Pantai Marina Semarang

Daya Tarik Pantai Marina Semarang, Ini Rute dan HTM-nya

Semarang terkenal dengan berbagai tempat wisatanya. Mulai dari tempat rekreasi, wisata sejarah, wisata kuliner, dan wisata alam, semua bisa kamu temukan di sini. Nah, salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Marina Semarang.

Dalam ulasan kali ini, Bob akan membahas serba-serbi tentang Pantai Marina Semarang, mulai dari daya tarik, harga tiket, hingga jam operasionalnya. Bisa jadi referensi untuk destinasi liburanmu selanjutnya, nih!

Lokasi Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang terletak di Tawangsari, Kota Semarang, Jawa Tengah. Jika kamu berencana untuk berkunjung, pantai ini tepatnya berada di Jalan Yos Sudarso, kurang lebih 4 km dari Tugu Muda dan bersebelahan dengan Puri Maerokoco.

Cara Menuju Pantai Marina Semarang

Untuk menuju ke Pantai Marina Semarang, kamu bisa menggunakan beberapa rute berbeda tergantung pada lokasi asalmu. Berikut ini adalah beberapa rute yang bisa kamu pilih:

  • Jika kamu datang dari arah Kendal, Pekalongan, Batang, atau sekitarnya, kamu bisa menuju ke arah timur dan memasuki wilayah Bundaran Kalibanteng di dekat Museum Ranggawarsita. Sesampainya di Jalan RE Martadinata (arah ke Surabaya), begitu melewati SPBU, segera ambil jalur kiri. Kalau kamu sudah melewati PPRP, maka kamu sudah tiba di Pantai Marina Semarang.
  • Jika kamu datang dari arah Kudus, Pati, Demak, atau sekitarnya, kamu bisa menuju ke Semarang dengan mengambil jalan arteri dan menuju langsung ke Pantai Marina.
  • Jika kamu datang dari arah Solo, Jogja, atau sekitarnya, kamu bisa menuju ke Semarang dengan mengambil jalan tol dan keluar di exit Banyumanik. Setelah itu, ikuti jalan menuju Bandara Ahmad Yani. Jika ke bandara belok kiri, kamu ambil kanan, kemudian melewati Jalan Marina Raya.
  • Jika kamu menggunakan transportasi umum, kamu bisa naik bis dengan rute F1B yang lewat di dekat Pantai Marina Semarang.

Baca Juga: Pantai Maron Semarang: Keindahan Pantai di Tengah Kota

Daya Tarik Pantai Marina Semarang

Daya Tarik Pantai Marina Semarang

Foto: Airgun Jateng via Gmaps

Pantai Marina Semarang memiliki beberapa daya tarik yang membedakannya dengan pantai-pantai lainnya. Beberapa di antaranya adalah:

1. Naik Perahu Melihat Bakau

Tidak hanya pantainya yang indah, Pantai Marina Semarang juga memiliki daya tarik berupa hutan bakau. Bakau sendiri berguna untuk membantu melindungi pesisir pantai dari erosi dan gelombang besar.

Di Pantai Marina Semarang, kamu bisa menyewa perahu dan untuk berkeliling menikmati keindahan hutan bakau di sekitar pantai.

2. Berenang di Pantai

Berenang tentu sudah menjadi aktivitas utama ketika sedang berlibur ke pantai. Di Pantai Marina Semarang, kamu bisa berenang dan melakukan berbagai aktivitas air. 

Kamu tidak perlu takut dan khawatir ketika bermain air di sini karena ombaknya termasuk kecil. Namun, usahakan jangan bermain terlalu jauh karena area lautnya cukup dalam.

3. Memancing

Selain bermain di pantai dan menikmati pemandangan indah, Pantai Marina Semarang juga cocok untuk kamu yang hobi memancing. Jika lupa membawa atau tidak memiliki alat pancing, kamu bisa menyewanya di pantai ini.

4. Memberi Makan Rusa

Tidak hanya bermain di sekitar pantai, kamu juga bisa memberi makan rusa yang ada di kompleks pantai. Cocok jika kamu mengunjungi Pantai Marina dengan si kecil.

Rusa-rusa di pantai ini berada di dalam kandang rusa. Tidak perlu khawatir ketika memberi makan karena rusa-rusa ini jinak. Kamu bisa memberikan sayuran seperti wortel yang dijual di dekat area kandang rusa.

5. Bersantai Menikmati Sunset

Bersantai Menikmati Sunset di Pantai Marina

Foto: AllAboutJoe via Gmaps

Tahukah kamu bahwa Pantai Marina Semarang juga dikenal sebagai salah satu spot sunset terbaik di Semarang? Sembari menunggu matahari tenggelam, kamu juga bisa bersantai dan duduk-duduk dekat area pantai.

6. Berfoto dengan Pemandangan

Pantai memang menyuguhkan pemandangan alam yang indah, tidak terkecuali Pantai Marina Semarang. Kunjungan rasanya belum lengkap jika belum mengabadikan momen di pantai indah satu ini. 

Kamu bisa berfoto dengan pemandangan hutan bakau, pantai yang indah, hingga pemandangan sunset yang memukau.

Baca Juga: Menilik Sejarah Tugu Muda Semarang dan Peristiwa di Baliknya

Harga Tiket Pantai Marina Semarang

Jika kamu ingin berkunjung ke Pantai Marina Semarang, ada biaya tiket masuk yang harus dibayarkan. Wisatawan yang berlibur di Pantai Marina Semarang dikenakan biaya Rp5.000 saja, sudah termasuk parkir. 

Setelah membayar tiket, kamu bebas menikmati keindahan pantai. Namun, untuk beberapa peralatan penunjang aktivitas yang disewakan, kamu perlu membayarnya secara terpisah, ya!

Untuk memastikan keamanan kendaraan, pastikan terlebih dahulu bahwa kendaraanmu sudah aman dan terkunci.

Jam Buka Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang buka setiap hari, mulai dari pukul 05.00 hingga malam. Kamu bebas datang kapan saja dan menikmati keindahan dari pantai ini. Namun, ada beberapa aktivitas yang cocok dilakukan di jam-jam tertentu. 

Misalnya, jika kamu ingin berkeliling melihat hutan bakau naik perahu, kegiatan ini cocok dilakukan pada pagi hingga sore hari. 

Kamu juga bisa bersantai sambil melihat sunset sehingga kamu bisa datang pada sore hari menjelang malam.

Bobobox Maximum Comfort Banner

Fasilitas Pantai Marina Semarang

Pantai Marina Semarang memiliki sejumlah fasilitas pendukung yang bisa menunjang pengalaman liburanmu. Beberapa fasilitas yang bisa kamu temukan antara lain:

1. Musala

Bagi kamu yang beragama Islam, Pantai Marina Semarang menyediakan fasilitas musala yang telah dilengkapi tempat wudu yang memadai. Lokasi musala ini pun strategis, yaitu berada di kompleks pantai. 

2. Kamar Mandi

Beraktivitas di pantai tentu berpotensi membuat pakaian basah. Pantai Marina Semarang menyediakan fasilitas kamar mandi untuk kamu yang ingin membilas badan dan mandi. Kamu juga bisa menggunakan tempat ini untuk buang air jika diperlukan.

Kamu juga tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menggunakan fasilitas kamar mandi. Namun, kamu tetap harus menjaga kebersihan dan ketertiban tempat ini.

3. Kafe dan Warung Makan

Lapar dan haus tapi lupa membawa bekal? Jangan khawatir, Pantai Marina Semarang punya beberapa kafe dan warung makan yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa memesan makanan dan camilan untuk mengisi perut setelah seharian beraktivitas.

4. Penginapan

Kamu bisa menemukan berbagai penginapan dari yang sederhana hingga mewah di sekitar pantai. Atau, kalau kamu mampir ke pantai ini dari kota, kamu juga bisa memilih akomodasi seperti Bobopod Kota Lama.

5. Area Parkir

Terdapat area parkir di sekitar pantai yang bisa kamu manfaatkan. Namun, jangan tinggalkan barang-barang berharga di kendaraan, ya. Kehilangan bukan tanggung jawab pengelola.

Itulah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Pantai Marina Semarang. Semoga tempat ini bisa jadi rekomendasi bagi kamu yang sedang merencanakan atau akan berlibur ke Semarang, ya!

Baca Juga: Sejarah Sam Poo Kong yang Wajib Kamu Tahu!

Liburan ke Semarang? Nginap di Bobopod, Yuk!

Nginap di Bobopod, Yuk

Nginap di Bobopod, Yuk

Setelah asik bermain di pantai, jangan lupa juga mampir ke area Kota Lama untuk melihat bangunan-bangunan lawas yang indah. Urusan hotel, kamu bisa menginap di Bobopod Kota Lama!

Di Bobopod, kamu bisa menikmati istirahat berkualitas dengan fasilitas yang modern. Lokasinya juga sangat strategis sehingga kamu bisa mengarungi Semarang dengan mudah. Amankan podmu via aplikasi Bobobox, ya!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Nature Lover via Gmaps

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles