Oleh-oleh Khas Solo yang Kekinian

Sehabis Liburan, Wajib Rasanya untuk Membeli 15 Oleh-oleh Khas Solo yang Kekinian

Setiap musim liburan, Kota Solo menjadi salah satu destinasi traveling yang ramai pengunjung. 

Selain karena ragam aktivitas dan tujuan yang dapat kamu kunjungi, harga yang terbilang murah juga menjadi alasan populernya Kota Solo.

Kalau kamu tertarik mengunjungi Kota Solo di waktu liburan nanti, saatnya mengintip apa saja yang akan menantimu di kota tersebut. Cari tahu juga ragam oleh-oleh khas Solo kekinian untuk buah tangan sahabat dekat dan kerabat di rumah.

Sekilas Tentang Solo

Sekilas Tentang Solo

Sumber: surakarta.go.id

Kota Surakarta atau lebih dikenal sebagai Kota Solo adalah salah satu kota di Jawa Tengah. Nama Surakarta berasal dari dua kata bahasa Jawa, yaitu “sura” yang artinya ‘keberanian’ dan “karta” yang artinya ‘makmur’.

Masyarakat lebih mengenal kota ini dengan nama Kota Solo karena aspek kultural. Mulanya, kota ini memiliki julukan Sala, yang merujuk pada satu dari tiga dusun yang dipilih oleh Sri Susuhunan Paku Buwana II saat mendirikan istana baru setelah perang suksesi Mataram Islam.

Nah, karena penyebutannya dianggap sulit bagi orang Belanda, sebutan tersebut kemudian berubah menjadi Solo.

Selain dikenal sebagai Kota Solo, kota ini juga dikenal dengan beberapa julukan seperti Kota Batik, Kota Budaya, dan Kota Liwet. Hal ini juga mencerminkan ragam aktivitas yang bisa kamu lakukan di sini.

Belajar membuat batik adalah salah satu opsi aktivitas yang populer di kota kelahiran pelopor batik ini. Kamu bisa kunjungi Kampung Batik Laweyan dan pelajari ragam varian motif dan jenisnya.

Setelah itu, kunjungi juga berbagai tujuan wisata edukasi untuk mencari tahu lebih dalam soal kekayaan budaya dan sejarah kota ini.

Sempatkan juga untuk mencoba ragam kuliner lezat khas Solo yang bikin nagih, seperti liwet, gudeg, serabi solo, dan lain sebagainya!

Baca Juga: Napak Tilas Lewat 7 Destinasi Wisata Sejarah di Solo

15 Daftar Oleh-Oleh Khas Solo yang Kekinian

Liburan tidak lengkap tanpa membawa oleh-oleh untuk sahabat dekat dan keluarga di rumah. Oleh-oleh seolah menjadi syarat wajib untuk membawa sebagian kenangan liburan kembali ke rumah.

Kini, kamu bisa membawa berbagai jenis oleh-oleh khas Solo kekinian yang unik dan sesuai selera semua generasi. Penasaran, kan? Simak tujuh rekomendasi oleh-oleh khas Solo kekinian di bawah ini!

1. Serabi Notosuman Ny. Lidya

Serabi Notosuman Ny. Lidya Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: Perpusda Jateng

  • Lokasi: Jl. Moh. Yamin No.28, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
  • Jam operasional: 05.30–16.00 WIB

Untuk yang pertama ini, para pelancong yang belum pernah mencoba Serabi Notosuman umumnya akan menyebutnya sebagai serabi Solo.

Serabi Notosuman terbuat dari tepung beras, pandan, vanila, gula, santan kelapa, dan garam. Adonan kemudian dimasak dengan wajan kecil dari tanah liat yang ditaruh di atas arang.

Tidak seperti serabi Bandung, serabi Notosuman digulung daun pisang dan rasanya pun cenderung lebih manis.

Terdapat dua jenis varian rasa yang dapat kamu coba, yaitu orisinal dan cokelat. Rasanya yang lezat dan teksturnya yang empuk dijamin bikin kamu nagih!

2. Bakpia Balong

Bakpia Balong Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: Meyrisca via Tripadvisor

  • Lokasi: Jl. Kapten Mulyadi No.17, Sudiroprajan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57121
  • Jam operasional: 07.30–19.00 WIB

Bakpia memang merupakan jenis oleh-oleh yang lebih identik dengan Kota Jogja. Namun ternyata, Kota Solo juga memiliki jenis bakpia yang tak kalah nikmat!

Berdiri sejak tahun 1960, bakpia balong memiliki ukuran yang lebih besar daripada bakpia Jogja pada umumnya.

Rasanya pun cukup beragam. Kamu bisa memesan rasa cokelat, keju, durian, kacang merah, keju, kacang hijau, hingga bakpia isi daging.

3. Kue Mandarijn

Kue Mandarijn Solo Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: Bukalapak

  • Lokasi: Jl. Jend. Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57129
  • Jam operasional: 07.30–20.00 WIB

Kue Mandarijn berbentuk seperti kue bolu lapis dengan warna coklat dan kuning. Oleh-oleh khas Solo kekinian yang satu ini dapat kamu temukan di Toko Roti Orion.

Kue ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit berkat teksturnya yang lembut dan variasi rasanya yang beragam, baik itu orisinal, spesial, dan kismis.

Selain menjual kue mandarijn, Toko Roti Orion juga menjual berbagai jenis kue lainnya. Kamu dapat menemukan berbagai jenis kue basah dan camilan kering seperti keripik, kacang, dan lainnya.

Baca Juga: 7 Rekomendasi Wisata Malam Solo yang Spesial dan Autentik, Tertarik Mampir?

4. Solo Pluffy

Solo Pluffy

Sumber: @carikulinersolo via Instagram

  • Lokasi: Jl. Ronggowarsito No.145, Timuran, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57131
  • Jam operasional: 08.00–20.00 WIB

Kalau kamu ingin mencoba jenis kue yang lebih modern, maka Solo Pluffy adalah pilihan yang lebih tepat untukmu. Kue ini memiliki bentuk lingkaran dengan tiga lapis berisi krim sesuai varian rasa.

Didirikan oleh selebriti Jessica Mila, Solo Pluffy menawarkan kue dengan berbagai rasa seperti orisinal, choco crunchy, double choco, red velvet, dan bluberi.

5. Abon Mesran

Abon Mesran Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: my-best.id

  • Lokasi: Jl. Kalilarangan No.71, Jayengan, Kec. Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57152
  • Jam operasional: 07.30–17.30 WIB

Nah, kalau oleh-oleh yang satu ini tidak boleh dilewatkan para pencinta kuliner asin!

Abon sendiri merupakan jenis makanan kering yang terbuat dari daging yang telah direbus, disayat-sayat, dibumbui, digoreng, dan dipres.

Abon Mesran memiliki dua jenis abon, yaitu abon sapi dan abon ayam. Karena jenis makanan ini cukup tahan lama, kamu pun bisa memberikannya dalam jumlah yang banyak kepada teman maupun keluarga terdekat!

6. Solo Floss Roll

Solo Floss Roll

  • Lokasi: Jl. Ir. Soekarno No.2B, Bangorwo, Kwarasan, Kec. Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57552
  • Jam operasional: 06.00–21.00 WIB

Masih seputar abon, Solo Floss Roll merupakan hasil olahan abon yang menjadi filling roti gulung.

Nah, Solo Floss Roll ini adalah jenis oleh-oleh yang mudah dikonsumsi dan mengenyangkan, sehingga kamu juga dapat menjadikannya bekal perjalanan setelah selesai menjelajahi Kota Solo.

7. Klengkam Solo

Klengkam Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: Putri Umar via yummy.co.id

Oleh-oleh khas Solo kekinian terakhir yang wajib kamu coba adalah Klengkam! Klengkam atau kering kentang merupakan jenis menu olahan kentang yang diiris tipis-tipis, diberi bumbu rempah, lalu digoreng kering.

Klengkam dapat kamu konsumsi sebagai camilan, tapi juga cocok sebagai pendamping nasi. Jenis oleh-oleh ini mudah ditemukan di berbagai pusat oleh-oleh Solo.

Baca Juga: Nginap di Bobobox Slamet Riyadi? Sempatkan Mampir ke 7 Tempat Wisata Ikonik Solo Ini

8. Pukis Badran

Pukis Badran Oleh Oleh Khas Solo

Sumber: Fisol Fesi via Google Maps

Lokasi: Jl. Kenanga No.25, Purwosari, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57142

Jam Operasional: 09.00–21.00 WIB

Pukis memang salah satu jajanan tradisional yang banyak digemari di Indonesia, dan keberagaman rasa yang ditawarkan di tempat ini tentu menjadi daya tarik tersendiri.

Bagi para penggemar kuliner tradisional Indonesia atau wisatawan yang berkunjung ke Solo, mencoba pukis dari Pukis Badran bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan. Selain itu, ini juga merupakan cara yang baik untuk mendukung warung lokal yang menjaga tradisi kuliner Indonesia tetap hidup.

9. Kaos Khas Solo

Kaos Khas Solo

Sumber: osydhia eka via Google Maps

Lokasi: Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Operasional: 09.00-16.00 WIB

Toko Klamben di Pusat Grosir Solo, Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta, Jawa Tengah, sepertinya menjadi tempat yang menarik untuk mencari oleh-oleh berupa kaos khas Kota Solo.

Dengan desain unik dan tulisan yang menggambarkan identitas Kota Solo, kaos dari Toko Klamben tentu bisa menjadi kenang-kenangan bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini.

Harga yang terjangkau, berkisar antara 80 hingga 100 ribuan rupiah, membuatnya menjadi pilihan yang baik untuk membeli oleh-oleh tanpa harus mengeluarkan banyak uang.

10. Roti Kecik Ganep

Roti Kecik Gane

Sumber: Sang Hapsari AKP via Google Maps

Lokasi: Jl. Sutan Syahrir No.176, Setabelan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah

Jam Operasional: 07.00-21.00 WIB

Toko Ganep Tradisi Solo dengan roti keciknya memang punya sejarah panjang sebagai tempat beli oleh-oleh khas Solo yang legendaris.

Nah, roti kecik ini dibuat dari beras ketan, rasanya gurih dan manis, tapi yang bikin unik, teksturnya keras. Tidak heran, roti kecik ini tahan lama, jadi bagus buat dibawa pulang sebagai oleh-oleh kota Solo.

Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp.6.500,- sampai Rp.49.000,-, jadi bisa disesuaikan sama budget kamu.

11. Intip Solo

Intip Solo

Sumber: Pemerintah Kota Surakarta

Lokasi: Pasar Gede Solo

Jam Operasional: 24 jam

Intip Solo, sebuah makanan legendaris yang tetap eksis hingga saat ini, menjadi salah satu oleh-oleh khas Solo yang patut dicoba.

Makanan tradisional ini terbuat dari kerak nasi yang dikeringkan lalu digoreng, hampir mirip dengan rengginang.

Di Solo, terdapat dua varian rasa intip yang menarik, yaitu intip polos dan intip dengan siraman gula Jawa cair. Intip polos menawarkan cita rasa gurih yang lezat, sementara intip dengan gula Jawa lebih menonjolkan kelezatan manisnya.

Salah satu penjual intip yang terkenal di Solo adalah Mbah Boniyem, yang telah menjalankan usaha ini sejak tahun 1945. Meskipun Mbah Boniyem telah tiada, rasanya yang melegenda tetap bisa dinikmati melalui penerusnya.

Harganya terjangkau, sekitar Rp25.000 sehingga cocok sebagai oleh-oleh khas Solo yang unik dan lezat.

12. Emping Melinjo

Emping

Sumber: Wikipedia

Lokasi: Seluruh Toko Pusat Oleh-Oleh Solo:

Camilan yang terbuat dari biji melinjo ini memiliki cita rasa yang gurih dengan sentuhan pahit yang khas. Di Kota Solo, kamu dapat menemukan beragam toko dan pusat oleh-oleh yang menjual Emping Melinjo dalam tiga varian rasa yang berbeda, yaitu asin, manis, dan pedas.

Sebagai camilan yang populer, Emping Melinjo merupakan pilihan yang sempurna sebagai oleh-oleh yang wajib kamu bawa pulang.

Kamu bisa mengunjungi pasar atau toko oleh-oleh yang tersebar di Kota Surakarta untuk mendapatkan camilan yang lezat ini dan membawanya pulang sebagai kenang-kenangan atau untuk berbagi dengan teman dan keluarga.

13. Balung Kethek

Balung Kethek, Ternyata Tak Seseram Namanya

Sumber: Kebudayaan Kemendikbud

Balung Kethek, oleh-oleh khas Solo yang memiliki nama unik “tulang monyet,” sebenarnya terbuat dari bahan dasar singkong.

Nama “tulang monyet” disandangnya karena tekstur makanan ini begitu keras sehingga mengingatkan pada tulang. Kekerasannya ini bahkan bisa membuat orang meringis saat menggigitnya.

Camilan ini memiliki bentuk yang panjang dan tebal, mirip dengan keripik singkong. Awalnya, Balung Kethek hanya tersedia dalam rasa original, tetapi sekarang kamu dapat menemukan beragam varian rasa seperti balado, pedas, keju, manis, ayam bakar, atau jagung manis.

Harganya pun terjangkau, sekitar Rp10.000 hingga Rp15.000, menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh khas Solo yang menarik untuk dibawa pulang atau dinikmati saat berlibur di kota ini.a.

14. Rambak Petis

Rambak Petis

Sumber: Nama Alias via Google Maps

Lokasi: RT.01/RW.11, Jagalan, Kec. Jebres, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57124

Jam Operasional: 06.00-21.00 WIB

Oleh-oleh ini terbuat dari kulit sapi yang diolah menjadi kerupuk dengan cita rasa gurih dan tekstur yang renyah.

Biasanya, masyarakat Solo menyantap Rambak Petis ini dengan sambal petis untuk memberikan rasa pedas yang memukau.

Untuk mendapatkan Rambak Petis, kamu bisa mengunjungi toko oleh-oleh di Jalan Kalikuantan, Jagalan, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta.

Di sana, terdapat dua penjual kerupuk Rambak yang populer di kalangan wisatawan, yaitu Rambak Petis Pak Dul dan Rambak Petis Wirjodihardjo.

15. Kerupuk Karak

Kriuk Renyah Kerupuk Karak yang Gurih dari Solo

Sumber: Detik Food

Kerupuk karak merupakan camilan yang terbuat dari nasi yang telah diolah dengan bumbu dan dihaluskan.

Seperti kerupuk pada umumnya, Kerupuk Karak memiliki tekstur yang renyah dan cita rasa yang gurih, sehingga sering juga disantap sebagai lauk atau pengganti kerupuk biasa di warung-warung makan.

Camilan ini memberikan pilihan unik bagi para pengunjung yang ingin membawa pulang oleh-oleh yang berbeda dari Solo, yang tidak hanya lezat tetapi juga dapat bertahan lama.

Berencana Berlibur ke Solo? Yuk, Menginap di Bobobox Slamet Riyadi!

Menginap di Bobobox Slamet Riyadi

Ingin liburan ke Kota Solo tanpa menguras kantong? Bobobox Slamet Riyadi adalah solusi akomodasi hemat dan nyaman untuk kamu!

Terletak di area Jalan Slamet Riyadi, kamu akan mudah mencapai berbagai tujuan wisata legendaris di Kota Solo. Tak hanya itu, kamu juga dapat mencoba berbagai kuliner lezat di area tengah kota ini.

Mengusung konsep modern, Bobobox adalah solusi menginap yang aman dan nyaman dengan harga terjangkau. Sistem kode QR menjamin keamanan pod, dan istirahat pun kian nyaman dengan fitur pengaturan cahaya khas Bobobox.

Tunggu apa lagi? Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles