Kue Apem

13 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Tangerang Selatan yang Oke Banget

Kota Tangerang Selatan merupakan salah satu daerah yang berada di bagian tenggara Provinsi Banten. Kota ini terkenal dengan infrastruktur dan fasilitas umumnya yang lengkap. 

Meskipun tidak dikenal sebagai kota wisata, Tangerang Selatan rupanya juga punya oleh-oleh andalan yang pastinya oke banget.

Dalam ulasan kali ini, Bob akan kasih beberapa rekomendasi oleh-oleh khas asli Tangerang Selatan. Pokoknya, wajib kamu coba dan beli kalau lagi main ke daerah ini, deh!

Sekilas Mengenai Tangerang Selatan

Tangerang Selatan merupakan salah satu kota yang berada di Provinsi Banten, Jawa Barat. Meskipun berada di Provinsi Banten, Tangerang Selatan masih merupakan bagian dari kawasan metropolitan Jakarta Raya dan berjarak kurang lebih 30 kilometer dari sisi barat. 

Kota Tangerang Selatan sendiri terdiri dari tujuh kecamatan, yaitu Pamulang, Pondok Aren, Serpong, Serpong Utara, Setu, Ciputat Timur, dan Ciputat sebagai pusat pemerintahannya.

Secara geografis, Tangerang Selatan berbatasan dengan beberapa wilayah:

  • Utara: berbatasan dengan Kota Tangerang
  • Selatan: berbatasan dengan Kota Depok dan Kabupaten Bogor
  • Timur: berbatasan dengan Jakarta Selatan dan Kota Depok
  • Barat: berbatasan dengan Kabupaten Tangerang

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Bogor yang Paling Populer, Jadi Favorit Banyak Wisatawan!

13 Oleh-Oleh Khas Tangerang Selatan

Main ke Tangerang Selatan rasanya belum lengkap jika tidak membeli oleh-oleh. Meskipun bukan daerah wisata, Tangerang Selatan juga punya beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu coba.

1. Dodol Cilenggang

Salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang Selatan yang oke banget adalah Dodol Cilenggang. Makanan satu ini biasa dinikmati sebagai camilan. Bahan utamanya adalah beras ketan sehingga rasanya manis dan warnanya cokelat kehitaman.

Kamu bisa menemukan dodol ini di berbagai pusat perbelanjaan dan pasar yang ada di Tangerang Selatan. Dijamin rasanya nikmat dan bikin nagih!

2. Emping Menes

 

Emping Menes

Sumber: @IsnawatiSukendar via Cookpad

Rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang Selatan lainnya adalah emping menes. Mirip dengan emping lainnya, bahan dasar emping ini juga melinjo. Namun, bedanya emping menes terbuat dari melinjo yang dipipihkan lalu digoreng.

Kamu bisa mencoba berbagai macam varian rasa emping menes, seperti orisinal, pedas, manis, dan lain sebagainya. Sebagai makanan kering, emping menes bisa dibawa bepergian jauh karena awet.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Kue Apem

Kue Apem

Sumber: Ruly Kartika via Cookpad

Rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang Selatan lainnya adalah kue apem. Makanan satu ini merupakan kue berbentuk seperti muffin. Rasanya sendiri manis dengan tekstur lembut.

Kamu bisa menemukan kue ini di berbagai pusat perbelanjaan dan pasar. Namun, perlu diingat bahwa kue ini tidak terlalu awet karena dibuat tanpa bahan pengawet.

4. Kue Jorong

Kue Jorong

Sumber: Deenida via Shutterstock

Manis dan lembut, kue jorong merupakan alternatif lain dari oleh-oleh khas Tangerang Selatan. Kue ini terbuat dari tepung kanji, gula merah, dan tepung beras, serta sering dinikmati bersama teh panas karena rasanya sangat manis.

Kue jorong dibuat menggunakan bahan-bahan alami sehingga tidak terlalu cocok dibawa bepergian terlalu jauh. Kamu bisa menemukan kue jorong di pasar atau toko kue tradisional. 

5. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Sumber: Eva Susanti Botutihe via Cookpad

Jika kamu sedang berkunjung ke Tangerang Selatan, jangan lupa untuk mencoba sagon bakar. Kue kering satu ini terbuat dari campuran kelapa parut dan tepung sagu yang kemudian dipanggang.

Sagon bakar cocok dinikmati ketika sedang bersantai dengan segelas teh, dan terutama populer menjelang hari-hari besar seperti Lebaran.  Kamu bisa menemukan sagon bakar di berbagai toko oleh-oleh dan pusat perbelanjaan. 

6. Kacang Sangrai

Kacang Sangrai

Sumber: Tom Hermans via Unsplash

Kacang sangrai adalah salah satu opsi oleh-oleh camilan khas Tangerang Selatan yang murah dan sederhana.

Seperti namanya, kacang sangrai merupakan kacang tanah yang disangrai hingga mengeluarkan aroma. Kacang kemudian diberi sedikit garam atau bisa langsung dinikmati. Cocok untuk kamu yang hobi ngemil sambil melakukan aktivitas favorit!

7. Sirup Rosella

Sirup Rosella

Sumber: efired via Unsplash

Minuman yang manis dan segar tentu nikmat ketika cuaca sedang panas. Jika kamu sedang main-main ke Tangerang Selatan, jangan lupa untuk membeli sirup rosella di berbagai pusat oleh-oleh dan pasar.

Sirup rosella berasal dari bunga rosella yang diambil sarinya. Sirup ini berwarna merah cerah ketika dicampur air, dengan cita rasa manis serta asam. Tidak hanya nikmat, rosella juga mengandung segudang manfaat seperti kaya akan vitamin C dan antioksidan.

Baca Juga: 7 Oleh-Oleh Khas Bandung Kekinian yang Wajib Kamu Bawa Pulang

8. Tahu Serpong

Tahu Serpong

Sumber: @tjemilanwarung via Cookpad

Camilan yang sering dibeli sebagai oleh-oleh lainnya adalah tahu serpong. Tahu ini diolah dengan cara digoreng seperti tahu gejrot dan dinikmati dengan saos kecap dan sambal.

Tahu Serpong cocok dibeli bagi kamu penggemar tahu. Selain teksturnya yang garing, tahu ini juga memiliki rasa yang gurih.

9. Kecap SH

Kecap SH

Sumber: Tokokita.1412 via Lazada

Kecap SH adalah kecap yang sudah terkenal di Tangerang. Banyak pedagang makanan yang menggunakan merek ini. Nah, ternyata kecap ini hasil produksi asli Tangerang Selatan, lho! 

Kamu bisa memilih berbagai varian dari kecap SH, seperti kecap manis dan asin. Jika kamu mampir ke Tangerang Selatan, jangan lupa untuk beli kecap ini sebagai oleh-oleh, ya!

10. Bontot

Bontot

Sumber: @ibnu_kitchen via Cookpad

Camilan khas Tangerang Selatan lainnya yang banyak dijadikan oleh-oleh adalah bontot. Bontot merupakan produk olahan ikan yang dicampur dengan tepung kanji dan terasi. Teksturnya kenyal dan cocok disantap bersama segelas teh hangat.

Saat ini, bontot sudah jarang ditemukan. Namun, masih ada beberapa industri rumahan yang melestarikan camilan lezat ini.

11. Bir Pletok

Bir Pletok

Sumber: @mamafathan via Cookpad

Meskipun ada embel-embel “bir” di minuman ini, bir pletok sama sekali tidak mengandung alkohol. Minuman ini berasal dari kebudayaan Betawi dan diyakini ampuh untuk menghilangkan gejala-gejala flu. 

Selain itu, bir pletok juga bisa membantu menghangatkan tubuh. Tertarik mencoba, Sahabat Bob?

12. Sate Bandeng

Sate Bandeng

Sumber: @anitya_260596 via Cookpad

Sate bandeng juga laris diserbu sebagai oleh-oleh khas Tangerang Selatan. Karena dibuat tanpa pengawet, sate bandeng umumnya tidak tahan terlalu lama. Jika membelinya sebagai oleh-oleh, kamu biasanya akan mendapat bentuk mentah yang tinggal dibakar sendiri.

Sate bandeng dibanderol dengan harga Rp25.000-an hingga Rp30.000-an per bungkus. Kalau kamu tinggal tidak jauh dari Tangerang Selatan, wajib cobain kuliner yang Tangsel banget ini!

13. Kue Gipang

Kue Gipang

Sumber: Ika Rahma via Freepik

Rekomendasi oleh-oleh khas Tangerang Selatan yang terakhir adalah kue gipang. Kue gipang memiliki tekstur garing, renyah, dan sedikit lengket di bagian luarnya. Camilan satu ini terbuat dari campuran ketan dan air gula.

Kue gipang cocok dinikmati saat bersantai sembari minum segelas teh atau kopi. Kamu juga bisa memilih varian kue gipang kesukaanmu, mulai dari orisinal, pandan, hingga gula merah.

Itulah beberapa rekomendasi oleh-oleh yang bisa kamu temukan di Tangerang Selatan. Semoga bisa membantumu dalam membeli oleh-oleh, ya!

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Banten untuk Orang Tercinta di Rumah

Liburan Makin Seru dengan Nginap di Bobobox!

bobobox

Jalan-jalan ke Tangerang Selatan memang seru. Selain merasakan suasana kota, kamu juga bisa berburu oleh-oleh untuk dibawa pulang. Karena jaraknya dekat dengan Jakarta Selatan, kamu juga bisa berkunjung untuk nongkrong di tempat-tempat keren dan modern.

Nah, jika kamu mampir ke Jakarta Selatan, kamu bisa memilih Bobobox Kebayoran Baru sebagai opsi hotel. Selain pesannya gampang, lokasinya juga sangat strategis. Kamu pun bisa mengunjungi berbagai lokasi wisata dan kuliner terdekat.

Pesan kamar via aplikasi Bobobox dan rasakan istirahat berkualitas dengan suasana modern yang unik!

 

Penulis artikel: Bryan Dharmanta

Foto header: Ruly Kartika via Cookpad

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles