Telaga Sunyi

Mengenal Telaga Sunyi: Danau Biru yang Menawan, Bisa Selfie Underwater Lho!

Telaga Sunyi adalah destinasi wisata murah meriah yang sedang naik daun di Purwokerto. Sesuai namanya, danau yang satu ini memiliki suasana sunyi yang cocok untuk relaksasi.

Yuk, kenali danau indah yang menenangkan ini! Dijamin, kamu tidak akan mau melewatkan kesempatan mengunjungi Telaga Sunyi ini.

Mengenal Telaga Sunyi

Telaga Sunyi

Sumber: Gendys Collections via Google Maps

Meski dikenal sebagai destinasi wajib di Purwokerto, danau yang satu ini sebenarnya terletak di Desa Limpakuwus, Kecamatan Sumbang, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah.

Namun, lokasi telaga sunyi ini memang berada di dalam kawasan Kebun Raya Baturraden. Jaraknya kurang lebih 3 kilometer dari gerbang utama dan dapat ditempuh dalam waktu 15 menit saja.

Baca Juga: Selain Taman Langit Purwokerto, Berikut 5 Wisata Menarik Lainnya di Kota Purwokerto

Telaga Sunyi konon berasal dari zaman dahulu ketika tempat ini digunakan sebagai lokasi pertapaan dan pencarian ketenangan batin.

Nama “Telaga Sunyi” dipilih untuk mencerminkan suasana tenang dan sepi yang diperlukan untuk meditasi dan kontemplasi spiritual, serta untuk menggambarkan tempat di mana para pertapa mencari ilmu kanuragan dalam keteduhan alam.

Daya Tarik Telaga Sunyi

Telaga Sunyi memiliki air yang jernih, karena langsung berasal dari mata air Gunung Slamet sehingga pengunjung dapat melihat hingga ke dasarnya yang mencapai enam meter.

Kamu juga dapat menikmati kesejukan dari rimbun pepohonan di sekitar danau, memberikan sensasi healing seketika untuk melepas stres dari rutinitas.

Bobocabin Bobobox

Tak hanya sunyi dan asri, Telaga Sunyi juga menawarkan ragam aktivitas yang dapat kamu lakukan. Jadi, pastikan kondisi badan dalam keadaan prima sebelum berkunjung kemari.

Berikut beberapa kegiatan yang dapat kamu lakukan di Telaga Sunyi:

1. Berenang

Kondisi air yang jernih membuat danau Telaga Sunyi ramai dipakai untuk berenang.

Air terjun kecil yang berada di tengah danau juga menjadi bagian favorit para pengunjung—rasanya menyegarkan dan membuat kamu merasa seolah sedang bertapa!

Sayangnya, air terjun ini hanya bisa kamu temui di musim hujan.

Meski seru, pastikan untuk tetap berhati-hati selama berenang.

Jika kamu bukan perenang yang handal, disarankan untuk masuk ke danau bersama pendamping yang memiliki kemampuan berenang lebih baik.

Selain itu, pengelola juga mengingatkan pengunjung untuk tidak berenang saat hujan turun.

2. Snorkeling

Snorkeling di Telaga Sunyi

Sumber: berangberang_pabrik via Instagram

Selain berenang, kamu juga bisa melihat langsung kehidupan bawah air danau dengan snorkeling di Telaga Sunyi.

Kamu bisa mempelajari ekosistem flora dan fauna di dalam danau, atau mengambil bebatuan di dasar danau untuk cinderamata.

Kegiatan snorkeling tentunya terasa tidak lengkap jika kamu tidak mengabadikannya lewat selfie underwater.

Jadi, pastikan untuk membawa kamera antiair dan abadikan momen serumu menjelajahi dasar danau Telaga Sunyi. Perjalanan ke Telaga Sunyi pastinya tidak akan terlupakan!

3. Menjelajahi Gua

Jika sudah puas bermain di perairan, kamu juga wajib mencoba menjelajahi gua di pinggir danau. Gua ini tidak berukuran terlalu besar, dengan luas hanya 6-7 meter saja.

Begitu masuk ke dalam gua, pemandangan unik dinding gua berselimut lumut hijau akan menyambut kamu.

Jangan sampai melewatkan sensasi petualangan seru ala Indiana Jones di sini, deh!

4. Treking dan Menyusuri Suasana Pedesaan

Suasana sejuk sudah terasa di area parkir yang dikelilingi oleh rumput hijau dan pepohonan besar. Untuk menuju Telaga Sunyi, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalur setapak. Sepanjang perjalanan, kamu akan disuguhkan oleh pemandangan menarik seperti anak sungai yang bersih dan persawahan yang hijau.

Saat berjalan melalui jalur setapak, pengunjung disertai oleh aliran sungai kecil yang bening di sebelah kanan. Kegiatan trekking menuju lokasi tidak membutuhkan waktu lama karena jaraknya yang relatif dekat. Pada ujung jalur, pengunjung dapat menikmati air terjun yang mengalir langsung ke dalam telaga.

5. Bersantai di Tepi Air Terjun

KeiKeindahan Telaga Sunyi bukan hanya terletak pada kejernihan kolamnya, tetapi juga pada aliran air terjun yang menenangkan. Air yang turun membentuk kolam besar dengan kedalaman antara 2 hingga 6 meter di bawahnya. Kolam ini menjadi tempat favorit bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana.

Pada musim kemarau, biasanya aliran air terjunnya berkurang atau bahkan tidak mengalir seperti biasanya. Namun, telaga ini memiliki sumber air sendiri sehingga walaupun air terjun tidak mengalir, kolam tetap terisi penuh dengan air, menciptakan lingkungan yang cocok untuk bersantai.

Baca Juga: Ingin Menjelajahi Hidden Gem? Simak Tips Perjalanan Menuju Baturraden Berikut Ini!

Fasilitas Objek Wisata Telaga Sunyi Baturraden

Fasilitas Objek Wisata Telaga Sunyi Baturraden

Sumber: Admin Tukang Toko Online via Google Maps

Meski letaknya yang cukup tersembunyi, destinasi wisata ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung. Berikut beberapa fasilitas yang dapat kamu temui di Telaga Sunyi:

  • toilet
  • musala
  • kamar ganti
  • warung wisata
  • sewa pelampung
  • lapangan parkir untuk kendaraan wisata

Jam Buka, Harga Tiket, dan Rute ke Telaga Sunyi

Jam Buka Telaga Sunyi

Sumber: Shutterstock

Agar liburan dapat berjalan lancar, kamu perlu melakukan perencanaan yang baik. Ini termasuk mengetahui jam operasional, harga tiket, serta rute ke Telaga Sunyi agar tidak tersesat selama perjalanan.

Jam Operasional Telaga Sunyi

Telaga Sunyi dibuka untuk umum dari Senin hingga Minggu, mulai dari pukul 07.00-17.00 WIB.

Untuk dapat menikmati pesona dan kesegaran danau secara maksimal, kamu lebih baik datang di pagi hari.

Harga Tiket Masuk Telaga Sunyi

Kamu hanya perlu membayar Rp15.000 per orang untuk dapat mengunjungi Telaga Sunyi.

Itulah sebabnya danau ini menjadi destinasi yang cocok untuk healing singkat dengan budget terbatas.

Rute ke Telaga Sunyi

Telaga Sunyi berjarak sekitar 16 km dari pusat kota. Kamu pun tidak perlu khawatir soal akses jalan, karena rute yang tersedia sudah memadai dan dapat dilalui kendaraan roda dua atau empat dengan mudah.

Titik awal keberangkatannya bisa dari Alun-Alun Purwokerto, kemudian ambillah rute menuju jalan Letjend Pol. Soemarto dan Jalan Raya Baturraden B ke Jalan di Rempoah.

Setelah 6,2 km, ikuti Jalan Brigade ke Jalan Baturraden. Ikuti terus Jalan Baturraden hingga sejauh 9,8 km atau sekitar 20 menit perjalanan, dan kamu akan sampai di Kebun Raya Baturraden.

Setelah itu, kamu bisa masuk ke area Kebun Raya dan mulai berjalan kaki menyusuri pedesaan.

Untuk mencapai danau, kamu hanya akan memakan waktu selama 15 menit dari gerbang utama.

Baca Juga: Harga Tiket Masuk Baturraden Terbaru, Buat Rencana Liburan Kamu Sekarang!

Istirahat Nyaman Setelah Puas Menjelajahi Baturraden

Istirahat Nyaman Setelah Puas Menjelajahi Baturraden

Setelah seharian beraktivitas di Baturraden, Bobocabin adalah akomodasi yang tepat untuk beristirahat.

Dengan konsep futuristik yang mengusung teknologi Internet of Things, Bobocabin adalah temanmu di tengah asrinya perbukitan Baturraden.

Kabin-kabin yang tersedia sudah dilengkapi fasilitas khas Bobocabin, seperti Smart Window dan B-Pad.

Kamu bisa mengatur pencahayaan dan kegelapan kaca sesuka hati untuk mendapatkan privasi dan kenyamanan maksimal. Nikmati juga pemandangan indah dan sensasi sejuk perbukitan saat kamu keluar dari kabin di pagi hari.

Bobocabin juga menyediakan Wi-Fi untuk kamu yang hobi live update di media sosial. Kapan lagi bisa menikmati alam dengan internet yang kencang?

Terakhir, kamu bisa memanfaatkan fasilitas campfire dan barbeque untuk mendapatkan pengalaman liburan yang lengkap dan seru.

Untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, unduh aplikasinya di sini.

 

Penulis artikel: Sheila Lelita

Foto header: Shutterstock

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles