Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Lagi Hits

21 Macam Oleh-Oleh Khas Bekasi Kekinian yang Terkenal

Selain menjadi bagian dari provinsi Jawa Barat, Bekasi juga terkenal sebagai penyangga ibu kota Jakarta. Karenanya tak heran jika kawasan satu ini memiliki percampuran budaya, terutama antara Sunda dan Betawi, termasuk dalam hal oleh-oleh.

Kalau kamu berencana singgah di Bekasi, oleh-oleh khas Bekasi yang populer dan kekinian berikut ini bisa menjadi pilihan.

21 Oleh-Oleh Khas Bekasi yang Lagi Hits

1. Bandeng Rorod

Bandeng Rorod

Sumber: @dira.frozenfood via Instagram

Bandeng rorod merupakan olahan bandeng tanpa duri. Duri-duri tersebut ditarik paksa yang dalam bahasa Betawi memiliki sebutan “dirorod”.

Oleh-oleh khas Bekasi ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp30.000 per kotak. Bandeng rorod hanya tahan 24 jam dalam suhu ruang dan enam bulan dalam keadaan beku.

2. Bir Pletok

Bir Pletok

Gambar: @rasya_shop4 via Instagram

Mengingat pengaruh budaya Betawi yang cukup kuat di Bekasi, tidak heran jika bir pletok menjadi salah satu oleh-oleh yang bisa kamu jumpai di sana.

Bir pletok merupakan minuman halal yang terbuat dari beragam rempah seperti jahe, daun pandan wangi, serai, lada, pala, dan kayu secang. Racikan itu menciptakan minuman sehat dengan banyak khasiat untuk kesehatan.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp13.000 per botol.

Baca Juga: 7 Tempat Wisata Sekitar Bekasi Terbaik yang Bisa Kamu Kunjungi!

3. Kue Rangi

Kue Rangi

Gambar: @liao_lio via Instagram

Kue rangi merupakan oleh-oleh khas Bekasi sekaligus jajanan khas Betawi yang terbuat dari parutan kelapa kering dan sagu aren.

Bentuk kue ini tampak seperti kue pancong, hanya saja dengan ukuran yang lebih kecil dan tekstur yang lebih garing. Harga per barisnya sekitar Rp5.000.

Bobobox Maximum Comfort Banner

4. Kue Dongkal

Kue Dongkal

Gambar: @kuedongkal_bekasi via Instagram

Bagi kamu pencinta jajanan basah, kue dongkal bisa masuk daftar oleh-oleh khas Bekasi untuk kamu beli. Dari rasa dan tampilannya, kue ini akan mengingatkanmu pada jajanan khas Sunda bernama “awug”.

Kue dongkal biasanya dimasak dengan menggunakan kukusan bambu sehingga bentuknya mengerucut seperti nasi tumpeng. Rasanya merupakan perpaduan antara manis legit dan gurih, hasil campuran dari tepung beras, parutan kelapa, dan gula merah.

Porsi kecil bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp6.000, sedangkan porsi besar sekitar Rp85.000.  

5. Telur Gabus

Telur Gabus

Gambar: @tri.juliarti via Instagram

Selanjutnya ada telur gabus, kue kering khas Betawi yang rasanya asin gurih dan teksturnya renyah. Meski sudah eksis sejak lama, telur gabus tetap menjadi salah satu oleh-oleh favorit dari Bekasi.

Telur gabus tersedia dalam banyak varian kekinian, termasuk rasa orisinal, keju, dan manis. Oleh-oleh khas Bekasi ini bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp7.000 per 100 gramnya.

6. Bolu Gulung Batik

Bolu Gulung Batik

Gambar: @dhanisatyadharma via Instagram

Bolu gulung batik termasuk salah satu oleh-oleh kekinian yang bisa kamu bawa pulang dari Bekasi.

Kue ini umumnya tersedia dengan beragam varian rasa dan motif batik menarik, termasuk rasa cokelat, green tea, motif parang, hingga motif warna-warni. Per gulungnya bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp75.000–100.000.

Baca Juga: Kamu Harus Banget Coba 6 Restoran Bakso Sekitar Bekasi Berikut Ini!

7. Goreng Garem

Goreng Garem

Gambar: @pawonkungebul via Instagram

Goreng garem merupakan oleh-oleh khas Bekasi yang bisa kamu jadikan teman untuk makan nasi. Oleh-oleh satu ini terbuat dari bawang merah, cabai, dan garam yang digoreng bersama. 

Campuran tersebut menghasilkan ‘sambal kering’ dengan cita rasa pedas gurih yang nikmat. Beberapa penjual juga menambahkan teri, kentang, atau terasi agar rasanya semakin mantap. 

Goreng garem ini biasanya dijual dalam kemasan stoples dengan harga mulai dari Rp20.000-an.

8. Kue Biji Ketapang

Kue Biji Ketapang

Gambar: @sni_snackindonesia via Instagram

Kue biji ketapang merupakan cemilan khas Betawi lainnya yang bisa kamu jadikan oleh-oleh saat berkunjung ke Bekasi.

Camilan satu ini berbentuk lonjong seperti biji buah ketapang dengan warna cokelat keemasan, tekstur renyah, serta rasa manis gurih.

Kamu bisa membeli biji ketapang di toko-toko jajanan atau pusat oleh-oleh dengan harga sekitar Rp10.000 per 100 gram.

9. Akar Kelapa

Akar Kelapa

Gambar: @citra.cakebakery via Instagram

Kue akar kelapa adalah oleh-oleh khas Bekasi lainnya yang kerap menjadi incaran para pelancong.

Bentuk kue asal Betawi ini memang tampak seperti akar pohon kelapa. Rasanya manis gurih dengan tekstur renyah, hasil campuran bahan-bahan seperti tepung ketan putih, kelapa, kuning telur, dan lainnya.

Selain rasa orisinal, hadir juga varian rasa kekinian seperti cokelat dan keju. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp20.000 untuk kemasan kecil.

10. Kue Kembang Goyang

Kue Kembang Goyang

Gambar: @halimqd/Freepik

Terbuat dari bahan dasar tepung beras dan santan, kue kembang goyang memang berbentuk menyerupai bunga. 

Mulanya, kembang goyang hanya memiliki rasa manis dan satu warna saja. Namun, sekarang, kue ini bisa kamu jumpai dalam beragam varian rasa dan warna. Harganya sekitar Rp15.000 untuk kemasan kecil.

Baca Juga: 

11. Dodol Bekasi

Dodol Bekasi

Gambar: @alena_store89 via Instagram

Mengingat banyaknya suku Betawi yang tinggal di Bekasi, dodol Betawi pun menjadi oleh-oleh khas lainnya yang bisa kamu jumpai di sana.

Dodol yang ditawarkan umumnya tersedia dalam aneka rasa, termasuk ketan hitam, ketan putih, dan durian. Pengemasannya bisa dalam bentuk lonjoran, potongan kecil, atau bulatan. 

Harganya mulai dari Rp12.000 hingga ratusan ribu, tergantung ukurannya.

12. Wajik Ketan

Wajik Ketan

Gambar: @verajj via Instagram

Oleh-oleh khas Bekasi lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah wajik ketan. Penganan satu ini terbuat dari ketan hitam, santan, gula pasir, dan gula merah yang membuat warna wajik menjadi kecokelatan.

Jika tertarik membeli, siapkan saja uang sekitar Rp65.00 untuk ukuran satu loyang besar.

Baca Juga: 10 Cafe Instagrammable di Bekasi Hits 2023. Coba, Yuk!

13. Rengginang

Rengginang

Gambar: @mimi_cooking89 via Instagram

Rengginang merupakan salah satu camilan khas Sunda yang bisa kamu bawa sebagai oleh-oleh dari Bekasi.

Camilan ini terbuat dari beras ketan yang telah dibumbui (garam, bawang putih, dan terasi) dan dikukus layaknya nasi. Selanjutnya, rengginang akan dibentuk membulat lalu dijemur di bawah sinar matahari hingga kering dan siap digoreng.

Varian rasanya ada yang gurih dan juga manis. Kamu bisa membelinya di toko oleh-oleh dengan kisaran harga Rp15.000 per lusin.

14. Kue Sagon

Kue Sagon

Gambar: @rismashop_15 via Instagram

 

Kue sagon termasuk salah satu camilan legendaris yang terbuat dari tepung ketan, parutan kelapa, dan gula merah. Bahan-bahan itu akan diolah menjadi adonan lalu dicetak dan dijemur hingga kering. Teksturnya sendiri cenderung rapuh dan segera meleleh saat masuk mulut.

Seiring perkembangan zaman, kue sagon kini telah disulap menjadi camilan kekinian dengan beragam bentuk menarik: oval, bulat, lonjong, kotak, tempurung kura-kura, hingga persegi panjang.

Oleh-oleh khas Bekasi ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp25.000 untuk ukuran 250 gram.

15. Kue Balok

 

Kue Balok

Gambar: @lapakcindo via Instagram

Kue balok kini telah bertransformasi menjadi jajanan kekinian yang bisa kamu jumpai di banyak tempat, termasuk di Bekasi. Salah satu yang menjadi favorit adalah varian cokelat dengan selai cokelat yang lumer di mulut.

Oleh-oleh khas Bekasi ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp2.000-3.000 per buah. Kamu bisa membelinya di warung-warung yang tersebar di pinggir jalan.

16. Kue Cucur

Kue Cucur

Gambar: @tastemadeindonesia via Instagram

Kue cucur merupakan kue khas Betawi yang bisa kamu jumpai di kawasan Jakarta dan sekitarnya, termasuk Bekasi.

Kue ini terbuat dari tepung beras dan gula Jawa yang digoreng. Hasilnya adalah penganan bulat dengan bagian tengah menggembung, tapi tipis di pinggirannya.

Satu buah kue cucur biasanya dihargai mulai dari Rp2.000.

17. Sop Janda

Sop Janda

Gambar: @mamiayucatering via Instagram

Jika kamu ingin membeli oleh-oleh khas Bekasi yang akan langsung dimakan setibanya di rumah, sop janda adalah salah satu pilihan terbaik.

Nama sop janda sendiri merupakan akronim dari sop Jawa Sunda. Makanan satu ini berupa sop iga dengan daging lembut melimpah, serta kuah kaldu gurih pedas dari cabai rawit utuh yang dimasukkan dalam kuah.

Satu porsi sop janda biasanya dapat kamu beli dengan harga Rp70.000.

18. Sayur Gabus Pucung

Sayur Gabus Pucung

Gambar: Ratna indah susanti via Google Maps

Selanjutnya ada sayur gabus pucung, yaitu sajian ikan berkuah hitam layaknya kuah rawon. Makanan ini memang terbuat dari kluwek yang dalam bahasa Betawi disebut pucung.

Rasanya asam gurih menyegarkan, dan cocok banget kamu santap dengan nasi hangat serta lauk tambahan lain, seperti peyek udang dan jengkol goreng. Harga satu porsi biasanya berada di kisaran Rp60.000.

19. Oblok Tongki

Oblok Tongki

Gambar: ayobekasi.net

Oblok tongki adalah kuliner khas Bekasi yang terbuat dari bebek. Dengan kuahnya yang kental, sekilas makanan ini mirip dengan rendang ayam. Rasanya sendiri terbilang gurih dengan sedikit rasa pedas yang tidak akan membuat kamu kewalahan.

Harga per porsinya adalah sekitar Rp35.000.  

20. Kue Kamir

Kue Kamir

Gambar: Kue Kamir Wasmad via Google Maps

Kue kamir atau samir adalah penganan khas Arab yang banyak ditemukan di Kota Bekasi. Kue satu ini berbentuk bulat dengan tekstur lembut, warna kuning kecokelatan, dan rasa manis lezat yang bikin nagih.

Jika tertarik mencoba, kamu bisa menjumpai para pedagang kue kamir di pinggiran jalan. Kue ini biasanya dijual di dalam gerobak dengan harga satuan sekitar Rp1.000–1.500.

21. Kue Duit

21. Kue Duit.

Sumber: bekasi.media

Kue duit adalah jenis kue yang menyerupai lempengan koin, sehingga dikenal sebagai kue duit. Kekhasan kue ini terletak pada teksturnya yang renyah mirip dengan kerupuk atau cone es krim.

Dari segi rasa, kue duit memiliki kelezatan manis dan gurih karena terbuat dari campuran tepung, gula, telur, dan bahan lainnya. Kue duit dapat dijadikan oleh-oleh khas dari Bekasi.

Butuh Menginap di Area Bekasi? Yuk, ke Bobopod!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobobox

Bagi kamu yang perlu singgah menginap di Bekasi, Bobopod Mega Bekasi bisa menjadi pilihan. Lokasinya sangat strategis, yaitu satu kawasan dengan mal Mega Bekasi dan berjarak sekitar 1 km dari Gerbang Tol Bekasi Barat.

Yuk, unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut! 

 

Penulis artikel: Aidah Musyarofah

Foto header: Kompasiana.com

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles