oleh oleh khas bali halal

20 Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Bali yang Halal

Selain terkenal dengan keindahan pantai, tarian tradisional, dan seni budayanya, pilihan oleh-oleh khas Bali—khususnya makanan—yang dapat dibeli wisatawan pun tidak kalah beragam. 

Bagi kamu yang mencari kenang-kenangan Bali yang tidak hanya unik tapi juga sesuai dengan prinsip halal, jangan khawatir. Ada berbagai oleh-oleh khas Bali yang halal untuk memenuhi kebutuhan wisatawan Muslim.

20 Oleh-Oleh Khas Bali yang Halal untuk Wisatawan Muslim

Ini dia 20 oleh-oleh khas Bali yang halal dan bisa kamu pertimbangkan. Dengan begitu, kamu bisa membawa makanan-makanan ini pulang dan mengonsuminya tanpa rasa waswas!

Baca Juga: 22 Pilihan Oleh-Oleh Khas Bali yang Murah dan Tidak Bikin Kantong Bolong

1. Dodol Bali

Dodol adalah makanan manis yang memiliki tekstur kenyal dan lengket. Dodol Bali biasanya terbuat dari bahan-bahan seperti ketan, gula merah, dan santan. Proses pembuatannya cukup lama, maka tidak heran kalau dodol ini memiliki rasa yang khas dan manis yang pas.

Oleh-oleh khas Bali yang halal ini cocok kalau kamu ingin membawa pulang sesuatu yang manis dan tradisional.

2. Pisang Sale

Pisang sale adalah pisang yang telah dijemur hingga kering. Proses pengeringan ini membuat pisang memiliki tekstur renyah dan rasa manis alami. Oleh-oleh khas Bali ini enak dinikmati saat bersantai.

Bobocabin Bobobox

3. Kacang Bali

Kacang tanah yang digoreng dengan bumbu khas Bali ini bercita rasa gurih dengan sentuhan pedas. Kudapan halal ini biasanya dikemas dalam kemasan plastik atau kaleng, jadi mudah dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

4. Keripik Singkong

Keripik Singkong

Sumber: Bukalapak

Keripik ini terbuat dari singkong yang diiris tipis dan digoreng hingga kering. Kamu bisa menemukan berbagai varian rasa, seperti balado, keju, orisinal, atau bahkan rasa sambal matah khas Bali. Teksturnya yang renyah membuat keripik ini disukai banyak orang.

5. Sambal Matah

Sambal ini adalah sambal khas Bali yang terbuat dari bawang merah, cabai, dan beberapa bumbu lainnya yang diiris tipis-tipis. Oleh-oleh halal ini terasa segar dan sedikit pedas, cocok sebagai pelengkap makanan lainnya.

6. Rendang Bali

Walau rendang lebih dikenal berasal dari Padang, Bali memiliki varian rendang dengan bumbu khas setempat. Rendang Bali ini memiliki rasa dan aroma yang khas dibandingkan rendang pada umumnya. Penasaran mencobanya?

Baca Juga: Bingung Cari Sarapan Murah di Bali? Simak Rekomendasi Tempat Sarapan Murah Bali Berikut Ini!

7. Keripik Tempe

Tempe yang diiris tipis dan digoreng hingga kering ini memiliki rasa yang gurih dan kriuk saat dikunyah. Keripik tempe bisa menjadi alternatif camilan yang lebih sehat dibandingkan keripik yang terbuat dari kentang.

8. Keripik Pisang

Sama seperti pisang sale, keripik pisang terbuat dari pisang yang diiris tipis dan digoreng hingga kering. Namun, kalau pisang sale rasanya manis, keripik pisang cenderung lebih gurih dan renyah.

9. Bakso Ikan

Bakso Ikan

Sumber: cookpad.com

Bakso ikan terbuat dari daging ikan yang dihaluskan dan dibentuk bola-bola. Makanan ini memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan bakso daging pada umumnya.

Untuk dibawa sebagai oleh-oleh, kamu bisa memilih bakso ikan goreng, keripik bakso ikan, atau bakso ikan frozen yang bisa disimpan dalam waktu lama.

10. Lumpia Bali

Lumpia ini memiliki isian yang beragam, mulai dari sayuran hingga daging ayam atau udang. Kulit lumpianya tipis dan isiannya gurih, cocok dijadikan camilan sore.

11. Kacang Rahayu

Kacang Rahayu adalah salah satu oleh-oleh makanan khas Bali yang jadi favorit para wisatawan. Dengan rasa asin, gurih, dan renyah, kacang ini benar-benar menjadi primadona.

Kamu bisa membeli merek kacang ini di Jalan Gatot Subroto No.59C, Bali. Dengan kisaran harga Rp70.000–100.000, kudapan ini menawarkan kelezatan yang sepadan. 

12. Keripik Buah

Bali memiliki berbagai jenis buah tropis yang lezat. Beberapa buah ini diolah menjadi keripik, seperti keripik nangka, salak, dan mangga. Proses pengeringannya membuat keripik ini memiliki tekstur renyah dan rasa manis alami.

13. Brem

Brem adalah minuman tradisional Bali yang terbuat dari beras ketan. Ada dua jenis brem, yaitu brem padat yang bisa dimakan dan brem cair yang bisa diminum. Kalau kamu mencari yang halal, pastikan memilih brem non-alkohol.

14. Salak Bali

Salak, atau yang sering disebut “buah ular” karena kulitnya menyerupai sisik ular, adalah buah yang memiliki tekstur daging buah crunchy dan rasa manis.

15. Pia Legong

Pia Legong

Sumber: harga.web.id

Pia adalah salah satu kue tradisional yang populer di Indonesia, termasuk di Bali. Pia Legong, khususnya, menjadi salah satu merek yang paling dicari wisatawan.

Kue ini memiliki tekstur kulit yang tipis dan lembut dengan isian beragam. Varian rasa paling populer adalah isian cokelat dan kacang hijau.

16. Kue Lumpur

Kue lumpur adalah kue tradisional bertekstur lembut mirip puding. Bahan utamanya adalah kelapa dan gula merah, yang memberikan rasa manis khas dan aroma yang menggugah selera. Oleh-oleh khas Bali yang halal ini berukuran mini, jadi mudah dinikmati sebagai camilan.

17. Kue Cenil

Kue cenil adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan biasanya disajikan dengan saus gula merah manis. Karena kuenya warna-warni, camilan ini pun kian menarik baik untuk dilihat maupun dinikmati.

18. Kue Talam

Kue talam adalah kue lapis yang terbuat dari beras dan santan. Kue ini memiliki dua lapisan dengan warna dan rasa yang berbeda. Lapisan atas biasanya berwarna putih dengan rasa santan gurih, sedangkan lapisan bawahnya berwarna hijau dengan rasa sedikit manis. 

Kue ini biasanya disajikan dalam potongan persegi dan menjadi camilan favorit di berbagai acara tradisional.

19. Kue Laklak

Kue laklak adalah kue tradisional Bali yang memiliki tekstur lembut dan rasa manis. Kue ini biasanya disajikan dengan taburan parutan kelapa dan sirup gula merah di atasnya. Kombinasi manis sirup dan gurih parutan kelapa menjadikan rasa kue ini khas dan lezat.

20. Keripik Kulit Ikan Salmon

Keripik kulit ikan salmon adalah oleh-oleh halal lainnya yang patut dicoba. Selain renyah dan asin, keripik ini pun kaya protein sehingga bisa menjadi pilihan camilan yang sehat dan nikmat. 

Baca Juga: Ternyata, Ini 12 Kebiasaan Orang Bali yang Selalu Buat Turis Betah

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin!

Cobain Pengalaman Seru Menginap di Bobocabin!

Salah satu cara mengisi waktu luangmu yang berharga adalah dengan berwisata menjelajahi tempat-tempat baru. Jika jadwalmu padat dan tak memungkinkan pergi berlibur, kamu tetap bisa ganti suasana dengan staycation

Bobocabin Bali adalah salah satu akomodasi yang bisa kamu pertimbangkan. Tersebar di berbagai kawasan di Indonesia, penginapan berkonsep elevated camping ini menawarkan tempat yang nyaman untuk liburan, relaksasi, dan istirahat.

Yuk, unduh aplikasinya untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles