Wajit

Yuk, Lihat 15 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Sunda Ini

Ketika berkunjung ke Jawa Barat, selain menikmati keindahan alamnya, kamu juga harus mencoba jajanan khas Sunda yang lezat.

Tak lengkap rasanya jika perjalananmu ke daerah ini tidak diakhiri dengan oleh-oleh khas Sunda yang menggugah selera. 

15 Jenis Jajanan Khas Sunda yang Cocok untuk Oleh-Oleh 

Dari makanan ringan yang gurih hingga manisan, berikut adalah 15 jenis jajanan khas Sunda yang cocok untuk oleh-oleh perjalananmu.

Baca Juga: Sedang Hit, Inilah 15 Tempat Makan dengan View yang Bagus di Bandung

1. Wajit 

Wajit adalah penganan tradisional yang terbuat dari gula kawung atau gula aren, kelapa, gula putih, beras ketan, dan sentuhan harum vanili.

Semua bahan-bahan tersebut dicampur dan diaduk hingga matang dalam wajan yang diletakkan di atas api tungku. Setelah matang, wajit dibungkus dengan daun jagung kering dan dikeringkan di bawah sinar matahari.

2. Manisan Kolang-Kaling

Manisan kolang-kaling adalah manisan buah atap kelapa yang biasanya berwarna merah. Buah kolang-kaling direndam dalam sirup gula merah sehingga memiliki rasa manis yang khas. 

Manisan ini sering dijadikan oleh-oleh karena tahan lama dan cocok disantap sebagai kudapan manis.

3. Keripik Tempe

Keripik ini adalah camilan yang populer di Jawa Barat dan sering dijadikan oleh-oleh. Untuk pembuatannya, tempe dipotong tipis-tipis lalu digoreng hingga renyah. Tempe sendiri digunakan sebagai pengganti kentang agar keripik ini gurih dan kaya protein. 

4. Sale Pisang

Sale pisang terbuat dari pisang yang dicampur adonan berbumbu gula, garam, dan kelapa parut. Campuran ini lalu digoreng sampai berwarna kecokelatan. Hasilnya adalah camilan yang memiliki rasa manis dan gurih serta tekstur renyah.

5. Dodol Garut

Dodol Garut terbuat dari ketan, gula merah, dan santan. Proses pembuatan dodol ini membutuhkan waktu cukup lama karena harus dimasak dengan api kecil sampai adonannya mengental. Hasilnya adalah manisan yang lembut, manis, dan kaya akan aroma kelapa.

6. Colenak

Colenak

Sumber: IDN Times

Colenak adalah jajanan manis dari singkong yang dipanggang atau digoreng dan disajikan dengan saus gula kelapa kental. Singkong yang digunakan biasanya telah dipotong kecil-kecil sebelum dipanggang atau digoreng. 

Colenak memiliki rasa manis gurih berkat saus gula kelapanya, dan sering dijadikan camilan tradisional di Sunda.

Baca Juga: Review Sunday Bowl Cereal Club, Kafe Terbaru Bertema Sereal Terhits di Bandung

7. Peuyeum

Peuyeum adalah hasil fermentasi tape singkong yang dimasak dengan kelapa parut dan gula kelapa. Oleh-oleh khas Sunda ini biasanya dikemas dalam daun pisang atau plastik.

Bobobox Maximum Comfort Banner

8. Sagon

Sagon adalah camilan tradisional Indonesia yang terbuat dari kelapa parut dan gula kelapa. Bahan-bahan ini dicampur dan dipanggang hingga menghasilkan tekstur yang renyah dan lembut.

9. Kacang Bogor

Kacang Bogor adalah camilan kering yang dibuat dari kacang rebus yang dikeringkan dan diberi bumbu kacang. Rasanya gurih dan bikin nagih!

10. Batagor Kering

Singkatan dari “bakso tahu goreng”, batagor adalah jajanan yang terdiri dari bakso (bola daging), tahu, dan pempek (makanan berbahan dasar ikan) yang digoreng. Kamu bisa membawa pulang yang rasa gurih maupun pedas.

11. Roti Unyil

Roti Unyil

Sumber: pergikuliner.com

Roti unyil adalah sejenis roti kecil yang biasanya memiliki berbagai macam topping maupun isian, seperti selai buah, keju, cokelat, atau kacang-kacangan. Nama “unyil” sendiri berasal dari ukurannya yang kecil, mirip dengan ukuran karakter dalam komik Unyil.

Kamu bisa menemukan oleh-oleh khas Sunda ini di beberapa daerah seperti Bogor, Bandung, dan Cimahi.

12. Cireng Kering

Cireng adalah salah satu camilan yang populer di daerah Sunda. Kudapan ini terbuat dari tepung kanji yang dicampur bumbu-bumbu seperti bawang putih, daun bawang, dan garam, kemudian digoreng hingga crispy.

13. Intip

Intip adalah sejenis makanan ringan yang terutama berasal dari daerah Sunda. Camilan ini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang dicampur kelapa parut dan gula kelapa.

14. Sale Pisang

Sale pisang terbuat dari pisang yang dikeringkan dan diolah dengan gula. Jajanan ini umumnya dijual dalam kemasan rapat. Rasanya gurih-manis dengan tekstur renyah. 

15. Rengginang

Rengginang adalah kerupuk yang terbuat dari ketan yang dipipil dan digoreng. Kerupuk ini biasanya diolah dengan bumbu tertentu sebelum digoreng. Rasanya gurih dan renyah, serta sering dijual dalam kemasan kedap udara agar awet.

3 Oleh-oleh Khas Sunda Selain Makanan

Tak hanya makanan saja, kamu bisa membawa pulang oleh-oleh khas Sunda yang tak kalah menarik berikut ini:

1. Batik Sunda

Batik Sunda

Sumber: Good News From Indonesia

Batik adalah seni tradisional Indonesia dengan pola dan desain yang indah. Batik Sunda memiliki motif dan warna khas yang mencerminkan budaya dan alam khasnya. 

Beberapa contoh batik Sunda yang bisa kamu bawa pulang adalah batik Cirebon, batik Ciamis, batik Garut, batik Cianjur, dan batik Tasikmalaya. Kamu dapat membelinya dalam bentuk kain meteran, baju batik, atau aksesori seperti syal dan tas. 

2. Kerajinan Rotan

Sunda juga terkenal dengan kerajinan tangan dari rotan. Barang-barang hasil kerajinan ini bisa menjadi oleh-oleh yang unik dan fungsional. Kamu dapat menjumpai berbagai kreasi seperti keranjang, kursi, meja, dan hiasan dinding.

3. Kain Tenun

Kain tenun adalah produk tekstil yang dihasilkan melalui proses tenun tradisional. Sunda memiliki tradisi tenun yang kaya, dan kain tenun Sunda sering dihargai karena keindahan motif dan warnanya. 

Kamu bisa mendapatkan kain tenun dalam bentuk kain meteran, pakaian, selendang, atau taplak meja. 

Baca Juga: Tes Kebiasaan Orang Sunda Asli: Apakah Kamu Melakukan dan Mengatakan 10 Hal Ini?

Selesai Berburu Oleh-Oleh, Saatnya Istirahat di Bobobox!

Istirahat di Bobobox

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat baru. Untuk urusan akomodasi, Bobobox adalah salah satu hotel yang bisa kamu pertimbangkan.

Tersebar di berbagai kota di Indonesia, Bobobox menawarkan tempat yang nyaman untuk singgah setelah seharian jalan-jalan. Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles