Sumber: @missmok_kitchen via Instagram

9 Oleh-Oleh Bangka Belitung yang Pasti Diburu Wisatawan

Selain menjadi rujukan wisata turis lokal maupun mancanegara, Bangka Belitung juga menjanjikan beragam kuliner khas yang memanjakan lidah dan bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh. Apa saja oleh-oleh Bangka Belitung yang kerap diburu wisatawan? Simak tujuh di antaranya berikut ini!

Sambal Lingkung

Sumber: @missmok_kitchen via Instagram

Salah satu oleh-oleh Bangka Belitung yang kerap menjadi buruan wisatawan adalah sambal lingkung.

Meski namanya sambal, sambal lingkung lebih tepat disebut abon ikan, sebab makanan ini terbuat dari campuran ikan tenggiri yang telah dihaluskan dengan cabai, santan kelapa, dan rempah-rempah.

Rasanya yang gurih dan nikmat cocok untuk kamu santap bersama nasi hangat atau kamu jadikan isian lemper, bakpau, roti tawar, hingga roti goreng.

Jika tertarik membeli, siapkan saja uang sekitar Rp250.000 untuk pembelian per kilogramnya.


Baca Juga: 5 Wisata Alam Bangka Belitung, Rekreasi Bahari yang Nggak Tanggung-Tanggung


Keripik Siput Gonggong

Sumber: @dewi.phang18 via Instagram

Pilihan oleh-oleh Bangka Belitung selanjutnya adalah keripik siput gonggong.

Siput gonggong atau dog conch (Strombus canarium) ini merupakan sejenis biota laut bercangkang yang kerap ditemukan di kawasan Kepulauan Riau, Bangka dan Belitung.

Oleh karena itu, keripik siput gonggong tak hanya menjadi oleh-oleh Bangka Belitung, tetapi juga camilan khas Kepulauan Riau.

Sesuai namanya, camilan satu ini terbuat dari daging siput gonggong yang sudah lepas dari cangkangnya. Keripik siput ini memiliki tekstur renyah serta rasa gurih yang bikin nagih.

Selain keripik, di tempat asalnya, siput gonggong juga bisa dibumbui lalu dimasak bersama cangkangnya, atau bisa juga dihaluskan dan dibuat menjadi kerupuk.

Jika tertarik membeli, kamu bisa mengeluarkan uang mulai dari Rp55.000 per 100 gramnya.

Belacan

Sumber: @oleh_khasbangka via Instagram

Belacan merupakan sebutan untuk terasi khas Bangka Belitung yang wajib kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh.

Oleh-oleh Bangka Belitung ini terkenal berkualitas tinggi sebab menggunakan bahan dasar udang rebon segar. Alhasil, cita rasanya pun tajam dengan rasa gurih yang kuat.

Belacan ini hadir dalam beberapa variasi, seperti belacan padat, bakar dan bubuk.

Bungkusnya juga bermacam-macam. Ada yang menggunakan plastik segi empat, dan ada juga yang bungkusannya bulat, memanjang, dan dibalut daun pisang.

Kamu bisa mendapatkan terasi Bangka dengan harga sekitar Rp12.000 per 100 gram.

Terasi ini nantinya bisa kamu jadikan campuran sambal atau tambahan bumbu masakan, seperti tumis kangkung.


Baca Juga: Main ke Purwokerto? Belum Lengkap Tanpa 7 Oleh-Oleh Khas Ini


Getas

oleh-oleh Bangka Belitung getas

Sumber: @new.bangkasnack via Instagram

Berbentuk bulat panjang berwarna putih, getas atau keretek menjadi oleh-oleh Bangka Belitung lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan.

Camilan satu ini umumnya terbuat dari ikan tenggiri berkualitas dengan tambahan telur, garam, penyedap rasa, dan sagu.

Adonan tersebut kemudian menghasilkan camilan dengan rasa gurih dan tekstur renyah, sehingga banyak orang ketagihan menyantapnya.

Karena itu, tidak heran jika getas selalu menjadi buruan para pelancong yang berlibur ke Bangka Belitung.

Penduduk Bangka biasanya memakan getas sebagau teman nasi atau menyantapnya dengan hidangan berkuah, misalnya kuah pempek.

Harganya sendiri cukup bervariasi, tergantung pilihan bahan pembuatannya. Salah satunya bisa kamu beli dengan harga Rp25.000 per 250 gram, Rp50.000 per 500 gram, dan Rp100.000 per kilogram.

Bong Li Piang

oleh-oleh Bangka Belitung bong li piang

Sumber: indonesiakaya.com

Selanjutnya ada bong li piang, produk akulturasi kuliner Tiongkok dan Indonesia.

Oleh-oleh Bangka Belitung ini juga bisa kamu sebut dengan nama kue pia nanas, sebab secara harfiah bong lia berarti nanas dan piang artinya kue kering.

Bong li piang sendiri merupakan kue berwarna cokelat dan berbentuk bulat dengan isian nanas.

Rasanya manis, asam dan gurih dengan tekstur yang lembut. Adonan kulitnya terbuat dari tepung terigu, santan kelapa, dan gula aren.

Setelah memasukkan selai nanas ke dalam adonan kulit, pembuat bong li piang kemudian mencetaknya dalam cetakan kayu khusus.

Mereka kemudian menyusunnya di atas Loyang untuk proses pemangganan. Setelah matang, kue ini biasanya dikemas dengan isian 10 kue per bungkus.

Kamu bisa mendapatkannya dengan harga sekitar Rp25.000.

Lempok Cempedak

oleh-oleh Bangka Belitung lempok cempedak

Sumber: @mamakzikra via Instagram

Sesuai namanya, dodol atau lempok cempedak terbuat dari bahan dasar buah cempedak dengan tambahan gula pasir dan sedikit garam.

Dari bahan-bahan tersebut, terciptalah oleh-oleh Bangka Belitung bertekstur kenyal dengan rasa manis dan legit. Cocok banget kamu santap sebagai camilan untuk peneman teh atau kopi hangat.

Jika tertarik membeli, kamu bisa mendapatkannya di berbagai pusat oleh-oleh Bangka Belitung. Harga satu kotaknya cukup bervariasi, yaitu antara Rp50.000-Rp150.000.


Baca Juga: 7 Toko Oleh-Oleh Khas Jogja yang Patut Kamu Kunjungi Saat Menginap di Bobobox Malioboro


Kericu

oleh-oleh Bangka Belitung kericu

Sumber: @babelfoodaholic via Instagram

Kericu atau keripik cumi merupakan oleh-oleh Bangka Belitung yang terbilang unik dan wajib kamu bawa pulang.

Oleh-oleh berbentuk memanjang ini terbuat dari bahan dasar telur cumi segar hasil tangkapan nelayan di wilayah Laut Bangka.

Untuk menghasilkan kericu, telur cumi tersebut bercampur dengan tepung sagu, penyedap rasa, minyak sayur, dan bumbu-bumbu lainnya. Terciptalah perpaduan rasa asin dan gurih yang bikin nagih.

Orang-orang Bangka biasanya menjadikan kericu sebagai pendamping makan siang ataupun malam. Selain itu, camilan ini juga bisa menjadi peneman saat makan rujak su’un dan pantiau.

Karena memiliki merek beragam, harga kericu juga berbeda-beda. Salah satunya bisa kamu dapatkan dengan harga Rp70.000-an per 500 gram.

Kue Rintak

oleh-oleh Bangka Belitung kue rintak

Sumber: @herlina2012 via Instagram

Oleh-oleh Bangka Belitung selanjutnya adalah kue rintak. Kue ini terkenal sebagai salah satu kue lebaran khas Bangka dan kerap menjadi incaran para wisatawan.

Kue satu ini terbuat dari sagu, gula, santan kelapa, dan telur, serta terkadang dengan tambahan jahe dan wijen sebagai variasi topping-nya.

Dari campuran tersebut, terciptalah kue dengan cita rasa manis dan gurih. Kue ini cocok kamu sandingkan bersama teh, kopi, ataupun susu panas.

Camilan ini bisa kamu dapatkan dengan harga sekitar Rp 55.000 per bungkus.

Sirup Jeruk Kunci

oleh-oleh Bangka Belitung

Sumber: @sirupjerukkunci.id via Instagram

Selain camilan manis dan gurih, Bangka Belitung rupanya memiliki pilihan oleh-oleh lain yang lebih menyegarkan, yaitu sirup jeruk kunci.

Sesuai namanya, oleh-oleh Bangka Belitung ini berbahan dasar jeruk kunci dengan tambahan gula dan air. Hasilnya adalah minuman bercita rasa manis, asam dan menyegarkan.

Selain menyegarkan, sirup jeruk kunci juga dianggap menyehatkan bagi tubuh terutama karena kandungan vitamin C-nya yang tinggi.

Karena itu, sirup ini pun tak hanya bisa kamu sajikan dengan air dingin dan es, tetapi juga dengan air hangat untuk meredakan gejala pilek dan melancarkan pencernaan.

Harganya sendiri cukup bervariasi. Kamu bisa membelinya dengan harga sekitar Rp20.000-Rp100.000 per botol.


Menyatu dengan Alam Bersama Bobocabin

Ingin merasakan pengalaman menginap di tengah alam tanpa ribet? Staycation di Bobocabin bisa menjadi solusi yang tepat.

Mengusung konsep futuristik lengkap dengan teknologi Internet of Things, Bobocabin siap menemani kamu merasakan tenangnya alam dalam balutan teknologi canggih.

Untuk masalah internet, kamu tidak perlu khawatir. Bobocabin tentunya sudah menyediakan Wi-Fi kencang untuk memperlacar semua kegiatan daring kamu!

Pilihannya juga cukup beragam. Kamu bisa memilih staycation di Ranca Upas, Cikole, Toba, Kintamani, Gunung Mas, Coban Rondo, Baturraden, Padusan, Sumba dan Ubud.

Apa pun pilihan kamu, yuk unduh dulu aplikasi Bobobox untuk reservasi dan informasi lebih lanjut!

Bobobox

Bobobox

Sejak tahun 2018, Bobobox hadir menawarkan pengalaman yang berbeda bagi para traveler untuk menikmati perjalanan yang sempurna. Bobobox menghubungkan traveler, dari pod ke kota.

All Posts

Bobobox

Rasakan sensasi menginap di hotel kapsul Bobobox! Selain nyaman, hotel kapsul ini mengedepankan teknologi dan keamanan. Bobobox bisa menjadi salah satu cara terbaik untuk menikmati perjalanan dan beristirahat, dan cocok untuk perjalanan liburan atau bisnis.

Top Articles

Categories

Follow Us

Latest Articles