oleh oleh khas cikarang

12 Pilihan Oleh-Oleh Khas Cikarang yang Cocok untuk Keluarga Tercinta

Cikarang terletak di perbatasan antara Bekasi dan Karawang. Tempat ini tidak hanya dikenal sebagai pusat industri, tapi juga memiliki beragam oleh-oleh yang tidak boleh dilewatkan. 

Bagi kamu yang merencanakan jalan-jalan bersama keluarga ke Cikarang, belum lengkap rasanya jika tidak membawa pulang oleh-oleh khas daerah industri ini.

Kalau kamu masih bingung harus mencari oleh-oleh seperti apa, simak ulasan berikut untuk mengetahui rekomendasi oleh-oleh khas Cikarang yang patut dicoba.

12 Jenis Oleh-Oleh Khas Cikarang

Meski Cikarang didominasi oleh pabrik dan industri, kota ini juga menawarkan beragam jajanan dan produk yang bisa dijadikan oleh-oleh. Beberapa oleh-oleh khas Cikarang yang terkenal antara lain:

1. Kue Akar Kelapa

Kue Akar Kelapa

Sumber: cookpad.com

Kue akar kelapa merupakan kudapan yang sering dikonsumsi dalam budaya Betawi. Terkenal dengan bentuknya yang melengkung menyerupai akar pohon, kue ini menarik karena memiliki tekstur yang garing dan renyah sehingga nikmat disantap.

Selain itu, kelezatan santan yang gurih berpadu sempurna dengan manisnya gula menjadikan akar kelapa pilihan tepat sebagai oleh-oleh.

2. Kue Sagon

Kue Sagon

Sumber: Fimela

Jalan-jalan ke Cikarang belum lengkap jika belum mencoba kue sagon. Gurihnya sagu dipadukan dengan rasa manis dari kelapa dan gula menjadikan kue ini primadona di berbagai acara.

Kue ini juga enak dijadikan sebagai camilan karena teksturnya yang renyah di luar tapi lumer ketika dimakan. Tidak heran jika kue sagon sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Cikarang.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Bekasi Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi!

3. Kue Duit

Kue Duit

Sumber: Traveloka.com

Seperti namanya, kue duit ini memiliki bentuk bundar menyerupai kepingan uang. Kue ini merupakan makanan ringan yang dibuat dengan bahan dasar tepung, gula, dan telur.

Meskipun terbuat dari bahan-bahan sederhana, kue ini sering disajikan sebagai camilan. Baik dari menyambut tamu hingga bersantai, kue duit ini cocok dinikmati dalam segala keadaan.

Karena teksturnya renyah dan garing, kue ini sering dibeli sebagai buah tangan karena awet dan tidak cepat rusak.

4. Rengginang

Rengginang

Sumber: media.sukabumiupdate.com

Rengginang adalah sejenis kerupuk tebal yang terbuat dari beras ketan. Beras ketan dibentuk bulat dan dijemur dibawah panas matahari, lalu digoreng dalam minyak panas. Kudapan ini sering dipilih sebagai oleh-oleh karena tahan lama dan mudah dibawa.

5. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Sumber: Kompasiana.com

Salah satu makanan khas Cikarang yang harus dicoba adalah bandeng rorod. Makanan ini berupa bandeng asap lezat yang durinya telah dibersihkan agar mudah dinikmati semua orang. 

Variasi rasa bandeng rorod beragam, mulai dari yang biasa hingga yang pedas, membuatnya cocok untuk berbagai selera dan disajikan saat acara keluarga. Tidak mengherankan jika bandeng rorod adalah oleh-oleh favorit dari Cikarang. 

6. Wajik Ketan Hitam

Wajik Ketan Hitam

Sumber: infobdg.com

Kenyal, manis, gurih, dan lezat. Wajik ketan hitam adalah salah satu kudapan khas Cikarang yang wajib kamu coba. Kue ini dibuat dari campuran beras ketan hitam, santan, dan gula.

Menariknya, di Cikarang, kue wajik menjadi simbol perekat silaturahmi karena teksturnya yang kenyal dan lengket. Kue ini termasuk dalam jajaran kue basah, jadi simpanlah dengan cermat dan jangan terlalu lama karena bisa cepat rusak.

Baca Juga: Trans Snow World Juanda: Surga di Tengah Teriknya Matahari Bekasi

7. Bir Pletok

Bir Pletok

Sumber: pinterpolitik.com

Meskipun namanya mengandung kata “bir”, minuman satu ini tidak memiliki kandungan alkohol sama sekali, lho! Alih-alih, bir pletok merupakan minuman sehat segudang manfaat yang wajib kamu coba.

Bir pletok dibuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, kapulaga, dan kayu secang. Minuman ini memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh, menyembuhkan masuk angin, meredakan pegal linu, hingga melancarkan peredaran darah.

8. Kue Telur Gabus

Kue Telur Gabus

Sumber: detikFood

Salah satu camilan khas Betawi yang harus kamu coba saat mengunjungi Cikarang adalah kue telur gabus. Nama ini sebenarnya berasal dari bentuknya yang menyerupai telur ikan gabus—kecil, lonjong, dan meruncing. Jadi, tidak ada kandungan telur apa pun di kue ini, ya!

Rasa kue ini gurih dengan tekstur yang renyah, dijamin akan membuat ketagihan. Selain itu, terdapat juga varian keju yang banyak dijumpai di pasaran.

9. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Sumber: tempatwisataseru.com

Oleh-oleh khas Cikarang lainnya yang tidak boleh lupa kamu coba adalah kue kembang goyang. Nama kue ini merujuk pada bentuknya yang menyerupai bunga atau kembang. Proses pembuatannya pun unik; kue digoyang-goyang saat digoreng agar terlepas dari cetakan.

Tekstur kue ini garing dan renyah. Paduan santan dan gulanya sukses memberikan cita rasa manis dan gurih yang pas. Dijamin, kamu akan nagih terus saat menyantap kudapan satu ini!

Bobocabin Bobobox

10. Dodol Betawi

dodol betawi

Sumber: Travel Kompas

Dodol Betawi cocok dijadikan oleh-oleh karena rasanya manis dan teksturnya lembut. Penganan dari ketan dan gula kelapa ini umumnya dimasak dalam waktu cukup lama dan hati-hati agar tercapai konsistensi yang sempurna.

Dengan berbagai varian rasa mulai dari ketan hitam hingga durian, setiap gigitan Dodol Betawi dijamin akan membuatmu ketagihan. Kalau kamu sedang ke Cikarang, jangan lupa untuk mencoba olahan dodol ini, ya!

11. Biji Ketapang

Biji Ketapang

Sumber: detikFood

Pada zaman dahulu, daerah tanah Betawi banyak ditumbuhi oleh pohon ketapang. Karena itu, ada banyak kue biji ketapang yang bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Cikarang. 

Kue ini terbuat dari tepung terigu, margarin, santan, garam, gula pasir, dan ekstrak vanili. Adonan dibentuk kecil-kecil menyerupai biji ketapang. Kudapan ini sering ditemukan di berbagai perayaan hari besar seperti Lebaran.

Baca Juga: 5 Jenis Biji-bijian yang Baik untuk Kesehatanmu!

12. Kue Cucur

Kue Cucur

Sumber: Cookpad.com

Kue cucur khas Bekasi berbentuk bulat dengan tonjolan di tengahnya. Kue ini dibuat dengan campuran tepung beras dan gula aren yang digoreng. Perpaduan rasa manis, gurih, dan legitnya menjadikan kue ini makanan andalan untuk berbagai acara maupun sebagai camilan.

Baca Juga: Bekasi Pride! Ini Dia Fakta Keren Kota Bekasi yang Nggak Kamu Ketahui

Menginap di Cikarang? Hotel Kapsul Bobobox Aja!

Menginap di Cikarang Hotel Kapsul Bobobox Aja!

Sebenarnya, masih sangat banyak olahan oleh-oleh yang tidak kalah menarik. Oleh karena itu, kamu bisa datang sendiri ke Cikarang untuk mencari tahu langsung sendiri, ya!

Jika kamu ingin berpetualang ke Cikarang, jadikan Bobobox Mega Bekasi sebagai tempatmu menginap. Dengan fasilitas lengkap dan lokasi strategis, perjalananmu di Cikarang akan semakin praktis.

Yuk, pesan segera kamarmu lewat aplikasi Bobobox!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles