pantai pailus

Pantai Pailus: Destinasi Wisata Alam Indah untuk Liburan

Sebagian orang mungkin lebih mengenal Jepara sebagai penghasil kerajinan ukir atau lokasi Taman Karimunjawa. Namun, Jepara tentu lebih dari itu.

Kabupaten di Jawa Tengah ini juga memiliki wisata budaya dan alam lainnya yang layak untuk dikunjungi. Salah satunya adalah Pantai Pailus.

Pantai ini memang masih terdengar asing, tapi bukan berarti tanpa pesona. Yuk, ketahui lebih lanjut lokasi, daya tarik, hingga fasilitas yang tersedia di Pantai Pailus Jepara!

Lokasi Pantai Pailus Jepara

Lokasi Pantai Pailus Jepara

Sumber: Tony A. M. via Google Maps

Pantai Pailus berlokasi di Desa Karanggondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Lokasi ini cukup dekat dengan Pantai Blebak dan berjarak sekitar 13,4 km (26 menit perjalanan) dari pusat Jepara.

Jika kamu berencana pergi ke Pantai Pailus, kamu bisa mengendarai sepeda motor maupun mobil sambil mengandalkan arahan dari Google Maps. Jalan menuju pantai sudah diaspal sehingga perjalanan pun terasa nyaman dan jauh dari kata tersiksa.

Di samping itu, akses menuju pantai Pailus juga telah dilengkapi dengan gapura dan penunjuk jalan sehingga para pengunjung tidak akan kebingungan.

Dari alun-alun Jepara, kamu bisa berkendara menyusuri Jalan Jepara-Bangsri. Setibanya di lampu merah pertigaan Mlonggo, belok kiri ke arah Jalan Mlonggo-Blondo sampai melewati gapura Pantai Blebak.

Mau menggunakan transportasi umum? Tidak masalah. Jika datang dari Semarang, kamu bisa menaiki bus jurusan Jepara lalu ganti bus ke arah Mlonggo. Dari sana, lanjutkan perjalanan naik ojek hingga ke Pantai Pailus.

Baca Juga: Pantai Butuh: Menyelami Keindahan Pantai di Jawa Tengah

Daya Tarik Pantai Pailus

Pantai Pailus Jawa Tengah termasuk pantai baru yang belum diketahui banyak orang karena baru diresmikan pemerintah setempat tahun 2020 lalu.

Meski begitu, Pantai Pailus layak banget menjadi salah satu pilihan destinasi wisata alam saat berlibur ke Jepara. Berikut ini adalah beberapa daya tariknya.

1. Pantai Perawan

Pantai Perawan

Sumber: Achmad Noer Cholis via Google Maps

Mengingat belum banyak yang tahu keberadaannya, tidak sedikit pengunjung menjuluki Pantai Pailus sebagai pantai perawan. Pantai satu ini memang terbilang tenang dan hening. Suasananya membuatmu seolah tengah berlibur di pantai pribadi. 

2. Garis Pantai yang Panjang

Pantai Pailus memiliki hamparan pasir putih lembut dengan garis pantai yang cukup panjang. Kamu bebas berjalan menyusuri pantai, berkejar-kejaran, melihat aneka kerang, hingga bermain ayunan di tengah tiupan angin pantai yang menerpa tubuh.

3. Laut yang Biru

Pantai Pailus memiliki air laut biru jernih yang membuat kamu bisa melihat ikan-ikan kecil di bawahnya dengan jelas. Namun, jangan menangkap ikan-ikan itu, ya. Cukup nikmati keindahannya melalui indra penglihatanmu.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Ombak yang Tenang

Bentuk Pantai Pailus Jepara menyerupai teluk sehingga ombak di bibir pantainya relatif kecil dan tenang. Pengunjung anak-anak hingga dewasa pun bebas bermain air di pesisir tanpa perlu takut diterjang ombak besar.

Jika kamu tidak bisa berenang atau khawatir akan keamanannya, kamu bisa memakai ban atau pelampung yang disewakan di sekitar pantai. Kamu juga bisa memanfaatkan ban itu untuk merasakan sensasi berjemur di atas permukaan air laut.

Pelampung tersebut tersedia dalam berbagai bentuk hewan yang menarik bagi anak kecil. Harga sewanya cukup terjangkau, yaitu Rp10.000 untuk yang kecil dan Rp20.000 untuk yang besar.

Baca Juga: Kenali Asal-Usul Baturraden, Tempat Berbagai Destinasi Wisata Hidden Gem Jawa Tengah!

5. Pepohonan dan Sawah

Di sepanjang Pantai Pailus, kamu akan mendapati banyak pohon waru dan jenis pohon lainnya yang siap menjadi peneduh saat cuaca mulai panas.

Tidak jauh dari pantai, kamu juga bisa menyaksikan pemandangan sawah hijau yang menyegarkan sekaligus menenangkan pikiran.

6. Sunset yang Indah

Sunset yang Indah

Sumber: Aaron Lisandrio via Google Maps

Wisata ke pantai tidak akan lengkap tanpa menikmati momen matahari terbenam, termasuk di Pailus. Di pantai satu ini, kamu bisa melihat langit yang berubah kuning kemerahan dan terpantul di atas permukaan air laut pantai.

Baca Juga: Melihat Indahnya Pantai Jambu di Banten

7. Ada Dermaga

Pantai Pailus juga memiliki dermaga tempat kapal nelayan bersandar sebelum atau sesudah melaut. Para nelayan biasanya akan bersantai pada siang hari lalu kembali melaut pada sore hari.

Hasil tangkapan mereka bisa kamu jumpai di tempat pengepulan yang tidak jauh dari pantai. Kamu pun berkesempatan untuk membeli hasil tangkapan para nelayan yang masih segar, baik untuk dimasak dan dimakan langsung atau dibawa pulang.  

Jika kamu tertarik menangkap sendiri ikan-ikan yang akan kamu makan atau bawa pulang, memancing bisa menjadi jalan ninjamu. Pantai satu ini memang terkenal sebagai salah satu tempat terbaik untuk memancing di Jepara.

8. Ada Rumah Warga

Di sekitar Pantai Pailus, terdapat banyak rumah warga yang hanya berjarak sekitar 10 meter dari bibir pantai. Warga yang tinggal di sana sebagian besar merupakan nelayan serta buruh pengrajin. Beberapa penduduk juga memiliki tambang bandeng yang tidak jauh dari bibir pantai.

Para warga pantai ini sangat ramah dan biasanya menyediakan aneka olahan seafood yang bisa kamu beli saat perut mulai keroncongan. Di samping itu, rumah warga juga kerap disewakan untuk penginapan para wisatawan.

9. Tempat Berkemah

Garis pantai yang panjang serta suasana yang tidak seramai pantai lain menjadikan Pantai Pailus tempat yang tepat untuk berkemah. Wisatawan biasanya akan mendirikan tenda di dekat pohon waru agar mereka bisa mengikat tali tenda pada pohon tersebut.

Jika kamu juga tertarik, jangan lupa mintalah izin terlebih dulu kepada warga setempat demi keamanan bersama. Selain itu, jangan lupa untuk membawa peralatan kemah sendiri sebab tidak ada penyewaan di sini.

10. Punya Spot Foto

Selain pemandangan yang indah, Pantai Pailus juga menyediakan beberapa spot Instagrammable untuk berfoto. Ada gazebo bertuliskan “Pantai Pailus”, kursi santai dari tali anyaman yang diletakkan di sekitar pohon, dan ayunan.

Baca Juga: Pantai Baros: Keindahan Pantai yang Memikat di Bantul

Harga Tiket Pantai Pailus

Harga Tiket Pantai Pailus

Sumber: rachmanto Ant via Google Maps

Pantai Pailus adalah tempat wisata yang dikelola oleh Bumdes. Sejauh ini, mereka memberlakukan tiket masuk per kendaraan, yaitu Rp5.000 untuk sepeda motor dan Rp10.000 untuk mobil.

Tiket masuk ini biasanya berlaku di hari libur. Jika kamu datang di hari kerja, kamu tidak perlu membayar biaya masuk.

Jam Buka Pantai Pailus

Wisata Pantai Pailus terbuka untuk umum selama 24 jam setiap hari. Karena terbilang baru, pantai biasanya tetap lengang meski kamu berkunjung di hari libur.

Perlu diingat, jika kamu datang saat musim hujan, kamu kemungkinan akan mendapati sampah berserakan di bibir pantai. Sampah tersebut biasanya terbawa arus oleh air laut lalu terdampar di bibir pantai. Meski begitu, jumlahnya tidak sebanyak di pantai wisata lainnya.

Selain itu, ombak di pantai juga akan sedikit lebih besar dan airnya cenderung kecokelatan saat musim penghujan tiba.

Fasilitas Pantai Pailus

Meski terbilang baru, Pantai Pailus Jawa Tengah telah dikelola dengan baik. Pantai satu ini pun telah dilengkapi dengan fasilitas yang cukup memadai, seperti:

  • area parkir
  • toilet dan kamar bilas
  • saung atau gazebo
  • penyewaan pelampung kecil dan besar
  • warung makan yang menjual camilan, minuman, dan makanan berat (terutama seafood)
  • tempat pengepulan ikan segar
  • penjual baju
  • tempat duduk
  • penyewaan perahu

Untuk wisatawan muslim, musala belum tersedia di kawasan pantai. Maka dari itu, kamu perlu mencari masjid di pedesaan terlebih dahulu untuk beribadah.

Hotel Strategis? Bobobox Jawabannya!

bobobox

Setelah puas berwisata, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah, terutama bagi kamu yang ingin menginap di tengah kota.

Lokasinya yang strategis akan memudahkanmu mengakses berbagai tempat penting, seperti stasiun, halte, atau tempat-tempat wisata hits di sekitarnya.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di kota-kota di Pulau Jawa, termasuk Tangerang, Bandung, Jakarta, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Aidah Musyaropah

Foto header: Muhammad Besar Rifai via Google Maps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles