Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Subang

18 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Subang yang Oke Banget

Subang dikenal sebagai daerah yang punya segudang wisata alam yang mampu menarik banyak pengunjung dari berbagai daerah.

Nah, selama liburan di daerah tersebut, kamu tentunya tak boleh melewatkan kesempatan membawa pulang oleh-oleh khas Subang untuk orang tersayang di rumah. Sebagai referensi, tengok saja rekomendasi yang Bob rangkum berikut ini!

Sekilas Mengenai Subang

Subang adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang memiliki luas wilayah 1.839,95 kilometer persegi. Kabupaten ini terkenal sebagai daerah penghasil nanas kualitas nomor satu. Wajar saja jika kebanyakan oleh-oleh khas Subang merupakan olahan dari buah nanas.

18 Oleh-Oleh Khas Subang

Berikut sejumlah oleh-oleh khas Subang yang bisa kamu jadikan pilihan.

1. Nanas Simadu khas Subang

Nanas Simadu khas Subang

Foto: lazada.co.id

Nanas simadu adalah buah tangan wajib yang harus kamu bawa pulang ketika singgah di Subang. Hal yang membedakan nanas ini dengan nanas daerah lainnya adalah rasanya yang legit dan manis seperti madu. Tak heran jika Subang dikenal dengan kota nanas, ya!

2. Keripik Nanas

Keripik nanas kerap diburu wisatawan yang sedang berlibur di Subang. Sesuai namanya, camilan ini terbuat dari nanas yang disajikan dengan tekstur yang renyah.

Umumnya, oleh-oleh khas Subang ini dijual dalam kemasan praktis dan dibanderol dengan harga yang ramah di kantong.

3. Dodol Nanas

Dodol Nanas

Foto: satoeasa.com

Berkat hasil bumi berupa nanasnya yang melimpah, banyak sekali oleh-oleh khas Subang yang merupakan olahan dari buah ini.

Selain keripik, ada juga dodol nanas. Cita rasanya manis asam dengan tekstur yang kenyal. Satu kotak camilan ini dipatok mulai dari Rp10.000–20.000.

Baca Juga: 10 Oleh-Oleh Khas Banten untuk Orang Tercinta di Rumah

4. Delipel

Berikutnya ada delipel. Camilan ini merupakan singkatan dari delicious pineapple, yang berarti nanas lezat. Rasa dan kemasannya unik, jadi jangan sampai melewatkan buah tangan satu ini, ya!

5. Bolu Nanas Subang

Bolu Nanas Subang

Foto: koran-gala.id

Olahan nanas berikutnya yang kerap dijadikan buah tangan khas Subang adalah bolu nanas. Bolu ini dikemas dengan kemasan yang cantik dan praktis serta disajikan dalam berbagai pilihan topping.

6. Cokelat Nanas

Oleh-oleh khas Subang lainnya yang wajib kamu bawa pulang adalah cokelat nanas. Makanan ini mengombinasikan buah nanas simadu dengan cokelat sehingga menghasilkan rasa manis dan asam dalam satu gigitan.

7. Sirup Nanas

Tak hanya jadi makanan lezat, buah nanas simadu khas Subang juga diolah menjadi minuman yang nikmat dan menyegarkan berupa sirup. Sirup nanas asli Subang ini dikemas menggunakan botol cantik dan uniknya tidak diberi tambahan gula sama sekali.

Bobocabin Bobobox

8. Pinadrink

Pinadrink adalah oleh-oleh khas Subang yang berasal dari olahan rasa buah nanas. Dalam proses pembuatannya, minuman ini tidak dicampurkan dengan tambahan gula. Meski begitu, rasanya manis murni yang tentunya lebih sehat dan menyegarkan.

9. Abon Jantung Pisang

Abon Jantung Pisang

Foto: Mak Win via Cookpad

Umumnya, abon terbuat dari daging sapi dan parutan kelapa. Namun, kamu bakal dibuat takjub dengan abon khas Subang. Pasalnya, abon di daerah ini terbuat dari jantung pisang. 

Karena bahannya berbeda, cita rasa abon ini pun tergolong unik meski teksturnya tidak jauh beda dengan abon daging sapi.

10. Gitrek Singkong

Gitrek singkong adalah kuliner lezat Subang yang tak boleh terlewatkan. Camilan ini terbuat dari potongan singkong yang kemudian dicampur kencur. Perpaduan kedua bahan ini menghasilkan cita rasa yang unik dan dijamin membuatmu ketagihan sejak gigitan pertama.

11. Gepuk Daging

Foto: Eni henie via Cookpad

Pencinta olahan daging sapi tak boleh melewatkan kesempatan emas menjajal gepuk daging khas Subang. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang dicampur aneka rempah pilihan sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang menggoda.

12. Rambutan Kalijati

Sedang berada di daerah Kalijati, Kabupaten Subang? Sebelum pulang, sempatkan diri untuk membeli rambutan khas daerah ini. Sebagai salah satu wilayah penghasil rambutan, buah yang dihasilkan di sini sangat manis.

13. Tutut Soding

Tutut Soding

Foto: subang.madingmu.com

Tutut soding adalah oleh-oleh unik berikutnya. Makanan ini terbuat dari keong yang sudah dicuci bersih. Keong lalu dicampur dengan bumbu pilihan seperti laos, jahe, kunyit, sereh, gula, bawang merah, dan bawang putih serta dimasak sekitar 20 menit. 

14. Oncom Dawuan Subang

Jika liburan ke daerah Dawuan, Subang, adalah kesempatan membeli oleh-oleh berupa oncom. Oncom dawuan Subang terbuat dari kacang tanah berkualitas, yang nantinya diolah sedemikian rupa untuk menghasilkan cita rasa yang menggugah selera.

15. Tape Ketan

Tape ketan terbuat dari beras ketan yang telah dikukus sampai matang lalu dibiarkan dingin. Kudapan ini diberi ragi untuk kemudian melalui proses fermentasi hingga teksturnya berubah lunak. Ketika dicoba, kamu akan merasakan rasa yang sedikit manis.

16. Ikan Lapan Krispi

Ketika berlibur ke Subang atau tepatnya daerah Pantura, kemungkinan besar kamu tidak asing saat melihat jajaran pedagang menawarkan ikan lapan krispi.

Ikan lapan krispi terbuat dari bahan dasar ikan dan hadir dengan beragam rasa, seperti keju, barbeku, balado, dan orisinal. Nantinya, kamu tinggal memilih sesuai selera!

17. Papais Cisaat

Papais Cisaat

Foto: jadesta.kemenparekraf.go.id

Papais terbuat dari olahan tepung beras dan gula aren yang dibungkus daun bemban. Rasa papais manis dan lezat. Untuk membeli oleh-oleh khas Subang ini, coba arahkan kendaraanmu ke Cisaat, tempat papais banyak diproduksi.

18. Kerupuk Miskin

Kerupuk miskin atau kerap dikenal dengan sebutan kerupuk melarat adalah oleh-oleh khas Subang lainnya yang bisa kamu pertimbangkan.

Kerupuk ini terbuat dari aci yang kemudian diberi aneka warna mencolok. Penamaan melarat atau miskin pada kerupuk ini berasal dari cara pengolahannya, yakni dimasak dengan pasir alih-alih minyak.

Baca Juga: Lezat dan Unik, 25 Pilihan Oleh-Oleh Khas Makassar

Ingin Liburan di Tengah Alam? Bobocabin Jawabannya!

Pegunungan bersama Bobocabin

Seharian mengeksplorasi tempat wisata dan mencari oleh-oleh tentu membuatmu lelah. Supaya tenagamu pulih, kamu perlu memilih penginapan yang ditunjang dengan fasilitas mumpuni, seperti Bobocabin.

Penginapan berkonsep elevated camping ini hadir untuk menemani tidurmu di tengah lanskap alam yang menenangkan. Untuk Jawa Barat, kamu bisa memilih lokasi seperti Puncak, Cikole, Pangalengan, hingga Pangandaran.

Yuk, unduh aplikasinya dan amankan kabinmu segera!

 

Penulis: Emier

Foto header: Carlo Martin Alcordo via pexels.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles