_KIM8577

Memahami Apa Itu Outing: Pengertian dan Bedanya dengan Gathering & Outbound

Liburan akhir tahun semakin dekat, nih. Sudah saatnya kita merencanakan aktivitas yang menyenangkan dan menyegarkan, terutama bersama teman-teman di kantor. Apakah kamu dan rekan-rekan sudah mulai memikirkan ide-ide seru untuk kegiatan outing yang tak terlupakan?

Outing bukan sekadar perjalanan biasa, tetapi juga kesempatan untuk menjauh sejenak dari kesibukan pekerjaan dan rutinitas harian. Inilah waktunya untuk merajut hubungan yang lebih dekat, saling mengenal satu sama lain, dan merayakan capaian kerja keras bersama.

Bagi yang belum akrab dengan konsep outing, jangan khawatir. Bob telah menyiapkan informasi yang berguna untuk membantu kamu merencanakan outing yang tak terlupakan. Pengertian outing, manfaat outing, sekaligus rekomendasi tempat outing seru sudah Bob rangkum di tulisan kali ini. Yuk, simak!

Apa Itu Outing?

Apa Itu Outing?

Tahukah kamu pengertian apa itu outing? Outing adalah aktivitas di mana sekelompok individu, dalam hal ini teman-teman sekantor, bersama-sama melakukan perjalanan wisata atau aktivitas di luar lingkungan kerja untuk menginap di alam terbuka atau hanya sekedar melepas penat sejenak.

Outing bisa berupa perjalanan wisata, kegiatan olahraga, pesta piknik, atau bahkan sekadar waktu bersantai bersama.

Tujuan dan Manfaat Outing

Tujuan dan Manfaat Outing

Sumber: bizplus.id

Untuk apa sih perusahaan atau kantor melakukan outing? Apakah sekadar untuk seru-seruan di luar kantor atau di alam terbuka? Salah satu tujuan utama outing adalah mempererat hubungan antara peserta. Melalui interaksi yang lebih santai dan bebas tekanan, kamu dan teman sekantormu bisa saling mengenal lebih jauh dan belajar bekerja sama.

Dengan kata lain, outing diadakan untuk memberi kesempatan bagi kamu dan tim untuk berkomunikasi, bersikap, dan menyelesaikan konflik di situasi yang berbeda dari lingkungan kesehariannya menjalankan bisnis di kantor. Selain itu, aktivitas outing pada umumnya diselenggarakan untuk memberikan waktu relaksasi dan rekreasi pada peserta. Ini dapat membantu karyawan dalam mengurangi stres dan kelelahan, serta meningkatkan suasana hati dan kesejahteraan secara keseluruhan.

Pada akhirnya, pengalaman outing yang positif dapat mendorong kamu dan teman sekantormu untuk bekerja lebih baik dan semakin produktif.

Perbedaan Outing, Gathering, dan Outbound

Perbedaan Outing, Gathering, dan Outbound

Outing seringkali dianggap memiliki definisi yang sama dengan aktivitas gathering dan kegiatan outbound. Meski mirip-mirip, ketiganya sebenarnya memiliki perbedaan makna, lho!

Gathering

Gathering

Sumber: itb.ac.id

Gathering merupakan kata yang berasal dari Bahasa Inggris yang artinya mengumpul, rapat,atau bertemu. Gathering artinya kegiatan pertemuan informal antarindividu atau kelompok dalam lingkup yang lebih kecil.

Seringkali, gathering berfokus pada interaksi sosial yang biasanya tidak melibatkan aktivitas di luar ruangan dengan tujuan utama membangun hubungan seperti keluarga dengan rekan kerja. Contoh jenis aktivitas gathering adalah makan malam bersama, potluck party, arisan, games, ngopi, nobar, atau perayaan ulang tahun.

Outbound

Outbound

Sumber: hadenaadventure.co,id

Outbound merupakan kegiatan kelompok yang melibatkan tantangan fisik, permainan, dan aktivitas di luar ruangan. Penyedia layanan yang memiliki fasilitas outbound dan instruktur yang terlatih biasanya menawarkan paket outbound. Paket outbound artinya sejumlah kegiatan atau program yang dirancang untuk memberikan pengalaman belajar dan hiburan melalui aktivitas fisik, permainan, dan tantangan di luar ruangan.

Beberapa contoh aktivitas outbound adalah panjat tebing, memasak tanpa peralatan modern, arung jeram, hiking, dan lomba bakiak.

Bobocabin Bobobox

3 Rekomendasi Tempat Outing yang Seru di Bobocabin

Sekarang, kamu sudah tahu pengertian outing, manfaatnya, serta perbedaannya dengan gathering dan outbound. Namun, apakah kamu sudah tahu tempat outing yang seru? Bobocabin jawabannya! 

Bobocabin, yang merupakan bagian dari rangkaian produk Bobobox Indonesia, hadir dengan konsep elevated camping. Melalui konsep elevated camping ini, kamu bisa merasakan pengalaman menginap di alam dengan kamar berfitur canggih.

Saat ini, Bobocabin punya beberapa paket untuk acara kumpul-kumpul bersama komunitas atau grup kamu:

  • Bobocabin For School
  • Bobocabin For Team Lead Gathering
  • Bobocabin For Community
  • Bobocabin For Family Gathering

Kabar baik lainnya, Bobocabin juga menyediakan paket outbound, lho! Menggunakan paket outbound artinya kamu tidak perlu repot-repot mengatur segala sesuatunya sendiri.

Berikut ini paket outbound yang tersedia di Bobocabin:

  • Mountain trekking
  • Paintball
  • Jeep offroad
  • Rafting
  • ATV
  • Flying Fox
  • Horse Riding
  • Nature Tour dan masih banyak lagi

Nah, sebelum memilih paket outing dan outbound yang pas buat kantor atau timmu, Bob sudah menyiapkan tiga rekomendasi lokasi Bobocabin yang cocok untuk outing. Check it out!

1. Bobocabin Coban Rondo Malang

Bobocabin Coban Rondo Malang

Terletak di kawasan Coban Rondo yang terkenal dengan air terjunnya yang memesona, Bobocabin Coban Rondo Malang akan memberikanmu suguhan pemandangan indah setiap pagi dan rasa damai di malam hari. Bobocabin Coban Rondo menyediakan kabin-kabin dengan tempat tidur berkualitas dan perlengkapan mandi yang lengkap. Kamu juga bisa mengakses wi-fi gratis di semua area Bobocabin Coban Rondo.

 Jangan lupa nikmati fitur-fitur modern yang membuat pengalaman menginapmu lebih menyenangkan, seperti B-pad untuk mengatur smart window, lampu, dan playlist. Selain itu, ada banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan bersama teman-teman sekantormu di sini: pesta BBQ, paintball, rafting, hingga mengendarai ATV. Menarik, kan?

2. Bobocabin Ubud Bali

Bobocabin Ubud Bali

Cegah burnout dengan bersantai dan bersenang-senang di salah satu spot paling tenang di Bali, yuk! Bobocabin Ubud Bali ini terletak di kawasan persawahan dengan udara yang masih segar. 

Di sini, kamu dan teman-teman sekantormu bisa mengadakan pesta BBQ dan api unggun, bermain flying fox, mengendarai kuda, serta tur jalan kaki di tengah alam yang masih asri. Bobocabin ini dekat dengan berbagai destinasi wisata menarik, seperti air terjun dan monkey forest.

Baca Juga: Cari Villa Ubud? Pilih Bobocabin dengan Fasilitas Futuristik!

3. Bobocabin Pacet Mojokerto

Bobocabin Pacet Mojokerto

Jika kamu menginap di Bobocabin Padusan Mojokerto, bersiaplah terpesona oleh pemandangan danau dan hamparan pepohonan hijau. Bobocabin yang satu ini juga terletak di kawasan wisata, sehingga kamu punya banyak opsi tempat menarik untuk dikunjungi di kala senggang, seperti Pemandian Air Panas Padusan Pacet.

Berencana melakukan pesta BBQ atau pesta api unggun dengan teman-teman sekantor? Kamu tidak perlu repot-repot membawa peralatannya karena semua tersedia lengkap di sini! Selain tempat tidur berkualitas dan peralatan mandi lengkap, semua kamar di Bobocabin Padusan Mojokerto dilengkapi smart window dan B-pad yang membuat pengalaman menginapmu semakin berkesan.

Baca Juga: Hilangkan Penat di Bobocabin Padusan Mojokerto

Tips Sukses Mengadakan Outing Kantor

Tips Sukses Mengadakan Outing Kantor

Sumber: rhythmsystems.com

Outing adalah momen seru yang dinanti-nanti oleh banyak orang. Selain bisa memecah rutinitas harian, outing juga bisa menjadi kesempatan untuk merajut ikatan tim menjadi lebih kuat. 

Pasti kamu sudah terbayang betapa serunya melakukan kegiatan menyenangkan bersama tim kantor sambil menikmati suasana yang berbeda dari biasanya. Agar outing ini benar-benar berkesan dan memberikan dampak positif bagi hubungan tim dan semangat kerja, Bob punya beberapa tips yang bisa membantu kamu menyelenggarakan outing kantor yang tak terlupakan.

1. Perencanaan Awal yang Matang

Tentukan tanggal, tempat, hingga budget untuk outing. Perencanaan yang matang akan membuat outing berjalan lancar dan menyenangkan.

2. Tentukan Tujuan Outing

Apa yang mau dicapai dari outing ini? Apakah untuk mempererat hubungan tim, sekadar bersantai, atau menambah semangat kerja? Dengan tujuan yang jelas, kamu bisa membuat rencana kegiatan yang lebih terfokus.

3. Lakukan Aktivitas yang Beragam

3. Lakukan Aktivitas yang Beragam

Sumber: amazonaws.com

Pilihlah aktivitas yang bisa dinikmati semua orang. Di tim kamu, pasti ada yang suka olahraga, tetapi ada juga yang lebih suka jalan-jalan santai. Gabungkan berbagai aktivitas agar semua bisa ikut seru-seruan.

4. Istirahat yang Cukup dan Makan Teratur

Jangan lupa atur waktu untuk istirahat dan makan. Makanan yang enak dan bergizi bisa jadi mood booster dan istirahat yang cukup akan bikin semua orang tetap semangat.

Baca Juga: Sebenarnya, Apa Perbedaan Antara Glamping dengan Camping?

5. Dokumentasi Momen Seru

5. Dokumentasi Momen Seru

Sumber: kumparan.com

Jangan lupa siapkan kamera atau smartphone untuk dokumentasi. Momen-momen seru dan lucu akan jadi kenangan yang bikin ketawa-ketiwi saat dilihat lagi.

6. Sertakan Sesi Diskusi dan Evaluasi

Selain seru-seruan, sertakan juga sesi diskusi santai. Bicarakan apa yang sudah dilakukan, apa yang bisa diperbaiki, dan rencana lainnya. Sesi diskusi dan evaluasi ini bisa jadi ajang berbagi insight, membuat outing yang akan datang jadi lebih baik, dan mempererat hubunganmu dengan rekan kerja.

7. Bawa Semangat Positif

Yang paling penting, kamu harus membawa semangat positif. Outing adalah kesempatan untuk membuat hubungan antar anggota tim jadi lebih akrab. Jadi, jangan lupa senyum dan menciptakan suasana ceria!

Siap Seru-Seruan Bersama Teman Sekantor di Bobocabin?

Siap Seru-Seruan Bersama Teman Sekantor di Bobocabin?

Nah, sekarang saatnya kamu membagikan atau menceritakan tulisan Bob ini ke teman sekantormu. Setelahnya, unduh aplikasi Bobobox di ponselmu untuk mendapatkan berbagai informasi promo terbaru dan melakukan reservasi.

Siap menjelajahi pesona alam, merasakan kenyamanan modern, menikmati berbagai aktivitas seru, dan menjadi lebih akrab dengan teman sekantor? Yuk, pilih lokasi Bobocabin yang kamu mau. Bob tunggu kedatangan kamu dan tim di Bobocabin, ya!





 

Penulis artikel: Naqiya

Foto header: bobobox.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles