Oleh Oleh Khas Jakarta Selain Makanan - Miniatur Bajaj

Oleh-Oleh Khas Jakarta Selain Makanan: 10 Pilihan Suvenir yang Beragam

Jakarta memang salah satu surga kuliner di Indonesia. Bagaimana tidak? Sebagai pusat perekonomian dan bisnis di Indonesia, kota ini sudah pasti tersedia ragam kuliner yang tak ada habisnya.

Entah itu kuliner tradisional khas Betawi seperti roti buaya dan dodol betawi, maupun beragam makanan kekinian dan mancanegara, semua ada di Jakarta. Namun, selain makanan, oleh-oleh apa lagi ya, yang bisa dibawa pulang ke kampung halaman?

10 Oleh-Oleh Khas Jakarta Selain Makanan

Berikut ini adalah panduan oleh-oleh khas Jakarta selain makanan yang bisa kamu pilih.

1. Miniatur Ondel-Ondel

Miniatur Ondel-Ondel

Sumber: Sarinah Indonesia via Pinterest

Ondel-ondel adalah boneka besar dengan tinggi sekitar 2,5 meter dan lebar sekitar 80 sentimeter. Kamu bisa menjumpai kesenian khas Betawi ini di jalan-jalan Jakarta, hotel, tempat makan, atau di acara besar seperti festival dan pesta rakyat.

Miniatur ondel-ondel banyak dijual sebagai oleh-oleh khas Jakarta. Kamu bisa membelinya di toko khusus oleh-oleh atau di pusat perbelanjaan.

Bobobox Maximum Comfort Banner

2. Topeng Ondel-Ondel

Topeng Ondel-Ondel

Sumber: OzZa-IcHa Souvenir via YouTube

Selain miniatur, topeng ondel-ondel juga menarik untuk dijadikan pajangan di rumah. Kamu juga bisa membelikan kerabatmu oleh-oleh berupa topeng ondel-ondel dari berbagai pusat oleh-oleh di Jakarta.

3. Miniatur Monas

Miniatur Monas

Sumber: Space Grosir via Shopee

Monumen Nasional (Monas) adalah monumen ikonis di Jakarta yang melambangkan sejarah perjuangan para pahlawan rakyat Indonesia di Jakarta.

Kamu bisa membeli miniatur Monas di toko oleh-oleh atau di Lenggang Jakarta saat berkunjung ke Monas. Miniatur Monas akan cantik sekali melengkapi dekorasi rumah!

4. Kaos Jakarta

Kaos Jakarta

Sumber: satubaju.com

Oleh-oleh khas Jakarta selain makanan lainnya yang bisa kamu jadikan buah tangan adalah kaos Jakarta. Oleh-oleh yang satu ini bisa kamu temui di berbagai pusat perbelanjaan di Jakarta.

Umumnya, kaos ini bergambar monas, bajaj, atau peta Jakarta. Namun, ada banyak sekali ragam pilihan desain gambar dan tulisan lainnya yang bisa kamu pilih. 

Baca Juga: Nggak Hanya Gedung Saja, Ini 7 Wisata Jakarta Nuansa Alam yang Patut Dicoba

5. Magnet Kulkas

Magnet Kulkas

Sumber: Patung House via Bukalapak

Kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh berupa magnet kulkas khas Jakarta yang lucu-lucu, lho! Kalau butuh membeli oleh-oleh dalam jumlah yang banyak, mungkin magnet kulkas bisa jadi pilihan yang tepat untukmu. 

Selain karena bentuknya lucu dan unik, ukuran magnet ini pun kecil sehingga mudah dikemas dalam jumlah banyak. 

6. Kebaya Encim

Kebaya Encim oleh oleh khas Jakarta

Sumber: zalora.co.id

Kebaya encim adalah kebaya khas orang Betawi, yang merupakan salah satu bentuk akulturasi menarik antara budaya Tionghoa dan Indonesia.

Ciri khas utama kebaya encim dapat dikenali dari tampilan depannya yang meruncing, plus perpaduan warnanya yang cerah dan cenderung mencolok. 

Kebaya encim biasanya dipadukan dengan bawahan kain sarung yang dihiasi motif batik tumpal, juga dilengkapi dengan selendang dan kerudung.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jakarta yang Ikonik Sejak Zaman Dahulu

7. Gantungan Kunci

Gantungan Kunci

Sumber: Sancraft via Tokopedia

Selain magnet kulkas, jika kamu ingin membeli oleh-oleh dengan jumlah banyak, kamu juga bisa membawa pulang gantungan kunci dengan desain khas Jakarta.

Banyak yang menjual gantungan kunci dengan desain Monas, Kota Tua Jakarta, Keong Mas TMII, ondel-ondel, dan masih banyak lagi. Kamu bisa menemukan suvenir ini di pusat perbelanjaan, toko oleh-oleh, dan di tempat-tempat wisata di Jakarta.

8. Miniatur Bajaj

Miniatur Bajaj - Oleh-Oleh Khas Jakarta Selain Makanan

Sumber: Milo Boba via Lazada

Bajaj merupakan transportasi yang identik dengan Jakarta sebab alat transportasi ini banyak sekali ditemukan di Jakarta sejak tahun 1970-an.

Miniatur bajaj adalah oleh-oleh khas Jakarta selain makanan lainnya yang bisa kamu bawa pulang. Bentuk bajaj yang unik selalu menarik perhatian—teman-teman dan keluarga yang menerima oleh-oleh miniatur bajaj pasti akan senang, terutama anak-anak.

Baca juga: Tempat-Tempat Favorit untuk Membeli Oleh-oleh di Jakarta

9. Pangsi Betawi

Pangsi Betawi

Sumber: @RedOrangeMerch via Twitter

Pangsi Betawi merupakan pakaian tradisional yang sering dipakai oleh para laki-laki jawara Betawi. Kostum yang merupakan hasil pengaruh dari budaya Tionghoa ini terdiri dari celana pangsi dan baju tikim, serta atribut peci, ikat pinggang besar, serta sarung di leher.

Pakaian yang biasa dikenakan oleh pesilat Betawi ini juga kerap dijadikan oleh-oleh dari Jakarta, lho.

10. Batik Betawi

Batik Betawi - Oleh-Oleh Khas Jakarta Selain Makanan

Sumber: indonesia-tourism.com

Ciri khas batik Betawi ada pada motifnya yang dikembangkan dari bentuk segitiga sama kaki dengan sudut lancip yang saling terhubung. Motif-motif yang dihasilkan mencakup motif penari cokek, tumpal, mancungan, dan pucuk rebung.

Motif-motif ini selanjutnya dielaborasi dan dikelompokkan menjadi beragam desain, termasuk elemen-elemen flora, fauna, pola geometris, seni tradisional, struktur ikonis dan bersejarah, hidangan tradisional, cerita rakyat, hingga permainan anak.

Batik dengan ragam hias yang unik dan cantik ini cocok dijadikan oleh-oleh untuk keluarga dan teman-teman.

Baca Juga: Mari Menatap Masa Lalu Jakarta di 4 Kampung Betawi Ini

Istirahat Nyaman dan Terjangkau di Bobobox Kota Tua Jakarta!

lorong pods

Sumber: bobobox.com

Hotel Kapsul Bobobox Kota Tua Jakarta adalah solusi buat kamu yang mencari penginapan yang nyaman, dekat pusat perbelanjaan, dan harganya terjangkau. Cukup dengan berjalan kaki saja, kamu dapat mengunjungi berbagai tujuan kuliner dan wisata di sekitar area penginapan dengan mudah.

Unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut, ya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles