Lentho

9 Oleh-Oleh Khas Wonogiri yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Bagi pencinta alam, mungkin daerah Wonogiri sudah tidak asing lagi di telinga. Yup, daerah ini menawarkan berbagai panorama alam yang memanjakan mata. 

Wonogiri memang tujuan berlibur yang cocok untuk healing karena daerahnya relatif tidak padat penduduk. Jadi, daerah ini wajib dikunjungi oleh kamu yang ingin menikmati alam tanpa kesibukan dan bisingnya suasana perkotaan besar.

Namun, sebuah kunjungan tentunya tidak akan lengkap tanpa membawa oleh-oleh. Jadi, pastikan untuk membawa berbagai buah tangan menarik khas Wonogiri, mulai dari makanan hingga cendera mata unik yang tak bisa kamu temukan di tempat lain!

Sekilas Mengenai Wonogiri

Sekilas Mengenai Wonogiri

Foto: Padepokan Soko Langit via Gmaps

Terletak di bagian tenggara Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Wonogiri banyak dikenal dengan pemandangan alamnya yang menakjubkan.

Kamu bisa berenang di infinity pool yang menghadap langsung ke panorama pegunungan hijau di Soko Langit, atau mengunjungi bendungan terbesar di Indonesia yang menawarkan berbagai aktivitas air seru, yaitu Waduk Gajah Mungkur.

Selain kedua destinasi wisata terkenal tersebut, kamu juga dapat melepas beban pikiran di Air Terjun Muncar yang asri, piknik di Pantai Nampu, atau melihat keindahan stalaktit dan stalagmit di Goa Putri Kencono.

Untuk mencapai Kabupaten Wonogiri, kamu bisa naik Kereta Api Batara Kresna dari Solo dengan durasi 1 jam 45 menit. Terdapat dua jadwal keberangkatan dari Stasiun Purwosari pada pukul 06.00 dan 10.00 WIB.

Baca Juga: Traveler Wajib Tahu! 12 Destinasi Liburan Keluarga Terbaik di Indonesia

9 Oleh-Oleh Khas Wonogiri

Liburan ke Wonogiri rasanya tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk dinikmati sambil menceritakan pengalaman seru liburanmu. Berikut beberapa rekomendasi oleh-oleh terbaik khas Wonogiri:

1. Sambal Cabuk Wijen

Sambal Cabuk Wijen

Foto: Ai.s.hop.e via shopee.co.id

Penggemar pedas tidak boleh melewatkan oleh-oleh yang satu ini. Dibuat secara tradisional, sambal cabuk wijen merupakan sambal khas Wonogiri berbahan dasar cabai dan wijen.

Pembuatannya meliputi pencampuran sekam padi yang telah dibakar dengan ampas minyak wijen, memberikannya aroma khas wijen yang unik. Kemudian, hasil pencampuran tersebut dicampur bawang putih, cabai rawit, gula jawa, garam, serta kemangi. 

Setelah itu, sambal akan dibungkus menggunakan daun pisang dan dikukus. Terdengar menarik, bukan? Proses inilah yang menimbulkan cita rasa autentik yang tak dapat kamu temukan pada sambal lainnya!

Setiap bungkus sambal cabuk wijen bisa kamu dapatkan dengan harga maksimal Rp5.000 saja, lho.

Bobocabin Bobobox

2. Nasi Tiwul Wonogiri

Kamu mungkin sudah terbiasa dengan menu nasi putih yang biasa kita konsumsi sehari-hari, tapi bagaimana dengan nasi yang terbuat dari singkong?

Yup, nasi tiwul khas Wonogiri adalah menu yang terbuat dari singkong, yang telah dikeringkan dan ditumbuk halus hingga berbentuk seperti nasi. Hidangan ini umumnya bisa kamu nikmati dengan parutan kelapa dan irisan gula jawa manis yang memanjakan lidah.

3. Geti Biji Wijen

Geti Biji Wijen

Foto: Ellaelloet via cookpad.com

Rekomendasi selanjutnya untuk para pencinta camilan manis adalah geti biji wijen. Camilan yang satu ini memiliki bahan dasar wijen, gula jawa, dan jahe. 

Dengan teksturnya yang padat dan rasanya yang manis, geti biji wijen cocok dinikmati pada sore hari bersama teh atau kopi hangat. Harganya pun terbilang terjangkau, dibanderol dengan harga Rp5.000 saja untuk tiap bungkusnya!

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Malam Wonogiri yang Menarik dan Wajib Dilihat

4. Brem Wonogiri

Oleh-oleh Wonogiri selanjutnya yang tak boleh kamu lewatkan adalah brem. Berbeda dengan brem asal Madiun yang rasanya sedikit asam, brem khas Wonogiri memiliki rasa yang lebih manis.

Terbuat dari fermentasi beras ketan, gula aren, dan ragi tape, brem memiliki aroma khas dan tekstur yang meleleh di mulut. Rasa manis brem ini dijamin bikin nagih. Tak heran jika kamu dapat menemukannya di berbagai toko camilan Wonogiri.

5. Lentho

Lentho

Foto header: @Erma_Dapur_Michaela via Cookpad

Cocok untuk kamu nikmati sebagai hidangan penutup, lentho adalah sejenis camilan kenyal berbentuk bola-bola kecil yang terbuat dari kacang tholo dan parutan singkong.

Kedua bahan tersebut dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil dan digoreng hingga kuning keemasan. Dengan tekstur luar yang krispi dan kenyal di dalam, lentho adalah oleh-oleh nikmat dan praktis yang dapat kamu konsumsi di mana saja.

6. Keripik Tempe Benguk

Berbeda dengan tempe pada umumnya yang berbahan dasar kedelai, tempe khas Wonogiri rupanya terbuat dari kara benguk, lho! Tak ayal, keripik tempe yang dihasilkan pun tentunya memiliki rasa yang berbeda dengan keripik tempe lainnya.

Dengan rasa yang lebih gurih, keripik tempe benguk dapat kamu nikmati hanya dengan membayar sekitar Rp4.000 saja per bungkus!

Baca Juga: Jangan Ngaku Pencinta Alam Kalau Belum Tahu 12 Rekomendasi Wisata Alam Wonogiri

7. Wader Goreng Wonogiri

Wader Goreng Wonogiri

Foto: Bintu Tsaniyah via cookpad.com

Penggemar ikan wajib coba! Wader adalah sejenis ikan yang umum ditemukan di Waduk Gajah Mungkur. Di sekitar area waduk, kamu dapat menemukan berbagai warung yang menjual olahan jenis ikan ini dengan fresh.

Bagi kamu yang tertarik membawa ikan wader pulang, wader goreng adalah solusi yang tepat untukmu. Setelah dicampur tepung dan digoreng hingga kuning keemasan, wader goreng dapat dinikmati layaknya keripik!

Kamu cukup membayar sekitar Rp10.000 saja untuk menikmati satu porsi ikan kriuk yang menggugah selera ini, lho.

8. Kacang Mete

Dapat kamu nikmati di mana saja, kacang mete adalah oleh-oleh khas Wonogiri yang berasal dari olahan biji jambu mete. Dengan rasa yang gurih dan tekstur yang crunchy, kacang mete adalah oleh-oleh yang cocok bagi para penggemar camilan asin.

9. Emping Melinjo

Satu lagi nih, camilan krispi yang dapat dinikmati di mana pun. Emping yang terbuat dari biji melinjo yang disangrai ini memiliki bentuk seperti kerupuk dan enak dinikmati sebagai teman nonton atau ngobrol.

Tak hanya nikmat kamu konsumsi sebagai camilan, kamu juga dapat memakannya bersama nasi dan lauk panas, lho.

Ingin Liburan Tanpa Menguras Kantong? Yuk, Menginap di Bobopod!

Ingin liburan ke berbagai kota besar di Indonesia dengan biaya yang minim? Bobopod adalah solusi akomodasi hemat dan nyaman untuk kamu!

Mengusung konsep modern, Bobopod adalah solusi menginap yang aman dan nyaman dengan harga terjangkau. Sistem kode QR menjamin keamanan pod, dan istirahat pun menjadi nyaman dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobopod.

Tiap cabang Bobopod terletak di tengah kota, jadi kamu bisa mencapai berbagai tujuan wisata ikonis dan kuliner lezat legendaris hanya dengan berjalan kaki.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Penulis artikel: Sheila Lalita

Foto header: @Erma_Dapur_Michaela via Cookpad

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles