Oleh Oleh Khas Bukit Tinggi Lemang

Yuk, Coba 10 Oleh-Oleh Khas Tebing Tinggi Ini!

Orang-orang membawa pulang cendera mata tidak hanya sebagai pengingat, tapi juga untuk menikmati sebuah perjalanan, baik itu lewat budaya, kuliner, atau tradisinya. Semakin banyak oleh-oleh yang dibawa pulang, semakin banyak hal yang bisa kita pelajari dari daerah tersebut. 

Contoh saja Tebing Tinggi di Sumatra Utara. Walaupun termasuk kota kecil, daerah ini memiliki budaya dan tradisi yang kaya sehingga mampu memproduksi oleh-oleh yang menggunung! 

Tidak percaya? Simak saja pembahasan oleh-oleh khas Tebing Tinggi di bawah ini!

Sekitar Mengenai Tebing Tinggi

Tebing Tinggi adalah sebuah kota di Sumatra Utara. Kotanya berjarak sekitar 80 km dari Medan dan diapit dua jalan menuju Pematang Siantar dan Tanjung Balai, dua destinasi terkenal di Sumatra.

Ukuran kotanya kecil, hanya dihuni sebanyak 125.000 penduduk yang menempati 3 kecamatan dan 27 kelurahan di dalamnya, berbeda dengan kota lain yang memiliki lebih dari 20 kecamatan dan ratusan kelurahan dalam satu daerah.

Karena berada di ujung Sumatra Utara, Tebing Tinggi diberkati banyak bukit dan perkebunan besar sehingga udara di sekitarnya lebih sejuk. Suhu udara terpanasnya hanya 28 derajat Celsius, masih di bawah kota-kota lain di Sumatra yang cenderung menembus 30 derajat. 

Panorama yang elok dan udara yang segar menyulap Tebing Tinggi menjadi daerah pariwisata favorit banyak orang. Destinasi seperti Istana Negeri Padang, Taman Kota Tebing Tinggi, Waterpark Gundaling, Museum Kota Tebing Tinggi, dan Danau Laut Tador penuh dikerumuni pelancong lokal dan internasional setiap harinya.

Bobocabin Bobobox

10 Oleh-Oleh Khas Tebing Tinggi 

Di sela kunjunganmu, kamu bisa menjajal oleh-oleh khas tebing tinggi berikut ini:

1. Kain Ulos

Kain Ulos Tibing Tinggi

Foto: ErikdeGraaf via Grid ID

Oleh-oleh khas Tebing Tinggi yang paling ikonis adalah kain ulos. Ulos adalah kain tradisional Batak Toba yang memiliki makna kultural mendalam. Kain khas Sumatra Utara ini sering digunakan dalam upacara adat, seperti pernikahan atau acara keagamaan.

Motif-motif yang rumit dan warna-warna cerah ulos mencerminkan keindahan dan kekayaan budaya Sumatra yang kaya. Ulos bukan hanya kain fungsional, tapi juga simbol keharmonisan dan kebersamaan dalam budaya Batak.

Baca juga: 20 Makanan Khas Batak Toba yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan!

2. Kopi Sidikalang

Kopi Sidikalang Khas Tebing Tinggi

Foto: menukuliner.net

Bagi para coffee lovers, sini merapat! Cobain nih, kopi Sidikalang yang kental dan aromatik! 

Seperti namanya, kopi ini merupakan produk unggulan dari daerah Sidikalang, Sumatra Utara. Dengan tanah yang subur dan iklim yang cocok, kopi Sidikalang memiliki karakteristik rasa yang unik, yaitu sentuhan cokelat, kacang, rempah, dan keasaman yang seimbang di setiap tegukan. 

Agar rasanya lebih mantap, kopinya cocok dinikmati dengan roti!

3. Teri Bajak

Teri Bajak

Foto: vacationindo.com

Teri bajak adalah ikan teri yang direndam dalam larutan garam lalu dijemur. Proses ini memberikan rasa gurih yang kuat dan tekstur yang renyah saat dimakan.

Biasanya, teri bajak dibuat bersamaan dengan kacang atau sambal untuk menambah cita rasanya. Kelezatan inilah yang menjadikan teri bajak camilan serta lauk-pauk yang paling dicari pengunjung Tebing Tinggi.

4. Sirup Markisa

Sirup Markisa

Foto: Janika Putri via Warta Kota Travel

Buah markisa merupakan salah satu ciri khas Tebing Tinggi. Di sini, buahnya diolah menjadi beragam produk, tidak terkecuali sirup. Tidak hanya menyegarkan, sirup ini juga menyajikan cita rasa buah yang asam dan manis.

Kalau kamu tidak begitu suka sirup, kamu juga bisa membeli buah markisa di perkebunan Tebing Tinggi untuk diolah sendiri. Buahnya bisa dibuat jus, dimakan langsung, atau dijadikan pelengkap hidangan penutup.

5. Lemang

Oleh Oleh Khas Bukit Tinggi Lemang

Foto: Ryan via Tribun Medan

Berikutnya ada lemang, hidangan tradisional Tebing Tinggi yang terbuat dari ketan dan santan. Cara pembuatannya cukup unik, yakni dimasak dalam bambu. Proses memasak ini menghasilkan hidangan yang lebih beraroma.

Di Tebing Tinggi, lemang kerap disajikan bersama rendang atau hidangan kari, menciptakan kombinasi rasa yang lezat dan smokey. Lemang juga bisa disantap sendiri dengan saus asam manis atau pedas manis.

6. Ganda Siantar

Ganda Siantar

Foto: suarausu.or.id

Ganda siantar, adalah roti tradisional yang berasal dari Siantar, dekat Tebing Tinggi. Makanan ini sering dianggap sebagai simbol keberuntungan dan kesejahteraan.

Di masa modern ini, sudah banyak pabrik makanan yang memproduksi ganda siantar dengan beragam isian, mulai dari meses cokelat, pisang, srikaya, susu kental manis, pandan, atau teh hijau.

7. Halua

Halua

Foto: @disbudparsumut via Instagram

Ada lagi nih, makanan manis asal Tebing Tinggi yang sama-sama enak. Masyarakat lokal menyebutnya halua.

Halua adalah hidangan tradisional Sumatra Utara yang acap disajikan saat perayaan atau acara adat. Kue ini gampang ditemukan di Tebing Tinggi karena dijual hampir di setiap pinggir jalan.

Terbuat dari campuran buah yang difermentasi, rasa manis pada halua berpadu dengan sentuhan kecut dan asam yang membuatnya segar. Tak ayal kalau orang-orang sering minta tambah!

Baca juga: Selain Danau Toba, Pulau Sumatra Juga Punya 5 Danau Terkenal Lho!

8. Kue Kacang

Kue Kacang

Foto: suarausu.or.id

Sedang mencari oleh-oleh khas Tebing Tinggi yang praktis? Coba saja kue kacang! Walaupun bernama kue, bentuk makanan satu ini lebih mirip dengan roti pastri. Isian kacang di dalam rotinya sangat tebal sehingga rasa manis kacangnya terasa autentik.

Dalam satu boks seharga Rp30.000–50.000, kamu biasanya akan mendapatkan 12–20 potong kue kacang.

9. Pancake Durian

Pancake Durian

Foto: Ucok Durian via Gmaps

Duh, oleh-oleh khas Tebing Tinggi yang ini sih, sudah tidak diragukan lagi kelezatannya! Pancake durian adalah inovasi dari pancake tradisional yang diisi dengan daging durian. 

Kombinasi antara kelembutan pancake dan aroma durian yang kaya ini menciptakan rasa yang menggoyang lidah. Sangat memuaskan bagi para pencinta durian!

10. Jus Terong Belanda

Jus Terong Belanda

Foto: sajiansedap.id

Jus terong Belanda tidak kalah populer dengan oleh-oleh lainnya. Minuman segar ini dihasilkan dari buah terong Belanda yang dipanen langsung dari perkebunan lokal Tebing Tinggi.

Buah ini kaya akan vitamin dan antioksidan, sehingga jusnya tidak hanya menyegarkan tapi juga menyehatkan. Jika ingin membeli dengan jumlah banyak, datang saja saat Hari Raya Idulfitri atau Natal karena banyak petani yang panen di masa ini!

Nginap Jadi Bermana di Bobocabin

Outbound di Bobocabin Toba

Liburan di Sumatra Utara jadi lebih bermakna dengan menginap di Bobocabin Kaldera. Terletak di Toba Samosir, setiap kabinnya dikelilingi pohon rindang serta pemandangan langsung ke Danau Toba. Cocok deh, untuk kamu yang ingin healing.

Kabin yang tersedia terbatas, jadi segera pesan lewat aplikasi sebelum terlambat!

 

Penulis artikel: Samala Mahadi

Foto header: Ryan via Tribun Medan

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles