oleh oleh khas batu malang

12 Pilihan Oleh-Oleh Khas Batu Malang yang Wajib Dibawa Pulang

Kawasan Batu di Malang identik dengan wisata alam yang indah dan iklim yang sejuk. Tak heran jika banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai destinasi liburan.

Baik untuk bersantai sejenak atau mengunjungi tempat wisata, Batu adalah pilihan yang tepat  untuk berlibur bersama orang tercinta.

Nah, saat berlibur ke Batu, Malang, tentunya akan kurang lengkap kalau tidak membeli oleh-oleh. Agar tidak pusing-pusing memilih oleh-oleh khas Batu, Malang, yuk simak ulasan lengkap berikut ini!

12 Oleh-Oleh Khas Batu Malang

Tak hanya terkenal dengan banyaknya destinasi wisata menarik, Batu, Malang  juga memiliki banyak produk yang bisa dijadikan oleh-oleh. Berikut adalah rekomendasi oleh-oleh khas Batu, Malang:

Baca Juga: 10 Kuliner Legendaris di Batu, Malang yang Cocok untuk Buka Puasa

1. Apel

Apel

Sumber: Kabar Wisata

Julukan Kota Apel tidak diberikan ke Kota Malang secara cuma-cuma. Pasalnya sejak tahun 1950, perkebunan apel di kawasan Batu, Malang mengalami tingkat pertumbuhan yang semakin tinggi. Tidak heran jika apel menjadi komoditas utama di wilayah ini.

Ada dua jenis apel yang bisa kamu dapatkan. Jika kamu menyukai apel yang lebih manis, kamu bisa membeli apel ,analagi. Namun, kalau kamu ingin apel biasa, kamu bisa membeli apel ana. 

2. Sari Apel

Sari Apel

Sumber: Produk Malangan

Buah Apel khas kota Batu Malang, Jawa Timur merupakan hal iconic dan telah menjadi oleh-oleh khas Malang yang dicari oleh wisatawan. Saat ini, kamu bisa menemukan beragam variasi produk olahan apel khas Kota Batu Malang yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Selain buah apel, kamu juga bisa temukan dan membeli produk olahannya sebagai oleh-oleh. Sari apel adalah produk olahan apel berupa minuman dalam kemasan. Selain nikmat dan segar, sari buah ini juga memiliki khasiat yang sama seperti buah apel dan kaya akan vitamin C.

Kamu bisa menemukan sari buah apel ini di berbagai toko oleh-oleh khas Malang, ya!

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Keripik Tempe

Keripik Tempe

Sumber: Popbela.com

Produk lain yang bisa kamu beli sebagai buah tangan adalah keripik tempe. Seperti namanya, produk ini merupakan hasil olahan dari tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga garing seperti kerupuk.

Makanan ini memiliki tekstur garing dan renyah. Ketika dimakan, kamu akan merasakan rasa gurih yang dijamin akan membuat ketagihan. Jangan lupa untuk mencobanya, ya!

Baca Juga: 22 Pilihan Oleh-Oleh Makanan Khas Malang

4. Keripik Buah

Keripik Buah

Sumber: Kilat

Tidak hanya tempe, kamu juga bisa menemukan berbagai jenis keripik seperti keripik buah. Cara pembuatannya cukup mudah; buah diiris tipis dan dijemur hingga kering, setelah itu digoreng hingga garing.

Olahan buah yang satu ini juga bisa kamu jadikan pilihan sebagai jajanan yang sehat loh!

Beberapa jenis buah yang kerap dijadikan keripik antara lain apel, pisang, mangga, nanas, salak, dan masih banyak lagi. Banyak pilihan, deh!

5. Keripik Ceker

Keripik Ceker

Sumber: Kompas.com

Oleh-oleh khas Batu, Malang lainnya adalah keripik ceker. Seperti namanya, makanan ini merupakan produk olahan dari ceker ayam. Keripik ini dibuat dari kulit ceker ayam yang digoreng sampai kering agar menghasilkan tekstur yang garing dan renyah.

Jika kamu suka ceker, tidak ada salahnya mencoba camilan satu ini saat berkunjung ke Batu, Malang, dan membelinya sebagai oleh-oleh.

6. Olahan Ketela

Olahan Ketela

Sumber: dimanaja.com

Selain apel, Batu juga terkenal dengan hasil umbi-umbiannya. Beberapa umbi yang banyak diolah antara lain ubi ungu dan ketela pohon.

Ketela yang tampak sederhana ini disulap menjadi berbagai olahan yang tidak biasa. Produk olahan ubi ungu dan ketela pohon yang tersedia juga cukup bervariasi, seperti es krim, nuget, keripik, dan bahkan piza dengan bahan dasar umbi-umbian!

Jika kamu ingin mencoba rasa unik ini, jangan lupa membelinya ketika sedang main ke Batu, Malang, ya!

7. Pia Mangkok

Pia Mangkok

Sumber: Tokonesia

Berwisata ke Batu, Malang belum lengkap rasanya jika belum mencicipi kue pia. Pia ini mirip dengan pia yang umum ditemukan di Yogyakarta, hanya saja bentuknya seperti mangkuk.

Bagian luar kue pia memiliki tekstur yang kering. Namun, saat dimakan, campuran adonan kue pia dan isiannya serasa lembut meleleh dan lumer di mulut.

Produk kue pia ini juga menjadi salah satu produk yang banyak dicari wisatawan sebagai oleh-oleh. Kamu dapat menemukan berbagai rasa seperti durian, cokelat, dan keju.

8. Madu Klanceng

Madu Klanceng

Sumber: Sulselpedia.com

Madu klanceng adalah salah satu oleh-oleh khas Batu, Malang yang tak boleh dilewatkan. Nama “klenceng” sendiri berasal dari jenis lebah yang menghasilkannya.

Madu klanceng tidak hanya nikmat, tapi juga membawa banyak manfaat kesehatan. Karena kaya antioksidan, madu ini dapat membantu melawan radikal bebas dan berkontribusi pada kemampuan tubuh melawan kanker. Madu ini juga dikenal dapat meningkatkan tenaga.

Jika kamu tertarik untuk mencoba madu klanceng ini, kamu dapat dengan mudah menemukannya di toko oleh-oleh di Batu, Malang.

9. Cokelat Tempe

Cokelat Tempe

Sumber: detikFinance

Cokelat Tempe merupakan camilan yang unik dan menggoda selera. Seperti namanya, oleh-oleh khas Batu ini menggabungkan dua bahan utama yang tidak biasa, yaitu cokelat dan tempe. 

Berawal dari sebuah ide di industri rumahan Malang sekitar 10 tahun lalu, Cokelat Tempe telah menjadi sebuah inovasi kuliner yang menarik perhatian wisatawan dan pengunjung kota ini.

10. Kerajinan Gerabah

Kerajinan Gerabah

Sumber: linkumkm.id

Industri gerabah di Batu Malang adalah salah satu daya tarik utama bagi para wisatawan. Bukan hanya sebagai atraksi wisata, gerabah ini juga bisa menjadi pilihan oleh-oleh yang sempurna. 

Di sini, kamu dapat dengan mudah menemukan berbagai macam kendi, mangkuk, dan peralatan rumah tangga berkualitas tinggi lainnya.

Keindahan dan ketahanan produk gerabah ini akan memastikan bahwa kamu membawa pulang sesuatu yang istimewa!

11. Keramik Dinoyo

Keramik Dinoyo

Sumber: Lontar.id

Keramik Dinoyo adalah destinasi wisata unik di kota Malang yang memukau pengunjung dengan keindahan seni keramiknya.

Tempat ini bukan hanya sekadar tempat wisata biasa, melainkan juga pusat perbelanjaan yang menawarkan berbagai jenis kerajinan dari keramik, seperti patung, peralatan dapur, dan banyak lagi. 

Yang lebih menarik, pengunjung juga dapat berpartisipasi langsung dengan membuat dan menghias keramik mereka sendiri. Dengan demikian, kamu dapat membawa pulang kenang-kenangan yang unik dan penuh nilai seni.

12. Cobek Batu

Cobek Batu

Sumber: Kompas.com

Selain berfungsi sebagai peralatan masak, cobek juga menjadi oleh-oleh khas Batu, Malang yang populer. Kalau kamu ingin membawa pulang sepotong kecil keindahan kota ini, cobek adalah pilihan yang tepat. 

Kamu dapat mengunjungi Dusun Petung Wulung, tempat banyak warga setempat mahir membuat batu cobek. Harga cobek yang dijual sangat terjangkau, mulai dari Rp5.000 hingga Rp30.000 tergantung pada diameter dan detailnya.

Baca Juga: 9 Tempat Makan di Malang dengan View Bagus, Pas untuk Berbuka!

Rekomendasi Tempat Membeli Oleh-Oleh di Batu, Malang

Banyak sekali bukan, oleh-oleh yang bisa kamu beli di Batu, Malang? Namun, kamu mungkin bingung dengan banyaknya tempat-tempat yang menjual hal serupa. 

Jangan khawatir, Bob sudah rangkumkan rekomendasi tempat membeli oleh-oleh khas Batu yang berkualitas dan ramah di kantong:

1. Pasar Apung Kota Batu

Pasar Apung Kota Batu

Sumber: Data Wisata

Pasar Apung Kota Batu merupakan tempat yang ideal untuk membeli oleh-oleh ketika mengunjungi kota wisata Batu Malang.

Berlokasi di Jalan Lanka Sultan Agung 2, lokasi pasar apung ini sangat strategis karena dekat dengan tempat wisata terkenal seperti Jatim Park 1 dan Museum Angkut. Selain berbelanja oleh-oleh, kamu juga bisa mencicipi berbagai macam kuliner Malang yang lezat di sini.

2. Pasar Buah Dewi Sri

Pasar Buah Dewi Sri

Sumber: LarisManis.com

Pasar Buah Dewi Sri adalah tempat yang sempurna untuk mencari buah segar dan oleh-oleh khas saat berkunjung ke Batu Malang. Terletak di Jalan Brigjend. Abd. Manan Wijaya, Lebaksari, Ngabab, Pujon, pasar ini menjadi destinasi yang ramai dikunjungi oleh para wisatawan.

3. The Java Oleh-Oleh

The Java Oleh-Oleh adalah destinasi pusat oleh-oleh serba ada di Jl. Laksda Adi Sucipto No.328, Pandanwangi.

Di sini, kamu dapat menemukan beragam pilihan oleh-oleh, mulai dari kudapan lezat, kue-kue istimewa, hingga perabotan unik. Tak heran, tempat ini sering dikunjungi para wisatawan yang ingin membawa pulang buah tangan dari Batu, Malang.

4. Harum Manis

Berlokasi di Jl. Ir. Sukarno No.48, Beji, Junrejo, Harum Manis juga cocok dikunjungi kalau kamu ingin mencari buah-buahan segar khas Batu, Malang. 

Selain buah, kamu juga bisa menemukan berbagai macam pilihan oleh-oleh, mulai dari kudapan lezat, kue-kue istimewa, hingga perabotan unik.

Baca Juga: Ini Dia 5 Ciri Khas Orang Malang yang Superunik

Liburan di Malang? Nginap di Bobopod Aja!

bobobox malang

Setelah seharian berkeliling Malang dan mencari oleh-oleh, badan pasti akan terasa lelah. Kalau sudah begini, aktivitasmu harus dibarengi istirahat yang berkualitas. Bobopod adalah solusi akomodasi yang nyaman dan ekonomis saat kamu berkunjung kemari.

Segera pesan podmu via app Bobobox dan rasakan sendiri kenyamanan menginap di Bobobox!

 

Penulis artikel: Toffeedev

Foto header: Daniel Ferryanto via Unsplash

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles