau saat hari libur tiba.

Di hari kerja atau hari biasa, banyak warung makanan yang tutup. Jika buka sekalipun, mereka biasanya hanya menjual minuman dan makanan instan seperti mi. Karena itu, sebaiknya bawa bekal sendiri jika kamu berkunjung di hari kerja.

Fasilitas Pantai Sepanjang

Agar pengunjung tetap nyaman selama berlibur di Pantai Panjang Jogja, pihak pengelola telah melengkapi area pantai dengan fasilitas yang cukup memadai:

    • tempat parkir
    • toilet (Rp2.000)
    • kamar mandi (Rp5.000)
    • musala
    • gubuk atau gazebo
    • kursi bambu
    • warung makan jajanan hingga seafood
    • penjual suvenir dan mainan
    • penginapan
    • jasa foto (Rp3.000–5.000 per foto atau Rp10.000 per empat foto, pintar-pintar menawar saja)
    • ruang pertemuan
    • Spot foto (Rp2.000)
    • camping ground

Hotel Strategis di Tengah Kota Jogja!

Hotel Strategis di Tengah Kota Jogja!

Setelah puas berwisata di kawasan Gunung Kidul, Bobobox Pods Malioboro bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah sebelum kembali pulang ke rumah.

Hotel kapsul ini menawarkan lokasi strategis di tengah Kota Yogyakarta, tepatnya di Jl. Malioboro No.39, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masalah kenyamanan tidak perlu diragukan lagi. Interior pod yang cukup luas dan kasur yang empuk pasti bikin kamu betah rebahan. Nggak hanya itu, Bobobox juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang seperti speaker Bluetooth, Wi-Fi, moodlamp, pantri, musala, dan communal space.

Yuk, unduh aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Syarif Ardi Nugroho via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles