Pantai Madasari yang Memesona

Daya Tarik Pantai Madasari, Ini Dia Rute dan HTM-nya

Jika kamu sedang merencanakan liburan ke Pangandaran, jangan lupa untuk mengunjungi Pantai Madasari. 

Berada tersembunyi di Kabupaten Pangandaran, Pantai Madasari memiliki pesona alam yang indah, dengan pasir putih, air biru nan jernih, serta susunan karang yang mengagumkan.

Apa saja yang bisa dilakukan di pantai ini? Apa saja fasilitasnya? Tenang, dalam ulasan ini, Bob akan kupas tuntas serba-serbi Pantai Madasari yang harus kamu ketahui.

Lokasi Pantai Madasari

Pantai Madasari berlokasi di Jalan Pantai Wisata, Desa Masawah, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Provinsi Jawa Barat. 

Lokasinya mudah ditemukan karena berada di tepi jalan raya. Jika naik motor dari pusat kota Pangandaran, jaraknya sekitar 15 km atau bisa ditempuh dalam 30 sampai 45 menit.

Daya Tarik Pantai Madasari

Pantai Madasari terkenal akan pemandangannya yang indah serta pasirnya yang bersih dan halus. 

Uniknya, pantai ini memiliki susunan batu karang yang membentuk kumpulan pulau-pulau kecil. Kamu bisa menikmati pemandangan dan semilir ombak yang menenangkan di sini. Karena lokasinya indah, kamu juga bisa hunting foto sebagai kenang-kenangan

Berikut ini beberapa daya tarik Pantai Madasari yang bisa kamu nikmati:

1. Main di Bagian Muara

Jika kamu bepergian dengan keluarga dan anak-anak, maka tempat ini cocok untuk aktivitas bermain si kecil.

Meskipun Pantai Madasari memiliki ombak yang besar, anak-anak tetap bisa bermain air dengan tenang di bagian muara karena area ini tidak terkena ombak dan arus airnya tidak deras.

2. Berselancar di Pantai Singkil

Berselancar di Pantai Singkil

Foto: Alex Shutin via Unsplash

Jika kamu suka petualangan dan tantangan, tidak ada salahnya untuk coba berselancar Pantai Madasari. Pantai ini dikenal dengan ombaknya yang lumayan besar sehingga sering dimanfaatkan untuk berselancar.

Kalau kamu tidak membawa papan sendiri, tersedia jasa sewa papan selancar di sekitar pantai dengan harga kurang lebih Rp50.000-an per jamnya.

3. Nikmati Pemandangan di Pantai Cariu

Jika kamu ingin bersantai, kamu bisa duduk dan menikmati pemandangan di Pantai Cariu. Pantai ini memiliki gelombang yang lebih rendah sehingga sangat cocok sebagai spot bersantai. 

Pantai Cariu berada di sisi timur dari Pantai Madasari sehingga cocok untuk melihat matahari terbit. Selain itu, area Pantai Cariu juga suka dimanfaatkan warga sekitar untuk memancing. Tertarik mencobanya?

4. Rasakan Segarnya Deburan Ombak di Batu Karang Sebrotan

Seperti yang sudah diketahui, Pantai Madasari memiliki susunan batu karang, seperti Batu Sebrotan. Di sini, kamu bisa menikmati deburan ombak yang menghantam karang. Tidak hanya itu, kamu juga bisa berfoto-foto sambil bermain di sekitar karang.

Bobocabin Bobobox

5. Berkemah di Sekitar Karang Seugeuh

Tidak hanya bermain di air, kamu juga bisa berkemah di kompleks Pantai Madasari. Salah satu tempat yang sering digunakan sebagai tempat berkemah adalah dekat batu karang Seugeuh. Jika ingin, kamu juga bisa menyewa tenda mulai dari Rp125.000-an untuk 4–5 orang.

Selain itu, terdapat juga fasilitas umum seperti toilet, warung, dan musala dekat area ini. Jadi, kamu tidak perlu jauh-jauh untuk mencari makanan atau ke kamar kecil.

Baca Juga: 10 Tips Camping di Pantai Madasari yang Indah

Spot Foto Pantai Madasari

Spot Foto Pantai Madasari

Foto: Firman Fatthul via Unsplash

Jalan-jalan ke Pantai Madasari tentu belum lengkap tanpa foto-foto. Pantai ini memiliki beberapa spot foto dengan pemandangan yang menarik. Beberapa di antaranya adalah:

1. Blok Singkil

Salah satu spot foto di Pantai Madasari yang terkenal adalah dekat batu karang Singkil. Area ini banyak dikunjungi wisatawan dan digunakan sebagai tempat berselancar. Kamu bisa berfoto dengan suasana Pantai Madasari yang bersih dan indah sambil melihat biota lautnya.

2. Blok Karang Seugeuh

Spot foto satu ini juga sering dijadikan tempat foto pranikah. Lokasinya sangat indah karena memiliki susunan lima batu karang, yaitu Batu Karang Sodong Gede, Batu Karang Gedogan, Batu Karang Seugeuh, Batu Karang Gundul, dan Batu Karang Leuit.

3. Area Perkemahan

Jika kamu berencana untuk berkemah di Pantai Madasari, blok perkemahan juga bisa jadi spot foto yang bagus. Pada malam hari, jika cuaca cerah, kamu bisa melihat bulan yang terang dan foto dengan cahaya alami.

Jika kamu beruntung, kamu bahkan dapat melihat fenomena alam supermoon yang terjadi setiap bulan pada tanggal 11 hingga 18, lho!

4. Sebrotan

Spot foto menarik lainnya adalah di Sebrotan. Di area ini, kamu bisa menikmati sunrise sambil berfoto, atau mengabadikan momen sedang memancing di area ini.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa melihat nelayan yang akan pergi atau pulang dari melaut, dan berbelanja serta menikmati hasil tangkapan lautnya.

5. Blok Muara

Jika kamu suka berfoto-foto di suasana yang tenang, kamu bisa berkunjung ke Blok Muara. Ini memang tempat yang populer untuk berfoto-foto karena pemandangannya indah, airnya dangkal, dan suasananya tenang.

Baca juga: Nikmati Pesona Pangandaran Lewat 7 Tempat Ini!

Harga Tiket Pantai Madasari

Foto: Firman Fatthul via Unsplash

Untuk masuk ke Pantai Madasari, kamu harus membayar tiket masuk sebesar: 

  • Pejalan kaki : Rp2.500
  • Sepeda motor : Rp7.000
  • Jeep, sepeda, kijang : Rp19.000
  • Bus kecil : Rp36.000
  • Bus sedang : Rp68.000
  • Bus besar : Rp83.500

Perlu diingat bahwa harga tersebut bisa berubah sewaktu-waktu.

Selain itu, jika kamu ingin menyewa berbagai peralatan renang seperti papan selancar, terdapat juga penyedia jasa di sekitar kompleks pantai ini.

Jam Buka Pantai Madasari

Kabar baiknya, Pantai Madasari beroperasi setiap hari selama 24 jam. Jadi, kamu bebas untuk datang kapan saja dan menikmati keindahan pantai ini. 

Namun, jika kamu ingin melihat fenomena sunrise atau sunset, kamu bisa datang pada saat subuh atau sore, ya!

Fasilitas Pantai Madasari

Meskipun tidak terlalu banyak, Pantai Madasari punya sejumlah fasilitas penunjang yang bisa kamu temukan. Beberapa di antaranya adalah:

1. Toilet dan Kamar Mandi

Kamu bisa menemukan toilet dan kamar mandi di sekitar Pantai Madasari. Setelah kamu berenang, bermain, atau beraktivitas di pantai, kamu bisa membilas tubuh di sini

2. Warung dan Kios

Kamu bisa menemukan kios-kios dan warung-warung di sekitar area perkemahan. Di sini, kamu bisa membeli berbagai macam makanan kecil, mi instan, air mineral, dan lain sebagainya.

3. Tempat Parkir

Pantai Madasari juga menyediakan tempat parkir untuk kamu yang datang dengan kendaraan. Setelah parkir, baru kamu harus berjalan sedikit untuk mencapai area pantai. Area parkir ini cukup luas karena mencakup area untuk mobil, motor, dan bus wisata.

Itulah beberapa informasi yang perlu kamu ketahui seputar Pantai Madasari. Menarik sekali, bukan? Semoga ulasan ini bisa menjadi referensimu ketika akan berkunjung ke Pangandaran, ya!

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Pangandaran dan Madasari yang Paling Lezat

Ingin Bermalam di Pantai Madasari? Bobocabin Jawabannya!

Bermalam di Pantai Madasari dengan Bobocabin

Menghabiskan waktu di Pantai Madasari memang sangat menyenangkan. Nah, jika kamu ingin tidur dengan jarak selemparan batu dari pantai spektakuler ini, kamu bisa menginap di Bobocabin Madasari.

Dijamin, kamu bisa beristirahat dengan nyaman sebelum pergi dan sesudah bermain di Pantai Madasari. Agar tidak kehabisan tempat, segera booking kamarmu via aplikasi Bobobox, ya!

 

Penulis: Bryan Dharmanta

Foto header: Firman Fatthul via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles