IMG-6062

Pantai Ora: Permata Tersembunyi di Indonesia Timur

Pantai Ora merupakan salah satu dari sekian banyak tempat yang memiliki pesona keindahan bagai surga di Indonesia Timur. Pantai yang terletak di Pulau Seram, Maluku Tengah ini merupakan salah satu destinasi wisata andalan yang telah menyedot banyak wisatawan, baik dari dalam maupun luar negeri.

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Pantai yang digadang-gadang memiliki keindahan yang setara dengan pantai Bora-Bora ini juga merupakan salah satu pilihan favorit bagi pasangan pengantin baru yang ingin berbulan madu.

Penasaran, kan, dengan keindahan surga dunia milik Indonesia Timur ini? Yuk, langsung simak aja penjelasan Bob selanjutnya tentang Pantai Ora!

Lokasi Pantai Ora

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Pantai Ora terletak di ujung barat teluk Sawai, Pulau Seram, Maluku Tengah. Untuk mencapai lokasi pantai eksotis satu ini, kamu harus menempuh perjalanan udara menuju Kota Ambon terlebih dahulu.

Setelah sampai di Kota Ambon, perjalanan dilanjutkan dengan menaiki kapal ferry yang tersedia di Pelabuhan Hulnara. Kapal ferry tersebut kemudian akan membawamu menuju pelabuhan Amahai.

Setelah sampai di pelabuhan Amahai, destinasi selanjutnya yang mesti kamu tempuh untuk mencapai Pantai Ora adalah desa Saleman. Karena belum ada transportasi umum dari Amahai untuk menuju Desa Saleman, kamu bisa menyewa kendaraan dan menempuh jalur darat.

Sesampainya di pelabuhan Desa Saleman, perjuanganmu untuk mencapai Pantai Ora belum berakhir. Kamu masih harus menempuh perjalanan dengan menaiki perahu mesin kecil selama kurang lebih 15 menit.

Sebenarnya, kamu juga bisa mengambil jalur darat dari Desa Saleman menuju ke Pantai Ora. Hanya saja medannya lebih menantang, yakni harus berjalan kaki melewati tebing-tebing dan menyusuri pesisir teluk Sawai.

Meskipun cukup jauh dan butuh perjuangan, namun semua rasa lelahmu untuk bisa mencapai Pantai Ora akan terbayar dengan keindahan alam menakjubkan yang disuguhkan oleh pantai bak surga satu ini. Dan kabar baiknya lagi, kamu tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk bisa masuk ke Kawasan Pantai Ora.

Fasilitas Pantai Ora

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Meski letaknya jauh dan agak tersembunyi, namun kamu tidak perlu khawatir akan urusan akomodasi. Di Pantai Ora terdapat sebuah penginapan yaitu Ora Beach Resort yang sangat menawan.

Di sini, kamu bisa menikmati keindahan alam Pantai Ora dari penginapan berbentuk rumah panggung yang seolah mengapung di atas air. Terdapat delapan rumah panggung yang setiap bangunannya dihubungkan oleh jembatan kayu yang lebarnya cukup untuk dua orang. Biaya yang harus kamu keluarkan untuk dapat bermalam di resort ini adalah sebesar 1,5 juta per malam.

Selain menginap di Ora Beach Resort, kamu juga bisa mencoba menginap di rumah penduduk setempat. Tentu saja, selain bisa lebih mengenal budaya dan penduduk setempat, kamu juga bisa lebih menghemat biaya menginap.

Pesona Pantai Ora

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Pantai Ora merupakan pantai dengan karakteristik berpasir putih, air yang sangat jernih dan tenang tanpa ombak, serta beragam biota laut dan kekayaan terumbu karangnya. Selain itu, Pantai Ora juga menawarkan pemandangan sunrise, sunset, serta gugusan bintang yang semakin menambah keindahan panorama pantai satu ini.

Biota laut di perairan sekitar Pantai Ora pun masih sangat terjaga dengan baik. Kamu bisa melihat bermacam-macam terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang berenang bebas.

Terumbu karang yang berada di sekitar Pantai Ora umumnya merupakan terumbu karang dengan kontur landai, disebabkan lautnya yang dangkal. Bahkan, ketika air laut sedang surut, kamu bisa melihat hamparan terumbu karang tersebut tanpa harus menyelam.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi Mata Air Belanda (Dutch Springs) yang juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan. Mengapa dinamakan Mata Air Belanda? Karena menurut sejarahnya, orang Belanda-lah yang dulu menemukan sumber mata air di tepi pantai yang airnya dingin dan rasanya tawar ini.

Ngapain aja, ya, di Pantai Ora?

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Banyak sekali kegiatan seru yang bisa kamu lakukan selama berlibur di Pantai Ora. Dengan keindahan alam bawah lautnya yang eksotis, rasanya sayang banget kalau kamu melewatkan kegiatan snorkeling atau diving di laut dangkal pantai satu ini. Hanya dengan kedalaman 2 meter saja, kamu sudah bisa melihat terumbu karang dan ikan-ikan cantik yang ada di sini.

Bukan hanya keindahan pantai saja yang bisa kamu explore di sini, tapi kamu juga bisa menjelajahi kekayaan alam lainnya, seperti mengunjungi goa yang berada di sekitar kawasan Pantai Ora, menjelajahi Taman Nasional Manusela yang indah dan asri, atau pergi ke Mata Air Belanda yang menyegarkan.

Selain kawasan Pantai Ora, kamu juga bisa menjelajahi kawasan atau pulau-pulau di sekitar Pantai Ora, atau yang biasa disebut “Island Hopping” oleh para wisatawan. Kamu bisa mengitari pulau-pulau seperti Pulau Raja, Pulau Sawai, Pulau Tujuh, Pulau Kelelawar, Pulau Tengah, dan Pulau Sapalewa, yang semuanya bisa ditempuh hanya dalam 30 menit saja.

Selain menikmati keindahan alam, kamu juga bisa berburu kuliner tradisional, lho. Kamu bisa mencoba makanan pokok khas masyarakat Maluku yaitu mie sagu yang dipadukan dengan ikan kering. Beruntungnya, kamu juga bisa melihat secara langsung proses pembuatan sagu, sehingga membuat liburanmu di Pantai Ora makin berkesan.

Tips Menjelajahi Pantai Ora

Pantai Ora, Indonesia Timur

(Photo by: instagram.com/#pantaiora)

Ada beberapa tips yang bermanfaat agar acara liburanmu senantiasa lancar dan menyenangkan. Yang pertama, sebaiknya pesanlah tiket pesawat dan penginapan jauh-jauh hari. Ini bertujuan agar kamu bisa membeli tiket dengan harga yang lebih murah, atau mendapatkan promo dari agen travel-mu.

Selain itu, pastikan kalau kamu sudah tahu rute yang akan kamu tempuh untuk menuju Pantai Ora. Tentu saja ini akan memudahkanmu, dan kamu juga bisa memperkirakan dahulu berapa biaya yang diperlukan untuk transportasi. Jangan sampai kamu bingung pas sudah sampai di sana, ya.

Nah, tips yang terakhir adalah, bawalah semua hal yang kira-kira akan kamu butuhkan. Karena tempatnya yang sedikit agak tersembunyi, maka sepertinya akan sulit untuk mendapatkan bermacam fasilitas di pantai eksotis satu ini.

Contohnya, jika kamu ingin snorkeling atau diving, sebaiknya kamu membawa peralatannya sendiri dari rumah, atau setidaknya kamu bisa menyewanya di Ambon, karena di sini belum terdapat fasilitas yang menyediakan peralatan diving atau snorkeling.

Bobobox! Pilihan tepat untuk liburan kamu.

Cari penginapan yang keren dengan harga terjangkau untuk liburan kamu? Bosan dengan hotel yang gitu-gitu aja? Berarti ini saatnya kamu datang ke Bobobox! Hotel kapsul yang modern dan unik ini pasti bisa memberikan kamu pengalaman baru menginap di hotel.

Pod-nya yang unik dan nyaman pasti bikin kamu betah berlama-lama nginap di Bobobox. Selain itu, di dalam pod-nya juga terdapat lampu LED yang bisa disesuaikan dengan suasana hati kamu.

Untuk memesan kamar, kamu nggak usah khawatir bakal ribet, tinggal download aja aplikasinya. QR code yang ada di aplikasinya juga berfungsi sebagai kunci kamar lho. Keren, kan? Tunggu apa lagi? Ayo menginap di Bobobox! Happy Holiday!

hotel kapsul bobobo

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles