oleh oleh khas banjarmasin

18 Oleh-Oleh dari Banjarmasin yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Indonesia memiliki banyak destinasi wisata menarik yang patut dikunjungi, tidak hanya di Pulau Jawa, tapi juga di daerah-daerah lain. Salah satu kota yang harus kamu kunjungi adalah Banjarmasin.

Kali ini Bob akan memberikan rekomendasi oleh-oleh khas Banjarmasin untuk membantu kamu memilih cendera mata yang tepat saat berlibur ke kota ini.

Sekilas Mengenai Banjarmasin

Banjarmasin terletak di Provinsi Kalimantan Selatan dan merupakan salah satu destinasi yang memikat dengan pesona alamnya yang unik.

Kota ini dikelilingi oleh jaringan sungai dan kanal yang membelah kota, jadi pantas saja jika Banjarmasin lantas mendapat julukan Kota Seribu Sungai. Wisatawan bisa mengarungi sungai-sungai ini dengan perahu kelotok, kendaraan air khas yang kerap ditemui. 

Selain itu, Banjarmasin juga dikenal dengan budaya suku Dayak yang kaya, seni tradisional yang beragam, serta kekayaan kulinernya, termasuk makanan laut yang lezat.

Baca Juga:

18 Oleh-Oleh Khas Banjarmasin

1. Dodol Kandangan

Dodol Kandangan

Sumber: indonesiakaya.com

Saat berada di Banjarmasin, jangan lewatkan kesempatan mencicipi dodol Kandangan. Camilan manis ini terbuat dari beras ketan, gula merah, dan santan. Rasanya lezat dan pasti akan membuat kamu ketagihan.

Baca Juga: Pusat Mangrove Graha Indah di Kalimantan Timur

2. Ikan Sepat Kering

Ikan sepat adalah jenis ikan air tawar yang dikeringkan dan kemudian diasinkan. Ini adalah oleh-oleh yang unik dan bisa digunakan sebagai bahan masakan.

Bobobox Maximum Comfort Banner

3. Amplang Ikan

Amplang ikan adalah makanan ringan yang sangat populer di Banjarmasin. Camilan ini terbuat dari ikan tenggiri yang digiling dan dicampur dengan bumbu khas, lalu digoreng hingga renyah. Kamu pasti akan suka rasa gurihnya.

4. Kue Rangai

Kue rangai adalah kue tradisional Banjarmasin yang terbuat dari bahan-bahan sederhana, seperti beras ketan, kelapa, dan gula merah. Rasanya manis dan cocok sebagai oleh-oleh.

5. Apam Barabai

Apam Barabai

Sumber: pikniktoday.com

Kalau kamu ingin cari pengganjal perut yang enak, Bob sarankan untuk cari apam barabai. Kue ini terbuat dari bahan-bahan seperti santan, tepung beras, gula merah, dan tape singkong.

Baca Juga: 20 Oleh-Oleh Khas Surabaya yang Wajib Dicoba

6. Miniatur Rumah Adat

Selain makanan, Banjarmasin juga terkenal dengan kerajinan tangan yang indah. Kamu bisa membawa pulang miniatur rumah adat Banjarmasin sebagai kenang-kenangan.

7. Keropok Haji Acan

Keropok Haji Acan adalah keripik udang yang sangat populer di Banjarmasin. Rasanya gurih dan renyah. Kamu bisa membelinya dalam berbagai kemasan.

8. Batu Permata

Banjarmasin juga terkenal dengan batu permata. Jika kamu suka perhiasan, jangan lupa untuk mencari batu permata yang indah sebagai oleh-oleh.

9. Mandau

Mandau

Sumber: IDN Times

Mandau adalah senjata tradisional suku Dayak yang berasal dari Kalimantan Selatan. Kamu bisa membeli replika mandau sebagai oleh-oleh.

10. Kopiah Jangang

Kopiah jangang adalah topi tradisional Banjarmasin yang terbuat dari bambu dan anyaman daun nipah. Ini adalah oleh-oleh yang unik dan cocok untuk dipakai sebagai aksesori.

11. Batik Sasirangan

Batik Sasirangan

Sumber: Ezagren via Wikimedia Commons

Batik sasirangan adalah batik khas Banjarmasin yang memiliki corak dan warna yang indah. Kamu bisa membeli pakaian batik atau kain batik untuk dijadikan oleh-oleh.

12. Keripik Pisang

Keripik pisang adalah salah satu oleh-oleh paling populer di Banjarmasin. Dibuat dari pisang yang dipotong tipis dan digoreng hingga renyah, kamu bisa memilih berbagai varian, termasuk keripik pisang asin atau manis.

13. Kacang Jaruk

Kacang Jaruk

Sumber: leni wulandari via Tribun News Banjarmasin

Kacang jaruk adalah camilan kacang yang digoreng dengan berbagai bumbu sehingga memiliki rasa yang unik dan gurih. Ini adalah oleh-oleh yang sempurna untuk dinikmati bersama teman-teman saat kembali ke rumah.

Baca Juga: Penggemar Dunia Supranatural Wajib Tahu! Ini Dia Hantu asal Kalimantan yang Bakal Bikin Kamu Merinding

15. Rabuk Ikan

Rabuk ikan adalah sejenis keripik ikan yang renyah dan lezat. Makanan ringan ini cocok untuk dinikmati di perjalanan pulang. Kamu bisa memilih berbagai rasa, seperti pedas, manis, atau asin.

16. Ikan Seluang Goreng

Ikan seluang adalah ikan air tawar khas Banjarmasin yang memiliki rasa unik. Cobalah ikan seluang yang digoreng garing dan disajikan dengan sambal pedas.

17. Manisan Harum Manis

Manisan harum manis adalah manisan khas Banjarmasin yang terbuat dari buah asam yang diolah menjadi manis dan aromatik. Ini adalah oleh-oleh yang sempurna untuk mengingat cita rasa unik Banjarmasin.

18. Panting

Panting

Sumber: Teras7

Panting adalah alat musik tradisional Banjarmasin yang bentuknya menyerupai gambus Arab. Terbuat dari kayu dengan senar yang menghasilkan suara merdu, panting digunakan dalam berbagai acara adat dan pertunjukan seni tradisional di kota ini. 

Sebagai oleh-oleh khas Banjarmasin, panting cocok diberikan kepada mereka yang gemar dengan seni tradisional.

Dapatkan Pengalaman Menginap Terbaik Bersama Bobobox

bobobox

Bobobox adalah hotel kapsul ternama yang cocok menjadi tempat singgah selama berlibur. Tempat ini bakal memanjakanmu dengan fasilitas-fasilitas yang mumpuni, seperti kasur empuk, Wi-Fi super cepat, dan pengeras suara Bluetooth.

Harga inap yang ditawarkan Bobobox pun ramah di kantong. Jadi, walau bujetmu minimal, kamu tetap bisa menikmati istirahat supernyaman tanpa takut dompet bolong.

Yuk, pesan podnya di aplikasi Bobobox!

 

Penulis artikel: Emier

Foto header: inaexport.id

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles