Pantai Jambu di Banten

Daya Tarik Pantai Jambu, Ini Dia Rute dan HTM-nya!

Pantai Jambu Banten termasuk pantai landai alias datar. Pasir putihnya lembut dan riak ombak tidak begitu besar. Posisinya menjorok ke darat sehingga ada banyak area dangkal yang aman untuk bermain pasir dan air tanpa takut tersapu ombak. 

Selain itu, kamu juga tidak akan menjumpai batuan karang yang tercecer di bibir pantai. Dengan begitu, pandangan ke laut tidak terhalang.

Baca Juga: Seram! 8 Pantai Angker di Indonesia Ini Punya Sejarah Mistis Lho!

Daya Tarik Pantai Jambu

Apa sajakah daya tarik Pantai Jambu yang membuat banyak orang datang ke sana? Berikut adalah enam di antaranya.

1. Lebih Tenang

Daya Tarik Pulau Jambu

Sumber: Chandra Adypranata via Google Maps

Pantai Jambu bisa menjadi pilihan wisata pantai Banten terutama bagi kamu yang mencari suasana lebih tenang. Pantai satu ini memang tidak sebising dan seramai pantai-pantai Anyer lainnya. Kamu pun bisa lebih bebas beraktivitas di sekitar pantai.

2. Bisa Berenang

Ombak di Pantai Jambu Anyer terbilang bersahabat karena lokasinya cukup dekat Selat Sunda. Akibatnya, area pinggiran pantai bisa dimanfaatkan untuk bermain air dan berenang. Karena cukup aman, kamu pun bisa membawa serta anak-anak untuk bermain di sana.

Namun, jangan lupa untuk tetap waspada, berada di batas aman, dan terus awasi anak-anak. Bila perlu, kamu bisa menyewa ban atau pelampung agar anak-anak tetap aman saat bermain air.

Jika sudah puas berenang, kamu bisa beristirahat atau melakukan kegiatan lain, seperti berjemur, bermain pasir, hingga bermain bola atau voli pantai.

Jika sudah bosan, kamu bisa mengajak anak-anak bermain di ayunan atau gawang kecil yang tersedia di sana. Kedua hal ini pun bisa kamu jadikan latar berfoto-foto.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Panorama Indah

Daya Tarik Pulau Jambu dengan Panorama yang Indah

Sumber: farian rinaldi via Google Maps

Pantai Jambu menyuguhkan hamparan air laut jernih dengan warna hijau kebiruan yang memanjakan mata. Pasir putihnya lembut dan akan membuatmu nyaman saat menyusuri pantai seraya mengabadikan keindahan di sekitarnya.

Pantai satu ini juga memiliki bentuk melengkung yang menjorok ke darat. Selain tampak unik, hal ini turut menjadikan area bibir pantai cukup aman untuk dipakai bermain dengan anak-anak.

Di samping itu, pemandangan akan semakin indah jika kamu menyempatkan diri melihat matahari kembali ke peraduannya. Saat matahari terbenam, pendar-pendar jingga akan menyelimuti langit dan bahkan terpantul pada bibir pantai yang basah.

Keindahan satu ini tentu sangat sayang kalau dilewatkan bukan?

4. Ada Saung

Jika sudah lelah dan tidak ingin kepanasan, kamu bisa memanfaatkan saung-saung bambu yang berjejer rapi di sepanjang tepian Pantai Jambu. Kamu bisa sekadar duduk santai atau menyantap bekal saat mulai keroncongan.

Jangan khawatir jika kamu lupa membawa bekal—Pantai Jambu memiliki banyak warung dan tempat makan yang siap memenuhi kebutuhan perutmu. Menunya cukup beragam, mulai dari seafood hingga nasi uduk. Sebagai pelengkap, kamu bisa memesan air kelapa muda untuk menghilangkan dahaga.

Selain untuk beristirahat, saung-saung ini memberi sentuhan pedesaan yang membuat suasana pantai makin asri. Namun, hati-hatilah saat sedang pasang sekitar pukul 15.00, sebab airnya cukup mendekati saung.

5. Spot untuk Surfing

Spot Surfing di Pulau Jambu Banten

Sumber: Jambu Wave via Google Maps

Selain menjadi tempat liburan favorit keluarga, Pantai Jambu juga terkenal sebagai spot untuk surfing. Ombak dan anginnya memang tidak terlalu besar, tapi cukup bagus untuk olahraga air tersebut, baik bagi pemula maupun yang sudah kawakan.

Namun, surfer pemula sebaiknya ditemani dengan instruktur sebab ada beberapa bagian pantai yang terbilang dalam. Jangan khawatir jika tidak membawa papan surfing sebab pantai ini memiliki jasa penyewaan surfboard.

Baca Juga: Siap Menantang Ombak? Kunjungi Pantai Terbaik untuk Surfing Berikut Ini!

Rute Lokasi dan Alamat Pantai Jambu

Lokasi dan Alamat Pulau Jambu

Sumber: Muhamad Naupal via Google Maps

1. Alamat

Pantai Jambu Anyer berlokasi di Desa Bulakan, Kecamatan Cinangka, Kabupaten Serang, Provinsi Banten. Jaraknya hanya 2–2,5 jam saja dari Jakarta. Dari pantai-pantai Anyer lainnya, jarak pantai hanya sekitar 15–20 menitan.

Pantainya sendiri berlokasi di sebelah kanan. Kamu bisa mengenalinya dari ciri khasnya yang berbentuk menjorok dan dua ayunan kayu yang terlihat cukup jelas dari jalan raya.

2. Rute

Jika tertarik datang ke Pantai Jambu Banten, kamu bisa mengambil beberapa rute. Pertama, kamu bisa melewati jalur dari pintu keluar tol Cilegon timur menuju Ciwandan. Lanjutkan perjalanan menuju Pasar Anyer hingga sampai di kawasan Anyer lalu menuju Pantai Jambu di Desa Bulakan.

Alternatif lain yang bisa kamu coba adalah via tol Serang Timur lalu keluar menuju kota Serang. Lanjutkan perjalanan melewati Jalan Sudirman, Jalan Ahmad Yani, Alun-Alun Kota Serang, Jalan Mayor Safei, Taktakan, Gunungsari, Mancak, dan Pasar Anyer. Dari sana, lajukan kendaraan ke Pantai Jambu.

Kamu juga bisa menggunakan jalur Palima dari Ciomas ke Cinangka dengan melewati Pasar Teneng dan Padarincang. Setelah itu, ikutilah jalan menuju Pantai Jambu.

Jika ingin memanfaatkan kendaraan umum, kamu bisa naik bus dan turun di terminal PCI. Lalu, lanjutkan perjalanan dengan angkot ungu menuju simpang tiga Cilegon. Setelah itu, naiklah angkot silver yang menuju Pantai Anyer.

Jika menggunakan kereta dari Jakarta, kamu bisa naik dari Tanah Abang menuju stasiun Krenceng. Setelah itu, sambung dengan menaiki angkot silver.

Baca Juga: Baru Pertama Kali Piknik ke Pantai? Ini Dia Tips Bekal Piknik di Pantai!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Jambu

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Pantai Jambu

Sumber: izet channel via Google Maps

1. Harga Tiket

Tidak ada tiket masuk untuk memasuki kawasan Pantai Jambu, tapi kamu harus membayar uang parkir jika sebesar Rp35.000 per motor dan Rp50.000–Rp75.000 per mobil.

Jika kamu suka bernegosiasi, kamu bisa coba menawar untuk menurunkan biaya parkir tersebut. Setelah membayar, kamu bisa membawa kendaraan untuk parkir di saung yang ingin kamu sewa.

Dengan adanya biaya parkir, Pantai Jambu sudah tentu menyediakan tempat parkir luas untuk mengakomodasi kendaraan wisatawan yang datang berkunjung.

Selain tempat parkir, Pantai Jambu juga dilengkapi dengan:

  • toilet (Rp3.000)
  • ruang ganti (Rp3.000)
  • musala (Rp2.000 untuk wudu)
  • sewa saung (Rp50.000–Rp70.000)
  • ayunan
  • warung makan
  • penyewaan papan selancar (Rp15.000–Rp25.000)
  • penyewaan ban/pelampung
  • wahana kapal, banana boat, jet- ski, ATV
  • toko oleh-oleh

2. Jam Operasional

Pantai Jambu buka 24 jam. Namun, sebaiknya kamu datang antara pagi hingga sore.

Saat liburan tiba, pantai satu ini tidak akan seramai pantai Anyer lainnya. Karena itu, Pantai Jambu bisa menjadi pilihan jika kamu tidak ingin berdesakan dengan banyak pengunjung.

Hotel Strategis? Bobobox Jawabannya!

Bobobox Hotel Strategis

Setelah puas berwisata, Bobobox bisa menjadi pilihan sempurna untuk melepas lelah, terutama bagi kamu yang ingin menginap di tengah kota.

Karena lokasinya strategis, kamu bisa mengakses berbagai tempat dengan mudah, seperti stasiun, halte, atau tempat-tempat wisata menarik.

Hotel kapsul ini bisa kamu jumpai di sejumlah kota di Pulau Jawa, termasuk Bandung, Jakarta, Bekasi, Semarang, Solo, Yogyakarta, dan Malang. Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles