pancuran telu baturraden

Liburan ke Pancuran Telu Baturaden, Berendam di Sumber Mata Air Berkhasiat

Menjelajahi wisata Baturraden memang tak ada habisnya. Ada begitu banyak destinasi wisata yang membuatmu terpesona lagi dan lagi. Salah satunya adalah Pancuran Telu Baturaden Purwokerto, sebuah sumber mata air panas yang dipercaya berkhasiat untuk kesehatan tubuh.

Karena letaknya yang terpencil di rimbunnya hutan di kaki Gunung Slamet, keindahan Pancuran Telu masih sangat terjaga. Apalagi, ada banyak cerita bersejarah yang terkait dengan wisata air Purwokerto ini.

Asal Usul Pancuran Telu

Pancuran Telu ternyata punya sejarah panjang. Mata air yang bersumber langsung dari Gunung Slamet ini dipercaya sebagai tempat petilasan Syekh Maulana Maghribi atau Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Beliau adalah penyebar agama Islam pertama di Pulau Jawa. Syekh Maulana Malik Ibrahim pertama kali tiba di Jawa melalui Gresik, Jawa Timur.

Konon katanya, beliau sempat datang ke area sekitar Pancuran Telu setelah melihat adanya pancaran cahaya dari langit yang jatuh ke lereng Gunung Slamet.

Makanya, hingga kini banyak wisatawan yang memang sengaja datang ke Pancuran Telu untuk napak tilas keberadaan Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Baca Juga: Lokawisata Baturraden: Tiket, Jenis Wisata, dan Beragam Aktivitas Serunya

Cara Menuju ke Pancuran Telu

Pancuran Telu terletak di dalam area lokawisata Baturraden. Untuk sampai ke sana, kamu bisa mengendarai kendaraan pribadi. 

Setelah masuk ke area Baturraden, kamu harus berjalan kaki sampai ke ujung area dan melewati Curug Gumawang. Lanjutkan dengan menyusuri jalan setapak yang diapit oleh tebing di sisi kiri dan jurang di sisi kanan. Jaraknya hanya sekitar 500 meter dari pintu masuk.

Nantinya, kamu akan menemukan tanda “Selamat Datang di Pancuran 3”. Di sana juga terdapat telapak tangan yang dipahat di atas batu hitam di dekat Pancuran Telu Baturaden Purwokerto. Konon katanya, itu adalah tempat keramat Panembahan Tapak Angin atau Mbah Tapak Angin.

Pancuran Telu bisa dicapai dalam waktu 10 menit saja dari Bobocabin Baturaden, Purwokerto. Cukup dekat, kan?

Baca Juga: Menginap di Bobocabin Baturraden? Saatnya Cobain 7 Aktivitas-Aktivitas Seru Ini!

Daya Tarik Pancuran Telu

Tertarik menjelajahinya? Berikut beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan di Pancuran Telu Baturaden Purwokerto:

Udara segar

Area sekitar Pancuran Telu masih sangat asri, tempatnya dikelilingi pepohonan rindang sehingga udaranya sangat segar. Tempat wisata Baturaden juga terletak di ketinggian sekitar 640 mdpl yang membuat udaranya cukup sejuk.

Tiga pancuran air panas

Seperti namanya, ada tiga pancuran air panas dengan suhu berbeda di sana. Pancuran pertama memiliki suhu paling rendah, sekitar 35 derajat celcius. Pancuran kedua memiliki suhu sekitar 45 derajat celcius, dan pancuran ketiga memiliki suhu sekitar 55 derajat celcius.

Air berkhasiat

Sumber mata air panas ini dipercaya berkhasiat bisa mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit, rematik, dan lainnya berkat kandungan belerang alaminya. Selain itu, ada juga yang percaya bahwa air panas belerang tersebut bisa membantu melembabkan kulit dan meredakan stres, lho.

Jika ingin mencobanya, jangan berendam lebih dari 10 menit, ya.

Pijat tradisional

Biar relaksasinya lebih terasa, kamu juga bisa melakukan pijat tradisional yang disediakan oleh warga sekitar. Harganya mulai dari Rp10.000 saja.

Air terjun berair dingin

Di Pancuran Telu ada juga air terjun yang mengalirkan air dingin asli dari mata air Gunung Slamet. Air terjunnya mengalirkan air dingin ke arah kolam air panas. Buat yang enggak kuat dengan panasnya air kolam, maka bisa berendam di area yang lebih dekat dengan air terjun mini tersebut karena airnya lebih hangat.

Fasilitas lengkap

Jangan takut merasa enggak nyaman liburan ke destinasi alam, karena Pancuran Telu sudah memiliki berbagai fasilitas yang cukup lengkap. Di antaranya ada tempat bilas, toilet, parkir kendaraan, warung makanan, dan spot foto Instagramable.

Trekking ke Pancuran Pitu

Tak jauh dari Pancuran Telu, ada lagi sumber mata air panas yang enggak kalah menarik. Namanya Pancuran Pitu alias Pancuran Tujuh yang memiliki 7 pancuran. Ada jalur trekking sepanjang 2,5 km yang bisa kamu coba untuk mencapai Pancuran Pitu.

Di belakang air terjun Pancuran Telu, ada jalur menanjak yang akan mengantar kamu ke Pancuran Pitu. Jalannya terbuat dari bebatuan sehingga cukup licin. Jalurnya juga membelah hutan dan ada menanjak serta menurun, cukup melelahkan. Pastikan untuk mengenakan sepatu yang nyaman, ya.

Gua Maria

Tak jauh dari Pancuran Telu juga terdapat Gua Maria yang menjadi tempat ziarah umat Katolik. Banyak juga wisatawan yang sekalian mengunjungi kedua tempat tersebut.

Baca Juga: Mengenal Telaga Sunyi: Danau Biru yang Menawan, Bisa Selfie Underwater Lho!

Harga Tiket Masuk Pancuran Telu

Harga tiket masuk Pancuran Telu adalah Rp20.000 di weekdays dan Rp25.000 di weekend, sudah termasuk semua objek wisata yang ada di Lokawisata Baturraden. 

Tempat wisata Baturraden terletak di Jl. Raya Baturaden No.174, Dusun I Karangmangu, Karangmangu, Kec. Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah dan buka setiap hari pukul 07.00 – 17.00 WIB.

Tips Liburan ke Pancuran Telu

Biar liburan makin menyenangkan, kamu bisa juga menyimak tips berkunjung ke Pancuran Telu Purwokerto berikut ini:

  • Bawa baju ganti dan perlengkapan bilas.
  • Gunakan pakaian dan sepatu yang nyaman untuk trekking.
  • Jaga barang bawaan, jangan meninggalkannya tanpa dijaga ketika kamu sedang asyik berendam.
  • Taati peraturan yang ditetapkan pihak pengelola.
  • Siapkan uang tunai lebih untuk berjaga-jaga jika ingin jajan atau ada kebutuhan lain.
  • Coba pijat refleksi dengan belerang dari warga sekitar.
  • Datang di pagi hari agar suasana lebih tenang. Udara pun masih dingin yang cocok untuk berendam.

Baca Juga: Ingin Menjelajahi Hidden Gem di Baturraden? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!

Bobocabin Baturaden untuk Liburan yang Istimewa

Bobocabin Baturraden Purwokerto

Photo: Bobobox Internal Asset

Setelah hari yang penuh petualangan di Pancuran Telu, berendam di sumber mata air berkhasiat di kaki Gunung Slamet, apa yang lebih sempurna dari beristirahat di akomodasi yang menawarkan kenyamanan dan ketenangan? Cuma Bobocabin Baturaden, Purwokerto jawabannya.

Terletak hanya beberapa menit dari keajaiban alam Pancuran Telu, Bobocabin Baturaden menyediakan glamping nyaman dengan fasilitas berteknologi tinggi, memastikan pengalaman menginap tidak hanya menyenangkan tapi juga tak terlupakan.

Bobocabin Baturraden Purwokerto

Photo: Bobobox Internal Asset

Dengan pemandangan alam yang menakjubkan dan udara segar pegunungan yang menyegarkan, Bobocabin Baturaden menjanjikan pengalaman glamping yang autentik.

Nikmati malam yang tenang di bawah taburan bintang, atau bangun dengan semangat bersama terbitnya matahari yang keindahannya bisa kamu lihat dari Smart Window besar dalam kabin. 

Berbagai fasilitas lengkap berteknologi tinggi pun bisa kamu dapatkan dalam kabin. Di antaranya adalah kasur besar dan nyaman, WiFi, ketel air, AC, private bathroom, dan sarapan. Tersedia pula beberapa paket aktivitas seperti Offroad Trip dan Paintball Package.

Bobocabin Baturraden Purwokerto

Photo: Bobobox Internal Asset

Semua ini bisa kamu dapatkan dengan mudah melalui aplikasi Bobobox. Download aplikasi Bobobox sekarang untuk melakukan reservasi dan manfaatkan promo-promo menariknya. 

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan liburan ke Pancuran Telu Baturaden lebih sempurna dengan menginap di Bobocabin Baturaden. Reservasi mudah, pengalaman tak terlupakan, hanya dengan satu sentuhan di aplikasi Bobobox!

 

Penulis: Syifa

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles