susu lembang

7 Oleh Oleh Khas Bandung Kekinian Yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Bobobox.co.id — Berbicara soal Bandung, banyak sekali hal yang bisa kamu bayangkan dari ibukota Provinsi Jawa Barat ini? Iklimnya yang relatif sejuk, kulinernya yang beranekaragam, dan banyaknya tempat wisata yang bisa dikunjungi menjadi daya tarik tersendiri bagi kota yang dijuluki sebagai Paris van Java. Sehingga, tak lengkap rasanya jika berkunjung ke kota Bandung dan tidak membeli oleh oleh khas Bandung.

Sebagai salah satu destinasi favorit wisatawan, berbagai macam oleh oleh khas Bandung kekinian banyak dijajakan di setiap sudut kota. Tak pelak, hal ini justru akan membuatmu semakin kebingungan dengan oleh oleh khas Bandung apa yang pas untuk menjadi buah bibir selepas berkeliling kota.

Nah, sekarang kamu perlu tidak perlu khawatir lagi soal hal tersebut. Bob akan memberikan beberapa daftar oleh oleh khas Bandung kekinian yang pas untuk kamu berikan kepada keluarga yang sudah menunggu kedatanganmu di rumah. Jadi tidak usah menunggu lebih lagi. Here we come!

Pisang Bolen Kartika Sari

Oleh oleh khas Bandung pertama di daftar ini adalah pisang bolen Kartika Sari. Sebenarnya, toko ini menjual aneka yang tak kalah enak, tetapi bolen pisangnya menjadi menu andalan yang biasa diserbu oleh para pengunjung. Maklum, pisang bolen ini menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung yang sudah populer sejak tahun 1970.

Resepnya yang dibuat secara turun temurun membuat cita rasa yang tetap lezat dari waktu ke waktu. Tak heran, jika rasa dari pisang bolen membuat para pembeli ketagihan dan tidak sabar untuk segera membeli kembali jajanan ini setelah habis disantap. Untuk varian rasanya, kamu bisa memilih beberapa diantaranya mulai dari cokelat, keju, dan durian.

Nah, bagi kamu yang berencana membelinya sebagai, tidak usah gusar karena kamu bisa dengan mudah menemukan outlet-outlet Kartika Sari di beberapa titik di kota Bandung. Mulai dari kantor pusatnya di Jalan H. Akbar Nomor 4, Kebon Kawung, Jalan Buah Batu, Dago, hingga di Jalan Ahmad Yani. Selain pisang bolen, kamu pun bisa menyantap aneka pastry dan kue-kue yang rasanya tidak kalah lezat seperti risoles, kroket, brownies, dan masih banyak lainnya.

oleh oleh khas bandung bolen pisang

via kartikasari.com

Gepuk Nyonya Ong

oleh oleh khas bandung gepuk

via twitter gepuk ny ong

Jika kamu belum tahu gepuk Nyonya Ong, sebaiknya kamu berkenalan dulu dengan oleh oleh khas Bandung satu ini. Lebih populer dengan sebuatan “empal”, gepuk sendiri terbuat dari olahan daging sapi dan ayam. Daging olahannya dipipihkan untuk kemudian dirangkai menggunakan lidi. Hal ini bertujuan untuk menjaga sertanya agar tidak mudah hancur saat dimasak.

Rasa yang ditawarkan oleh gepuk Nyonya Ong pun bervariasi mulai dari beef salty, beef original, beef ekstra pedas, beef less sugar. Bagi kamu yang tidak menyukai olahan sapi, kamu pun bisa memilih olahan daging ayam dengan varian rasa seperti chicken spicy dan chicken original sebagai gantinya.

Selain memang menjadi oleh oleh khas Bandung, kamu pun bisa menikmati gepuk ini langsung di tempat sembari menikmati suasana kota Bandung bersama teman, keluarga, ataupun pasangan. Kenikmatannya akan berlipat jika gepuk Nyonya Ong ini disantap bersama nasi yang masih hangat.

Untuk lokasinya, pusat gepuk Nyonya Ong berada di Jalan Dr. Djundjungan 155E, sedangkan dua cabang lainnya yang bisa kamu kunjungi bealamatkan di Jalan Pasirkaliki No. 96, Jalan Setibudhi No. 148, dan Jalan Buah Batu No. 161C. Sehingga, kamu bisa memilih tempat gepuk Nyonya Ong mana yang dekat dengan lokasimu berada.

Bolu Susu Lembang

Untuk oleh oleh khas Bandung yang satu ini, kehadirannya memang baru seumur jagung. Namun, bukan berarti kalah dengan oleh-oleh khas Bandung yang ada di daftar ini. Yak, yang Bob akan bahas sekarang adalah Bolu Susu Lembang.

Bolu Susu Lembang mulai muncul ke permukaan sejak Desember 2017. Bahan dasar olahannya yang terbuat dari susu menjadikan bolu ini sangat dan merepresentasikan Lembang sebagai peternakan sapi penghasil susu. Soal ketahanan, Bolu Susu Lembang bisa bertahan kurang lebih dari 3 hari pada suhu ruangan dan kurang lebih 1 minggu saat disimpan di lemari pendingin.

Bolu Susu Lembang ini memiliki tiga varian yakni rasa original, susu vanila, dan susu cokelat. Bagi kamu yang memiliki uang pas-pasan, oleh oleh khas Bandung ini akan bersahabat dengan kantongmu. Harga eceran resminya dijual diharga 33 ribu rupiah untuk rasa original dan susu vanila dan 34 ribu untuk varian rasa susu cokelat.

oleh oleh khas bandung bolu susu lembang

via tokopedia.com

Picnic Roll Prima Rasa

Saat kamu berkeliling kota Bandung, sempatkan waktumu untuk berkunjung ke salah satu penjual oleh oleh khas Bandung di Jalan Kemuning. Di sini, kamu bakal menemukan beraneka macam kue, roti, pastri, dan lainnya yang dijajakan langsung di Prima Rasa. Oleh oleh khasnya yang terkenal adalah Picnic Roll.

Bagi kamu yang belum mengetahui apa itu Picnic Roll, Picnic Roll adalah campuran dari olahan daging cincang berbumbu dan telur rebus yang dibalut kulit pasrtry. Soal rasa tak perlu diragukan lagi. Kelezatannya tetap terjaga karena Prima Rasa hanya memroduksi jualannya di kota Bandung saja. Sehingga, tak salah jika menjadi salah satu oleh oleh khas Bandung.

Picnic Roll Prima Rasa tersedia dalam dua varian daging yaitu daging ayam dan daging sapi. Kamu pun bisa membeli kedua variannya agar bisa menikmati kelezatannya tetap sama kok. Walaupun sudah lama dijual, bukan berarti makanan satu ini tidak termasuk oleh oleh khas Bandung kekinian, lho!

oleh oleh khas bandung picnic roll

via ksmtour.com

Tahu Susu Lembang

Kini, selain tahu sumedang, kamu pun bisa melirik tahu yang satu ini sebagai oleh oleh khas Bandung untuk dibawa pulang. Tahu susu lembang ini dikenal karena tekstur tahunya yang lembut dan kenyal ini. Buat yang tidak tahu perbedaannya, sesuai namanya, pada proses pembuatannya, tahu lembang ditambahkan susu sehingga terasa lebih gurih dan lembut.

Bagi kamu yang ingin merasakannya, tahu susu lembang ini hanya berlokasi di Jalan Raya Lembang No, 177, Jayagiri, Lembang, Bandung. Jadi jangan sampai terlewat ya untuk sekadar mencicipi tahu unik satu ini saat berkunjung ke kota kembang.

oleh oleh khas bandung tahu lembang

via pergikuliner.com

Batagor Riri

Makanan satu ini sepertinya sudah akrab di telingamu. Bahkan, saat pertama kali mendengarkan kata Bandung, biasanya makanan satu ini yang menjadi hal yang sering disebut. Apalagi kalau bukan batagor. Batagor, atau singkatan dari baso tahu goreng, menjadi makanan yang kamu bisa jumpai di berbagai sudut di kota Bandung baik yang dijual dengan harga murah hingga relatif mahal.

Batagor sendiri merupakan makanan dengan isi adonan berupa olahan tepung tapioka dan ikan tenggiri. Sekarang ini sudah banyak penjual batagor di kota lain, namun akan berbeda rasanya jika tidak mencoba langsung di kota asal dari makanan yang biasa ditemani dengan siraman bumbu kacang dan perasan jeruk.

Salah satu tempat kuliner batagor yang paling terkenal adalah batagor Riri. Bumbu kacangnya yang spesial membuat batagor Riri menjadi menu wajib yang harus dibawa sebagai oleh oleh khas Bandung. Walaupun sudah dipasarkan sejak 1985, bukan berarti batagor Riri tidak menjadi oleh oleh khas Bandung kekinian. Rasanya yang sama enaknya seperti dulu membuat batagor ini menjadi pilihan yang pas sebagai oleh olehmu.

oleh oleh khas bandung

via goodindonesianfood.com

Rujak Cireng

Oleh oleh khas Bandung kekinian terakhir adalah cireng. Makanan ini terbuat dari campuran tepung tapioka (atau aci dalam bahasa Sunda), air, merica, garam, dan bawang putih yang digoreng. Nah, maka makanan ini diberi nama cireng atau aci digoreng. Sama halnya seperti batagor, kamu bahkan bisa dengan mudah membuat cireng ini di rumahmu sendiri. Namun, tidak akan terasa sama jika tidak dinikmati di kota Bandung.

Salah satu inovasi kekinian dari cireng adalah dengan menikmatinya dengan bumbu rujak. Tekstur cireng yang kenyal-kenyal gurih ditambah dengan rasa pedas rujak menjadi oleh oleh khas Bandung ini semakin populer belakangan ini. Bahkan, sekarang ini sudah muncul beraneka ragam isian untuk rujak cireng ini seperti ayam, sosis, hingga keju.

oleh oleh khas bandung rujak cireng

via okezone.com

Nah, sudahkah kamu menyiapkan uangmu untuk membeli oleh oleh khas Bandung kekinian di atas? Kalau belum, persiapkanlah sebaik mungkin karena perjalananmu ke Bandung akan hambar terasa jika tidak membeli salah satu oleh oleh khas Bandung di atas.

Setelah lelah melakukan perjalanan ke sana ke mari untuk membeli oleh oleh khas Bandung kekinian, tak salah jika kamu beristirahat sejenak di Bobobox. Hotel kapsul yang mengusung konsep futuristik akan sangat cocok bagimu yang menginginkan pengalaman yang berbeda. Pengeras suara dan lampu led siap memberikan kualitas istirahat yang mumpuni. Jadi, tunggu apalagi pesan segera podmu lewat aplikasi Bobobox di sini dan rasakan sendiri pengalaman uniknya!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles