Strudel Bogor

Wajib Tahu! 20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bogor yang Tahan Lama

Meski identik dengan hujan dan keindahan alamnya, Bogor juga menyimpan kekayaan kuliner yang tak kalah menarik. Dari berbagai jenis makanan dan camilan yang ditawarkan, oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama selalu menjadi incaran para wisatawan. 

Terlebih lagi, inovasi dalam pengolahan dan pengemasan telah menghadirkan berbagai jenis oleh-oleh yang tahan lama. Hal ini tentunya memudahkan para pengunjung untuk membawanya pulang dan menikmatinya dalam jangka waktu yang lebih panjang. 

20 Oleh-Oleh Khas Bogor yang Tahan Lama

Jika kamu sedang berlibur ke Bogor dan ingin membawa pulang oleh-oleh yang tahan lama, berikut adalah 20 pilihan yang bisa kamu pertimbangkan.

Baca Juga: 25 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bogor di Cibinong

1. Strudel Bogor 

Strudel Bogor

Sumber: qraved via Fimela

Strudel paling populer di Bogor adalah strudel isian apel. Selain itu, variasi lain seperti pisang, cokelat, dan keju juga sangat digemari. Tekstur kulit strudel yang renyah dengan isian buah yang manis membuat setiap gigitan strudel Bogor jadi menyenangkan!

2. Asinan Bogor

Asinan terbuat dari buah-buahan atau sayuran yang diawetkan dengan cara difermentasi. Asinan Bogor biasanya menggunakan bahan-bahan seperti mangga muda, nanas, dan jambu air yang disajikan dengan bumbu kacang dan cabai. 

Kini, dengan teknologi pengemasan modern, asinan bisa dinikmati dalam bentuk kemasan kedap udara. Dengan demikian, asinan yang kamu beli bisa awet beberapa minggu sehingga cocok sebagai oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama.

Bobocabin Bobobox

3. Dodol Ketan Bogor

Dodol adalah makanan manis yang memiliki tekstur kenyal. Kudapan ini terbuat dari bahan dasar beras ketan, gula, dan santan. Beberapa dodol khas Bogor menambahkan susu sehingga rasanya lebih creamy dan legit. 

Dengan kemasan plastik kedap udara, oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama ini bisa kamu bawa pulang tanpa mengurangi kualitas rasanya.

4. Bolu Talas

Menggabungkan rasa manis talas dengan tekstur bolu yang lembut, camilan ini banyak diburu wisatawan. Umumnya, bolu talas juga diberi taburan keju sebagai topping agar rasanya tidak hanya manis, tapi juga gurih.

5. Keripik Talas

Lebih suka camilan yang asin dan gurih dibandingkan manis? Keripik talas bisa jadi pilihan. Keripik ini bahkan memiliki varian rasa pedas yang bikin kamu makin tak bisa berhenti ngemil. 

Baca Juga: 2 Rekomendasi Tempat Outing di Bogor dan Berbagai Kegiatan Favorit

6. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Sumber: Siti Fauziah Alpitasari via Tribunnews Bogor

Tempe adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari fermentasi kedelai. Di banyak daerah di Indonesia termasuk Bogor, tempe diolah menjadi keripik yang kriuk dengan proses penggorengan khusus.

Keripik tempe ini kemudian dikemas dalam kemasan kedap udara agar bisa tahan lama tanpa kehilangan kriuk dan rasa aslinya.

7. Kue Kacang

Kue kacang adalah salah satu kue tradisional yang terbuat dari campuran kacang tanah, tepung, gula, dan telur. Kue ini memiliki tekstur yang renyah dan rasa yang manis dan gurih. 

Dikemas dalam stoples kedap udara, kue kacang mampu bertahan cukup lama tanpa kehilangan kesegarannya.

8. Salak Bogor

Salak Bogor

Sumber: mufidpwt via Pixabay

Kalau kamu mencari oleh-oleh buah segar, kamu bisa membawa pulang buah salak sebagai oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama. Selain buahnya langsung, kamu juga bisa membawa olahan seperti manisan salak maupun keripik buah salak.

9. Brownies Pisang Bogor

Meskipun brownies pisang belum sepopuler kue lapis talas, kudapan ini bisa jadi alternatif oleh-oleh Bogor yang tahan lama. Salah satu merek brownies pisang bisa kamu jumpai di d’fla Cake House yang berlokasi di Jl Pangrango No 3, dekat dengan Taman Kencana.

10. Rengginang

Rengginang adalah makanan kriuk yang terbuat dari beras ketan yang telah digoreng kering. Jika dikemas dengan baik, rengginang mampu bertahan dalam waktu yang lama tanpa kehilangan kualitas rasa dan teksturnya.

11. Ubi Manis

Ubi Manis

Sumber: Alodokter

Saat berkunjung ke Bogor, kamu akan menemukan banyak penjaja ubi manis terutama ubi Cilembu. Ubi ini bisa kamu nikmati dengan dipanggang atau diolah menjadi kue. 

Ubi manis bisa bertahan hingga tiga hari di suhu ruangan. Tertarik membawa pulang ubi manis sebagai oleh-oleh khas Bogor yang tahan lama?

12. Keripik Pisang

Keripik pisang dibuat dari pisang diiris tipis-tipis lalu digoreng hingga kriuk. Keripik ini menawarkan rasa manis alami dari pisang dengan tekstur yang renyah. Pengemasannya menjadikan camilan ini tahan lama dan pas dijadikan oleh-oleh.

13. Keripik Ubi

Keripik Ubi

Sumber: kamranaydinov via Freepik

Baik itu ubi jalar maupun ubi talas, ubi sering diolah menjadi keripik dengan cara diiris tipis-tipis lalu digoreng. Hasilnya adalah camilan dengan tekstur renyah. Dengan pengemasan yang baik, keripik ini bisa tahan untuk jangka waktu lama.

14. PapaPia

Tak banyak yang tahu bahwa Bogor juga memiliki kue pia. Telah berdiri sejak tahun 2008, merek PapaPia menawarkan kue pia dengan rasa yang autentik. Kamu bisa membelinya di Jl. Kol. Ahmad Syam, Bogor. Harganya berkisar antara Rp25.000–30.000 per boks.

15. Emping Melinjo

Emping adalah keripik yang terbuat dari biji melinjo yang telah diolah. Kudapan ini sendiri memiliki rasa gurih dengan jejak pahit. Ketika dikemas dengan baik, emping bisa bertahan dalam waktu lama dan menjadi pilihan oleh-oleh yang disukai.

16. Pisang Sale

Pisang Sale

Sumber: Ratih Ra via Shutterstock

Pisang sale terbuat dari pisang yang telah dijemur hingga kering. Proses pengeringan ini memberikan tekstur yang chewy. Pisang sale biasanya dikemas dalam plastik kedap udara sehingga cukup awet.

17. Sambal Seuhah Bogor

Sambal seuhah adalah salah satu merek sambal khas Bogor yang terbuat dari campuran cabai, garam, dan terasi. Meski dikenal sebagai sambal, teksturnya lebih kering daripada sambal biasa sehingga tahan lama. Kamu bisa menikmatinya sebagai pelengkap menu makan.

18. Peyek Kacang

Peyek Kacang

Sumber: Mufid Majnun via Unsplash

Peyek terbuat dari tepung beras dan kacang yang digoreng hingga kering. Jajanan ini menawarkan kombinasi rasa gurih dari kacang dan tekstur kriuk dari tepung. Dengan pengemasan yang benar, peyek kacang bisa menjadi oleh-oleh Bogor yang tahan lama.

19. Keripik Mbah Gugel

Keripik ini terbuat dari singkong dan dijual dalam berbagai level kepedasan. Tidak hanya keripik singkong, ada juga basreng atau baso goreng yang sensasi pedasnya tak kalah menggugah.

20. Sirup Markisa

Markisa atau passion fruit adalah buah dengan rasa asam dan manis. Di Bogor, markisa sering diolah menjadi sirup dengan campuran gula. Sirup ini dikemas dalam botol yang rapat sehingga tahan lama dan bisa dibawa sebagai oleh-oleh yang menyegarkan.

Baca Juga: Liburan Sambil Edukasi Satwa Lewat Berbagai Aktivitas di Taman Safari Bogor

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin Gunung Mas!

Bobocabin Gunung Mas

Mengunjungi Bogor selalu memberikan kenangan tak terlupakan, terutama saat berburu oleh-oleh khas yang lezat. Setelah berkeliling kota, kamu bisa mencari ketenangan di alam dengan menginap di Bobocabin Puncak Gunung Mas

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

 

Penulis artikel: Intifanny Amandara Putri

Foto header: @jumpabogor via Instagram

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles